Type something and hit enter

Posted by On
Apa perbedaan antara Teks Biografi dan Autobiografi? Perbedaannya bisa kita ketahui dengan melihat definisi/pengertian, penulisnya, izin, gaya bahasa, tujuan, dan data.

Apa perbedaan yang paling gampang kita ketahui antara teks biografi dan autobiografi? Dari pengertiannya, perbedaanya yaitu, pengertian biografi adalah cerita hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. 

Sedangkan, pengertian autobiografi adalah cerita hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan biografi dan autobiografi, marilah simak baik-baik materi berikut.
Perbedaan Teks Biografi dan Autobiografi [LENGKAP]

Perbedaan Biografi dan Autobiografi


Berikut kami jelaskan perbedaan biografi dan autobiografi ini dengan menggunakan sebuah tabel.

Aspek yang dibandingkan Teks Biografi Teks Autobiografi
Definisi Teks biografi adalah suatu teks yang berisi tentang kisah suatu tokoh dalam menjalankan kehidupannya, bisa berupa kelebihannya, kekurangannya atau masalah yang ditulis oleh orang lain supaya tokoh tersebut dapat menjadi teladan untuk khalayak ramai. Autobiografi adalah sebuah biografi yang ditulis oleh seorang tokoh yang didalamnya menceritakan tentang perjalanan hidup pribadi atau riwayat hidup yang ditulis oleh dirinya sendiri.
Penulisnya Orang lain.

  • Contoh Biografi Adolf Hitler ditulis oleh David Nicholls
Orang yang sama/diri sendiri.

  • Contoh Autobiografi Alex Ferguson ditulis sendiri oleh Sir Alex Ferguson
Izin Bisa dengan izin / bisa tidak Tidak perlu izin
Gaya Bahasa Gaya bahasa yang digunakan adalah orang ketiga Gaya bahasa yang digunakan adalah orang pertama
Data Dikumpulkan dari berbagai narasumber yang ada Pengalaman pribadi
Tujuan Informatif Informatif dan mengekspresikan perasaan pribadi

Definisi Biografi


Biografi berarti "bio" yaitu rincian tentang riwayat hidup seseorang yang dibuat atau ditulis oleh orang lain. 

Tujuan dibuatnya biografi ini agar kita dapat mengetahui riwayat hidup seseorang dan dapat meneladani serta mengambil pelajaran dari tokoh yang dijadikan biografi.

Biografi menjelaskan detail kehidupan pada saat dia terpuruk dan bagaimana dia mencapai kesuksesannya. 

Biografi dapat menceritakan informasi berupa tempat lahir, pekerjaan, latar belakang pendidikan, hubungan hingga kematiannya.

Dalam mengumpulkan detail riwayat hidup seseorang, penulis harus mengumpulkan detail tentang tokoh tersebut lewat orang terdekat/orang lain. 

Baik lewat yang bersangkutan sendiri, orang tua, anak-anaknya, istri/suami, teman, dan semua orang yang berkaitan dalam hidup tokoh tersebut, sehingga cerita akan beraneka ragam tidak hanya dari satu sudut pandang saja melainkan dari kumpulan pandangan banyak orang. 

Definisi Autobiografi


Autobiografi adalah gambaran kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Arti kata "auto" yaitu "sendiri", sehingga autobigorafi dapat mencakup semua elemen biografi namun ditulis dan dinarasikan oleh diri sendiri. 

Penulis juga dapat menulis sendiri ataupun membayar ghostwriter untuk membuat atau menuliskan untuk mereka tanpa credit.

Berdasarkan Izin


Jika kita ingin membuat biografi seseorang, terkadang kita membutuhkan izin, agar si penulis mendapatkan sebuah akses ke banyak orang terdekat dari tokoh tersebut. Dengan adanya izin, penulis dapat mewawancarai langsung tokoh bersangkutan, keluarga dekat hingga kerabat/pesaing.

Dan pada saat buku itu akan dirilis, penulis akan mendapatkan banyak kepercayaan karena buku yang ditulis seizin tokoh yang ditulis. Sedangkan,

Autobiografi tidak perlu meminta izin, karena penulis merupakan sudut pandang orang pertama. Ia dapat menulis apapun mengenai dirinya sendiri sesuka hatinya, tidak perlu takut jika dituntut orang lain ataupun menuliskan kisah yang salah, karena semua cerita itu berhubungan dengan dirinya sendiri.

Berdasarkan Gaya Bahasa


Narator dalam biografi biasanya akan menempatkan dirinya sebagai orang ketiga. Ia menceritakan tokoh sebagai karakter yang lain bukan dirinya sendiri. Sedangkan,

Penulis autobiografi biasanya menempatkan dirinya sendiri sebagai orang pertama. Ia bercerita seperti orang yang bisa melakukan segala hal dalam cerita itu sendiri.

Berdasarkan Tujuan


Biografi ataupun autobiografi keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi. Bagaimana tokoh menjalani kehidupannya, mulai dari yang umum sampai ke hal yang detail.

Tetapi, pada autobiografi biasanya si penulis menambahkan rasa emosi saat melakukan hal dalam cerita. Karena penulis sendiri mengingat apa yang benar dirasakannya pada saat itu, dan penulis ingin menyampaikan perasaannya itu kepada para pembaca lewat ceritanya.

Berdasarkan Data


Terdapat perbedaan data pada saat menulis biografi atau autobiografi. Biogafi dengan mengumpulkan banyak data dari banyak orang, sehingga ada kemungkinan pandangan yang berbeda-beda pada satu kejadian tokoh tersebut. Biografi dapat kita katakan lebih kaya dari sudut pandang. Sedangkan,

Autobiografi murni pada ingatan pengalaman pribadi sendiri, apa yang dirasakan akan dicantumkan dalam autobiografi. Sehingga hasilnya adalah cerita lewat satu sudut pandang saja yaitu tokoh itu sendiri.

Contoh Biografi


Adapun contoh biografi dalam bentuk buku biografi misalnya:
  • Melunasi Janji Kemerdekaan: Biografi Anies Rasyid Baswedan yang ditulis oleh Muhammad Husnil
  • Biografi Ibnu Khaldun : Kehidupan dan Karya Bapak Sosiologi Dunia yang ditulis oleh  Muhammad Abdullāh Enan
  • Biografi Abu Bakar ash-Shiddiq yang ditulis oleh Dr. Muhammad Husain Haikal
  • Biografi Gus Dur yang ditulis oleh Greg Barton
  • Fajar Kebangunan Ulama : Biografi KH. Hasyim Asy'ari yang ditulis oleh Drs. Lathiful Khuluk, M.A.
  • Biografi Adolf Hitler yang ditulis oleh David Nicholis.

Contoh Autobiografi


Contoh autobiografi dalam bentuk buku autobiografi misalnya:
  • Titik-Titik Kisar di Perjalananku : Autobiografi Ahmad Syafii Maarif  yang ditulis oleh Ahmad Syafii Maarif  
  • Alex Ferguson, Autobiografi Saya yang ditulis oleh Alex Ferguson
  • Menerobos Kegelapan Sebuah Autobiografi Spiritual yang ditulis oleh Karen Amstrong
  • Selalu Ada Pilihan yang ditulis oleh Susilo Bambang Yudhoyono

Demikianlah artikel hari ini tentang perbedaan teks biografi dan autobiografi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://apaperbedaan*com/biografi-dan-autobiografi/

0 comments