Type something and hit enter

Posted by On
Kumpulan Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat beserta Strukturnya - Materi ini untuk melanjutkan pelajaran sebelumnya tentang pengertian, struktur, ciri, kaidah teks tanggapan kritis.

Sebelum kita mulai membahas kumpulan teks tanggapan kritis, ada baiknya kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan teks tanggapan kritis?.

Pada intinya teks ini berisi pendapat oleh seseorang untuk mengkritisi persoalan yang dianggap salah dan harus berdasarkan fakta serta memberikan alasan yang logis, yang dapat diterima oleh orang lain.

Kita harus tau juga struktur teks tanggapan kritis, strukturnya yaitu evaluasi, deskripsi dan penegasan ulang.


Contoh teks tanggapan kritis yang akan kami bahas meliputi tentang sekolah, lingkungan hidup, pendidikan, pergaulan bebas, kesehatan, dan masih banyak lainnya.

PENTING! Kami akan mengupdate artikel ini jika ada contoh teks tanggapan kritis terbaru.
KUMPULAN Contoh Teks Tanggapan Kritis SINGKAT Beserta Strukturnya

#1 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "Full Day School" beserta Strukturnya


Evaluasi

Kemendikbud yang bernama Muhadjir Effendy menggagas sistem belajar full day school untuk anak-anak tingkat SD dan juga SMP. Tujuan diberlakukannya full day school agar siswa mendapat pendidikan karakter dan pengetahuan umum di sekolah.

Deksripsi

Namun, konsep full day school mengundang pro dan kontra dari berbagai pihak.

Menurut mantan rektor UMM atau Universitas Muhammadiyah Malang, maksud full day school untuk memberi jam tambahan. Tetapi, pada jam-jam tambahan itu siswa tidak akan dihadapkan dengan mapel yang membosankan.

Kegiatan yang dilakukan setelah jam belajar-mengajar usai adalah ekskul. Dari kegiatan ekskul diharapkan siswa dapat melatih 18 karakter, yang diantaranya jujur, disiplin, toleransi, dan cinta tanah air.

Penegasan Ulang

Oleh sebab itu maka orang tua tidak perlu khawatir atas keamanan anak-anak mereka, karena tetap berada di bawah bimbingan para guru selama berada di sekolah. Peran orang tua tetap penting, pada hari sabtu dapat menjadi waktu keluarga. Dengan begitu, komunikasi antara orang tua dan anak tetap terjaga.

#2 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "Pelajar Bermotor" beserta Strukturnya


Evaluasi

Era globalisasi membuat banyak sekali perubahan. Salah satunya yaitu trend pelajar mengendarai motor ke sekolah. Fenomena ini tidak terjadi hanya di kota saja tetapi juga di desa-desa.

Alasan mereka karena ingin tampil kekinian dan tidak dikatakan ketinggalan zaman. Alasan itu diperkuat karena orang tua sibuk dengan pekerjaan mereka. Kesibukan itu membuat orang tua tidak bisa meluangkan waktu untuk antar-jemput anak ke sekolah.

Deskripsi

Trend pelajar mengendarai motor memunculkan berbagai persoalan tentang penting atau tidaknya membawa motor. Ada yang berpendapat bahwa pergi ke sekolah naik motor lebih praktis, efisien dan hemat waktu.

Selain itu, tidak perlu pula mengeluarkan tarif biaya kendaraan umum. Dan juga dapat melatih kemandirian anak.

Namun, berbagai anggapan miring mengenai fenomena pelajar mengendarai motor bermunculan. Kebanyakan pelajar mengendarai motor belum mempunyai SIM sehingga dapat dikatakan melanggar peraturan.

Dan ada juga sebagian pelajar yang mengendarai motor secara ugal-ugalan yang membahayakan pengendara jalan yang lain. Ada pula pelajar yang mengendarai motor tidak langsung pulang ke rumah, tapi nongkrong dulu sama teman-temannya.

Penegasan ulang

Dengan demikian, dari berbagai pro dan kontra yang ada, seharusnya pelajar yang ingin mengendarai motor ke sekolah harus memiliki SIM. Persyaratan memiliki SIM umur minimal 17 tahun. Dan juga harus diperketat pengawasan pelajar yang membawa motor.

Pengawasan dilakukan tidak hanya oleh orang tua, namun juga oleh polisi lalu lintas, masyarakat sekitar, dan juga guru-guru di sekolah agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

#3 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "Kurikulum 2013" beserta Strukturnya


Evaluasi

Kurikulum 2013 atau K13 dibentuk untuk tujuan mengembangkan karakter siswa, jadi bukan hanya terfokus pengetahun saja. Dengan adanya K13, siswa dituntut untuk belajar secara interaktif, yakni berinteraksi dengan siswa lain, guru, lingkungan, masyarakat, dan lainnya.

Siswa mendapatkan ilmu bukan hanya dari guru saja, melainkan bisa dari siapa saja, di mana saja, ataupun diperoleh dari internet. Kegiatan pembelajaran dalam K13 meliputi kegiatan mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengomunikasikan.

Deskripsi

Kurikulum 2013 dinilai cukup baik, walaupun demikian segala sesuatu pasti memilki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan K13 cukup banyak, di antaranya setiap siswa dituntut untuk menjadi lebih aktif, inovatif, dan kreatif.

Siswa juga dituntut untuk mengembangkan kebiasaan belajar secara mandiri dan tidak hanya bergantung pada kegiatan belajar di kelas. Selain itu, kualitas kreativitas, kerja sama, kemandirian, solidaritas, empati, toleransi, dan kecakapan hidup siswa akan meningkat pesat dalam kurikulum ini. Itulah sisi posisif K13.

Sedangkan, kekurangan K13 tidak kalah banyak, di antaranya kurikulum ini bertentangan dengan UU nomor 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional. K13 berbeda jauh dari KTSP 2006 sehingga membingungkan para tenaga pengajar.

Pengembangan kurikulum ini tidak melibatkan guru secara langsung. Orientasi pembelajaran dan hasil pada K13 tidak seimbang. Selain itu, ada juga penambahan mapel yang dirasa belum tepat.

Penegasan ulang

Berdasarkan dari berbagai pernyataan-pernyataan diatas, K13 menekankan pada pengembangan karakter sisiwa, namun bukan berarti melupakan pengetahuannya. Karakter dinilai lebih penting dibandingkan pengetahuan. Apa gunanya bila orang memiliki pengetahuan, tetapi karakternya buruk?.

#4 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "SMA atau SMK?" beserta Strukturnya


Evaluasi

Sebagian orang bingung apalagi orang tua dan siswa kelas 9 SMP dalam memilih antara SMA atau SMK. Dalam memilih kita harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan sebelum memilihnya. Apa alasan yang dapat memperkuat pilihan kita?.

Deskripsi

Alasan pertama,  kita pasti sudah tahu jika lulusan SMK lebih siap untuk bekerja dibandingkan lulusan SMA.

Kebanyakan orang berfikir jika lulusan SMK tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Anggapan ini tentunya salah, karena SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kelebihan masuk SMK, siswa sudah dibekali hardskill berupa kemampuan yang spesifik sehingga saat kuliah tidak merasa kesulitan. Sedangkan di SMA, siswa lebih diajarkan kemampuan teoretik saja.

Namun, jika dibandingkan dengan SMA, materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi yang diajarkan di SMA. "Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA", pernyataan dari salah seorang Blogger.

Jika kita ingin melanjutkan langsung ke perguruan tinggi, lulusan SMK dibatasi ruang lingkupnya dibandingkan dengan SMA. Sehingga rata-rata anak SMK sulit untuk masuk perguruan tinggi yang jurusannya berbeda dengan jurusannya pada saat SMK.

Sedangkan SMA lebih bebas dan banyak pilihan untuk melanjutkan perguruan tinggi. Mengingat di SMA, materi-materi yang diajarkan mencakup semuanya atau bisa dikatakan lebih luas dibandingkan SMK.

Penegasan Ulang

Dengan demikian, dari pernyataan-pernyataan diatas, siswa lulusan SMK lebih siap kerja dibandingkan SMA. Namun, untuk menentukan itu semua tergantung bakat, minat, dan kemampuan kita.

#5 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Narkoba berjudul "Hukuman Mati Bagi Pengedar Barang Haram" beserta Strukturnya


Evaluasi

Pada zaman sekarang, peredaran narkoba merajalela di negeri kita tercinta ini. Baik di kalangan pelajar, masyarakat, pejabat negara, hingga artis-artis Indonesia. Yang menjadi pro dan kontra adalah hukuman mati bagi pengedar serta pemakai narkoba.

Deskripsi

Ada sebagian masyarakat yang setuju dengan hukuman mati bagi pengedar atau pemakai narkoba. Dan ada pula yang tidak setuju dengan hukuman mati bagi para pengedar dan pemakai narkoba.

Salah satu alasan masyarakat setuju dengan hukuman mati, karena narkoba dapat mempengaruhi pola pikir pengguna sehingga berbahaya juga bagi orang lain. Seperti dapat menyebabkan kecelakaan karena halusinasi pikiran dan konsenstrasi yang terganggu.

Selain itu, masyarakat yang tidak setuju dengan hukuman mati, beralasan masih ada hukuman lain yang lebih manusiawi dan hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan kehidupannya".

Penegasan ulang

Setiap orang diberikan hak untuk hidup oleh Tuhan YME, tetapi hidupnya dipergunakan untuk berbuat yang merugikan diri sendiri. Dengan demikian, hukum mati perlu ditegaskan kembali. Mengingat dampak narkoba yang begitu besar dapat merusak masa depan generasi muda Indonesia.

#6 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Kesehatan, berjudul "Masyarakat dan Rokok"


Evaluasi


Pada era globalisasi saat ini, mudah kita jumpai berbagai macam rokok tersedia di warung-warung dan bahkan banyak pula di kalangan masyarakat yang gemar mengkonsumsinya.

Walaupun sudah diberi peringatan keras pada bungkus rokok tertulis "Merokok Membunuhmu" tetapi tetap saja masih ada yang mengkonsumsinya. Dengan harga rokok yang tergolong murah menyebabkan banyak anak-anak ikut mengkonsumsinya.

Deskripsi


Sebenarnya rokok secara perlahan mengurangi hidup penggunanya. Merokok membuat kecanduan, kalau sudah kecanduan maka akan terus menerus membelinya sehingga menjadi boros.

Merokok selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain. Malah, asap rokok lebih berbahaya bagi orang yang berada disekitar perokok.

Namun, orang yang merokok berpendapat bahwa merokok itu membuat mereka menjadi jantan, yang kedua merokok dapat mengurangi stress dan mereka lebih memilih tidak makan seharian daripada tidak merokok sehari saja.

Penegasan ulang


Berdasarkan dua pendapat di atas, penulis lebih condong dengan pernyataan rokok sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Karena rokok itu membunuhmu! dan jangan sesekali mencoba merokok, karna jika kalian sudah mencobanya pasti akan ketagihan dan membuat hidup kalian boros.

#7 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang UNBK dan Strukturnya


Evaluasi


UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer bisa disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional (UN) dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional kertas atau Paper Based Test (PBT).

Deskripsi


Dalam pelaksanaannya, UNBK dinilai cukup baik dibandingkan dengan ujian nasional berbasis kertas, walaupun demikian segala sesuatu pasti menuai pro dan kontra.

Ada banyak asalan mengapa UNBK dirasa belum siap untuk diselenggarakan. Alasan pertama karena pengetahuan tentang teknologi terbatas, komputer dan internet yang masih belum tersedia di sekolah-sekolah Indonesia. Alasan berikutnya adalah jaringan intenret yang dikhawatirkan tiba-tiba terputus dapat menyebabkan soal tidak terunduh dengan sempurna.

Namun, pandangan berbeda muncul dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka tetap menyelenggarakan ujian nasional dengan berbasis komputer (UNBK). Menurut mereka, dengan adanya UNBK diharapkan menaikkan mutu pendidikan di Indonesia. Dan juga pelaksanaan ujian berbasis komputer lebih fleksibel atau dinamis karena tidak harus terjadwal secara nasional pada jam yang sama.

Selain itu, dalam pelaksanaan UNBK, tingkat kecurangan pada pelaksanaan UNBK adalah nol.  Alasan berikutnya adalah kebocoran soal, keterlambatan datang, tertukar, dan ketidakjelasan soal dapat diminimalisir. Selain itu juga siswa justru dapat menghemat waktu emreka karena tidak perlu mengisi LJK dan kerusakan pada LJK dapat dihindari.

Penegasan Ulang


Dengan demikian, pengadaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) perlu dilakukan demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Namun, pemerintah juga perlu mengatasi aspek-aspek yang dapat menganggu jalannya ujian nasional. Sehingga masyarakat terutama para siswa tidak perlu takut akan adanya UNBK dan justru mendukung sepenuh hati.

#8 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Pergaulan Bebas


Evaluasi


Pada masa sekarang, banyak para remaja yang sudah mengenal pergaulan bebas. Di Indonesia sebaiknyak ita tidak melakukan pergaulan bebas. Pergaulan bebas sering di temui di kalangan masyarakat masa kini terutama para remaja yang berarti salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana "bebas" dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran.

Deskripsi


Pergaulan bebas mempunyai dampak negatif yaitu, seperti bereman dengan orang-orang yang kurang memahami norma contohnya mabuk-mabukan, merokok, sex bebas, dan lain-lain.

Sebaliknya, ada juga dampak positif dari pergaulan bebas yaitu mempunyai banyak teman, berbagi beberapa hal mulai dari cara berkomunikasi ,cara menghormati, cara mengendalikan diri untuk berada di tengah-tengah masyarakat dan lain-lain.

Penegasan ulang


Sebaiknya para orang tua harus mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak ke jalan yang salah dan pilihlah tontonan yang mendidik dan menggunakan intenret sebaik mungkin, bukan untuk menonton hal-hal yang negatif.

#9 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Peraturan Sekolah


Evaluasi


Pada saat ini banyak peraturan sekolah yang harus ditaati oleh para siswa terutama untuk siswa laki-laki. Contohnya rambut yang harus pendek. Ternyata masih banyak siswa yang melanggar peraturan tersebut.

Deskripsi


Di berbagai sekolah sering mengadakan razia rambut. Banyak siswa dipotong rambutnya karena sudah panjang dan bermodel. Setelah razia itu dilaksanakan, banyak siswa yang berpendapat mengap harus ada razia rambut. Padahal rambut tidak menganggu kegiatan belajar mengajar.

Ada beberapa pendapat yang tidak mendukung tentang hal ini, menurut Wikipedia, disiplin sekolah  itu "refers to students compying with a code of behavior often known as the school rules". Yang dimaksud dengan aturan sekolah tersebut, seperti aturan tentang standar berpakaian (standarts of clothing), ketepatan waktu, perilaku sosial dan etika belajar.

Penegasan ulang


Jadi, bagaimanapun para siswa harus menaati peraturan sekolah. Agar menciptakan suasana yang enak dan rapi untuk dilihat. Selain itu bisa membuat sekolah tersebut menjadi sekolah yang disiplin dalam kerapian berpenampilan di sekolah.


Demikianlah artikel hari ini tentang KUMPULAN Contoh Teks Tanggapan Kritis SINGKAT Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Referensi: 
ssc17.wordpress.com/2016/11/28/contoh-teks-tanggapan-kritis-tentang-full-day-school/
amiraamalia89.blogspot.com/2015/10/teks-tanggapan-kritis-pelajar-bermotor.html
bahasaindonesia6.blogspot.com/
brainly.co.id/tugas/7225142
smpntebo3.blogspot.com/2015/11/contoh-teks-tanggapan-kritis-hukuman.html
bayuerdian.blogspot.com/2016/02/teks-tanggapan-kritis-masyarakat-dan.html 
mashaidar.blogspot.com/2017/02/teks-tanggapan-kritis-dan-contohnya.html 
achmadbahrudin8.blogspot.com/2015/11/teks-tanggapan-kritis-dan-struktur.html
daunsimpor.blogspot.com/2015/10/teks-tanggapan-kritis-13.html

1 comments:

  1. Nama : Rifky Ramadhany
    No.A.: 20
    Kelas: IX-D

    Tanggapan menurut saya tentang pergaulan bebas
    sangat bagus apabila hal itu dipublikasikan agar semua remaja dapat pemberitahuan dan orangtua akan selalu menjaga anaknya untuk tidak melakukan hal yang kotor.
    Banyak hal (materi) yang ada pada sumber pergaulan bebas itu tidak hanya melakukan hal yang kotor tetapi masih ada banyak lagi yang lain maksut dari pergaulan bebas.
    Ingatlah selagi masih tau, Ketahuilah sebelum terjerumus.

    ReplyDelete