Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Autobiografi Diri Sendiri

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang autobiografi. Untuk mengingat kembali pengertian teks autobiografi adalah tulisan mengenai gambaran peristiwa yang dialami oleh seseorang dalam kehidupannya yang mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadinya yang ditulis oleh individu itu sendiri.

Secara singkatnya, otobiografi merupakan biografi yang ditulis oleh diri sendiri. Biasanya isi didalamnya mulai dari masa kanak-kanak sampai keadaan penulis saat ini, hingga hal paling sulit hingga keberhasilan atau prestasi membanggakan semasa hidupnya.

Oleh karena itu kami akan membagikan contoh autobiografi diri sendiri dari lahir sampai SMA.

Sebelum kami mulai membagikan contoh-contohnya, sebaiknya Anda menelaah kembali struktur autobiografi yang akan kami jelaskan secara singkat di bawah ini.

Struktur Autobiografi



  • Latar belakang keluarga. Berisi tentang kedua orang tua, tanggal lahir, dan tempat tinggal, anak ke berapa, dll.
  • Latar belakang pendidikan. Berisi tentang pendidikan yang telah dicapai sampai sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya.
  • Latar belakang prestasi. Berisi tentang semua prestasi yang telah dicapai mulai dari kecil hingga sekarang.
  • Latar belakang pekerjaan. Jika sudah bekerja maka mencantumkannya, akan tetapi jika masih pelajar maka bagian ini bisa dihilangkan.
  • Latar belakang hasil karya. Bagian ini secara khusus yang sudah bekerja dan untuk pelajar poin ini bisa tidak dibuat.


Untuk mempelajari materi lengkap tentang ini, bisa kalian baca artikel yang telah kami buat sebelumnya di bawah.

Pelajari dulu: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Kaidah, Struktur Autobiografi

Contoh Autobiografi Singkat Menceritakan Diri Sendiri dan Keluarga


Contoh 1


Namaku Dewi Anggraini, lahir di Majalengka, 12 Desember 1997. Aku adalah anak kedua dari lima bersaudara, dari pasangan Dimas Koswara dan Nyimas Ratuwangi. Dewi adalah sapaan akrabku, aku terlahir dari keluarga sangat sederhana. Ayahku seorang pegawai negeri sipil, sedangkan ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah. Sejak kecil ayahku selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika umurku 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 Pasawahan, Majalengka, kemudian setelah lulus melanjutkan pendidikan di SMPN 4 Majalengka di tahun 2009. Selepas lulus SMP, aku pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama paman di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA disana.

Sebenarnya sejak SMP aku suka menulis dan membaca puisi atau cerpen. Semenjak SMA, aku memberanikan ikut lomba menulis puisi antar SMA se-Kota Bandung bertemakan remaja dan pendidikan.

Aku menjadi juara 3 dalam lomba tersebut dengan puisi yang kubuat berjudul "Senja di Barat Cikapundung". Ketika aku kelas XII SMA, setelah lulus nanti aku berencana melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia di UGM.

Contoh 2


Nama saya Al Habib Sholihul Amri biasa dipanggil Habib dan ada pula yang memanggil saya Amri. Saya anak laki-laki yang lahir pada tanggal 29 Februari 2000 di Pekanbaru, Riau dan saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Danil dan ibu Eka Suhela.

Saat usia 6 tahun saya bersekolah di SDN 031 Pekanbaru yang sekarang berganti dengan SDN 145 Pekanbaru. Mulai dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2012. Memasuki SMP, saya diterima di SMPN 22 Pekanbaru. Kemudian, saya melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), saya lolos masuk ke SMKN 2 Pekanbaru.

Di SMKN2 Pekanbaru saya mendapatkan 2 prestasi yang pertama adalah mendapat juara 3 lomba jaringan Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi (OTIK-9) SMA/SMK Sederajat se Provinsi Riau yang diadakan oleh UIN Suska Riau. Selanjutnya saya mendapat juara 2 lomba jaringan Information Techonology Olympiad (ITO-6) yang diselenggarakan oleh Politeknik Caltex Riau.

Contoh 3


Nama lengkap saya Annisa Rahma biasa dipanggil Rahma, sedangkan di sekolah saya dipanggil Annisa. Saya lahir di Kediri, 1 Februari 1998. Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara. Ayah  saya bernama Suharsono dan ibu bernama Nunik Dyah Winarni.

Saya mulai memasuki jenjang pendidikan pada usia 4 tahun, yaitu di TK Perwanida, saya menempuh TK selama 2 tahun. Setelah SD, saya melanjutkan ke SMP 3 Kediri, disini saya mengikuti ekstrakurikuler qosidah/rebana, dan group qosidah saya mendapatkan rpediket juara 2 pada lomba qosidah tingkat provinsi dalam rangka hari ulang tahun NU.

Kemudian saya melanjutkan di SMA 3 Kediri. Saya mengikuti ekstrakurikuler Jurnalistik, di ekskul tersebut saya mendapatkan posisi sebagai Ketua Redaksi. Prestasi yang pernah saya dapat adalah juara 3 karya tulis jurnalistik dalam event Festival Komunikasi STAIN tahun 2013.

Contoh lainnya: Contoh Teks Biografi Guru Sekolah

Contoh 4


Nama saya Andrian Pratama, biasa dipanggil Ian. Saya laki-laki yang lahir di Sleman tanggal 17 September 1997. Ibu saya bernama Siti Khotijah dan ayah saya bernama Daroji. Saya adalah anak tunggal.

Pendidikan pertama saya di TK Pertiwi Gondanlegi, setelah itu saya bersekolah di SDN Wonosari 1. Selanjutnya saya meneruskan di SMPN 2 Turi dan kemudian saya meneruskan di SMK Muhammadiyah 1 pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Hobi saya bermain game, keinginan saya ingin menjadi seorang pengusaha hebat yang bisa membuka lowongan pekerjaan bagi orang banyak.

Demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks autobiografi diri sendiri, anak SMA, mahasiswa, panjang, pendek (singkat). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dari kami dan terima kasih.

0 comments