Type something and hit enter

Posted by On
Apakah Anda sedang mencari contoh teks ulasan buku beserta strukturnya? Jika iya, Anda berada di blog yang tepat.

Kami akan mengulas beberapa buku seperti Cinta Brontosaurus, Dalam Dekapan Ukhuwah, Sang Pemimpi dan buku-buku Akademik. 

Sebelum membahas lebih jauh, kami sarankan untuk mempelajari terlebih dahulu materi teks ulasan di bawah ini.


Contoh Teks Ulasan Buku "Cinta Brontosaurus" Karya Raditya Dika

Contoh Teks Ulasan Buku


Informasi umum


  • Judul: Cinta Brontosaurus
  • Pengarang: Raditya Dika
  • Genre: Komedi, Percintaan
  • Penerbit: Gagas Media
  • Tahun terbit: 2006
  • Tebal buku: 160 Halaman

Sinopsis


Buku karya Raditya Dika seorang penulis dan stand up comedy terkenal. 

Buku ini menceritakan tentang Dika yang baru mengalami putus cinta dengan pacarnya bernama Nina. Semenjak itu, ia mulai percaya bahwa tidak ada yang abadi, bahkan cinta juga memiliki kadaluarsa. 

Buku yang berjudul "Cinta Brontosaurus" merupakan perjalanan Dika dalam memahami cinta, yang dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan keluarganya.

Tafsiran


Semenjak ia putus cinta, ia tak lagi percaya dengan cinta. Oleh karnea itu Kosasih, agen naskah Dika, mencoba memberi semangat agar lebih yakin bahwa cinta akan kembali.

Usaha yang dilakukan Kosasih membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan dengan orang-orang baru. 

Tetapi, namanya cinta datang tiba-tiba tanpa adanya persiapan. Seperti halnya ketika Dika bertemu dengan Jessica. Jessica merupakan perempuan yang memiliki jalan pikiran yang aneh sama seperti Dika.

Di sisi lain, Mr. Soe Lim menawarkan Dika untuk pembuatan film dari buku karyanya. Dika merasa tertarik akan tawaran tersebut dan memutuskan menulis skrip untuk film tersebut.

Berbagai masalah mulai timbul saat Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli menjadi film bergenre horror yang sedang booming pada saat itu. 

Evaluasi


Tampilan cover buku ini sangat menarik. Hal ini didukung dari tampilan di dalamnya, sehingga terlihat ceria. Isinya mudah dipahami mulai dari komedi, kisah cinta, hingga kehidupan sehari-hari sang tokoh. 

Kisahnya sesuai dengan kehidupan remaja masa kini. Bahasa buku ini tidak membosakan bahasa yang digunakan kebanyakan menggunakan bahasa gaul seperti, lo, gue, dan lain sebagainya.

Kekurangannya akhir cerita pada buku ini sangat mengambang dan membuat pembacanya penasaran. Dan juga terdapat kata-kata agak vulgar tidak disensor.

Rangkuman


Secara garis besar, buku Cinta Brontosaurus mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tetapi, buku ini tetap mempunyai daya tarik sangat besar. Dikarenakan penulisnya adalah Raditya Dika seorang penulis yang sangat dikenal banyak orang.

Raditya Dika memang dikenal memiliki jiwa yang humoris. Jiwa humoris ini dituangkannya ke dalam buku.

Teks Ulasan Buku "Dalam Dekapan Ukhuwah" Karya Ust. Salim A. Fillah


Orientasi


Buku karya Ustadz Salim A. Fillah yang ketujuh. Beliau menceritakan bagaimana seharusnya ukhuwah atau persaudaraan dilakukan.

Buku ini menjekaskan bahwa dalam dekapan ukhuwah, iman kita diukur melalui kualitas hubungan antar sesama, sebuah ukhuwah harus didasarkan iman.

Iman dan ukhuwah bukan hal yang tiba-tiba terjadi, namun dihadirkan dalam bentuk upaya berdasarkan ilmu, pemahaman makna, serta melalui tahapan melatih dan mengamalkannya.

Tafsiran


Buku ini menceritakan fenomena ukhuwah Rasulullah bersama para sahabatnya, keluarga, dan umatnya.

Ada banyak kisah yang disampaikan tentang perjalanan beliau dalam menjalin ukhuwah Islamiyyah. Betapa kuat, cinta, dan luar biasanya beliau terhadap umatnya.

Mengenai ukhuwah, penulis seakan-akan mengajak untuk mengambil cinta dari langit, lalu menyebarkannya ke bumi. Pembaca diajak untuk menjadi pribadi pencipta dan perajut ukhuwah. Pribadi yang membawa kedamaian.

Penulis menyampaikan gagasan dalam bahasa yang puitis dan ilmah. Ada banyak analogi yang diberikan dan memudahkan pembaca dalam memahami isinya. Perasaan pembaca sangat terbawa dan terbuai akan cerita yang disampaikan. 

Perasaan mengharukan, teraduk-aduk, namun tetap bergelora dalam merajut ukhuwah.

Evaluasi


Ada banyak tokoh yang dimunculkan. Ini memberikan pembaca referensi baru tentang sahabat, keluarga, bahkan umat Rasulullah lainnya. 

Buku ini berbeda dengan buku pada umumnya. Berbagai tips disampaikan untuk menjalin ukhuwah dalam bahasa yang indah.

Rangkuman


Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. Cerita indah nan haru tentang Rasulullah disampaikan dengan sangat baik. 

Buku ini bisa menjadi referensi bagi yang ingin mengetahui kisah Rasulullah yang dcieritakan bak sebuah novel. 

Buku ini memantik semangat untuk menjalin ukhuwah persaudaraan yang seharusnya.

Teks Ulasan Buku "Sang Pemimpi" Karya Andrea Hirata


Informasi umum


  • Judul: Sang Pemimpi
  • Penulis: Andrea Hirata
  • Jenis Buku: Fiksi
  • Penerbit: Bentang
  • Cetakan I: Juli 2006
  • Tebal: 292 Halaman

Orientasi


Sang Pemimpi adalah buku kedua dari Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Menceritakan kisah kehidupannya di Pulau Belitung yang dililit kemiskinan.

Ada tiga remaja SMA yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah hingga ke Prancis menjelajahi Eropa hingga ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi itu.

Tafsiran


Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya (Ikal) dan kedua temannya Arai dan Jmbron adalah remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar (tokoh antagonis buku ini). 

Pak Mustar adalah wakil kepala SMA, namun berbeda dengan sang kepala sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cerminan guru teladan.

Pak Balia lah yang memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama pada Ikal, Arai dan Jimbron. 

Pada bab-bab selanjutnya, pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku.

Meskipun demikian, pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.

Evaluasi


Buku ini disaikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembacanya sehingga pembaca ikut merasakan kebahagiaan, semangat, keputusasaan, dan kesedihan.

Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pastinya membuat pembaca tertawa. Meskipun buku kedua dari Laskar Pelangi, namun nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi.

Rangkuman


Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, buku ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja masa kini. 

Buku ini memberikan motivasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat, agar melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Selain itu, buku ini mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.

Teks Ulasan Buku "Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan" Karya Prof. Dr. Suharsimi Arikunto


Informasi Umum


  • Judul: Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan
  • Penulis: Prof. Dr. Suharsimi Arikunto
  • Penerbit: PT. Bumi Aksara
  • Tahun: 2005
  • Tebal: 308 Halaman

Orientasi


Buku ini ditulis oleh salah satu guru besar Universitas Negeri Yogyakarta yang memiliki keahlian dalam bidang manajemen pendidikan.

Professor yang mengajar di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Program Pasca Sarjana UNY, serta di Universitas Ahmad Dahlan ini menamatkan S3 di IKIP Jakarta pada tahun 1983.

Seperti halnya buku karangan penulis perempuan kelahiran 1937 ini banyak dijadikan referensi mahasiswa dan akademisi dalam membuat karya ilmiah, baik yang bersifat nasional maupun internasional. Beliau bahkan telah menulis lebih dari 40 judul.

Buku ini merupakan kegiatan peilaian terhadap pengembangan dari hasil pengalaman mengajar dan berdiskusi mengenai dasar-dasar evaluasi pendidikan.

Tafsiran


Buku ini memaparkan data dan fakta seputar konsep dasar-dasar pendidikan di kalangan para guru. Melalui penelitian yang penulis lakukan secara terbatas. 

Penulis mendapatkan gambaran bahwa belum semua guru di sekolah mempelajari buku pedoman tersebut, bahkan ada yang belum melihatnya sama sekali.    

Evaluasi


Banyak sekali kelebihan buku ini, diantaranya buku ini ditulis berdasarkan penelitian dan pengalmaan penulis dengan metodologi penilaian.

Selain itu, buku ini memberikan informasi secara detal dan dilengkapi dengan contoh soal, sehingga mudah dalam memahami serta memberi arahan kepada para guru supaya memberika npengajaran yang baik kepada siswa-siswi nya.

Kekurangan buku ini adalah beberapa data-data dalam tabel masih edisi revisi artinya dibutuhkan kritik dan saran dari beberapa pihak.

Rangkuman


Tolak ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan.

Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sessuatu dengan ukuran baik buruk (kualitatif). Adapun pengertian evaluasi meliputi keduanya.

Buku ini dihadirkan untuk membantu para guru atau calon guru dalam proses belajar-mengajar dan mengetahui hasil akhir yang dicapai  dari kegiatan pembelajaran.

Baca juga contoh lainnya: Contoh Teks Ulasan FIlm

Contoh Teks Ulasan Buku Akademik "Khasiat dan Manfaat Daun Dewa & Sambung Nyawa"


Informasi umum


  • Judul: Khasiat dan Manfaat Daun Dewa & Sambung Nyawa
  • Penulis: Dra. Herti Maryani dan Dra. Suharmiati, M.Si, Apt
  • Penerbit: PT. Agro Media Pustaka
  • Cetakan: Pertama
  • Tahun 2003
  • Tebal: 49 Halaman

Orientasi 


Buku ini ditulis oleh Dra. Herti Maryani dan Dra. Suharmiati, M.Si, Apt dimana mereka telah banyak melakukan penelitian dan pengembangan tentang pelayanan pengobatan obat tradisional dan efek pemberian ramuan.

Buku ini disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Tampilan tata letak juga baik sehingga para pembaca dengan mudah memahami manfaat dari daun dewa dan sambung nyawa.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh kalangan umum yang ingin mengetahui tanaman dewa dan sambung nyawa secara mendalam.

Tafsiran


Indonesia merupakan sebuah negri yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah. Sudah tidak diragukan lagi, bahwa tanaman daun dewa dan sambung nyawa ini banyak sekali tumbuh di sekitar kita, bahkan sering kali tumbuh secara liar di perkarangan.

Tanaman daun dewa dan sambung nyawa memiliki banyak manfaat biasanya untuk mengobati demam, rash atau ruam dikulit, dan kelainan ginjal.

Kedua tanaman ini juga banyak dimanfaatkan untuk mengontrol penyakit kencing manis dan hyperlipedemia atau kadar kolesterol tinggi.

Berdasarkan pengalaman, kedua tanaman ini ternyata juga dapat mengatas, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri dari beberapa penyakit dan gangguan kesehatan seperti kanker dan tumor.

Evaluasi


Keunggulan buku ini sangat banyak. Diantaranya buku ini menyingkap aneka cara memanfaatkan dau ndewa dan sambung nyawa untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk cara budidayanya.

Buku ini juga menjelaskan cara pembuatan ramuan, makanan serta minuman yang dapat dikonsumsi oleh kita. 

Akan tetapi, buku ini mempunyai kekurangan pada sampul yang digunakan. Sampul yang digunakan kurang menarik, sehingga sedikit orang yang tertarik membaca buku ini.

Rangkuman


Daun Dewa dan Sambung Nyawa mempunyai banyak khasiat, salah satunya sebagai obat anti kanker. Kedua tanaman ini termasuk dalam famili asteraceae. 

Beberapa masyarakat sulit membadakan antara kedua tanaman ini bahkan ada yang menganggap tanaman ini sama.

Oleh karena itu dalam buku ini Daun Dewa dan Sambung Nyawa dibahas tuntas, mulai dari morfologi tanaman, khasiat, cara membudidayakannya dan masih banyak lagi inforamsi yang didapat dalam buku ini.

Teks Ulasan Buku "Ilmu Negara" Karya Dr. Ni'matul Huda, S.H., M.Hum


Informasi umum


  • Judul: Ilmu Negara
  • Penulis: Dr. Ni'matul Huda, S.H., M.Hum
  • Penerbit: PT. Raja Grafindo Persada
  • Tahun: 2013
  • Tebal: 284 Halaman

Orientasi


Buku ini ditulis oleh Ni'matul Huda seorang penulis yang banyak bergiat di dunia pendidikan dengan menjadi staf pengajar tetap yayasan pada Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Buku ini ditulis untuk melengkapi sejumlah literatur yang membahas ilmu negara dan teori negara. Buku ini dapat dipakai sebagai bahan kajian bagi para mahasiswa, dosen, masyarakat pada umumnya yang tertarik mempelajari seluk-beluk mengenai negara.

Tafsiran


Buku ini dibuat berdasarkan teori para ahli dan memaparkan tentang seluk-beluk mengenai negara. Buku ini menguraikan tentang pengertian ilmu negara, unsur-unsurnya, asal-usul, tujuan dan fungsi negara, tipe-tipe negara, kedaulatan, demokrasi, kekuasaan, konstitusi bentuk negara dan sistem pemerintahan.

Dengan menggunakan pendapat para ahli penulis juga menghadirkan pandangan baik dari pemikiran-pemikiran muslim maupun non muslim agar dapat diketahui kontribusi masing-masing ahli dalam khazanah keilmuan kenegaraan secara profesional.

Penulis melakukan penelitian tentang ilmu negara sehingga buku ini juga menjawab pertanyaan bagaimana terjadinya sebuah negara termasuk seluk-beluknya.

Semuanya diuraikan secara terperinci dan menggunakan teori para ahli, sehingga buku ini dapat menjadi pegangan bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat yang ingin mengetahui tentang sebuah negara.

Evaluasi


Banyak sekali keunggulan dalam buku ini. Salah satunya buku ini ditulis berdasarkan penelitian dan dari pandangan para ahli. Dan juga buku ini memberikan data sangat terperinci dan disertai dengan ilustrasi, sehingga mudah dimengerti.

Disamping itu, buku ini dapat dipakai sebagai pegangan dalam perkuliahan ilmu negara yang merupakan mata kuliah wajib program studi ilmu hukum.

Rangkuman


Buku ini sangat ideal bagi para pembaca yang ingin memahami lebih mendalam tentang negara, karena buku ini menguraikan tentang pengertian ilmu negara, unsur-unsur, asal-usul negara dan lain sebagainya.

Jadi, Ni'matul Huda menghadirkan buku ini menjadi pegangan bagi mahassiwa, dosen, dan masyarakat pada umumnya. Dapat juga dipakai sebagai bahan kajian atau perbandingan bagi para dosen, politisi dan praktisi lainnya.

Baca contoh lainnya: Contoh Teks Ulasan Novel

Demikianlah artikel tentang contoh teks ulasan buku singkat beserta strukturnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber dengan sedikit perubahan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Referensi:

123dok
brainly
nellysinaga
ultyarmania22
adeksp1498

0 comments