Type something and hit enter

Posted by On

Apakah kamu sedang mencari contoh teks ulasan novel secara singkat beserta strukturnya? Jika iya, maka kamu sudah berada di blog yang tepat. 


Karena kami akan mengulas beberapa novel seperti Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990, Surat Kecil Untuk Ayah, Napas Mayat, Menemuimu dalam Doa, Surat untukmu Sahabat.


contoh teks ulasan novel


Sebelum kami membahas lebih jauh mengenai ini, kami sarankan terlebih dahulu untuk mempelajari materi teks ulasan


1. Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Ayah 

Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Ayah



Informasi umum


Judul: Surat Kecil Untuk Ayah

Penulis: Boy Chandra

Penerbit: PT. Bukune Kreatif Cipta

Tempat terbit: Jl. Haji Montong No. 57 Jakarta Selatan 12630

Tahun terbit: 2016

Tebal halaman: VIII + 188 halaman


Orientasi


Surat kecil untuk ayah adalah novel karya Boy Chandra. Novel ini menceritakan tentang para ayah yang selalu menyisihkan waktu, bekerja keras tanpa batas, dan dipenuhi cinta untuk keluarga. Namun, ayah juga tetap manusia yang punya ceritanya sendiri. Di dalam novel ini tokoh utama diperankan oleh tokoh "aku".


Tafsiran


Bab pertama buku ini, penulis menceritakan sosok lelaki yang dekat dalam hidupnya. Lelaki yang memberikan kasih tak terhingga. Lelaki yang selalu menghadirkan senyuman di pagi buta. Juga selalu menenangkan saat larut malam bercerita. 


Ia akan selalu siap sedia untuk segala luka dan tangis yang mendera. Menghadiahi bahagia dalam perjalanan waktu sepanjang usia. Ayah tak pernah lelah untuk membuat anaknya merasa nyaman. Ia berusaha memenuhi segala kebutuhan keluarganya. Namun ia tak mengenal siapa ayahnya.


Cerita ini diakhiri saat saudara tiri meminta nya datang ke Jakarta. Kakak tiri mengantarnya dengan mmobil. Bukan menuju sebuah rumah, akan tetapi malah ke toko bunga. Saat itu dia berpikir bahwa ini semau hanyalah kejutan. 


Namun, kakak tirinya mengantarnya ke depan pintu gerbang besar sebuah pemakaman. Ia pun turun dengan langkah gontai. Genggaman tangan yang memegang bunga lantas lunglai. Bunga itu jatuh bersama lelehan kristal dari pelupul mata. Kii ayah yang ia miliki telah tiada. Dia hanya bisa mendoakannya dalam setiap sujudnya pada Tuhan.


Evaluasi


Novel ini disajikan dengan bahasa yang dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat, keputusasaan, dan kesedihan. Novel ini juga melampirkan beberapa perjuangan anak, ibu dalam kehidupan nyata. 


Kekurangan pada novel ini adalah masih adap enulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit untuk dipahami.


Rangkuman


Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang dipaparkan tadi, novel ini benar-benar dibutuhkan untuk anak zaman sekarang. Novel ini mampu memberi semangat pada anak-anak yang patah semangat. Novel ini juga mengajarkan anak untuk menghargai sebuah kerja keras dan ketegaran dari seorang ayah yang kadang membuat kita lupa bahwa dia juga seorang manusia.

Kembali ke Contents ↑


2. Teks Ulasan Novel Napas Mayat

Teks Ulasan Novel Napas Mayat


Informasi umum


Judul buku: Napas Mayat

Pengarang: Bagus Dwi Hananto

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit: Cetakan I, April 2015

Tebal buku: 185 halaman


Orientasi


Novel nafas mayat memenangkan juara 3 ajang literasi paling bergengsi yang diadakan oleh Dewan Kesenian Jakarta. 


Novel ini menayangkan fragmen kisah mengerikan dalam kehidupan manusia. Tokoh utama yang dirahasiakan namanya lahir bernama nafsu yang lebih berkuasa atas dirinya.


Ia dewasa dalam keterpurukan, trauma, kebencian, dan dendam, serta birahi tak berkecukupan yang menyudutkannya pada ketidakpercayaan pada dosan dan Tuhan.


Tafsiran


Kisahnya dimulai dengan sederetan hantu-hantu kematian dan keterpurukan masa lalu yang menimpa kehidupan tokoh "aku". Kemudian cerita dulur secara mundur tentang kejayaan masa muda tokoh Aku dimana usaha sang ayah tengah berjaya dan ia seolang pangeran dalam kerajaan cerita. 


Ia memili banyak pengikut di SMA-nya dan hidup berfoya-foya. Keterpurukan dan kejatuhan, membuat hidupnya dimiskinkan nasib dan berakhir lontang lantung dengan kepala botak dan wajah tua.


Tak cukup hanya disitu saja, Aku menjadi bahan cemoohan tetangganya, Mami besar. Dari cemoohan itualh, Aku yang menanggung sakit hati disulut oleh dendam oleh Hitam - gambaran lain dari nafsu jahat Aku - untuk membunuh Mami besar dan memakan dagingnya karena kemiskinan yang panjang membuatnya lama tidak merasakan daging. 


Penulis mendeskripsikan peristiwa pembantaian Mami besar dengan sangat detail. Dalam novel ini, penulis memberikan pandangan berbeda tentang hakikat cinta dan birahi, yang keduanya tak selamanya menyatu.


Evaluasi


Novel ini berkali-kali mengkritik dan mempertanyakan tentang hakikat manusia yang semakin meninggalkan tanda kemanusiannya. Semakin hari rasa kemanusiaan yang dimiliki masyarakat semakin berkurang. 


Pada novel ini mengajarkan pada kita bahwa kita tidak boleh hidup berfoya-foya, karena akan membuat masa depan terpuruk dalam kemiskinan. Novel ini juga mengajarkan pada kita untuk dapat mengendalikan hawa nafsu. Apabila kita terlalu menuruti hawa nafsu, maka akan terjerumus ke jalan yang menyimpang dari agama dan moral masyarakat.


Walaupun novel ini berisikan perenungan  tentang kemanusiaan dan moral, namun terdapat beberapa bagian dalam novel ini yang menceritakan tentang pembantaian dan hubungan seks. Pembantaian manusaia atau kanibalisme digambarkan penulis secara detail dan jelas, sehingga terkadang membuat perut yang membacanya merasa mual.


Rangkuman


Novel ini dapat kita jadikan perenungan bagi diri kita agar tidak terlalu menuruti hawa nafsu. Novel ini juga mengajarkan untuk memiliki rasa kemanusiaan dan moral. Dengan tidak meniru perlakukan tokoh Aku, kita dapat mengintropeksi diri kita agar tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Novel ini cocok dibaca untuk rentang usia 17-40 tahun.

Kembali ke Contents ↑


3. Teks Ulasan Novel Menemuimu dalam Doa


Orientasi


Novel ini adalah novel drama percintaan yang ditulis oleh Hamida Surya. Novel ini menceritakan jalan hidup tokoh utamanya yang berjulukan Indah. Diceritakan, Indah ingin melupakan mantan kekasihnya, meskipun setiap hari ia masih saja terbayang-baang dengan kenangan manis yang pernah dilalui bersama mantan kekasihnya itu.


Tafsiran


Indah adalah seorang gadis berumur 19 tahun, ia hidup dalam keluarga terbilang cukup. Ia hidup menyerupai gadis pada umumnya. Namun, hidupnya berubah saat bertemu dengan Galih. Perkenalan tak sengaja lewat media umum itu ternyata membuka lembaran kisah gres dalam hidup Indah. Apalagi, Galih ialah sepupuh dari sahabatnya Indah.


Pendekatan yang dilakukan oleh keduanya mengantarkan mereka untuk menuju tahap korelasi yang lebih serius yakni pacaran. Namun, ternyata api cinta harus padam diantara mereka sehabis korelasi pacaran itu setahun terjalin. Setelah putus, mereka kembali hidup menyerupai sebelumnya dan berusaha untuk tak saling mengenal antara satu sama lainnya.


Hingga pada akhirnya 4 tahun kemudian mereka kembali bertemu. Pertemuan ini menghidupkan memori lama yang dulu pernah ad. Hingga pada akhirnya korelasi mereka kembali terjalin. Namun, dalam akhir cerita, Indah harus terpaksa meninggalkan Galih karena merasa Galih tak lagi mau mendengarkan apa yang baik untuk dirinya. Ia memutuskan menyimpan Galih dalam doa saja.


Evaluasi


Novel ini iala novel yang sesuai dengan gejolak kehidupan para remaja. Bahasa yang dipakai penulis ringan dan gampang dicerna oleh para pembacanya. Novel ini menggambarkan bagaimana seorang cukup umur dihadapkan pada dua pilihan antara melupakan atau terus mendoakan orang yang ada dihatinya.


Rangkuman


Novel cukup umur ini menitikberatkan pada usaha melawan konflik antara pikiran dan hati yang terjadi di usia muda. Alur tak sejalan antara apa yang dikatakan otak dan hati memang biasa terjadi. Novel ini menampilkan realita kehidupan cukup umur yang nampak nyata.


Namun, cover depan novel ini dirasa kurang menarik dan terkesan mati, tak sesuai dengan isi bahasan dalam novel itu sendiri.

Kembali ke Contents ↑


4. Teks Ulasan Novel Surat Untukmu Sahabat

Teks Ulasan Novel Surat Untukmu Sahabat


Informasi umum


Judul: Surat untukmu Sahabat

Penulis: Bunga Riska Nizam

Penerbit: Aletta pictures

Jenis buku: Fiksi

Tahun terbit: 2013 (cetakan ke-5)

Tebal halaman: 120 halaman

Harga buku: Rp. 40.000,00


Orientasi


Novel ini adalah novel karya Bunga Riska Nizam yang menceritakan tentang surat terakhir untuk sahabat. Dia bernama Keke. Saat itu, terakhir kalinya Andini, Dinda, Fachda, Ida dan Maya merayakan ulang tahun Keke. Ketika dia dinyatakan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya. Waktu berlalu dan semua terasa baru. Setelah tiga tahun bersama di SMP Al-Kamal, akhirnya tahun mereka semau tidak duduk di sekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti kehilangan arah dalam persahabatan yang sudah terjalin sejak SMP.


Tafsiran


Saat itu Keke tak mampu menahan kesedihan ketika dia melihat rambutnya memenuhi genggaman tangannya. Hal ini menunjukkan bahwa kami pun merasakannya. Saat itu, kami kehilangan seorang sahabat akhir tahun lalu, tepatnya tanggal 25 Desember 2006. Berat membayangkannya. Hari ini kami berlima janjian akan bertemu di pemakaman Keke tepat pukul 4 sore. 


Akhirnya  kami dapat berkumpul bersama. Tepat hari ulang tahun Keke dipilih sebab saat inilah diliburkan dari segala aktifitas yang ada. Dinda sudah siap bergabung membaca surat Keke. Dengan segenap rasa bercampur di dalam dada, kami terdiam memasang telinga dengan tajam. 


Setelah membaca surat Keke, kami pun merenovasi segala harapan dan mencoba menyisipkan permohonan-permohonannya di dalam segala pencapaian kami


Evaluasi


Kelebihan novel ini dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Ceritanya berisi tentang persahabatan. Kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca mudah memahami.isinya.


Kekurangan novel ini ada beberapa penulisan yang salah dan juga penulisannya yang kurang menarik. Kata-kata pengemis dalam novel ini kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan dan kata-kata kiasan pengemis.


Rangkuman


Dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, novel ni mengajarkan tentang arti persahabatan yang sebenar-benarnya. Novel ini sangat cocok untuk para remaja Indoensia. Sebab, didalamnya terkandung pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi agar kita mudah bersahabat.

Kembali ke Contents ↑


5. Teks Ulasan Novel Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990


Teks Ulasan Novel Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990
Informasi umum


Judul: Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990

Penulis: Pidi Baiq

Penerbit: Pastel Book

Tempat terbit: Jl. Cinambo No. 135 Cisaranten Wetan, Ujungberung, Bandung

Tahun terbit: Cetakan XIII, Juli 2015

Tebal halaman: 332 halaman


Orientasi


Novel karya Pidi Baiq yang menceritakan seorang perempuan bernama Milea Adnan Husein. Ia menjadi tokoh aku dalam cerita ini. Ia tinggal di Jakarta, akan tetapi ia harus pindah bersama keluarganya ke Bandung. Dikarenakan harus mengikuti ayahnya yang adalah seorang tentara dan harus pindah tugas.


Tafsiran


Pada bab pertama, penulis menceritakan tentang Milea, mulai dari pengenalan tokoh, menceritakan kisah asmara sampai kejadian kejadian yang membuat pembaca terbawa suasana. Dimulai dari Milea mempunyai pujaan hati di Jakarta bernaam Beni, tetapi dia tidak suka pada Beni, karena perlakuan kasarnya.


Sejak ia tinggal di Bandung, Milea menyukai seorang laki-laki bernama Dilan. Dilan pun sepertinya memiliki perasaan yang sama terhadapnya. Tetapi cinta mereka sedikit terhalangi seorang mahasiswa ITB bernama kang Adi, karena dalam cerita ini kang Adi suka dengan Milea. 


Evaluasi


Novel ini sangat menarik dan disajikan dengan bahasa yang unik dan sederhana, tiap bab terdapat kalimat-kalimat yang membuat pembaca ingin ketawa. Karena jika kalian ingin tahu Pidi Baiq sangat cerdas dalam memilih kata-kata lucu untuk diselipkan dalam novel ini.


Novel ini juga menceritakan suatu hal dengan rentet dan teliti sehingga pembaca tidak harus bingung akan alur pada novel ini.


Kekurangannya terletak pada sebagian bahasa yang menggunakan bahasa Sunda, karena tidak semua pembaca mengerti artinya. Tapi, untungnya penulis membuat terjemahan bahasa Indonesianya agar kita dapat memahaminya.


Rangkuman


Novel ini sangat cocok untuk para remaja. Novel ini mengajarkan kita agar tidak patah semangat dalam melakukan sesuatu. Dan juga novel ini menceritakan kisah cinta, jadi bagi pembaca dapat merasakan hal romantis, lucu dan menarik.

Kembali ke Contents ↑


Baca juga: 15 Contoh Teks Ulasan Film Singkat beserta Strukturnya (2024)


Update: 02/01/2024


6. Teks Ulasan Novel Asih Karya Risa Saraswati


Informasi umum


Identitas Buku:

Judul : Asih

Pengarang : Risa Saraswati

Penerbit : Bukune

Tahun Terbit : 2017

Tebal Halaman : 188 lembar

Ukuran Buku : 14 x 20 cm


Orientasi


Novel berjudul Asih merupakan novel bergenre horror ketujuh dari penulis bernama Risa Saraswati. Novel ini mendapat penghargaan sebagai buku horror best-seller di beberapa toko buku di Indonesia.

 

Sinopsis


Asih merupakan novel bergenre horror karya Risa Saraswati yang menceritakan tentang sosok hantu perempuan yang dikenal suka menjahili dan mengganggu manusia. Disini Risa membawa para pembacanya untuk menelusuri lebih dalam tentang kisah hidup sosok Asih sewaktu hidupnya dulu dan mengungkap alasan mengapa Asih seringkali melakukan tindakan yang dianggap menakuti manusia. 


Analisis


Sebenarnya sosok hantu perempuan ini bernama asli Kasih. Kasih adalah seorang anak perempuan yang lahir dari wanita bernama Hawa dan lelaki bernama Suhaja. Ia dilahirkan di Sukaraja.


Cobaan hidupnya dimulai dari insiden penolakan yang ia lakukan terhadap pria Sukaraja yang hendak mengajaknya menikah membuat Kasih yang dahulu dikenal banyak orang lambat laun semakin terasingkan oleh masyarakat di desanya. Ternyata penolakan yang ia lakukan dianggap sbg penghinaan, lawan jenis disekitar pun mulai menjauhinya. Dan hari hari ia menjadi topik pembicaraan masyarakat disana, tak heran terselip banyak kalimat yang menyakitkan hati didalam pembicaraan itu. Keinginan Kasih untuk pergi dari sana semakin membesar.


Pada suatu hari, hasil panen masyarakat Sukaraja kian menurun akibat kemarau yang berkepanjangan, membuat keluarga Kasih semakin kesusahan. Kasih memberi solusi dengan mencari uang di luar Sukaraja dan pergi ke tempat yang ia idamkan yaitu, Kota Bandung. Kenyataan bahwa mimpinya untuk pergi jauh dari Sukaraja semakin dekat, membuat Kasih tak berpikir panjang lagi akan keputusannya untuk merantau. Maka terwujudlah mimpinya, saat ia memenangkan perdebatan antara ia dan bapak.


Sesampainya di Kota Bandung ia bekerja sebagai asisten rumah tangga. Ia mengasuh anak-anak kecil, dan mengurus rumah. Darisanalah ia mulai dipanggil dengan sebutan Asih, perempuan yang dikenal ceria dan senang mengasuh anak-anak. Asih kerapkali dipecat dari pekerjaannya karena ia sering melamunkan anak laki-laki majikan yang ia sukai, dan lamunan itu menyebabkan beberapa kecerobohan, yaitu ia seringkali membuat anak yang diasuhnya terjatuh dan mengalami mengalami beberapa jahitan, kejadian itu tak hanya terjadi sekali melainkan beberapa kali, tak heran Asih pun kerap diusir oleh majikan-majikannya dengan alasan yang sama yaitu kelalaiannya. Merasa amat terpuruk, Asih duduk di sebuah etalase toko kelontong sembari menangisi keadaannya. Seorang wanita yang sedang berbelanja disana sampai menaruh iba kepadanya, dan kemudian menghampiri Asih yang terus menangis. Seorang wanita itu adalah Oma Fatimah atau kerap disapa Oma Fat yang merupakan nenek Risa si penulis. Dari sanalah awal mula Asih bertemu dengan Oma Fat. Lambat laun hubungan Asih dan Oma Fat membuahkan keberuntungan bagi Asih, ia kemudian ditawari untuk bekerja ditempat sahabat Oma Fat. 


Saat bekerja di tempat sahabat Oma Fat, Asih bertemu dengan pria bernama Karman, ia dipertemukan dengan rasa cinta yang hebat, namun naas kisah cinta itu berakhir dengan kehadiran seorang bayi didalam perutnya dan ia langsung ditinggalkan oleh pria bejat itu. Asih pun menyesali semua perbuatannya, ia meratapi semuanya, dan berpikir bahwa ia telah menyusahkan banyak orang termasuk keluarganya yang jauh di Sukaraja sana. Lantas dini hari itu setelah melakukan sembahyang subuh ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena tidak tahan lagi menjalani hidupnya yang penuh jalan berkelok-kelok. Setelah raganya melihat sosok dirinya yang tergantung ditali tambang, ia merasa malu dan takut mendengar suara adzan dan Allah yang menyaksikan kematiannya. Ia juga merasa bahwa Allah telah membencinya atas perbuatan bodoh yang ia lakukan. 


Sejak kematiannya itu, ia seringkali menganggu banyak masyarakat di Bandung, tak heran banyak orang orang memutuskan untuk berpindah dari sana, karena sikap sosok Asih yang dianggap sangat merisihkan masyarakat disana terutama ia dikenal senang menganggu kehidupan manusia disana, kesukaannya terhadap anak-anak kecil membuat ia sering berlaku nekat dengan mengajak main anak-anak kecil yang ia anggap sangat lucu. Namun perilakunya ini tidak diartikan dengan baik oleh manusia, karna dengan tubuhnya yang tak lagi berwujud manusia dan terkesan menyeramkan.

 

Evaluasi


Pemilihan kata dan penempatan beberapa majas yang tepat, membuat novel ini sangat seru dan berkesan. Penggambaran situasi menggunakan kalimat yang saya nilai sangat baik, jelas, dan mudah dipahami, saya rasa penulis patut diacungi jempol. Banyak pesan moral yang dapat diambil dari novel ini salah satunya adalah " sebagian besar para hantu diluar sana memiliki keinginan yang sama yaitu, untuk kembali hidup. Dan jadilah bijaksana dengan tidak mengakhiri hidupmu maupun sebesar apapun masalah yang kau hadapi. Hadapkanlah tubuhmu bawa semua masalahmu dan sembahlah TuhanMu, kadukan semua masalahmu padaNya, niscaya Dia akan memberikanmu keringanan. Sungguh nyatanya mengadu pada Tuhan lebih ampuh mengurangi bebanmu. "


Kekurangannya ialah hanya kisah yang ditulis terlalu pendek, saya merasa kurang puas, saya ingin membaca kisah yang lebih panjang lagi tentang sosok Asih, hantu kuntilanak ini. Namun mengesampingkan itu, novel ini tetap menjadi daftar rekomendasi teratas bagi kalian yang suka membaca novel horror. Saya selalu terbawa suasana saat membacanya. Novel ini juga terdapat banyak pesan moral yang sangat memotivasi.


7. Novel Cinta Dua Hati


Judul              : Cinta Dua Hati

Penulis           : Nuniek Kharisma R

Jenis Buku    : Fiksi

Penerbit        : Zettu

Cetakan 1     : 2013

Tebal : 172 Halaman


Image result for novel cinta dua hatiCinta Dua Hati adalah judul dari sebuah novel ciptaan Nuniek Kharisma R. Isi dari novel ini  sangat mengharukan dan menyentuh hati. Memberikan sebuah makna mendalam akan persahabatan yang begitu berharga, antara Hannah dan Halwa dan tak terkalahkan oleh apapun. Walaupun mengalami ‘guncangan’ akibat sebuah cinta segitiga yang mereka alami, namun akhirnya, persahabatan meraka tetap kukuh.


Tokoh utama cerita ini adalah Hannah dan Halwa, sebagai sahabat sejak kecil yang sangat kompak. Cerita berawal dari kedatangan seorang murid baru pindahan dari Korea yang bernama Min Soo. Tak seperti kebanyakan orang Korea, dia berkulit coklat persis seperti kulit Hannah. Karena itu keduanya terlihat tertarik satu sama lain. Apalagi Hannah juga lebih manis dan dewasa daripada Halwa yang manja.


Ketika mereka bertiga akan membuat kue ulang tahun untuk maminya Halwa, Min Soo menyatakan perasaan pada Hannah. Namun, ternyata Halwa malah mengumumkan bahwa Min Soo adalah pacarnya di depan semua tamu ulang tahun maminya. Sejak saat itu Hannah dan Min Soo menjalin hubungan tanpa sepengetahuan Halwa. Hingga akhirnya Halwa memergoki keduanya. Ia marah besar apalagi Min Soo memarahi Halwa dan sangat menyakiti hatinya. Setelah kejadian itu ternyata hubungan persahabatan Hannah dan Halwa tak terasa indah, dia justru merasa sangat bersalah dan Hannah terlihat tertekan dan ketakutan.


Hingga akhirnya dia berniat untuk menemui Halwa, namun ia kecelakaan. Dan ternyata Min Soo  melarang Halwa untuk menemui Hannah. Hannah kabur dari rumah sakit demi menemui Halwa lagi dan dia menemukan fakta bahwa Min Soo telah melarang Halwa agar tidak menggangggu Hannah lagi.


Mulai saat itu, Hannah sangat membenci Min Soo. Min Soo sangat tega untuk merusak persahabatannya dengan Halwa. Dan saat itu juga, Hannah mengerti, bahwa Min Soo menyukainya, hanya  karena dia mirip dengan ibunya yang telah meninggal. Min Soo sangat rindu dengan ibunya, Min Soo telah menganggap Hannah sebagai ibunya. Dia mengalami tekanan batin, hingga tega merusak persahabatan Hannah dan Halwa  demi bisa memiliki Hannah yang dia anggap sebagai ibunya itu. Akhirnya, Min Soo dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk melakukan terapi. Dan akhirnya, Hannah dan Halwa kembali menjadi sahabat yang benar-benar sejati.


Novel ini sangat bagus, karena menceritakan tentang persahabatan yang “Sesungguhnya”. Dan percintaan yang sangat “kejam” dan tak setulus hati. Dari segi kebahasaan, bahasa novel ini begitu menarik, dan sangat cocok untuk para remaja. Namun, novel ini juga memiliki kekurangan. Yaitu, ceritanya kurang kreatif, banyak adegan di dalamnya yang kurang beragam.


Dengan mengesampingkan kekurangan itu, Novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan bagi para remaja yang banyak mengalami masalah dalam persahabatan. Novel ini memberikan motivasi, inspirasi, dan nasehat pada para remaja agar saling megerti perasaan hati antar sahabat demi sebuah persahabatan yang sejati.


8. Sang Pemimpi


Informasi umum


Judul : Sang Pemimpi

Penulis : Andrea Hirata

Jenis Buku : Fiksi

Penerbit : Bentang

Cetakan I : Juli 2006

Tebal : X +292 halaman


Orientasi


Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.Novel ini menceritakan kisah kehidupannya di Pulau Belitong yang dililit kemiskinan. Ada tiga remaja SMA yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah hingga ke Prancis menjelajah Eropa hingga ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi-pemimpi itu.


Tafsiran


Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Dia seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Namun, berbeda dengan sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak Belia lah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid muridnya terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.“Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang eksotis. Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis. Langkahkan kakimu di atas altar suci almamater terhebat tiada tara: Sorbonne. Ikuti jejakjejak Satre, Louis Pasteur, Montesquieu, Voltaire. Disanalah orang belajar science, sastra, dan seni hingga mengubah peradaban…”, itulah kata-kata yang sering diucapkan Pak Balia. Pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Meskipun demikian, pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.


Evaluasi


Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan,semangat keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas. Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.


Rangkuman


Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya sekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang ketidak mungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.


9. Teks ulasan novel “ Surat untukmu Sahabat”


Identitas novel


Judul novel        : Surat untukmu Sahabat

Penulis              : Bunga Riska Nizam

Penerbit            : Aletta Pictures

Jenis buku         : Fiksi

Tahun terbit       : 2013 (cetakan ke-5)

Tempat terbit     : Jakarta

Ukuran novel     : 13 cm x 19 cm

Tebal halaman    : 120 halaman

Harga buku        : Rp. 40.000,00


Orientasi 


Surat untukmu Sahabat adalah novel karya Bunga R. Nizam yang menceritakan tentang Surat terakhir untuk Sahabat. Dia bernama Keke. Saat itu,terakhir kalinya Andini,Dinda,Fachda,Ida,dan Mayamerayakan  ulang tahun keke. Ketika dia dinyatakan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya. Waktu berlalu dan semua nya terasa baru. Setelah tiga tahun bersama di SMP Al-Kamal, akhirnya tahun ini Keke,Andini,Dinda,Fachda,Ida,dan Maya. tidak lagi duduk di sekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti kami kehilangan arah dalam persahabatan yang sudah kami bisa sejak SMP dulu.


Tafsiran 


Saat itu,Keke tak lagi mampu menahan kesedihan ketika dia melihat rambutnya memenuhi genggaman tangannya. Hal ini menunjukan bahwa kami pun juga merasa kannya.Saat itu,kami kehilangan seorang sahabat akhir tahun lalu,tepatnya tanggal 25 Desember 2006.Berat membayangkannya. Hari ini kami berlima janjian akan bertemu di pemakaman Keke tepat pukul 4.00 sore. Syifa kebagian membawa kue ulang tahun,Ida akan menyiapkan lilin-lilinnya,sementara yang lainnya menyiapkan kebutuhan berziarah seperti bunga,air dan payung.  


Kegiatan berziarah di hari ulang tahun Keke ini juga dilakukan oleh Kak Cika,Kak Kiki,dan Pak Jody. Hari ini,Ida yang tiba lebih dulu sempat menyaksikan ibu kandung Keke itu berziarah dan menangis di pusaranya. Ida mendapati pemandangan yang mengharukan sebab ketika menceritakannya saja matanya ikut berkaca-kaca. Tanpa terasa satu jam sudah berlalu dan kami masih bersimpuh di pusara Keke. Saat itu, ketika Keke masih di rawat di rumah sakit. 


Menurut Kak Cika,setelah kami pamit untuk sholat magrib,Keke sempat membuka mata dan menyampaikan pesannya meski tak mampu diucapkan dengan bahasa lisan yang tak jelas. Keke memainkan jarinya membentuk angka satu dan empat. Pak Jodi sempat menyodorkan secarik kertas dan pena yang akhirnya itu menjadi pesan Keke yang terakhir. Tak lama,Keke pun menghadap sang illahi. Kami tidak ada di sisinya ketika Keke pergi karena sedang berdo’a bersama meminta yang terbaik untuknya. 


Akhirnya kami berenam berhasil juga berkumpul bersama. Hari natal dipilih sebab saat inilah kami diliburkan dari segala aktifitas yang ada. Apalagi Dinda yang sudah siap bergabung untuk membaca Surat Keke yang baru dibaca sepeninggal .Dengan segenap rasa yang bercampur di dalam dada,kami terdiam dan memasang telinga tajam-tajam. Setelah membaca Surat Keke,kami semua akhirnya merenovasi segala harapan dan mencoba menyisipkan permohonan-permohonannya di dalam segala pencapaian kami.


Evaluasi 


Kekurangan :

Cerpen ini ada beberapa penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan, kelemahan yang dimiliki novel ini diantaranya kata-kata pengemis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan dan kata-kata kiasan pengemis.

Kelebihan :

Cerpen karangan gadis kelahiran Bali ,17 Agustus 1986 ini dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Serta,ceritanya yang berisi tentang persahabatan. Kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca terlarut dalam cerita. Sehingga, pembaca juga lebih mudah memahami isinya.


Rangkuman 


Tetapi,dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut cerpen ini yang mengajarkan tentang arti sahabat sebenarnya. Dan cerpen ini sangat cocok untuk para remaja di indonesia. Sebab,didalamnya terkandung pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi agar kita mudah bersahabat dan setia.


10. Novel Edensor


Orientasi


Edensor adalah novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata, seorang pengajar relawan di Belitung. Ia menulis novel ini sebagai persembahan untuk Ibunya, N. A. Masturah Seman Said Harun. Novel ini diterbitkan pada tahun 2007 oleh Penerbit Bentang Pustaka. Novel ini mengisahkan perjuangan pemuda belitong dalam meraih mimpi-mimpinya dan mencari sosok cinta pertamanya. Ikallah pemuda Belitong tersebut. Kisahnya sangat memotivasi para pemuda, inilah yang menjadi daya tarik bagi para pembacanya.


Tafsiran


Novel ini menceritakan Ikal, seorang anak ke lima dan terlahir dalam sebuah keluarga yang sederhana. Ikal menggambarkan sosok sang penulis, Andrea Hirata. Ikal sosok pemuda pintar dan nakal itu mempunyai sebuah mimpi yang sangat besar. Pak Balialah sosok guru yang telah memberi motivasi Ikal untuk mencari ilmu dan melanjutkan pendidikan hingga ke Eropa. Selain Pak Balia, sosok ayah Ikal yaitu Pak Harun juga memotivasi dan mendidik Ikal dengan baik.


Tidak hanya sosok ayah dan gurunya saja yang telah memotivasi Ikal. Namun, ada tokoh lainnya seperti Weh, Mak Birah, dan Arai. Mereka telah mengajari Ikal tentang berbagai hal, seperti langit, bintang-bintang, dan arti kehidupan. Pelajaran-pelajaran inilah yang memotivasi Ikal untuk meraih kesuksesannya.


Evaluasi


Novel Edensor ini mampu memberikan gambaran dengan jelas mengenai peristiwa/kejadian di dalamnya. Ditambah lagi dengan berbagai gambar ilustrasi yang semakin memperjelas maksud dari novel tersebut. Cerita di dalam novel ini penuh warna dengan berbagai peristiwa menyenangkan, menyedihkan, dan membahagiakan. Beberapa kejadian aneh sekaligus lucu di dalam novel ini berhasil menghibur pembaca.


Hal lain yang membuat novel ini menarik yaitu metafora atau kiasan di dalamnya. Kiasan-kiasan ini digambarkan dengan indah dan berhasil memberikan bayangan yang jelas bagi para pembaca. Tidak seperti novel kedua tetralogi Laskar Pelangi (Sang Pemimpi), Edensor merupakan tetralogi ketiga Laskar Pelangi yang masih berhubungan erat dengan novel pertama Laskar Pelangi.


Rangkuman


Novel Edensor merupakan novel yang patut untuk dibaca oleh remaja-remaja di Indonesia ini. Cerita-cerita di dalamnya sangat memotivasi, memberikan semangat, dan mengajak kita untuk berani bermimpi demi kesuksesan di masa depan. Novel ini juga mengajak kita agar tidak putus asa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, walaupun harus sampai ke Eropa. Buku ini juga mengajarkan bahwa kesuksesan dapat diraih dengan semangat dan kerja keras.


Baca juga: Contoh Teks Ulasan Buku dan Strukturnya


Demikianlah artikel tentang contoh teks ulasan novel singkat beserta strukturnya (2024). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments