Type something and hit enter

Posted by On
4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pantai & Strukturnya

Buatlah contoh teks laporan hasil observasi tentang pantai? Baiklah, pantai termasuk dalam bagian contoh teks LHO keindahan alam. Apa yang dimaksud teks laporan hasil observasi? Pengertian teks lho adalah teks yang menjelaskan informasi umum tentang sesuatu seperti alam, tumbuhan, hewan berdasarkan fakta dari hasil observasi yang telah dilakukan.

Adapun struktur teks laporan hasil observasi  ada 2, yang pertama terdapat 2 struktur utama yaitu pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan.Yang kedua pernyataan umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.

Untuk mengetahui selengkapnya, kalian bisa baca pada artikel kami sebelumnya: materi teks laporan hasil observasi.

Setelah memahami struktur teks lho, diharapkan bagi kalian untuk menentukan sendiri struktur yang ada pada contoh di bawah ini. Semoga berhasil ya...

Berikut ini contoh teks laporan hasil observasi pantai beserta strukturnya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Keindahan Alam Pantai


1. Pantai Santolo


Jawa Barat terkenal sebagai provinsi yang kebudayaannya sangat kental, ini terlihat jelas pada kehidupan sosial budaya nya yang masih terjaga. Berbagai kegiatan kesenian masih dapat dinikmati di setiap sudut kota. Suasana yang tentram dengan keramahan masyarakatnya membuat saya selalu ingin berlama-lama menikmati kota Bandung khususnya. Wisata alam yang ingin sekali saya kunjungi adalah Pantai Santolo.

Suasana pantai ini masih sangat alami. Pantai Santolo memiliki pasir berwarna putih agak kecoklatan, warna air laut terlihat gradasi, hijau kebiruan menuju biru tua. Pemandangan yang sangat indah sekali.

Pantai ini sudah dikelola oleh resort dengan manajemen yang baik, membuat kebersihan di Pantai Santolo tetap terjaga. Juga telah tersedia tempat sampah yang memadai merupakan salah satu kiatnya. Ini lah yang seharusnya diterapkan di pantai-pantai seluruh Indonesia.

2. Pantai Anyer


Deskripsi Umum


Anyer atau Anyar memiliki sebuah pantai yang cukup terkenal di kalangan wisatawan, khususnya wisatawan dosmetik bernama Pantai Anyer. Walaupun demikian, tak jarang pula kita menemukan wisatawan mancanegara yang berkunjug dan menjadikan Pantai Anyer sebagai salah satu destinasi wisata mereka.

Deskripsi Bagian


Pantai ini terletak sekitar 38 km dari pusat kota Serang, Banten sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk tiba di objek wisata pantai ini. Dengan perjalanan darat kita dapat mencapai lokasi ini hanya dalam waktu 30 menit - 1 jam dari pusat kota Serang.

Pantai Anyer terkenal dengan pasir putihnya yang membentang sepanjang bibir laut. Selain itu, para wisatawan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Rakata yang merupakan anak Gunung Krakatau. Banyak pula tempat penginapan di sekitar pantai Anyer mulai dari motel kelas menengah ke bawah hingga hotel-hotel berbintang. Kita juga dapat menyewa beberapa wahana air seperti speed boat, banana boat, dan lain sebagainya.

Deskripsi Manfaat


Potensi Pantai Anyer sebagai destinasi favorit di wilayah Prov Banten begitu besar. Keindahan alamnya serta nilai sejarah yang ditawarkan menjadikan Pantai Anyer menjadi salah satu sumber pendapatan daerah maupun negara dengan terus melakukan promosi baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu juga, masyarakat di sekitar Pantai Anyer juga merasa diuntungkan dengan adanya perkembangan infrastruktur yang telah dibangun di sekitar objek wisata ini karena mereka dapat memperoleh pundi-pundi rupiah dengan menjual berbagai aneka makanan, inuman, hingga menjadi pemandu wisata.

3. Pantai Cemara Tuban


Wisata Pantai Cemara Tuban merupakan salah satu wisata pantai yang terdapat di Ronggolawe.

Pantai Cemara Tuban menawarkan untuk Anda pesona pantai yang ditepi-tepinya berjajar pohon cemara yang rindang. Cocok buat Anda yang ingin berteduh menikmati suasana pantai.

Tempat wisata ini terletak di Jalur Pantura tepatnya disebelah barat terminal baru Tuban. Dengan tempatnya yang strategis tentunya sangat memudahkan wisatawan yang ingin menikmati pantai ini. Sekitar 300 meter dari Pantai Cemara juga terdapat wisata edukasi yaitu Wisata Mangrove Center Tubna yang merupakan bibit mangrove yang ditanam di seluruh Indonesia.

Wisata ini dulunya bernama wisata pantai tasikharjo. Kawasan ini dulunya tahun 1980-an digandrungi oleh warga sekitar bisa dikatakan sebagai primadona di Tuban yang banyak dikunjungi wisatakan karena keindahan alamnya. Beberapa tahun kemudian, tempat itu terlantar dan bisa dikatakan rusak. Akhirnya pada tahun berikutnya pemerintah berupaya untuk mengembalikan wilayah tersebut agar tetap indah dan terjaga. Yang dahulu hanya terdapat beberapa pohon cemara saja, kini telah ditanami sampai terbentang sepanjang kawasan pantai.

Pantai Cemara Tuban memberikan keunikan tersendiri dengan nuansa pantai berbeda, pantai disana sangatlah luas tak hanya cocok bagi Anda berjalan-jalan ditepinya, juga cocok untuk orang-orang yang memiliki hobi sport misal sekedar jogging, lari-lari kecil atau lain sebagainya.

4. Pantai Kartini


Pantai Kartini merupakan salah satu objek wisaya pantai di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Pantai Kartini tidak bisa lepas dari suatu acara tradisional yang disebut "Lomban". Acarai ini merupakan acara budaya masyarakat Jepara yang berlangsung selama 1 hari tepatnya pada seminggu setelah Hari Raya Idul Firi atau tangal 8 Syawal.

Pantai Kartini disebut juga "pemandian" yang terletak di sebelah barat Pantai Kartini, karena pada awalnya digunakan sebagai tempat pemandian yang konon dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan penyakit rematik, gatal-gatal.

Pantai Kartini memiliki pasir yang putih dan ombaknya yang tenang. Pantai ini sangat cocok dikunjungi sebagai wisata keluarga. Selain menawarkan keindahan alam panaroma alami pantai, ada beberapa wahana yang tersedia di pantai ini.

Di tempat lainnya terdapat bangunan gedung yang memiliki latar belakang alam yang sungguh indah dan merupakan tempat untuk melihat-lihat berbagai jenis ikan dan juga ada bioskop 3D yang menayangkan film-film tentang kura-kura atau penyu serta film lainnya, tempat ini bernama Wahana Kura-Kura Ocean Park yang terdiri dari 2 lantai. Untuk masuk wahana kura-kura ini sangatlah terjangkau berkisar Rp. 5000 pada hari biasa dan Rp. 17.500 pada hari libur nasional.

Kalian bisa baca juga contoh yang telah kami buat sebelumnya yakni tentang keindahan alam, bencana alam pada Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam.

Demikianlah artikel tentang empat contoh teks laporan hasil observasi tentang pantai dan strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments