Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Buatlah contoh teks laporan hasil observasi tentang alam? Baiklah, kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan membagikan artikel tentang contoh teks laporan hasil observasi tentang bencana alam, keindahan alam semesta, lingkungan dan wisata alam.

Sebelum kita mulai untuk membuat contohnya, sebaiknya kita mengetahui apa itu teks laporan hasil observasi.

Apa yang dimaksud teks laporan hasil observasi? Pengertiannya adalah teks yang menerangkan informasi umum tentang sesuatu berkaitan dengan alam, tumbuhan, hewan, buah-buahan, dan lain sebagainya berdasarkan fakta dari hasil observasi yang sudah dilakukan.

Adapun struktur teks laporan hasil observasi terbagi dua: struktur yang pertama yaitu pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan. Struktur yang kedua ada empat, yakni definisi umum, definisi bagian, manfaat dan penutup.

5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam (Bencana, Lingkungan, Wisata)


Untuk lebih jelasnya, bisa kamu baca pada artikel sebelumnya dibawah ini.

Baca Juga: Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri, Contoh Lengkap


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bencana Alam


#1 Banjir

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi banjir

Banjir merupakan suatu peristiwa yang terjadi saat air dalam jumlah besar menggenangi sebagian wilayah daratan dalam waktu tertentu disebabkan curah hujan yang tinggi ataupun karena kerusakan alam.

Banjir biasanya terjadi pada daerah perkotaan, musibah ini sangat merugikan. Biasanya tempat yang terkena banjir adalah pemukiman padat sepanjang aliran sungai. Banjir terjadi disebabkan oleh beberapa macam faktor.

Faktor utama penyebab banjir adalah karena ulah manusia itu sendiri. Kegiatan seperti penebangan pohon secara liar menyebabkan berkurangnya daerah resapan air hujan. Maka hal ini yang menyebabkan terjadinya banjir.

Penyebab lain dari banjir karena membuang sampah sembarangan, terutama pada tempat-tempat umum dan sungai. Pembuangan sampah ke sungai mengakibatkan terhambatnya aliran sungai dan air pun meluap dan menyebabkan banjir.

Dampak akibat terjadinya banjir yaitu perumahan warga rusak, lingkungan menjadi tidak sehat, mulai timbul berbagai penyakit seperti diare, gatal-gatal, difteri dan penyakit kulit lainnya.

Walaupun bencana alam seperti banjir ini sering terjadi, namun faktor-faktor yang menyebabkan banjir sulit dihilangkan.

Adapun cara pencegahan banjir dapat dilakukan dengan cara pengembalian fungsi hutan sebagai daerah resapan air dan menanam kembali bibit pohon terhadap hutan yang telah rusak (reboisasi).

Selanjutnya dengan cara pembersihan daerah aliran sungai dari sampah-sampah yang menghambatnya. Cara terakhir yaitu dengan menjaga lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di sepanjang aliran sungai.

Sumber: kakakpintar.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-tentang-banjir/

#2 Meletusnya Gunung Krakatau


Krakatau adalah kepulauan vulkanik aktif dan letaknya berada di Selat Sunda antara pulau Sumatra dan Jawa. Krakatau meletus pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan yang sangat luar biasa, awan panas dan tsunami terjadi dan menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

Sebelum terjadinya tsunami tahun 2004, tsunami ini dahulu adalah tsunami terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30,000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Letusan Krakatau ini menyebabkan perubahan iklim global. Akibat letusan ini dunia sempat gelap selama dua setengah hari karena debu vulkanis yang menutupi atmosfer.

Letusan Gunung Krakatau tercatat merupakan bencana besar pertama di dunia setelah ditemukannya telegraf bawah laut. Kemajuan tersebut, tidak diimbangi dengan kemajuan bidang geologi. Para ahli geologi belum mampu memberi penjelasan mengenai letusan tersebut.

Sumber: brainly.co.id/tugas/1832180

Baca Juga: 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah-buahan dan Strukturnya


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam Semesta


#3 Bumi dan Bulan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam Semesta

Bumi mempunyai satelit alami yaitu bulan, bulan letaknya tidak dapat sejajar dengan matahari karena bulan selalu berputar mengelilingi bumi. Sedangkan bumi berputar pada porosnya.

Hal tersebut mengakibatkan bulan hanya dapat dilihat pada malam hari. Saat malam hari bulan seakan-akan memancarkan cahaya sendiri, padahal cahaya tersebut berasal dari matahari karena cahaya dipantulkan menuju bulan.

Menurut hasil observasi, jarak bumi ke bulan sekitar 30 kali diameter bumi yaitu 384,405 km. Bulan memiliki diameter lebih kecil daripada bumi yaitu 3.474 km.

Bulan dapat melakukan periode orbit (mengelilingi bumi) kurang lebih 27,3 hari dengan pola periodenya yakni bumi-bulan-matahari serta melakukan preiode sinodik kurang lebih 29,5 hari.

Walaupun bumi memiliki gaya gravitasi yang dapat menarik bulan, tetapi bulan tetap tidak jatuh. Hal ini disebabkan karena adanya gaya sentrifugal dalam periode orbit bulan. Gaya sentrifugal besarnya lebih kecil daripada gaya gravitasi bumi. Dengan gaya yang lebih kecil, membuat bulan semakin jauh dari bumi. Proses menjauhnya bulan ke bumi kurang lebih 3,8 cm/tahun.

Ternyata di bulan tidak ada air bahkan udara. Namun kita bisa melihat kawah disekeliling bulan, hal tersebut bisa terjadi karena benturan asteroid maupun komet.

Bulan tersusun dari mantel, inti serta kerak. Kerak bulan mengandung mineral kalsium serta batuan granit yang tebalnya sekitar 48 - 74 km. Bagian bawah kerak terdapat mantel yang tersusun oleh sedikit logam besi dan mineral silikat.

Bulan terdapat inti yang sangat keras sekitar 240 km dengan ketebalan bagian luarnya 300 km. Didalam ini bulan terdapat isi besi serta dilapisi oleh lapisan kental sekitar 500 km.

Sumber: materi4belajar.blogspot.com/2017/06/8-contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Alam


#4 Sampah


Sampah merupakan material sisa yang tidak dibutuhkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari manusia, alam, dan lain sebagainya.

Sampah banyak terdapat dimana-mana. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai kira-kira 11.000 ton/hari. Sampah dibedakan menjadi sifat dan bentuknya.

Berdasarkan  sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat diuraikan, sedangkan sampah anorganik tidak mudah diuraikan.

Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini bisa diolah menjadi kompos.

Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kaleng, kaca, kayu, dan sebagainya. Sampah jenis ini didaur ulang oleh home industry untuk dijadikan sebagai peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya, sampah dibagi menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia, dan radioatkfif.

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat, dapat berupa sampah rumah tangga seperti: plastik, sampah dapur, gelas dan lain-lain.

Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak dibutuhkan lagi seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasilkan dari aktivitas industri. Contohnya limbah rumah tangga seperti dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian.

Sampah alam adalah sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang secara alami. Contohnya adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah.

Sampah konsumsi adalah sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah.

Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah ini sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

Sumber: www.materikelas.com/12-contoh-teks-laporan-hasil-observasi-lingkungan-alam-sekolah/

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Keindahan Wisata Alam


#5 Pantai Cemara

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Keindahan Wisata Alam Pantai Cemara
www.teluklove.com

Pantai Cemara Tuban memberikan pesona pantai yang berjajar pohon cemara rindang untuk Anda berteduh menikmati indahnya pantai.

Tempat wisata ini terletak di Jalur Pantura tepatnya disebelah barat terminal baru Tuban. Sekitar 300 meter dari tempat wisata ini terdapat juga wisata edukasi yaitu wisata Mangrove Center Tuban yang merupakan bibit mangrove yang ditanam di seluruh Indonesia.

Dahulu, wisata pantai cemara ini bernama wisata pantai tasikharjo. Kawasan ini menjadi tempat yang sangat digandrungi warga sekitar dan sebagai primadona di Tuban yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan panoramanya.

Pantai Cemara Tuban memberikan nuansa unik wisata pantai yang berbeda, selain melihat-melihat keindahan pantainya, Anda juga dapat berolahraga seperti jogging, atau bermain volly pantai, futsal di pinggir pantai.

Sumber: semuacontoh.blogspot.com/2017/03/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-alam.html

Baca Juga: 6+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan dan Strukturnya


Demikianlah artikel hari ini tentang 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam (Bencana, Lingkungan, Wisata). Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR