Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah-buahan beserta strukturnya - Pelajaran hari ini untuk melanjutkan materi sebelumnya mengenai pengertian, jenis, struktur, ciri teks laporan hasil observasi.

Sebelum kita memasuki pembelajaran tentang contoh teks laporan hasil observasi tentang buah-buahan beserta strukturnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja strukturnya.

BACA JUGA: Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri



Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah-buahan

Kami sarankan, kalian untuk membaca terlebih dahulu penjelasannya.

1. Contoh Laporan Hasil Observasi Tomat

Contoh Laporan Hasil Observasi Tomat

Definisi umum

Tomat adalah tumbuhan dari keluarga solanaceae, asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Kata tomat berasal dari bahasa Nahuatl, tomatl.

Definisi bagian

Tomat dapat tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Memiliki buah berwarna merah, hijau, dan kuning biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau juga bisa dimakan langsung tanpa diproses.

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Definisi manfaat

Tomat dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti bumbu sayuran, makanan yang diawetkan, buah segar atau jus, bahkan bisa untuk kecantikan. Buah tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

Referensi: https://saraswatimarjo8.blogspot.com/2016/11/tekslaporan-hasil-observasi-a_54.html

2. Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Naga

Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Naga

Definisi umum

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocereis dan selenicereus. Buah naga dibedakan menurut jenis-jenisnya, khasiatnya, pembudidayaannya dan manfaat buah naga.

Definisi bagian

Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit merah muda atau merah, dan dua jenis buah naga daging putih dengan kulit merah atau kuning.

Keempat macam buah naga ini pada dasarnya memilki manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja diantara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya.

Definisi manfaat

Khasiat-khasiat buah naga diantaranya untuk mencegah kanker, bagus untuk jantung, mencegah dan mengatasi diabetes.

Penutup

Buah naga banyak sekali manfaatnya mulai dari batang buah, daging buah, sampai kulit buah naga memiliki kandungan vitamin dan zat yang bermanfaat. Dokter merekomendasikan buah naga dikonsumsi yang bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.

Referensi: http://deviadeniyanti.blogspot.com/2016/09/laporan-hasil-observasi-buah-naga-devia.html

3. Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Jeruk

Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Jeruk

Definisi umum

Jeruk atau limau adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia dengan buah rasa masam yang segar. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk.

Jeruk merupakan anggota marga citrus dari suku Rutaceae. Jeruk memiliki berbagai macam jenis, diantaranya yaitu jeruk manis, jeruk nipis, jeruk lemon.

Definisi bagian

Jeruk manis memiliki ciri-ciri warna kematangan kuning kehijauan, jika belum matang, jeruk manis warnanya hijau, memiliki kulit tipis, daging tebal berwarna kuning atau jingga dan biji jarang.

Jeruk lemon memiliki nama ilmiah citrus limon yang buahnya berbentuk sangat khas. Biasanya berwarna kuning atau hijau dengna bentuk seperti tabung, lebih panjang atau lonjong daripada buah jeruk lainnya.

Jeruk nipis mempunyai nama citrus aurantifolia. Jeruk ini sering digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan es jeruk dan bahan masakan. Warna buah ini ada yang hijau, kuning ataupun perpaduan antara hijau dan kuning.

Definisi manfaat

Setelah mengetahui berbagai jenis jeruk, kita tentunya dapat mengetahui berbagai macam manfaat dari jeruk tersebut. Secara umum jeruk dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan pernapasan, meningkatkan imunitas, mejaga kesehatan sistem pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi jeruk sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Referensi: http://shaxxou.blogspot.com/2016/09/teks-laporan-hasil-observasi.html

4. Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Anggur

Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Anggur

Definisi umum

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat termasuk keluarga Vitaceae. Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Berdasarkan jenisnya anggur dibagi menjadi tiga macam yaitu anggur hitam, anggur hijau, dan anggur merah.

Definisi bagian

Anggur hitam memiliki kulit hitam dan ukurannya seperti anggur lainnya, dan biasanya tidak ada bijinya. Anggur hitam memiliki rasa yang lebih manis dan lebih segar.

Anggur hijau memiliki rasa asam dan sedikit manis, tetapi anggur hijau memiliki nilai gizi yang tinggi.

Anggur merah adalah anggur yang paling terkenal dan paling diminati oleh masyarakat. Anggur merah memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan anggur hijau, disamping itu anggur merah memiliki kalori lebih rendah dari anggur hijau.

Definisi manfaat

Semua jenis anggur mempunyai banyak manfaat. Anggur banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan kulit manusia. Selain itu warnanya yang bermacam-macam dan rasanya yang berbeda membuat orang tertarik untuk mengkonsumsinya.

Referensi: http://ameliaputri01.blogspot.com/

5. Contoh Laporan Hasil Observasi Pepaya

Contoh Laporan Hasil Observasi Pepaya

Definisi umum

Pepaya merupakan anggota kerajan Plantae, famili Caricacae, genus carica dan merupakan spesies c. Papaya. Pepaya dapat ditemukan di daerah tropis, sub tropis bahkan daerah dingin di seluruh dunia. Buah pepaya dibedakan menjadi 2 yaitu buah pepaya betina dan buah pepaya jantan.

Definisi bagian

Pepaya betina merupakan buah berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Serikat bagian utara. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda "Papaja" yang juga diadopsi dari bahasa Arawak "papaya".

Pohon pepaya tidak bercabang, tumbuh dari 5 meter hingga ketinggian 10 meter. Bentuk daun pepaya termasuk menyirip spiral dan berlubang pada bagian tengahnya.

Buah pepaya memiliki mahkota berwarna kuning pucat. Bentuknya bervariasi bulat, lonjong, memanjang dan oval. Bagian tengah buah ini berongga dengan biji berwarna hitam yang dilapisi cairan lendir. Daging buahnya berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah tergantung varietasnya dan kondisi lahan tempat tumbuhnya.

Definisi manfaat

Pepaya memiliki banyak sekali manfaat , mengandung banyak vitamin A yang baik untuk mata. Juga dapat memperlancar pencernaan, getah buah pepaya dapat diolah menjadi tepung papain.

Referensi: http://samuelherdianto.blogspot.com/2013/11/teks-observasi-pepaya.html


BACA JUGA: 6+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan dan Strukturnya

 


Demikianlah artikel hari ini tentang 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah-buahan dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR