Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah-buahan beserta strukturnya - Pelajaran hari ini untuk melanjutkan materi sebelumnya mengenai pengertian, jenis, struktur, ciri teks laporan hasil observasi.

Sebelum kita memasuki pembelajaran tentang contoh teks laporan hasil observasi tentang buah-buahan beserta strukturnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja strukturnya.

Kalian harus baca juga materi lengkap mengenai teks laporan hasil observasi mulai dari pengertian, struktur, ciri, kaidah dan lain sebagainya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah-buahan
Kami sarankan, kalian untuk membaca terlebih dahulu penjelasannya.

1. Contoh Laporan Hasil Observasi Tomat

Contoh Laporan Hasil Observasi Tomat

Definisi umum


Tomat adalah tumbuhan dari keluarga solanaceae, asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Kata tomat berasal dari bahasa Nahuatl, tomatl.

Deskripsi bagian


Tomat dapat tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Memiliki buah berwarna merah, hijau, dan kuning biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau juga bisa dimakan langsung tanpa diproses.

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Deskripsi manfaat


Tomat dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti bumbu sayuran, makanan yang diawetkan, buah segar atau jus, bahkan bisa untuk kecantikan. Buah tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

Referensi: https://saraswatimarjo8.blogspot.com/2016/11/tekslaporan-hasil-observasi-a_54.html

2. Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Naga

Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Naga

Definisi umum


Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocereis dan selenicereus. Buah naga dibedakan menurut jenis-jenisnya, khasiatnya, pembudidayaannya dan manfaat buah naga.

Deskripsi bagian


Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit merah muda atau merah, dan dua jenis buah naga daging putih dengan kulit merah atau kuning.

Keempat macam buah naga ini pada dasarnya memilki manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja diantara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya.

Deskripsi manfaat


Khasiat-khasiat buah naga diantaranya untuk mencegah kanker, bagus untuk jantung, mencegah dan mengatasi diabetes.

Penutup


Buah naga banyak sekali manfaatnya mulai dari batang buah, daging buah, sampai kulit buah naga memiliki kandungan vitamin dan zat yang bermanfaat. Dokter merekomendasikan buah naga dikonsumsi yang bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.

Referensi: http://deviadeniyanti.blogspot.com/2016/09/laporan-hasil-observasi-buah-naga-devia.html

3. Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Jeruk

Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Jeruk

Definisi umum


Jeruk atau limau adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia dengan buah rasa masam yang segar. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk.

Jeruk merupakan anggota marga citrus dari suku Rutaceae. Jeruk memiliki berbagai macam jenis, diantaranya yaitu jeruk manis, jeruk nipis, jeruk lemon.

Deskripsi bagian


Jeruk manis memiliki ciri-ciri warna kematangan kuning kehijauan, jika belum matang, jeruk manis warnanya hijau, memiliki kulit tipis, daging tebal berwarna kuning atau jingga dan biji jarang.

Jeruk lemon memiliki nama ilmiah citrus limon yang buahnya berbentuk sangat khas. Biasanya berwarna kuning atau hijau dengna bentuk seperti tabung, lebih panjang atau lonjong daripada buah jeruk lainnya.

Jeruk nipis mempunyai nama citrus aurantifolia. Jeruk ini sering digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan es jeruk dan bahan masakan. Warna buah ini ada yang hijau, kuning ataupun perpaduan antara hijau dan kuning.

Deskripsi manfaat


Setelah mengetahui berbagai jenis jeruk, kita tentunya dapat mengetahui berbagai macam manfaat dari jeruk tersebut. Secara umum jeruk dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan pernapasan, meningkatkan imunitas, mejaga kesehatan sistem pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi jeruk sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Referensi: http://shaxxou.blogspot.com/2016/09/teks-laporan-hasil-observasi.html

4. Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Anggur

Contoh Laporan Hasil Observasi Buah Anggur

Definisi umum


Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat termasuk keluarga Vitaceae. Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Berdasarkan jenisnya anggur dibagi menjadi tiga macam yaitu anggur hitam, anggur hijau, dan anggur merah.

Deskripsi bagian


Anggur hitam memiliki kulit hitam dan ukurannya seperti anggur lainnya, dan biasanya tidak ada bijinya. Anggur hitam memiliki rasa yang lebih manis dan lebih segar.

Anggur hijau memiliki rasa asam dan sedikit manis, tetapi anggur hijau memiliki nilai gizi yang tinggi.

Anggur merah adalah anggur yang paling terkenal dan paling diminati oleh masyarakat. Anggur merah memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan anggur hijau, disamping itu anggur merah memiliki kalori lebih rendah dari anggur hijau.

Deskripsi manfaat


Semua jenis anggur mempunyai banyak manfaat. Anggur banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan kulit manusia. Selain itu warnanya yang bermacam-macam dan rasanya yang berbeda membuat orang tertarik untuk mengkonsumsinya.

Referensi: http://ameliaputri01.blogspot.com/

5. Contoh Laporan Hasil Observasi Pepaya

Contoh Laporan Hasil Observasi Pepaya

Definisi umum


Pepaya merupakan anggota kerajan Plantae, famili Caricacae, genus carica dan merupakan spesies c. Papaya. Pepaya dapat ditemukan di daerah tropis, sub tropis bahkan daerah dingin di seluruh dunia. Buah pepaya dibedakan menjadi 2 yaitu buah pepaya betina dan buah pepaya jantan.

Deskripsi bagian


Pepaya betina merupakan buah berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Serikat bagian utara. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda "Papaja" yang juga diadopsi dari bahasa Arawak "papaya".

Pohon pepaya tidak bercabang, tumbuh dari 5 meter hingga ketinggian 10 meter. Bentuk daun pepaya termasuk menyirip spiral dan berlubang pada bagian tengahnya.

Buah pepaya memiliki mahkota berwarna kuning pucat. Bentuknya bervariasi bulat, lonjong, memanjang dan oval. Bagian tengah buah ini berongga dengan biji berwarna hitam yang dilapisi cairan lendir. Daging buahnya berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah tergantung varietasnya dan kondisi lahan tempat tumbuhnya.

Deskripsi manfaat


Pepaya memiliki banyak sekali manfaat , mengandung banyak vitamin A yang baik untuk mata. Juga dapat memperlancar pencernaan, getah buah pepaya dapat diolah menjadi tepung papain.

Referensi: http://samuelherdianto.blogspot.com/2013/11/teks-observasi-pepaya.html

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah Manggis


Definisi umum


Buah manggis atau nama latinnya Garcinia mangostana L. merupakan salah satu buah asli dari Indonesia. Manggis adalah sejenis pohon hijau abadai dari daerah tropika yang dipercaya berasal dari kepulauan Nusantara.

Definisi bagian


Pohon dan buah manggis memiliki berbagai ciri khas. Tinggi pohon manggis rata-rata dapat mencapai 6-25 m. Memiliki daun yang rapat (rimbun), duduk daun berlawanan, dan tangkai daun pendek. Daunnya yang tebal dan lebar. Pohon tegak lurus dengan pecabangan simetri membentuk kerucut. Semua bagian tanmana mengeluarkan eksudat getah kuning apabila dilukai.

Bunga manggis disebut dengan nama bunga berumah dua. Bunga manggis termasuk bunga sendiri atau berpasangan di ujung ranting, bergagang, dan pendek tebal. Berdiameter 5,5 cm. Daun kelopak 2 pasang, daun mahkota 2 pasang, tebal dan berdaging, berwarna kuning-hijau dengan pinggirnya kemerah-merahan. Benang sari semu dan biasanya banyak.

Bakal buah manggis berbentuk agak bulat dan beruang empat. Kepala putik tidak bertangkai dan bercuping. Buah manggis berbentuk elips atau bulat. Warna buahnya merah tua kehitaman dengan bagian dalam berwarna putih. Beratnya antara 75-150 gram. Buahnya mempunyai 4-8 segmen dan setiap segmen mengandung 1 bakal biji diselimuti oleh aril (salut biji) berwarna putih empuk dan mengandung sari buah.

Definisi manfaat


Buah manggis memiliki banyak sekali manfaat. Di kalangan tradisional, dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, abses dengan kemampuan anti peradangan atau anti inflamasi. Hasil penelitian ilmuah juga menyebutkan bahwa kulit buah manggis sangat kaya akan oksidan, terutama, xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin.

Penutup


Selain rasa buahnya yang manis dan penampilannya yang enak dipandang, buah manggis juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga: 6+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan dan Strukturnya

  

Demikianlah artikel hari ini tentang 6 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Buah-buahan dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 comments