Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan merupakan materi yang akan kita pelajari hari ini. Adapun contoh-contoh mengenai laporan hasil observasi ini meliputi ayam, anjing, kelinci, kucing, sapi, kambing, kuda.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan


Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui contoh teks laporan hasil observasi buah-buahan.

Sebelum kita mengetahui contoh teks laporan hasil observasi lebih jauh lagi, sebaiknya kita harus tahu dulu strukturnya. Baca dibawah ini

BACA JUGA: Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri


1. Contoh Laporan Hasil Observasi Ayam

Contoh Laporan Hasil Observasi Ayam
Semua gambar dari www.flaticon.com

Definisi umum

Ayam adalah unggas yang biasa dipelihara oleh orang-orang untuk dimanfaatkan--- untuk keperluan hidup orang yang memeliharanya. Hewan ini kebanyakan dijadikan hewan ternak, daging dan telurnya bisa dimakan oleh manusia. Ayam terbagi dua macam yaitu ayam pedaging dan ayam petelur. Ayam ini terbagi atas dua jenis yaitu ayam jantan dan betina.

Deskripsi bagian

Ayam memiliki jengger, jalu, dan bulu dengan warna yang bervariasi, ada warna hitam, hitam kemerahan, coklat, dan lain-lain. Ayam memiliki kaki sebanyak tiga jari, dan satu jari terletak di belakang kakinya. Hewan ini biasa berkokok pada pagi hari atau sore hari.

Deskripsi manfaat

Daging ayam mempunyai banyak sekali manfaat salah satunya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan manfaat telur ayam juga tidak kalah banyak yaitu sangat coocok bagi kalian yang ingin diet sehat.

Referensi: brainly.co.id/tugas/749231

2. Contoh Laporan Hasil Observasi Kelinci

Contoh Laporan Hasil Observasi Kelinci

Definisi umum

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang bisa ditemukan di banyak tempat di bumi. Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Secara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis, yaitu kelinci bebas dan kelinci peliharaan. Yang termasuk kelinci bebas adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).

Deskripsi bagian

Jika dilihat dari jenis bulunya, kelinci terdiri dari jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Saat musim dingin, warna kekuningan berubah menjadi kelabu.

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya yaitu Anggora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain.

Deskripsi manfaat

Kelinci banyak sekali manfaatnya seperti dagingnya yang empuk dan lezat. Menurut penelitian para ahli, selain empuk dan rendah kolesterol, dagingnya dapat dijadikan obat dan dimasak dalam beranekaragam cara, yang terkenal yaitu sate kelinci.

Referensi: belajarjepara.blogspot.com/2015/12/teks-observasi-tentang-kelinci.html

3. Contoh Laporan Hasil Observasi Kucing

Contoh Laporan Hasil Observasi Kucing

Pernyataan umum (klasifikasi)

Kucing adalah jenis hewan mamalia dari famili Felidae. Hewan ini termasuk golongan karnivora yakni hewan pemakan daging. Kucing dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar meliputi harimau, singa, dan lain sebagainya. Sedangkan kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagai hewan peliharaan.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Kucing rumahan mencapai tinggi 45 cm, panjang 60 cm, dan berat 16 kg. Kucing memiliki taring yang runcing serta cakar yang dapat ditarik dan dikeluarkan sesuai kebutuhan. Kucing juga mempunyai penglihatan yang baik.

Kucing jenis ini termasuk hewan penyendiri dimana masing-masingnya memiliki wilayah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk ke wilayahnya biasanya akan terjadi perkelahian singkat. Serangan biasanya berupa cakaran, gigitan, dan tamparan. Jantan yang aktif umumnya akan sering terlibat perkelahian.

Pada umumnya kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia mengingat tubuhnya yang kecil. Namun, tidak menutup kemungkinan kucing peliharaan bisa menularkan penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies akibat gigitannya dan gangguan pernapasan oleh bulunya.

Referensi: wayankelor.blogspot.com/2014/09/laporan-hasil-observasi-hewan.html

4. Contoh Laporan Hasil Observasi Sapi

Contoh Laporan Hasil Observasi Sapi

Definisi umum

Sapi adalah salah satu hewan ternak penghasil daging dan susu yang memiliki tanduk, berbulu tipis, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dan salah satu hewan herbivora dan hewan mamalia yang mempunyai kalenjar susu. Berdasarkan ada atau tidaknya kalenjar susu sapi dibagi menjadi dua jenis yaitu sapi perah dan sapi potong/pedaging.

Deskripsi bagian

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk menghasilkan susu. Sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi peranakan. Sapi peranakan dapat memproduksi hingga 25 liter/hari tetapi normalnya antara 12-20 liter/hari. Sapi peranakan memiliki bulu berwarna putih dan belang hitam dan terdapat segitiga putih pada kepala sapi peranakan.

Sapi pedaging atau sapi potong adalah sapi yang dipelihara sebagai penghasil daging. Ciri-cirinya yaitu memiliki tubuh besar, badan berbentuk segi empat atau balok, kualitas daging maksimum, laju pertumbuhan cepat serta sapi yang sehat dan tidak terserang penyakit. Sapi potong/pedaging meliputi Sapi Bali, Sapi Madura, Sapi Sumba Ongole dan masih banyak yang lainnya.

Deskripsi manfaat

Sapi memiliki banyak sekali manfaat dari mulai susunya yang bisa dijual atau diolah menjadi minuman dan makanan yang lezat mengandung protein kalsium yang baik bagi tubuh manusia, dagingnya yang bermanfaat bagi tubuh dan masih banyak manfaat lainnya.

Referensi: ccisumarni18.blogspot.com/2016/09/teks-laporan-hasil-observasi.html

5. Contoh Laporan Hasil Observasi Kambing

Contoh Laporan Hasil Observasi Kambing

Pernyataan umum (klasifikasi)

Kambing adalah binatang pemamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa. Kambing jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk kambing jantan lebih besar.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Umumnya, kambing memiliki janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berambut lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekornya, adalah 1,3 m - 1,4 m, sedangkan ekornya 12 cm - 15 cm. Bobot yang betina 50 kg hingga 55 kg, sedangkan jantan bisa mencapai 120 kg. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu.

Kambing sudah dibudidayakan sejak kira-kira 8000-9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannya mencari makanan, kelompok kambing dipimpin oleh betina yang paling tua diantara yang lain, sementara kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Referensi: brainly.co.id/tugas/7483141

6. Contoh Laporan Hasil Observasi Kuda

Contoh Laporan Hasil Observasi Kuda

Pernyataan umum (klasifikasi)

Kuda adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini adalah salah satu satwa peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan sudah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan bisa juga digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda atau bajak. Pada beberapa daerah, kudah digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun pertenakan kuda diperkirakan sudah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda baru ditemukan sejak 2000 SM.

Kuda-kuda yang ringan, seperti kuda Arab, Morgan, Quarter Horse, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg. Kuda yang "berat" atau kuda beban, seperti misalnya Draft, Percheron, Clydesdale, dan Shire beratnya dapat mencapai sampai 907 kg.

Referensi: mudah-bahasaindonesia.blogspot.com/2016/10/contoh-laporan-hasil-observasi-hewan_15.html

BACA JUGA: 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam (Bencana, Lingkungan, Wisata)

Demikianlah artikel hari ini tentang Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR