Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Ceramah Agama Islam tentang Ilmu - Hallo teman-teman sekalian, selamat datang di situs materi Bindo. Tujuan artikel ini dibuat agar kalian mengetahui contoh kultum singkat tentang pentingnya ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia.

Ilmu pengetahuan sangat penting bagi kehidupan kita. Dengan ilmu kita dapat mengetahui sesuatu hal yang sebelumnya kita tidak ketahui. Dimana kita bisa mendapatkan ilmu? Ilmu bisa kita dapat dari mana saja. Dalam agama Islam, ilmu sangat penting guna kita mendapat derajat yang tinggi dihadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Contoh Teks Ceramah tentang Pentingnya Ilmu Pengetahuan

Berikut adalah contoh teks ceramah tentang pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia.


Baca juga: Contoh Teks Ceramah Agama Islam tentang Kejujuran


Contoh Kultum Singkat tentang Ilmu Pengetahuan


Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillaah, wasyukurillaah. Washolatu wassalaamu alaa Rosuulillaah. Laa nabiyya ba’dah. Amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, Keluarganya, Sahabatnya, pengikutnya, dan kita semua sehingga kita mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir nanti. Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin.

Hadirin Rahimakumullah....

Pada kesempatan ini izinkan saya memberikan sebuah kultum singkat tentang pentingnya ilmu dalam kehidupan manusia.

Ilmu pengetahuan adalah sebuah jalan yang dapat membimbing kita semua kearah kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Ilmu pengetahuan adalah sebuah cahaya yang akan menyinari kehidupan manusia sehingga tidak akan kehilangan arah.

Manusia tidak akan menjadi kabur saat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan ilmu pengetahuan ini pula manusia akan mengerti tugas-tugas mereka sebagai makhluk Allah yang diciptakan hanya untuk menyembah kepadaNya.

Atas dasar inilah Allah Subhanahu wa Ta'ala mengangkat derajat manusia yang memiliki ilmu pengetahuan kedalam derajat yang tinggi di dunia dan akhirat kelak.

Dalam Surat Al-Mujadilah Ayat 11 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.


Hadirin Rahimakumullah....

Ilmu sesungguhnya mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia, kita tidak akan hidup lebih baik tanpa adanya ilmu pengetahuan. Maka dari itu marilah kita gunakan kesempatan hidup di dunia untuk mencari ilmu yang bermanfaat. 

Sebab ilmu, laksana sebuah cahaya yang akan menerangi kita saat dalam kegelapan.

Dalam aktifitas kita sehari-hari berbagai macam tindakan duniawi, akan menjadi lebih sempurna apabila didasarkan pada ilmu pengetahuan. Maka tentu kita akan memperoleh keselamatan sekaligus apa yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang setimpal oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Begitupun sebaliknya, orang yang bekerja tanpa ilmu mereka akan selalu jatuh kedalam hal dilarang. Hal seperti ini seringkali terjadi kepada manusia yang terjebak kedalam tindakan yang aneh-aneh. Itu disebabkan oleh kebodohan mereka sendiri. Oleh karena itu, peranan ilmu sangat penting dalam kehidupan manusia.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadist: seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah "Ya Rasulullah, perbuatan amal apakah yang paling mulia? Rasulullah menjawab "ILMU" kemudian orang itu bertanya lagi Ya Rasulullah sesungguhnya aku bertanya tentang suatu amal perbuatan (belum sampai pertanyaan itu) Rasulullah menjawab Allah tidak akan mau menerima amal perbuatan manusia kecuali yang di landasi pada ilmu.

Hadirin Rahimakumullah....

Sebagai kesimpulan, jadilah manusia yang terpelajar dan sebagai orang yang belajar atau pendengar ilmu dan orang yang mencintai ilmu dan janganlah kita menjadi orang-orang yang merugi.

Hadirin sekalian, demikianlah kultum singkat tentang pentingnya ilmu dalam kehidupan manusia yang dapat saya sampaikan, meskipun sedikit semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

***

Itulah tadi contoh teks ceramah Agama Islam tentang pentingnya ilmu pengetahuan. Supaya kalian lebih mengertian tentang teks ceramah mulai dari pengertiannya, tujuan, unsur, jenis, ciri-ciri dan lain sebagainya bisa kalian baca pada artikel kami di bawah ini.

Baca juga: Teks Ceramah Adalah: Pengertian, Unsur, Jenis, Ciri, Tujuan

Demikianlah artikel tentang kultum singkat tentang ilmu beserta ayat/dalilnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments