Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Ceramah Anak tentang Keutamaan Bulan Ramadhan - Hallo teman-teman sekalian, selamat datang di situs pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan artikel ini dibuat agar kalian mengetahui contoh kultum ramadhan tentang ibadah sederhana di bulan Ramadhan.

Berikut adalah contoh pidato anak tentang ibadah sederhana di bulan Ramadhan secara singkat beserta dalilnya.

Contoh Ceramah Anak: Keutamaan Bulan Ramadhan


Baca juga: Contoh Teks Ceramah tentang Pentingnya Ilmu Pengetahuan


Contoh Teks Ceramah Anak tentang Keutamaan Bulan Ramadhan


Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillaah, wasyukurillaah. Washolatu wassalaamu alaa Rosuulillaah. Laa nabiyya ba’dah. Amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, Keluarganya, Sahabatnya, pengikutnya, dan kita semua sehingga kita mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir nanti. Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin.

Hadirin Rahimakumullah....

Pada kesempatan ini izinkan saya memberikan sebuah kultum singkat tentang ibadah sederhana di bulan Ramadhan.

Alhamdulillah, kita masih dapat bermuajahah (bertatap muka) di bulan yang penuh rahmat dan magfiroh dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, yakni bulan Ramadhan. Al-Hadist mengatakan:


“idzaa dakhala romadhona futihat abwaabul jannati, wa ghulliqats abwaabu jahannam wasufidat syayaathiin”

Artinya: "Jika telah masuk bulan Ramadhan, pintu-pintu Surga akan dibuka, pintu-pintu Jahannam akan ditutup, dan para syaitan akan dibelenggu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Saya ingin bertanya pada yang hadir disini, teman-teman suka-kan berpuasa? Tarawihnya tahun lalu, bagaimana? ...... Pinter  !! Alhamdulillah.

Tapi sungguh sayang, jika pahala yang melimpah di bulan suci ini hanya diraih dengan berpuasa dan tarawih saja, padahal sebenarnya ada banyak ibadah yang sederhana dan mudah dipraktikkan dengan pahala yang berlipat ganda, seperti 3 S, apa itu 3 S? S yang pertama adalah Senyum, selanjutnya Shodaqoh, dan Salam. Sekarang, Insya Allah akan saya uraikan satu per satu.

1) Senyum

Senyum itu menampakkan keramahan, bahkan hadist Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam,

"watabassumuka fi wajhi akhiika shodaqoh"

Artinya: "Dan senyummu untuk saudara mu adalah shodaqoh."

Kita bisa senyum kepada siapa saja, baik teman, orang tua, adik - kakak, guru, tetangga dan semua orang.

2) Ibadah

Ibadah sederhana yang kedua adalah bershodaqoh. Karena ini bulan puasa, yuk kita sisihkan uang jajan untuk berbagi dengan yang membutuhkan, atau infaq di masjid. Sedikitpun tak mengapa asal ikhlas..

3) Salam

Ibadah sederhana yang ketiga yaitu salam, kita bisa mengucapkan salam: ketika mau masuk rumah maupun keluar rumah, mau masuk masjid, atau masuk ke sekolah yaitu dengan mengucapkan Assalamu'alaikum.

Hadirin Rahimakumullah....

Hebatnya lagi, ibadah sederhana ini: senyum, shodaqoh, dan salam bisa dijadikan oleh-oleh untuk bulan berikutnya. Sehingga kemuliaan bulan Ramadhan kali ini, dapat mengharumi sepanjang tahun. Insya Allah..

Hadirin sekalian, demikianlah kultum singkat tentang ibadah sederhana di bulan Ramadhan yang dapat saya sampaikan, meskipun sedikit semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

***

Itulah tadi contoh pidato anak tentang keutamaan bulan Ramadhan. Supaya kalian lebih mengerti tentang teks ceramah mulai dari pengertiannya, tujuan, unsur, jenis, ciri-ciri dan lain sebagainya bisa kalian baca pada artikel kami di bawah ini.

Baca juga: Materi Teks Ceramah Terlengkap

Demikianlah artikel tentang contoh teks ceramah anak tentang keutamaan bulan ramadhan beserta dalilnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: riezka135.wordpress.com/2012/08/08/contoh-ceramah-untuk-anak-keutamaan-bulan-ramadhan/

0 comments