Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Ceramah Terbaik Keistimewaan Bulan Ramadhan - Hallo teman-teman sekalian, selamat datang di blog Materi Bindo. Tujuan artikel ini dibuat agar kalian mengetahui kultum Ramadhan tentang keistimewaan bulan Ramadhan.

Berikut adalah contoh ceramah Ramadhan tentang keistimewaan bulan Ramadhan beserta dalilnya.

Contoh Ceramah Terbaik Keistimewaan Bulan Ramadhan


Baca juga: Contoh Ceramah Ramadhan tentang Keutamaan Puasa beserta Dalilnya


Contoh Teks Ceramah tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan


Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillaah, wasyukurillaah. Washolatu wassalaamu alaa Rosuulillaah. Laa nabiyya ba’dah. Amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, Keluarganya, Sahabatnya, pengikutnya, dan kita semua sehingga kita mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir nanti. Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin.

Hadirin Rahimakumullah....

Pada kesempatan ini izinkan saya memberikan sebuah kultum Ramadhan tentang keistimewaan bulan Ramadhan.

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dengan keistimewaan yang banyak dan keutamaan yang agung. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Di dalam ayat yang mulia di atas, Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan dua keistimewaan bulan Ramadhan yang agung di antara bulan-bulan lainnya, yaitu:


1. Keistimewaan pertama: diturunkannya Al-Qur'an 


Keistimewaan pertama adalah diturunkannya Al-Qur'an di dalam bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi umat manusia dari kegelapan menuju cahaya.

Dengan Al-Qur'an, Allah memperlihatkan kepada mereka kebenaran (al-haq) dari kebatilan. Kitab yang di dalamnya terkandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta keselamatan di dunia dan akhirat.


2. Keistimewaan kedua: diwajibkan untuk berpuasa 


Keistimewaan bulan Ramadhan yang kedua adalah diwajibkannya berpuasa di bulan tersebut kepada umat Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, ketika Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan hal tersebut dalam firman-Nya (yang artinya),


"Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu" (QS. Al-Baqarah [2]: 185)


Hadirin Rahimakumullah....

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam, di antara kewajiban yang Allah Ta'ala wajibkan, dan telah diketahui dengan pasti bahwa puasa Ramadhan adalah bagian dari agama, serta berasarkan kesepakatan (ijma') kaum muslimin. Jadi, barangsiapa yang mengingkarinya (kewajiban puasa Ramadhan), maka dia telah kafir.

Dan termasuk di antara keutamaan/keistimewaan bulan Ramadhan adalah apa yang dijelaskan oleh Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam dalam shahihain dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,


إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Jika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu”

Hadits tersebut menunjukkan keistimewaan yang agung dari bulan yang penuh berkah ini, yaitu:


3. Dibukanya pintu-pintu surga di bulan Ramadhan


Hal ini karena banyak amal shalih yang disyariatkan di bulan tersebut yang menyebabkan masuknya seseorang ke dalam surga. Sebagaimana firman Allah Ta'ala,

ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan” (QS. An-Nahl [16]: 32).


4. Ditutupnya pintu-pintu neraka di bulan Ramadhan


Ditutupnya pintu-pintu neraka di bulan ini, disebabkan oleh sedikitnya maksiat yang dapat memasukkan ke dalam neraka.


5. Setan-setan dibelenggu di bulan Ramadhan


Setan tidak akan mampu untuk menggoda (menyesatkan) manusia, menjerumuskan manusia dalam kemaksiatan, atau memalingkan manusia dari amal shalih, sebagaimana yang setan lakukan di selain bulan Ramadhan.


6. Dilipatgandakan amal kebaikan


Dan termasuk dalam keistimewaan bulan Ramadhan adalah dilipatgandakannya amal kebaikan di dalamnya. Diriwayatkan bahwa amalan sunnah di bulan Ramadhan memiliki pahala yang sama dengan amalan wajib. Satu amal wajib yang dikerjakan di bulan Ramadhan setara dengan 70 amal wajib.

Hadirin sekalian, demikianlah kultum Ramadhan tentang keistimewaan bulan Ramadhan yang dapat saya sampaikan, meskipun sedikit semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

***

Itulah tadi contoh teks ceramah tentang keistimewaan bulan Ramadhan. Disarankan bagi kalian untuk membaca juga artikel di bawah ini.

Baca juga: Contoh Ceramah Singkat tentang Sedekah

Demikianlah artikel tentang contoh ceramah terbaik keistimewaan bulan Ramadhan beserta dalilnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: https://muslim.or.id/25761-keistimewaan-bulan-ramadhan.html

0 comments