Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Ceramah Agama Islam tentang Kejujuran - Hallo teman-teman sekalian, pada kesempatan ini Materi Bindo akan membagikan sebuah contoh kultum singkat tentang kejujuran.

Orang yang baik bisa dilihat dalam sikap sehari-harinya, contohnya dengan berlaku jujur dalam segala hal, berkata baik, dan lain sebagainya. Sifat jujur harus ditanamkan dalam setiap jiwa seorang muslim, alasanya karena muslim yang baik ialah muslim yang selalu berkata dan berbuat jujur.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam tentang Kejujuran

Sebelum kami membagikan contoh ceramah tentang kejujuran beserta dalilnya. Disarankan untuk membaca juga ceramah di bawah ini.

Baca juga: Contoh Ceramah tentang Ibu yang Bikin Nangis

Contoh Kultum Singkat tentang Kejujuran


Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillaah, wasyukurillaah. Washolatu wassalaamu alaa Rosuulillaah. Laa nabiyya ba’dah. Amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, Keluarganya, Sahabatnya, pengikutnya, dan kita semua sehingga kita mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir nanti. Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin.

Hadirin Rahimakumullah....

Pada kesempatan ini izinkan saya memberikan sebuah kultum singkat tentang kejujuran.

Kejujuran terdiri dari kata jujur yang artinya mengakui, yaitu mengakui, memperlihatkan isu sesuai dengan fakta yang ada. Kebalikan dari sifat jujur ialah bohong atau pendusta yaitu memberikan isu yang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Sikap jujur sangat dianjurkan dan diwajibkan dalam Agama Islam. Yang Maha Kuasa pun menyuruh umatNya untuk selalu bersama orang-orang yang jujur dan benar.

Dalam Surat At-Taubah Ayat 119 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kau bersama orang-orang yang benar." (QS. At Tauba:119)

Dalam firman tersebut Allah Subhanahu wa Ta'aala telah terang mengajurkan kita untuk besama orang-orang yang benar, maksudnya sanggup menjadi orang-orang yang sholeh, berakhlak mulia, selalu berkata jujur. Karena kejujuran itu membawa kebaikan.

Pada zaman kini terkadang sulit untuk menemukan kejujuran, bukan dalam hal besar saja, tetapi mulai dari hal kecil seperti kita tidak dapat berkata jujur kepada teman, orang tua, dan lain sebagainya.

Hadirin Rahimakumullah....

Bagaimana caranya kita melatih sikap jujur? Sebenarnya jujur timbul dari jiwa dan hati yang bersih, maka dari itu usahakanlah hati selalu higeinis dengan mengurangi kemaksiatan dan kebohongan supaya timbul jiwa yang penuh kesucian sehingga akan mudah untuk berkata jujru.

Kejujuran perlu ditanamkan sejak dini, dalam segala hal, misalnya dalam menuntut ilmu diperlukan kejujuran, dalam hal berbicara, dan dalam segala hal. Alasannya ialah kejujuran akan membuka jalan kesuksesan dan kejujuran akan selalu menenangkan jiwa. 

Hal tersebut sesuai dengan hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam:


 دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ

 Artinya:

"Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa."

Hadirin sekalian, demikianalh kultum yang dapat saya sampaikan, meskipun sedikit semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

***

Itulah tadi contoh teks ceramah Agama Islam tentang kejujuran. Supaya kalian lebih mengertian tentang teks ceramah mulai dari pengertiannya, tujuan, unsur, jenis, ciri-ciri dan lain sebagainya bisa kalian baca pada artikel kami di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Teks Ceramah Lengkap

Demikianlah artikel tentang kultum singkat kejujuran beserta ayat/dalilnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments