Type something and hit enter

Posted by On
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas kumpulan contoh teks ulasan film secara singkat beserta strukturnya. Adapun beberapa film yang akan kami ulas yaitu contoh teks ulasan film: "5 CM", "Dilan 1990", "Assalamualaikum Beijing", "Dear Nathan" dan "Perahu Kertas."

Contoh Teks Ulasan Film Singkat beserta Strukturnya

Sebelumnya kami telah membahas tentang pengertian, ciri, struktur, jenis teks ulasan. Disarankan bagi kalian untuk membacanya terlebih dahulu agar kalian bisa membuat teks ulasan sendiri.

Teks ulasan disebut juga dengan resensi. Pengertian teks ulasan adalah teks yang berisi review terhadap suatu karya berupa film, buku, novel dan sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan serta kekurangan yang dimiliki karya tersebut dan ditujukan untuk khalayak ramai.

Adapun struktur teks ulasan ada 4 bagian. Penjelasannya sebagai berikut:
  • Orientasi: berisi pengenalan gambaran umum dari sebuah karya yang tengah diulas.
  • Tafsiran: berisi gambaran secara detail sebuah karya yang sedang direview.
  • Evaluasi: berisi kritik dan saran dari si pengulas/penulis ulasan.
  • Rangkuman: berisi kesimpulan dari ulasan beserta nilai baik dan buruk terhadap suatu karya yang sedang diulas.


Berikut ini kami akan membagikan contoh teks ulasan film secara singkat dan lengkap beserta strukturnya.

1. Contoh Teks Ulasan Film Singkat "5 CM"

Contoh Teks Ulasan Film Singkat "5 CM"

Informasi umum:

 

Judul Film: 5 cm
Sutradara: Rizal Mantovani
Produser: Sunil Soraya
Genre: Drama
Tanggal Rilis: 12 Desember 2012

Pemain:
  1. Herjunot Ali sebagai Zafran
  2. Fedi Nuril sebagai Genta
  3. Denny Sumargo sebagai Arial
  4. Raline Shah sebagai Riani
  5. Pevita Pearce sebagai Dinda
  6. Igor Saykoji sebagai Ian

Orientasi


5 cm adalah film drama berasal dari Indonesia yang dirilis pada tanggal 12 Desember 2012 dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diperankan oleh Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Pevita Pearce, Igor Saykoji.

Secara garis besar film ini bercerita tentang persahabatan dan nasionalisme. Banyak orang yang beranggapan bahwa nasionalisme adalah perkara yang pelik. Lewat film 5 cm, kita diajak "bermain-main" dengan rasa cinta pada negeri ini secara sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utamanya.

Tafsiran


Kelima tokoh utama dalam film ini berada dalam lingkar persahabatan selama lebih kurang 10 tahun. Hingga suatu saat mereka merasa jenuh. Kehidupan yang membosankan membuat mereka berfikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa tersebut, mereka tidak boleh berkomunikasi satu dengan yang lain dalam bentuk apapun. Dalam kurun waktu 3 bulan, mereka dihinggapi rasa rindu yang amat dalam.

Namun, setelah 3 bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Kelima sahabat dan Adinda adik Arial memutuskan untuk kembali bertemu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru.

Pada tanggal 17 Agustus pagi, mereka akhirnya sampai di puncak Mahameru. Lelah, capek, penat, lapar dan haus terbayar sudah seketika melihat indahnya negeri ini di atas awan. Kebanggaan tersendiri buat mereka, karena mengibarkan Sang Merah Putih di hari bersejarah dan berada di tempat yang sangat indah.

Mereka berhasil mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak Gunung Semeru menjadikan pengalaman serta petualangan yang tidak akan terlupakan bagi mereka. Berbagai rintangan berhasil mereka hadapi, karena mereka memiliki impian. Impian yang ditaruh 5 cm dari depan kening.

Evaluasi


Film 5 cm mampu menghipnotis para penonton untuk merasakan kekuatan dan keajaiban mimpi. Selain itu, film ini dibawakan dengan lelucon yang membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Meskipun demikian, ada satu kekurangan dalam film ini. Film ini dibawakan dengan dialog yang gila-gilaan khas anak muda yang membuat sebagian orang merasa dialog itu kurang sopan.

Rangkuman


Kalau kita mengesampingkan kekurangannya itu. Film ini sangat layak ditonton bagi pelajar jaman sekarang, karena film ini mengajarkan kita tentang persahabatan yang erat dan kerja keras.

Kisah lima orang sahabat yang mengibarkan bendera merah putih di atas puncak tertinggi Gunung Semeru.

Referensi: mrrzone.blogspot.com/2018/03/teks-ulasan-film-5-cm-beserta.html

Kembali ke Contents ↑

2. Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Dilan 1990"

Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Dilan 1990"

Informasi umum:

 

Judul Film: Dilan 1990
Produser: Ody Mulya Hidayat
Sutradara: Fajar Bustomi, Pidi Baiq
Penulis: Pidi Baiq, Titien Wattimena
Produksi: MAX Pictures
Tanggal Rilis: 25 Januari 2018

Pemain:
  1. Iqbaal Ramadhan
  2. Vanesha Prescilla
  3. Giulio Parengkuan
  4. Omara Estteghlal
  5. Teuku Rifnu Wikana
  6. Happy Salma
  7. Ira Wibowo
  8. Farhan

Orientasi:


Film Dilan 1990 menjadi film Indonesia terlaris kedua sepanjang sejarah. Sejak tayang perdana 25 Januari 2018, film ini mencapai 6 juta penonton.

Disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq sekaligus menjadi penulisnya. Dilan 1990 dibintangi Iqbaal eks CJR, Vanesha Prescilla, Giulio Parengkuan, Omara Estteghlal, Teuku Rifnu Wikana, Happy Salma, Ira Wibowo dan Farhan.

Cerita utama film ini tentang kisah cinta remaja SMA yang diadaptasi dari novel terlaris berjudul sama karya Pidi Baiq. Film ini berlatar di kota Bandung pada awal 1990 memberi gambaran awal mula kisah asmara antara Dilan dan Milea.

Tafsiran


Dikisahkan, Vanesha sebagai Milea bertemu dengan Iqbaal sebagai Dilan di sebuah SMA di Bandung. Pada waktu itu tahun 1990, saat Milea pindah sekolah dari Jakarta ke Bandung. Dilan berupaya untuk mendekati Milea.

Perkenalan yang unik membuat Milea mulai mengenal Dilan lebih jauh. Dilan adalah anak yang pintar, baik hati dan romantis, semua dengan caranya sendiri.

Cara Dilan mendekati Milea berbeda dengan teman-temannya yang lain, bahkan Beni, pacar Milea di Jakarta.

Tingkah tak terduga yang dilancarkan Dilan dengan rayuan-rayuan membuat Milea mabuk kepayang.

Milea mulai penasaran dan akhirnya jatuh cinta dengan pria yang awalnya ia anggap aneh.

Perjalanan hubungan asmara mereka tak selalu mulus. Beni, gank motor, tawuran, Anhar, Kang Adi, mewarnai perjalanan kisah cinta mereka. Dilan dengan caranya sendiri, membuat Milea percaya ia bisa tiba di tujuan dengan selamat. Tujuan dari perjalanan ini, perjalanan mereka berdua.

Evaluasi


Film yang diarahkan oleh Fajar Bustomi dengan keterlibatan langsung dari penulis novelnya, Pidi Baiq, membuat Dilan 1990 menjadi adaptasi yang cukup menarik.

Penggambaran kehidupan remaja di masa SMA masih terasa masuk akal. Pada beberapa adegan Iqbaal mampu "berbicara" sebagai karakter Dilan sangat baik. Selain itu debut Vanesha sebagai Milea memberi kesan yang baik. Dia mampu membawa karakter Milea sesuai ekspektasi.

Pendekatan latar tahun 1990-an di Bandung di gambarkan cukup pas dengan suasana Bandung saat itu yang masih sepi belum dipadati kendaraan seperti sekarang.

Namun sayangnya, riasan para pemain yang diceritakan masih SMA itu menjadi kelemahan dalam film ini. Riasan wajah pemain terlalu berlebihan dan tidak natural.

Rangkuman


Secara keseluruhan film Dilan 1990 bisa dikatakan tepat untuk menjadi hiburan bagi para remaja dan masih dapat dinikmati untuk sekedar bernostalgia dengan masa-masa SMA. "Jangan rindu, (rindu itu) berat. Kamu gak akan kuat. Biar aku saja.." (Dilan 1990).

Referensi: www.wartabahasa.com/2018/02/contoh-teks-ulasan-film-dilan-1990-2018.html

Kembali ke Contents ↑

3. Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Assalamualaikum Beijing"

Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Assalamu'alaikum Beijing"

Informasi umum:

 

Judul Film: Assalamualaikum Beijing
Tanggal Rilis: 30 Desember 2014
Sutradara: Guntur Soeharjanto
Produser: Yoen K
Produksi: Maxima Pictures

Pemain:
  1. Revalina S. Temat sebagai Asmara
  2. Morgan Oey sebagai Zhongwen
  3. Laudya Cynthia Bella sebagai Sekar
  4. Ibnu Jamil sebagai Dewa
  5. Desta sebagai Ridwan
  6. Cynthia Ramlan sebagai Anita

Orientasi


Assalamualaikum Beijing adalah sebuah film drama asal Indonesia dirilis tahun 2014, produksi Maxima Pictures yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan produsernya Yoen K. Film ini diadaptasi dari novel berjudul Assalamualaikum, Beijing! karya Asma Nadia.

Film ini menceritakan tentang kisah kehidupan seorang muslimah dan cinta dua insan yang beda agama dan negara, yang dibintangi oleh Revalina S. Temat sebagai Asmara dan Morgan Oey sebagai Zhonwen.

Tafisiran


Cerita dalam film ini berawal ketika Asmara mendapatkan kenyataan pahit sehari sebelum pernikahannya. Dia mengetahui bahwa kekasihnya Dewa pernah berselingkuh dengan teman sekantornya Anita. Meski Dewa telah memohon agar pernikahannya tetap dilanjutkan, namun Asma tetap memilih meninggalkan Dewa. Terlebih lagi hubungan Dewa dengan Anita telah membuahi janin.

Asma pun pergi ke Beijing, ia ditawari pekerjaan oleh Sekar dan suaminya Ridwan. Di Beijing, ia bertemu dengan Zhongwen. Seorang lelaki tampan yang memperkenalkannya dengan legenda cinta Ashima, putri cantik dari Yunnan. Karena pertemanannya dengan Asma, akhirnya Zhongwen mendapat pencerahan tentang Islam dan hidayah yang akhirnya menuntunnya menjadi seorang mualaf. Karena kebaikan hati Zhongwen, Asma memulai membuka hatinya meki ia sempat gemang saat tiba-tiba Dewa menyusul ke Beijing.

Namun, sebelum hubungan mereka berlanjut, cobaan datang menimpa Asma. Ia di vonis menderita Sindrom Antibodi Antifosfolipid, penyakit yang membuatnya harus mengalami kesakitan yang luar biasa, serangan stroke, sulit bergerak dan nyaris buta. Penyakit itu membuatnya sangat tidak dianjurkan untuk hamil dan melahirkan. Ia sempat putus asa dan mulai untuk melupakan Zhongwen. Namun, Zhongwen terus memberi dorongan semangat pada Asma untuk mencoba menaklukkan takdir bersama.

Evaluasi


FIlm ini akan membuat mata Anda dimanjakan dengan berbagai tempat wisata khas Beijing dan Tiongkok yang sangat memukau. Merasakan serunya mengunjungi tempat wisata disana dari rapinya tata kota Beijing.

Film ini membawakan cerita yang mengharukan serta penuh ajaran-ajaran Islami. Film ini menyulap penonton yang mengikuti alur dari cerita tersebut menjadi berlinang air mata. Di film ini sang sutradara berani menampilkan sebuah kisah cinta yang didalamnya terdapat berbagai perbedaan budaya dan agama.

Rangkuman


Film Assalamualaikum Beijing mengajarkan kita bahwa "Jika tak kau temukan cinta, biarkan cinta menemukanmu." Itu pula yang dirasakan Asma dan Zhongwen. Film ini melakukan syuting di Temple of Heaven, Lapangan Tiananmen, Hohai, Pusat Belanja Wang Fujing, Tembok Besar Tiongkok, dan Provinsi Yunan.

Referensi: tamanbahasaindonesia.blogspot.com/2016/05/teks-ulasan-film-assalamualaikum-beijing.html

Kembali ke Contents ↑

4. Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Dear Nathan"

Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Dear Nathan"

Informasi Umum:


Judul Film: Dear Nathan
Tahun Rilis: Maret 2017
Genre: Drama
Sutradara: Indra Gunawan
Penulis Naskah: Bagus Bramanti dan Gea Rexi
Produser: Gope T Samtani dan Sunil Samtani
Produksi: RAPI Films

Pemain:
  1. Jefri Nichol sebagai Nathan
  2. Amanda Rawles sebagai Salma
  3. Rayn Wijaya sebagai Aldo
  4. Diandra Agatha sebagai Rahma
  5. Denira Wiraguna sebagai Seli
  6. Beby Tsabina sebagai Afifah
  7. Faiz Fadhli sebagai Aditya
  8. Kevin Ardillova sebagai Kevin
  9. Chicco Kurniawan, sebagai Jaya

Orientasi


Film "Dear Nathan" merupakan film bergenre drama romantis yang digarap oleh rumah produksi RAPI Films, dan disutradarai oleh Indra Gunawan, dengan skenario ditulis oleh Bagus Bramanti dan Gea Rexi.

Film ini diadaptasi dari novel karya Erisca Febriani dengan judul yang sama, sebagai pemeran utamanya Jefri Nicole, dan Amanda Rawles.

Film ini mengisahkan seorang gadis bernama Salma, sebagai murid pindahan, di sekolah barunya ia menunjukkan prestasi. Selain fokus terhadap pelajaran ia juga selektif dalam memilih teman.

Tafsiran


Berawal dari terlambat ikut upacara pertama kali di sekolah barunya, Salma bertemu dengan seorang lelaki yang membantunya menyelusup lewat gerbang samping. Nama lelaki tersebut adalah Nathan, murid nakal yang sering menjadi bahan gosip teman-temannya.

Beberapa kejadian terjadi yang justru membuat Salma semakin dekat dengan Nathan. Sikap Nathan yang semakin nakal, sok jagoan dan selalu membuat onar membuat Salma risih dan ingin menjauhinya. Uniknya, walaupun Salma menghindar tetapi juga mencari tahu tentang diri Nathan.

Nathan yang begitu gigih memenangkan hati Salma yang terus menghindar sekaligus memberikan kata-kata romantis, tanpa kesan gombal.

Nathan tak mengira akhirnya ia bisa jatuh cinta dengan Salma. Salma, tanpa terlihat membuka hati, ternyata merasa iba pada Nathan karena memiliki keluarga yang sedang bermasalah. Ia pun mengerti mengapa Nathan begitu menyebalkan di sekolah. Komunikasi keduaanya semakin intens karena Salma ingin membuat Nathan tidak bermasalah lagi di sekolah.

Keduanya pun saling menyukai, Nathan tak keberatan mengubah kebiasaannya, dan Salma pun tak pernah menyerah utnuk mengubah karakter Nathan secara perlahan. Masalah mulai timbul ketika kekasih lama Nathan bernama Seli kembali dalam kehidupan Nathan.

Seli berharap Nathan memaafkan dirinya, yang pernah mengkhianati Nathan. Namun hati Nathan sudah ada Salma, meski Salma sempat salah paham, Nathan tak pantang menyerah untuk memberitahu sebenarnya. Salma pun percaya dan keduanya kembali bersatu.

Evaluasi


Meskipun tema yang diusung film ini sering dijumpai, namun karakter Nathan-lah yang menjadi bagian paling apik. Jalan cerita diciptakan juga terasa masuk akal. Konfliknya mampu di kisahkan dengan baik, dan penyelesaiannya cukup membuat puas. Banyak pesan yang dapat diambil dari film ini tentang pengorbanan, kasih sayang, persahabatan bahkan tentang arti memaafkan dan menerima kenyataan.

Selain itu, film ini membuat penontonnya baper, alur atau jalan ceritanya mudah ditebak penonton, sedikit ada perubahan dari novel yang diadaptasi, sehingga membuat penonton film dan pembaca novel lebih puas saat membaca novel.

Rangkuman


Dalam film Dear Nathan menunjukkan bahwa bersikap dingin, acuh tak acuh tidak membuatnya semakin membaik, pantang menyerah serta percaya diri adalah kunci untuk meraih segalanya. Belajar untuk memahami dan merubah seseorang menjadi lebih baik, membuat keadaan semakin membaik, dalam diam dan secara perlahan.

Referensi: tamanbahasaindonesia.blogspot.com/2017/05/dear-nathan-sebuah-perasaan-kaku-yang.html

Kembali ke Contents ↑

5. Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Perahu Kertas"

Contoh Teks Ulasan Film Singkat "Perahu Kertas"

Informasi umum:


Judul Film: Perahu Kertas
Sutradara: Hanung Bramantyo
Penulis Naskah: Dewi 'Dee' Lestari
Produser: Chand Parwez Servia, Putut Widjanarko

Pemeran:
  1. Maudy Ayunda sebagai Kugy
  2. Adipati Dolken sebagai Keenan
  3. Reza Rahadian sebagai Remi
  4. Elyzia Mulachela sebagai Luhde
  5. Kimberly Ryder sebagai Wanda

Orientasi


Film "Perahu Kertas" adalah film yang diangkat dari novel best seller karya Dewi Lestari atau akrab disapa Dee. Film ini secara garis besar menceritakan tentang kejujuran hati, keterbukaan perasaan namun perasaan tersebut dihalangi  dengan perasaan lain yang tumbuh tanpa cinta. Perasaan yang saling membohongi dan juga kepura-puraan.

Film ini dibintangi oleh Maudy Ayunda sebagai Kugy, Adipati Dolken sebagai Keenan, Reza Rahadian sebagai Remi, Elyzia Mulachela sebagai Luhde, dan Kimberly Ryder sebagai Wanda dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Tafsiran


Film ini mengisahkan tentang pasang surutnya percintaan antara Kugy dan Keenan. Perkenalan kedua cinta tersebut atas prakarsa sahabat Kugy yakni Noni dan Eko. Pertemuan itu terjadi saat mereka menjemput Keenan sepulang menempuh studi dari Belanda.

Percintaan keduanya tak berjalan mulus, awalnya ketika Kugy dikenalkan dengan Keenan, Kugy sedang menjalin hubungan dengan Ojos yang merupakan seorang lelaki tampan yang dipacari Kugy sejak SMA.

Keenan sendiri pun sempat dekat dengan seorang gadis bernama Wanda. Mereka berdua, Keenan dan Kugy pada dasarnya saling mencintai, namun keduanya tak pernah secara gamblang menyatakan perasaan mereka berdua.

Evaluasi


Setiap karakter yang ada di film ini sangat kuat dan mampu menyampaikan setiap sifat yang diembannya. Dari berbagai macam karakter ini kita bisa mengambil banyak sekali pelajaran hidup.

Setiap pemeran sangat mendalami masing-masing karakternya. Penyajian konflik dalam film ini cukup bagus, walaupun ada beberapa bagian konflik yang datar-datar saja, namun ada juga konflik yang menarik.

Kelemahan dalam film ini terletak pada akhir cerita yang tidak begitu jelas dan menggantung yang membuat para penonton begitu penasaran.

Rangkuman


Banyak sekali pelajaran dan nilai kehidupan yang bisa kita petik dari film Perahu Kertas. Terutama tentang setiap manusia memiliki takdirnya sendiri-sendiri dan usaha dan kerja keraslah yang mampu mengantarkan manusia untuk mencapainya.

Dari sini kemudian penonton bisa menyimpulkan sendiri bahwa dalam menjalani hidup haruslah percaya dengan diri sendiri untuk mencapai cita-cita yang diimpikan.

Referensi: definisipengertianteks.blogspot.com/2017/07/contoh-teks-ulasan-film-sederhana.html

Kembali ke Contents ↑

6. Teks Ulasan Film Keluarga Cemara


Informasi Umum:


Judul Film: Keluarga Cemara
Sutrdara: Yandy Laurens
Penulis: Yandy Laurens, Gina S Noer
Produser: Anggia Kharisme,a Gina S Noer
Durasi: 110 menit
Rilis Indonesia: 3 Januari 2019
Klasifikasi LSF: SU

Orientasi


Alkisah, Abah terganjal hutang besar yang diminta oleh perusahaan dan kakak iparnya. Rumah dan hartanya disita. Sembari mencoba berjuang melalui jalur hukum, Abah memboyong Emak, Euis (Zara JKT 48), dan Cemara (Widuri Puteri) ke desa. Untunglah, masih ada rumah warisan peninggalan ayah Abah.

Tafsiran


Abah dan Emak berusaha mendapatkan sumber diskusi baru. Sama seperti kisah sukses, Abah penyabar membungkus segala perkara dengan humur dan keriangan, Emak sering menyimpan perkara dengan cara diam.

Euis meninggalkan kenyamanan kota dan sekolah. Sementara di remaja yang sedang menikmati pergaulan dan prestasi yang menyenangkan. Cemara atau Ara adalah bocah polos periang yang slalu melihat hal positif di sekitarnya. Namun ada satu masa kompilasi Ara mengeluhkan arti namanya.

Evaluasi


Sepanjang film, kita melihat hari demi hari bagaimana mereka berempat berhadapan dengan keterbatasan dan berbagai hal yang menggantikan hal baru. Misalnya Euis sulung yang mulai berontak, menstruasi pertama, ponsel tanpa sinyal, berdagang kecil-kecilan, harapan tinggal kembali di kota, hingga pertanyaan terkait.

Ara, sebagai anak yang menentang dunia, punya peran dalam momen-momen tegang dan tersudut. Ada satu momen kompilasi emosional rumah yang dingin dan senyap mendadak hangat karena senyum dan pelukan gembira Ara. Widuri memberi penampilan akting begitu mengesankan. Begitu pula dengan Ringgo, Nirina, dan Zara.

Rangkuman


Dengan rapi dan penuh kehati-hatian, Yandy dan timnya mengolah reaksi demi reaksi para tokoh dalam adegan dengan kuat dan menonjol. Meskipun sering tanpa kata, hanya ditampilkan. Ini didukung pilihan musik skor yang disetujui tidak ingin dizinkan penonton bergerak dari momen haru secara cepat. Begitu haru menyelinap, musik muncul dan menarik kita lebih dalam.


Satu hal yang paling menganggu adalah penempatan merk sponsor dalam cerita terlalu berlebihan. Masuk akal, tetapi tetap membuat kecewa. Kita tidak tahu pasti apa yang terjadi dalam produksi. Namun di dunia nyata, produk era interneti ni memang telah menjadi bagian besar dalam kehidupan masyarakat kota.

Adegan pembuka dan penutup seperti pengulangan tetapi dalam semangat yang berbeda. Dalam suasana hangat, haru ,ceria, dan jenaka sekaligus. Cemara menutup kisah keluarga ini dengan manis.

Kembali ke Contents ↑

7. Teks Ulasan Film JOKOWI


Informasi Umum:


Sutradara: Azhar Kinoi Lubis
Produser: KK Dheeraj
Perusahaan produksi: K2K Pictures
Tanggal rilis: 20 Juni 2013 
Pemeran: 
  1. Teuku Rifnu Wikana
  2. Prisia Nasution
  3. Ratna Riantirno
  4. Ayu Diah Pasha
  5. Susilo Badar
  6. Landung Simatupang
  7. Nurul Hidayati

Orientasi


Film Jokowi diangkat dari kisah inspiratif anak tukang kayu yang menjadi seorang pemimpin besar. Kisahnya mampu menginspirasi penonton  melalui segala kisah kehidupan tokoh yang disuguhkan.

Tafsiran


Separuh film Jokowi menceritakan bagian masa kecil Jokowi yang merupakan bagian paling menarik. Sutradara cukup detail menggambarkan latar tempat atau situasi pada zaman waktu itu. Misalnya menggambarkan situasi Surakarta pada tahun 1961.

Judul sesuai dengan isi film karena menggambarkan keseluruhan isi dalam film tersebut, film JOKOWI menceritakan kisah hidup seorang Jokowi dari lahir hingga beliau dilantik sebagai gubernur DKI Jakarta.

Peran Jokowi diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana. Difase pertama memiliki kemampuan akting yang bagus. Tetapi dalam memainkan fim Jokowi ini peran Teuku terlalu tua untuk memerankan tokoh remaja Jokowi. Dan juga badannya terlalu besar.

Evaluasi


Sebagai film drama yang ditonton banyak orang, tidak hanya jawa saja. Film ini banyak menggunakan bahasa jawa yang tidak semua penonton mengerti makna bahasa tersebut. Hal ini sangat disayangkan, karena itu dapat menyebabkan kesalahpahaman penafsiran.

Dalam film ini diceritakan kisah hidup Jokowi mulai bayi hingga dewasa, akan tetapi kenakalan atau kejahilan anak kecil yang sejawarnya tidak diperlihatkan. Hanya menampilkan sisi baik dan kelebihan Jokowi tanpa diimbangi dengan beberapa kenakalan yang mungkin wajar dimiliki seseorang.

Rangkuman 


Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa film Jokowi memungkinkan kita bicara mengenai perjuangan hidup tokoh Jokowi melalui model film dramatikal.

Film ini menawarkan perjalanan hidup tokoh yang mengalami berbagai rintangan dalam meraih mimpi. Pada akhirnya mimpi tersebut akan terwujud jika disertai dengan doa dan usaha yang keras.

Kembali ke Contents ↑

8. Teks Ulasan Film Pendek Aku Ingin Sekolah


Orientasi


Film pendek ini menceritakan tentang seorang anak yang ingin bersekolah, akan tetapi karena faktor ekonomi yang tidak bagus, membuat dia tidak bisa bersekolah. Film ini sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Tafsiran


Film ini mengisahkan tentang seorang anak piatu yang tidak bersekolah bernama Dodi. Berlatarkan kehidupan seorang pemulung di daerah Sulawesi. Ia hanya hidup dengan seorang ayah yang tidak mendukung dirinya untuk bersekolah.

Evaluasi


Film bertemakan pendidikan ini terlalu monoton dalam menunjukkan latar tempat. Latar tempat pada film ini banyak digambarkan pada rel kereta. Walaupun begitu dilihat dari alur ceritanya sangat menarik.

Alur cerita pada film ini mampu membuat emosi penonton menjadi naik sekaligus bercampurkan rasa sedih dan kecewa. Ditambah dengan efek suara yang sangat mendukung dan juga tepat.

Rangkuman


Intinya, film ini sangat tepat jika ditujukan untuk mengkritik pemerintah berkaitan program gratis pendidikan dan pemerataannya. Film ini sangat layak ditonton oleh semua kalangan.

Kembali ke Contents ↑



9. Teks Ulasan Sederhana Tenggelamnya Kapal Van der Wijck


Informasi Umum:


Sutradara: Sunil Soraya
Produser: Ram Soraya, Sunil Soraya
Skenario: Donny Dhirgantoro, Imam Tantowi
Berdasarkan: Tenggelamnya Kpaal Van der Wijck karya Hamka
Pemeran:
  1. Pevita Pearce
  2. Herjunot Ali
  3. Reza Rahadian
  4. Randy Nidji
  5. Arzetti Bilbina
  6. Kevin Andrean
  7. Jajang C. Noer
  8. Niniek L. Karim
  9. Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto

Musik: Andi Ariel Harsya
Penyunting: Sasta Sunu
Perusahaan produksi: Soraya Intercine Films
Distributor: Soraya Intercine Films
Tanggal rilis: 19 Desember 2013, 11 September 2014 (versi extended)
Durasi: 165 menit, 210 menit (extended)
Negara: Indonesia
Bahasa: Indonesia, Minang, Makassar, Melayu, Jawa

Orientasi


Film ini merupakan film yang diangkat dari kisah novel populer karya Buya Hamka yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. 

Film ini dibintangi oleh beberapa rtis muda berbakat seperti Pevita Pearce dan Reza Rahardian. Film yang dirilis 2013 ini merupakan besutan sutradara Sunil Soraya termasuk film sukses di pasaran.

Tafsiran


Kisah ini bermula ketika seorang pemuda bernama Zainuddin diperankan Harjunot Ali pada tahun 1930 berlayar darik leahirannya Makassar menuju ke Batipuh, Padang Panjang.

Batipuh Padang Panajang adalah tempat kelahiran ayah Zainuddin. Singkat cerita, Zainuddin bertemu Hayati yang diperankan Pevita yang menjadi bunga persukuan di Minangkabau. Zainuddin pun jatuh hati kepada Hayati kemudian memberikan kata-kata indah nan romantis yang bisa membuai setiap wanita yang membaacanya.

Dari sini penonton disuguhkan keromantisan yang begitu menyentuh. Setelah melewati romantisme klasik yang menggetarkan, maka kemudian penonton digiring kearah konflik-konflik yang mulai dimunculkan. Salah satu konfliknya ketika hubungan mereka tidak mendapatkan restu dari ninik-mamak dan juga para tetua suku karena alasan Zainuddin belum mapan dan tak punya darah minang.

Pada saat menjelang perpisahannya, kedua kekasih itu menuliskan ikrar janji bahwa akan setia menjalani hidup bersama suatu hari nanti.

Namun, keadaan menjadi lebih dramatis ketika Zainuddin menyaksikan pertunjukkan opera, disana ia bertemu dengan Hayati yang datang bersama suaminya yaitu Aziz. Kisah cinta mereka pun menjadi semakin pelik.

Evaluasi


Film ini secara keseluruhan sudah bisa dikatakan sebagai film luar biasa. Ada sedikit kekurangan yang mungkin bisa dijadikan pelajaran yaitu penggunaan properti yang memang banyak menggunakan latar tahun 1930an. Sayangnya penggunaan properti tersebut kurang bisa menggiring dan meyakinkan penonton bahwa peristiwa tersebut bernar-benar terjadi pada masa 1930an.

Selain itu, alur cerita juga terkesan seadanya sehingga membuat konflik terjadi kurang menggigit. Kemudian penggunaan background lagu Nidji yang notabene nya band modern. Penggunaan lagu ini terasa kurang klop untuk film bersetting tahun 1930an.

Rangkuman


Kesimpulan film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck ini, dengan mengesampingkan beberapa kekurangan di atas, film ini sangat bagus dan layak ditonton. Bahkan film ini bisa dikatakan salah satu film terbaik tahun 2013.

Kembali ke Contents ↑

10. Teks Ulasan Film Terbaru Strip and Pensil


Informasi Umum


Tahun rilis: 20 April 2017
Sutradara: Ardy Octaviand
Pemain: 
  1. Ernest Prakasa
  2. Ardit Erwandha
  3. Tatjanan Saphira
  4. Indah Permatasari
  5. Pandji Pragiwaksono

Orientasi


Film ini adalah film komedi yang diproduksi MD pictures. Film yang dirilis 20 April 2017 ini digarap oleh sutradara Ardy Octaviand. Film ini diangkat dari naskah skenario Joko Anwar yang telah disimpan bertahun-tahun.

Film ini diperankan oleh Ernest Prakasa sebagai Toni, Ardit sebagai Aghi, Tatjana Saphira sebagai Bubu, Indah sebagai Saras, dan Pandji sebagai pak Adam.

Dalam film ini diceritakan secara garis besar tentang persahabatan dan masalah sosial di Indonesia. Film ini mencoba menyelipkan pesan mendalam melalui lukisan keseharian bagian masyarakat yang jarak terdeteksi oleh kalangan menengah.

Tafsiran


Tono, Aghi, Bubu dan Saras adalah anak-anak orang kaya yang dimusuhi anak-anak di SMU sekolahnya. Karena dibanding yang lain mereka sok jago dan songong. Alihalih ditakuti siswa di kelas, mereka justru dibully ramai-ramai. Tidak ada yang mau berteman.

Keempatnya kemudian membentuk kelompok sendiri untuk menyelesaikan tugas dari pak Adam. Dimana mereka harus membuat laporan kehidupan sosial dalam masyarat. Alih-alih hanya menulis essay, mereka malah berjanji untuk mendirikan sekolah darurat bagi anak-anak miskin dengan biaya mereka sendiri.

Film ini mengajarkan kita tentang persahabatan, dimana mereka selalu mengatasi setiap masalah yang muncul dalam pembangunan sekolah darurat secara bersama-sama serta selalu sabar menghadapi remehan dari teman-teman sekolahnya.

Film ini sangat layak ditonton karena dapat menumbuhkan sikap sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Film ini berhasil menyampaikan potret kesenjangan sosial di ibukota dan mungkin membuka mata yang menontonnya untuk lebih peduli terhadap disekitarnya.

Evaluasi


Kelebihan film ini dari sisi komedi yaitu sutradara mencoba menyelipkan pesan mendalam melalui lukisan keseharian bagian masyarakat yang jarang terdeteksi oleh kalangan menengah. Dikemas secara ringan dengan berbagai "celetukan" ala zaman sekarang, film ini mampu menjadi inspirasi bagi siapa saja yang menontonnya.

Kelebihan film ini juga datang dari tokoh-tokoh pendukung. Aksi dan lelucon jenaka yang mereka sampaikan lewat film ini terkesan natural dibanding keempat pemeran utamanya.

Hanya saja, kebanyakan lelucon yang ada dalam film komedi ini terkesan sangat biasa. Bukannya mengubah film menjadi komedi natural, terlalu banyak improvisasi dan komedi situasi membuat "strip and pensil" melenceng dari apa yang sudah di premise utama.

Rangkuman


Rangkumannya, kita bisa memahami makna persahabatan dan kehidupan sosial masyarakat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Film ini pun banyak pelajaran yang dapat diambil sebagai inspirasi kedepannya.
 
Film inim engharapkan bahwa kasus yang tidak menunjukkan sikap beradap bisa dihentikan melalui usaha berbagai pihak. Bagi para aktor dan aktris film Strip & Pensil bisa menjadi salah satu media hiburan paling efekti sebagai kampanye anti bullying di lingkungan masyarakat, terutama sekolah.

Kembali ke Contents ↑



Update 02/01/2024

11. Laskar Pelangi


Informasi Umum



Judul film: Laskar Pelangi
Tahun rilis: 2008
Sutradara: Riri Riza
Pemain:
  • Zulfanny sebagai Ikal
  •  Ferdian sebagai Lintang
  • Verrys  yamarno sebagai Mahar
  • Jefry Yanuar sebagai Harun
  • Dewi Ratih sebagai Sahara
  • Suhendri sebagai A Kiong
  • M. Syukur Ramadan sebagai Syahdan
  •  Marcheilla El Jhola sebagai Flo
  •  Suharyadi sebagai Terapani
  • Levina sebagai A Ling

Orientasi 


Sebuah film yang merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata. Berawal dari Ikal yang diperankan oleh Lukman Sardi (anak asli Pulau Belitong) yang berkunjung ke kampung halamannya. Ia mengantarkan cerita pada masa kecil di pulau tersebut, cerita tentang pertama kalinya ia masuk sekolah SD Muhammadiyah. Kelas baru yang berusaha dibuka oleh 2 orang guru yang hebat bu Muslimah & pak Harfan, sekolah yang memiliki syarat untuk membuat sekolah tersebut dimana harus memiliki 10 orang murid. Saat itu masih 9 orang murid, kemudian Harun yang menyelamatkan anak-anak yang ingin bersekolah sebagai siswa ke-10. Maka terbentuklah Laskar Pelangi dari 10 orang murid yang terdiri dari Ikal, Lintang, Mahar, Borek, Akiong, Kucai, Syahdan, Borek, Trapani, Sahara dan Harun.


Tafsiran isi


Banyak cerita yang membuat saya tertawa, seperti adegan Ikal yang jatuh cinta kepada A-ling, hanya melihat tangan A-ling hatinya langsung berbunga-bunga. Saat Mahar menghibur Ikal dengan nyanyian bunga seroja dan diiringi tarian anak-anak Laskar Pelangi, itu merupakan adegan yang membuat saya tertawa terbahak-bahak. Adegan yang menurut saya menegangkan adalah saat lomba cerdas cermat, dimana seorang Lintang yang telat karena di perjalanan ada seekor buaya yang berada di jalan sehingga ia tidak bisa lewat.


Evaluasi


Amat disayagkan film ini berkesan monoton dan hanya berpusat pada pendidikan di SD muhammadyah. Lebih baiknya, beberapa scene yang ditampilkan harusnya diperpanjang  seperti pada saat perkenalan pertokoh. Namun secara keseluruhan film ini dibuat dengan sangat baik. Keinginan kuat para pengajar membuahkan hasil yang baik. Laskar Pelangi dapat terus belajar di sekolah walaupun tokoh Lintang terpaksa drop-out karena Ayahnya meninggal dan ia terpaksa menjadi tulang punggu dikeluarganya. Selain itu, pengambilan kisah romansa pada film ini merupakan sebuah bumbu yang menghiasi film ini dengan baik.

Rangkuman


Dari film Laskar Pelangi diatas dapat kita simpulkan bahwa Laskar Pelangi memungkinkan kita melihat cerita yang didasarkan pada pengalaman pengarang, yang menggambarkan kondisi prihatin anak-anak kurang mampu Pulau Belitung. Sangat banyak sekali pesan moral yang disajikan pada film ini sehingga tak jarang penonton sampai meneteskan air mata ketika menonton film ini karena kegigihan semangat Lintang dan teman-teman nya demi meraih pendidikan didaerah yang sangat terpencil di Indonesia. oleh sebab itu, maka tak heran jika film ini berhasil merai berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar Negeri.

12. Ada Apa Dengan Cinta?


Orientasi 1 


Film “ Ada Apa dengan Cinta” adalah film yang liris pada tahun 2002 yang bertemakan percintaan di masa – masa SMA karya Rudy Soedjarwo. Film ini berkaitan dengan pertentangan anatara 2 remaja yang memiliki 2 sifat yang berbeda.

Orientasi 2 

Ada Apa dengan Cinta?” menceritakan tentang pertemuan dua remaja yaitu Cinta dan Rangga. Cinta adalah gadis remaja cantik yang supel, cerdas, dan sangat percya diri dan memiliki seglanya, keluarga yang sangat mencitainya, sahabat setia, dan cewe idaman di sekolah. Sedangkan Rangga adalah pria remaja yang pendiam, cenderung dingin, dan menyukai buku sastra.

Tafsiran 1 


Di sekolah Kolese Gonzaga Jakarta tepatnya sekolah Cinta, setiap tahunnya mengadakan lomba puisi. Cinta merupakan salah satu siswi di sekolah tersebut yang menjadi juara setiap tahun. Hari dimana diumumkan pemenang lomba puisi, semua siswa – siswi yakin bahwa Cinta yang menjadi pemenang lomba puisi tahun ini. Namun, pemenang tahun ini adalah Rangga kelas 3 IPA.

Tafsiran 2 

Berhubung cinta dan sahabatnya adalah pengurus mading di sekolah maka mereka berniat untuk mewawancarai sang pemenang lomba puisi yaitu Rangga. Namun, Rangga menolak tawaran dari cinta karena rangga merasa tidak mengikuti lomba puisi tersebut apalagi menjadi pemenang. Karena sebenarnya yang mengirim puisi yang dibuat rangga adalah Pak Wardiman sebagai penjaga sekolah itu. Atas penolakan Rangga cinta merasa tersinggung.

Tafsiran 3 

Saat rangga ingin memasuki ruang dinas pak wardiman , dia melihat surat di depan pintu yang tergeletak dan rangga pun mebacanya. Setelah membaca surat tersebut rangga menemui cinta untuk meminta penjelasan atas maksud dari surat itu. Rangga merasa Cinta tersinggung atas penolakan wawancara kemarin akhirnya Rangga bersedia di Wawancarai. Namun terlambat, karena mading pun siap untuk terbit. Lalu saat pergi meninggalkan Cinta bukunya terjatuh, Cinta pun mengambil buku itu untuk dibaca dan dibaca dirumahnya.

tafsiran 4 

Setelah beberapa hari kemudian,  buku yang dicari rangga akhirnya ditemukan. bUku itu ditemukan dalam keadaan terbungkus rapi di atas meja rangga dan didalmanya terdapat surat yang tertera nama cinta. Pada saat jam istirahat rangga memutuskan untuk menemui cinta untuk mengucapkan terimakasih karena telah menemukan buku yang di cari Rangga. Karena memiliki kesukaan yang sama yaitu membaca karya sastra, Rangga memberitahu kepada Cinta bahwa koleksi karya sastra lama ada di daerah Kwitang.

Tafsiran 5 

Setelah pulang sekolah rangga dan cinta pergi ke tempat langganan buku sastra yang ada di daerah kwitang. Saat sedang memilih buku cinta baru teringat bahwa dia memiliki janji kepada sahabatnya untuk menonton konser PAS BAND. Cinta memberi tahu kepada rangga bahwa dia memiliki janji bersama sahabatnya untuk nonton konser bersama. Akhirnya, Cinta dan Rangga pun bertengkar akibat konser. Cinta pun memutuskan uintuk pergi meningglkan rangga sendiri di toko buku tersebut.

Tafsiran 6

Rangga pun menemui cinta di lapangan yang saat itu salahsatu sahabat cinta yaitu karmen sedang bertanding. Tujuan Rangga menemui Cinta yaitu meminta maaf akibat kejadian yang terjadi di Kwitang. Saat rangga meminta maaf kepada cinta, Cinta pun memaafkannya . Tetapi, rangga justru menjelek – jelekan Cinta dan sahabatnya. Borne yang melihat kejadian itupun merasa cemburu. Setelah Rangga pergi dari lapangan, Borne dan tiga temannya langsung menghampiri Rangga dan memberi ancaman kepada Rangga agar tidak mendekati cinta. Namun, Rangga menolak akhirnya Borneo dan teman – temannya memukuli Rangga sampai babak belur.

Tafsiran 7

Keesokan harinya Rangga tidak masuk sekolah karena sakit. Ketika Cinta jalan bersama Borne, Borne jujur mengatakan bahwa dia memukuli Rangga. Cinta kecewa dengan Borne atas tindakan yang dilakukannya kepada Rangga. Ia pun mencari keberadaan Rangga disekolah tapi kenyataannya Rangga tidak masuk karena sakit. Cinta bertemu dengan pak Wardiman dan bertanya dimana alamat Rangga. Setelah cinta mengetahui alamatnya cinta bergegas kerumah rangga dan menanyakan keadaan rangga yang sebenarnya.

Tafsiran 8

Saat sampai di rumah Rangga cinta langsung menanyakan keadaannya. Tetapi rangga justru berbohong kalau dia hanya menjadi korban tawuran. Tak lama kemudian, ayah rangga datang keruang tamu untuk bertemu dengan cinta dan berbincang. Lalu, ayah rangga menanyakan rangga bahwa dia jadi atau tidak untuk memasak. kemudian Rangga dan Cinta memasak bersama di dapur. Setelah selesai memasak mereka pun menyajikan makanan bersama di meja makan. Ketika hendak menyendok nasi rumah Rangga dilempari bom oleh sekelompok bermotor tak dikenal. Rangga pun mengejar sekelompok orang itu tapi kalah cepat karena sekelompok orang itu menggunakan motor.

Tafsiran 9

Keesokan harinya mereka sekolah dan bertemu. Cinta pun menanyakan siapa orang yang lempar bom tersebut.Tetapi rangga pun juga tidak tahu orang tersebut. Tak Lama kemudian, rangga mengajak Cinta untuk nonton bareng di BLUES KAFE . Malam harinya, Cinta sudah bersiap untuk pergi bersama Rangga. Tiba-tiba Alya menelpon ke rumahnya dan menanyakan apa dia bisa menginap dirumahnya tapi Cinta berbohong dengan berkata bahwa dia ingin berobat ke rumah sakit terlebih dahulu. Setelah percakapan Alya dan Cinta di telpon berakhir, Cinta bergegas menujun taksi yang telah dipesan sebelumnya. Sesampainya di kafe, Cinta segera masuk ke kafe dan menghampiri Rangga yang sudah menunggunya sejak tadi.  Setelah itu, mereka menonton penampilan Rama, gitaris di kafe itu yang ternyata adalah saudaranya Rangga. Rama mempersilahkan Cinta agar bernyanyi di panggung dengan diiringi gitarnya. Cinta pun membacakan puisi Rangga yang kemudian dijadikan musikalisasi puisi oleh Cinta. Rangga pun bertepuk tangan akan penampilan Cinta. Setelah itu Rangga mengantar Cinta pulang ke rumah. Sambil menunggu taksi lewat Rangga dan Cinta membeli kacang rebus dipinggir jalan. Ketika sudah mendapatkan taksi ada seorang nenek yang meminta agar taksi itu untuk dirinya karena dia terburu-buru. Alhasil Rangga dan Cinta pulang berjalan kaki ke rumah karena jarak rumah Cinta tidak terlalu jauh. Setelah sampai rumah Cinta dikejutkan dengan kabar Alya yang masuk rumah sakit.

Tafsriran 10

Cinta sangat terpukul dengan  berita Alya yang rupanya mencoba bunuh diri. Ia bergegas kerumah sakit bersama mama dan papanya. Sampai dirumah sakit iapun bertemu dengan ke empat sahabatnya. Ia mencoba minta maaf, tapi Maura mengacuhkan maafnya. Rupanya Maura sudah tau tentang kebohongannya malam itu. Cinta sangat menyesal sekali karena telah lebih memilih bersenang-senang bersama rangga, dibanding menemani Alya yang kala itu sedang membutuhkannya. Cintapun bermimpi perihal kematian alya, ia sangat menyesal sekali. Cintapun membenci Rangga. Ia berusaha keras menghindari Rangga. Akibat kejadian yang di alami Alya, Karmen, Milly, dan Maura bertengkar. Cinta semakin merasa bersalah, iapun memutuskan untuk mengakhiri kedekatannya dengan Rangga. Menurutnya, Ranggalah yang telah merubah sikap dan perilakunya. Dengan kesal, Rangga menanggapinya tegas, permintaan Cinta untuk mengakhiri kedekatan dengannya.

Tafsiran 11

Setelah Alya sadar, Cintapun minta maaf dengan Alya. Cinta juga jujur bahwa malam itu ia jalan dengan Rangga. Cinta merasa menyesal dengan apa yang telah ia lakukan. Maura dan lainnyapun akhirnya memaafkan Cinta. Tak seberapa lama Cinta dan Rangga berjauh-jauhan, rupanya kedua insan ini sama sama memendam kerinduan. Namun nampaknya Cinta lebih takut kehilangan sahabat –sahabatnya dibanding kehilangan Rangga. Disamping itu, sebenarnya ia gengsi untuk mengungkapkan perasaan yang sebenarnya kepada teman-temannya. Hingga pada suatu siang, ketika teman-temannya memaksanya untuk jujur, Cintapun akhirnya mengungkapkan yang sebenarnya.  Karena mengetahui ciri-ciri Rangga akan pergi jauh, Karmenpun segera memaksa Cinta untuk segera mengejar Rangga dan Mengungkapkan perasaan sayangnya kepada Rangga.

Tafsiran 12

Tak salah lagi, Rangga benar-benar akan pergi jauh. Menurut informasi dari Pak Kardiman, Rangga akan pergi ke New York siang itu juga. Bergegas mereka berlima segera menuju bandara dengan mengendarai mobil Memet.Karena kebetulan mobil Miily terjepit mobil lain saat itu. Milly mengendari mobil secepat yang ia mampu demi mempertemukan sahabatnya dengan Rangga. Berharap rangga masih bisa ditemui disana. Tak butuh waktu lama merekapun akhirnya sampai dibandara. Mereka lalu berlari denga cepat mencari keberadaan Rangga. Namun, Rangga sudah terlanjur ada di ruang khusus penumpang. Sesuatu mereka lakukan agar Cinta tetap bisa menemui Rangga. Alhasil, satpam penjagapun mengizinkan cinta untuk mengejar Rangga yang siap boarding pesawat. Cintapun berlari mengejar Rangga, dan berteriak memanggil nama lelaki yang di cintainya itu. Rangga tak ragu untuk menoleh ketika merasa namanya tersebut oleh suara yang sangat ia kenal. Merekapun bertemu dan saling mengungkapkan perasaan yang sebenarnya. Rangga yang tetap harus pergi meninggalkan Indonesia lalu mengakhiri pertemuannya bersama Cinta dan ia memberi Cinta buku yang pada halaman terakhirnya terdapat puisi Rangga yang berjudul "Ada Apa dengan Cinta?". Rangga berjanji akan kembali di saat bulan purnama tiba di New York.

Evaluasi 1


Meskipun film ini telah meraih sukses di Indonesia dan telah ditayangkan diberbagai Negara seperti Malaysia, Singapura,Brunei, dan Filiphina, masih ada beberapa kekurangan didalamnya. Misalnya saja dengan tokoh Rangga. Latar belakang Rangga yang menarik dan sangat kental masalah sosialnya seharusnya identitasnya lebih didalami sehingga tidak hanya selintas dan menjadi klise bersamaan dengan adanya peristiwa pengeroyokan Rangga oleh Borne dan kawan-kawannya, serta adanya peristiwa pengeboman terhadap rumah Rangga. Sesuatu yang menarik itu seharusnya lebih diterangkan biar lebih jelas masalahnya.
Ada beberapa adegan yang terlihat seperti dibuat-buat. Seperti adegan sewaktu Cinta mengejar Rangga di bandara. Sekuritsi tidak mungkin membuat dia masuk bandara sejauh itu tanpa izin. Sutradara seharusnya bisa membuat adegan ini lebih realistik dengan membuat mereka bertemu sebelum Rangga masuk waiting room.

Evauasi 2

Yang membuat film ini memuaskan adalah karena filmnya realistis dan membawa pesan moral mengenai cinta yang dapat dibandingkan oleh remaja-remaja. Seperti pesan yang penting yaitu bahwa walaupun anda jatuh cinta atau mempunyai teman-teman yang banyak, anda harus tetap jadi independen dan jangan menjadi dependen. Komposisi musik yang mengalun dan sesuai dengan setiap adegan memang bagus dalam film ini. Musik membantu untuk meningkatkan ketegangan dan kesedihan sewaktu Alya mencoba untuk bunuh diri dan juga membantu membuat suasana yang tenang dan bahagia sewaktu Cinta jalan-jalan bersama Rangga.
Film Ada Apa Dengan Cinta? memang memperlihatkan beberapa isu yang sering terdapat dalam kehidupan remaja sehari-hari. Misalnya, masalah Cinta yang harus memilih antara temannya dan orang yang dia sukai, Rangga. Beberapa remaja memang mempunyai masalah tersebut. Hubungan dari benci menjadi cinta mereka dalam film Ada Apa Dengan Cinta?  adalah hubungan yang diidamkan oleh banyak remaja. Kisah cinta yang tipikal drama-drama romantis dibawakan oleh akting Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo tampak seakan-akan bisa terjadi kepada diri kita sendiri.

Rangkuman


Secara keseluruhan, tidak ada yang meragukan bahwa AADC adalah sebuah film yang ‘mengena’ sekaligus menghibur. Kelebihan utama Ada Apa dengan Cinta?, di samping tentu saja latar belakang sosial tokoh-tokohnya, lagak gaya para remaja yang sama dengan apa yang kita lihat sehari-hari sekarang ini. Kesederhanaan cerita membuat penonton dengan mudah menangkap maksud produser. AADC merupakan salah satu film Indonesia berkualitas yang patut dibanggakan.

13. Di Balik 98


Orientasi 


Film Di Balik '98 yaitu film yg di produksi oleh MNC Pictures yg bercerita mengenai momen kerusuhan yg berlangsung pada th. 1998. Semuanya rakyat Indonesia tentu sudah mengetahui mengenai momen Mei 1998. Saat itu yaitu beberapa waktu krisis untuk tahta kepresidenan Soeharto & juga Orde Baru. Namun pada film Dibalik 98, di balik panasnya kondisi politik, sangat banyak arti yg dapat dipetik nilai kemanusiaannya.

Tafsiran 


Dikisahkan, Diana (Chelsea Islan), mahasiswi dari Trisakti yg mengambil keputusan untuk jadi anggota demonstran. Saat kekuasaan Soeharto menurut Diana mesti selekasnya disudahi. Mengambil keputusan untuk jadi anggota demonstran adalah pilihan yg kurang pas untuk Diana, lantaran Diana sekarang ini tinggal berbarengan kakaknya, Salma (Ririn Ekawati), yg adalah seseorang pegawai Istana Negara, & Bagus adalah suami dari Salma (Donny Alamsyah), yg juga seseorang Letnan II, Angkatan Darat.

Sejak krisis moneter diawali, Diana sudah jadi anggota dari gerakan paduan semua mahasiswa Indonesia yg menekan di turunkannya presiden Soeharto. Momen ini adalah satu diantara bentuk sikap kegelisahan orang-orang, & klimaksnya berlangsung pada tanggal 13 hingga 14 Mei, di mana ada empat orang mahasiswa yg tertembak mati oleh beberapa aparat yg menangani kerusuhan 98.

Di dalam kondisi yg begitu rumit ini, presiden Soeharto mengambil keputusan untuk pergi menghadiri KTT G-15 di Kairo. Sesaat wakil presiden, B. J. Habibie dikejutkan oleh momen penembakan yg berlangsung di Trisakti yg selesai dengan kerusuhan besar.

Kemarahan itu tdk cuma dirasa oleh mahasiswa maupun Diana, namun juga dirasa oleh Bagus, kakak ipar Diana. Mengingat istrinya yg tengah alami hamil tua, Bagus tetaplah harus melakukan amanat atasan untuk melindungi keamanan di beberapa titik & lokasi di Jakarta. Makin bimbang hati bimbang & bercampur aduk hati agus waktu tahu istrinya tdk ada di Istana, karena istrinya pergi untuk mencari adiknya Diana yg sudah sekian hari tdk ada info tentang keberadaanya & juga tdk pernah pulang ke rumah.

Semua jadi tambah absurd saat Daniel (Boy William), pacar Diana, yg adalah seseorang keturunan Tionghoa, harus juga rasakan kepedihan disaat itu. Bapak & adiknya Diana hilang tak tahu kemana dalam momen kerusuhan 14 Mei. Terutama Daniel juga nyaris terjerat sweeping orang-orang setempat dalam penyaringan beberapa orang Non Pribumi, yg ketika itu jadi puncak issue rasial di Indonesia.
Dibagian lain, rakyat sekelas gembel / orang miskin& pengemis juga mesti turut rasakan bagaimana efek politik yg berlangsung, & efek buruknya untuk mereka.

Evaluasi


Film yg launching pada awal th. 2015 ini tidaklah film politik, namun adalah film drama keluarga, percintaan, yg di dengselubungi latar belakang kerusuhan Mei 1998. & lantaran ini yaitu film, mempunyai paradigma yg tidak sama dengan peristiwa kerusuhan Mei '98 itu. Dengan menyisipkan sedikit narasi fiksi yakni berbentuk cerita Diana, Daniel, & yg yang lain jadi akan bikin film Di balik '98 jadi lebih menarik.

Cerita genting Mei 1998 memanglah hingga sekarang ini masihlah terkenang dng baik, terutama untuk mereka yg alami dengan cara segera momen itu. Namun Lukman Sardi, sutradara, coba menceritakan persoalan lain yg ada pada film  Di balik '98 untuk di ketahui orang-orang. Hadirnya Chelsea Islan yg namanya tengah naik daun & populer, berbanding lurus dengan kwalitas aktingnya yg makin mumpuni. Boy William juga tidak kalah hebat memerankan mahasiswa turunan Tionghoa yg turut rasakan kepahitan thn 1998. Untuk penampilan pemain, Di balik 98 sudah memberi yg paling baik.

Rangkuman 


Anda dianjurkan untuk melihat film ini bila anda belum tahu bagaiman tragedi dibalik 98 lantaran film ini dapat memberi jawabannya. Film ini dapat bercerita bagaimana permasalahan itu pada akhirnya dapat usai dari perbincangan empat mata antara presiden & wakil presiden sampai pada akhirnya Soeharto turun. & yg tdk diduga-sangka yaitu film ini dapat menghidangkan komedi didalamnya.

14. Habibi dan Ainun


Informasi Umum


Judul Film: Habibie dan Ainun
Tahun       : 2012
Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemain    : -Reza Rahardian ( Bj. Habibie)
                  -Bunga Citra Lestari (Ainun Habibie)
                  -Tio Pakusadewo ( Soeharto)

Orientasi


Film Habibie dan Ainun merupakan sebuah kisah film otobiografivyang diadaptasi dari buku yang ditulis langsung oleh bapak Bj.Habibie untuk mengenang almarhumah istrinya ibu Ainun. Film ini disutradarai oleh salah satu sutradara hebat Indonesia yaitu Hanung Bramantyo yang sudah menghaslkan karya-karya terbaik asli film Indonesia. Film ini dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. Film ini berdurasi 2 jam dan berhasil menghipnotis penonton dengan penggabungan tema romansa cinta dan semangat nasionalisme.

Tafsiran Isi 1


Tahun 1962 Hbibie dan Ainun yang merupakan kawan SMP bertemu kembali di kota Bandung. Pada waktu itu seketika Habibie jatuh cinta kepada Ainun. Cinta Habibie itu dibalas dengan manis oleh Ainun. Akhirnya mereka menikah dan terbang ke Jerman.

Tafsiran Isi 2:

Kesetiaan cinta serta pengorbanan yang mereka berikan kepada bangsa Indonesia memberikan banyak pelajaran kepada kita untuk senantiasa melanjutkan perjuangan beliau. Perjalanan cinta Habibir dan Ainun memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi rakyat Indonesia.

Tafsiran Isi 3:

Konflik serta perjuangan mereka untuk memajukan bangsa yang disajikan dalam film ini mampu membuat pemirsa berderai air mata, bahkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya Ibu Aini Yudhoyono menitikan air mata pada saat menonton pemutaran film ini.

Tafsiran Isi 4:

Biografi Bapak Bj.Habibie dan Ibu Ainun Habibie dikemas secara elegan. Ilmu pengetahuan dan ambisi beliau untuk menciptakan nilai positif serta mendorong  kita untuk menjadi penerus beliau.

Tafsiran Isi 5:

Secara garis besar ada beberapa pelajaran moral yang dapat diambil dari novel atau film ini. Pelajaran moral itu sangat penting bagi generasi muda dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Muatan film ini mengajarkan keteladanan bagi para pejabat, pengusaha dan generasi muda.

Evaluasi:


Cerita dan alur yang mengharukan ini rupanya dirusak oleh iklan-iklan produk yang diletakkan secara tidak estetis. Sangat disayangkan sama sekali bahwa film sebagus ini dijejali iklan produk yang kurang enak diliat, meskipun hanya sekitar detik, namun keberadaannya seakan-akan mengotori cerita.

Rangkuman:


Film ini sangat layak untuk ditonton karena didalamnya terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Kisah cinta yang nyata, ketulusan pengorbanan, rasa sakit, serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Meskipun Film ini sudah tayang 2012 tetapi film ini masih layak untuk ditonton.

15. Teks Ulasan Film “5 ELANG”


Informasi Umum

Tokoh  : 1. Christoffer Nelwan sebagai Baron
              2. Iqbaal Diafakhri Ramadhan sebagai Rusdi
              3. Teuku Rizky Muhammad sebagai Anton
              4. Bastian Bintang Simbolon sebagai Aldi
              5. Monica Sayangbati sebagai Sindai
Produser        : Shanty Harmayn, Salman Aristo, Kemal Arsjad
Sutradara       : Rudi Soedjarwo
Penulis           : Salman Aristo
Produksi         : SBO Film
Rilis                 : 25 Agustus 2011
Durasi             : 88 menit
Negara           : Indonesia

Orientasi


Film ini berawal dengan menjelang kepindahan Baron dari Jakarta. Cerita berlanjut ketika Baron telah pindah di Balikpapan (saat ini plot film anak mulai terasa). Saat pertama kali masuk sekolah, Baron telah bertemu Rusdi dan melihatnya dengan sinis dari awal sehingga kentara sekali bila Baron ada hubungannya dengan Rusdi. Hal ini membuat kelanjutan cerita dapat ditebak. Baron sebagai murid pindahan terlihat tidak mau membuka diri dengan sekitar dan mendapat ledekan dari teman sekelasnya.

Tafsiran


Kepindahan Baron bertepatan dengan kontingen penggalang SDnya yang akan mengikuti perkemahan di saat liburan sekolah. Karena Rusdi, Baron harus mengikuti perkemahan pramuka bersama dengan anggota lainnya meskipun Baron memiliki tujuan terselubung untuk mengikuti pameran mobil RC. Di perkemahan, mereka bertemu dengan Sindai yang bergabung dengan mereka saat mencari markas bintang.

Di tengah perjalanan, terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan dua kubu yakni Baron, Aldi, Sindai yang ingin kembali ke Balikpapan dan tidak menyelesaikan kemah dan Rusdi serta Anton yang tetap optimis akan melanjutkan kemah. Akhirnya, mereka menuju ke jalannya sendiri.

Namun naas, Rusdi dan Anton tertangkap oleh penculik. Sedang Baron akhirnya memutuskan untuk kembali melanjutkan kemah, Aldi dan Sindai pun mengikutinya. Klimaks terjadi saat Baron, Aldi dan Sindai berusaha menyelamatkan Rusdi dan Anton.
Akhirnya mereka menyebut diri mereka ‘5 Elang’.
  

Evaluasi


Dalam film ini terdapat pula kelebihan serta kekurangan. Kelebihan tersebut seperti :
Pelajaran moral saat Baron berbaik hati menolong anak lain dengan mengambilkan balon yang tersangkut di antena di atas atap rumah yang bahkan sampai merelakan salah satu perangkat mobil RCnya. Mengajarkan budaya Go Green saat peran Rusdi mengatakan, “Maaf, kertasnya kecil. Penghematan buat pohon.”

Cerita film ini singkat, tidak bertele-tele sehingga mudah dicerna oleh anak. Karena film ini memang didedikasikan untuk keluarga. Akting pemain yang bagus dan tampak natural. Dibintangi oleh Coboy Junior yang punya banyak fans, tentu saja akan memicu popularitas dari film ini.

Lalu, kekurangan-kekurangannya, antara lain: Terlihat banyak siswa yang tidak mengenakan dasi, sedangkan peran Rusdi mengenakan dasi. Karena film ini dinikmati semua kalangan, para pelajar yang melihat film ini dapat mencontoh untuk tidak mengenakan dasi. Apalagi, saat peran Aldi bertanya kepada Rusdi tentang keikutsertaan SD Matahari dalam perkemahan (menit 11 detik 42), dasi Aldi terlihat tergantung di kantung dadanya. Hal ini tentu kurang sopan. Hal kurang sopan terjadi lagi di menit 13 detik 25 saat Rusdi memperkenalkan Anton ke kakak pembina, terlihat Anton sedang mengunyah di hadapan kakak pembina, sambil berdiri pula.

Saat peran Rusdi dan Baron sedang berjalan berdua, terlihat ketidak stabilan kamera yang menyebabkan kurang berkesinambungannya antara gerakan menit 14,36 dan 14,37 yang memiliki latar pintu. Ketidak stabilan kamera juga sering ditemui di sepanjang film.

Saat scene lomba tarik tambang, sebagian besar anak pramuka telah melepas tas, namun sebagian lagi belum. Hal ini membuat kesan sebagian yang belum melepaskan tas baru datang. Apalagi, di tengah lomba terlihat anak-anak pramuka dan kakak sedang berlari untuk melihat lomba dan saat lomba selesai mereka bubar tanpa komando. Hal ini tentu bukan pramuka yang sebenarnya, melainkan mungkin sang penulis masih terngiang oleh sifat sebagian rakyat Indonesia yang seperti itu.

Pada saat scene regu Harimau yang menancapkan bendera di dalam lima bintang terlihat regu-regu yang lain bertepuk tangan menyambut kedatangan mereka. Lalu mereka sudah berkumpul di sana sedang regu Harimau baru datang mengapa mereka yang menang.

Rangkuman


Film ini sangat layak disaksikan keluarga. Apresiasi patut diberikan kepada penulis yang berani memasukkan tema dalam pramuka meski sutradara tidak berhasil membuat penyaksi film terpengaruh untuk semangat mengikuti pramuka karena tak ada penjelasan lebih lanjut dari tampilan visualnya. Terlebih, dari semua akting para pemain dapat menutupi kekurangan dari posisi pengambilan gambar yang kurang mengesankan padahal lokasinya indah. Terimakasih yang besar patut atas film ‘5 Elang’ yang telah membangkitkan film anak Indonesia.


Demikianlah artikel hari ini tentang Contoh Teks Ulasan Film Singkat beserta Strukturnya. Sekian dan terima kasih.

2 comments

  1. Halo min. Maaf sebelumnya, tapi mau ngasih tau ke semua yang beragama islam tentang musik dalam islam karena ini terkait dengan yang sering digunakan dalam film yaitu musik. Jadi musik itu gak boleh yah walau saya masih pelan-pelan. Jadi penggantinya bisa dengan efek suara gitu. Moga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat, memang musik itu haram, artikel di atas hanya teks ulasan film, tidak menyangkut keyakinan penulis. Terima kasih sudah mengingatkan.

      Delete