Tulis kata kunci dan klik enter

By On
Contoh Soal Bahasa Indonesia tentang Teks Ulasan PG dan Jawabannya adalah artikel yang akan kami bagikan pada hari ini. Artikel ini ditujukan untuk adik-adik yang duduk di kelas VIII atau 8 SMP.

Bagi adik-adik yang sekarang tengah mempelajari materi teks ulasan dan disuruh oleh guru membuat soal pilihan ganda bahasa Indonesia tentang teks ulasan, wajib untuk melihat artikel ini karena kami juga akan memberikan beserta jawabanya.

20+ Contoh Soal Bahasa Indonesia tentang Teks Ulasan PG dan Jawabannya

Pada kesempatan kali ini Materi Bindo akan membagikan kumpulan contoh soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia tentang teks ulasan.

Contoh soal teks ulasan Bahasa Indonesia yang akan kami bagikan ditujukan untuk adik-adik SMP kelas 8/VIII.

Contoh Soal Pilihan Ganda (PG) Bahasa Indonesia tentang Teks Ulasan dan Jawabannya


Ada sekitar 20 contoh soal pilihan ganda (PG) bahasa Indonesia yang bisa adik-adik jadikan referensi dalam menjawab tugas dari guru untuk membuat soal-soal yang berhubungan dengan teks ulasan.

Berikut ini adalah contoh soal  bahasa Indonesia pilihan ganda tentang teks ulasan beserta kunci jawabannya untuk kelas 8/VIII SMP.

PETUNJUK UMUM

Tulis namamu di sudut kanan atas.
  • Bacalah setiap soal dengan teliti.
  • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
  • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!

1. Dibandingkan dengan karya sastra sejenis lainnya, novel ini kurang berbobot. Lukisan perwatakan kurang begitu mendalam, jalan ceritanya terkesan mendatar saja, tidak ada hal-hal yang menarik perhatian pembaca.

Penggalan teks ulasan di atas merupakan bagian...
A. Simpulan teks
B. Kelemahan teks
C. Latar teks
D. Keunggulan teks

2. (1) Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satupun adegan kekerasan atau sensual. (2) Diharapkan di waktu mendatang, semakin banyak produser film Indonesia yang termotivasi untuk membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan bisa melebihi film Laskar Pelangi. (3) Film Laskar Pelangi layak disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. (4) Meskipun film ini diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton kapanpun secara berulang-ulang.

Urutan teks tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah...
A. (3)-(4)-(1)-(2)
B. (1)-(4)-(3)-(2)
C. (1)-(2)-(4)-(3)
D. (3)-(1)-(4)-(2)

3. Cermatilah teks ulasan film berikut!

Penggunaan properti film Soekarno cukup menarik. Penggambaran detaildi film ini cantik. Mobil dan motor era itu dihidupkan kembali. Seragam tentara Belanda dan Jepang cukup bagus, demikian pula senjatanya [....] Foto-foto di atas meja merupakan foto reka ulang yang diisi para pemainnya, bukan foto asli Soekarno dan keluarganya, tapi dibuat dengan pose seperti aslinya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan film tersebut adalah...
A. Beberapa barang itu merupakan peninggalan zaman Jepang
B. Beberapa barang di era itu juga cukup realistis
C. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan Belanda
D. Barang yang digunakan merupakan peninggalan Belanda
E. Aktornya cukup fasih mengucapkan bahasa Jepang dan Belanda

4. Perhatikan data buku berikut!

Judul: Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis: Edi Warsidi
Penerbit: CV Alibaba, Manokwari
Tahun: 2010

Keunggulan:
Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari

Kelemahan:
Sampul buku kurang sesuai

Teks ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
A.  Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
B.  Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.
C.  Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jenuh.
D.  Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, kurang berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.

5. Bacalah teks berikut!

(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.

Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian ….
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

6. Perhatikan teks berikut!

Buku kumpulan puisi berjudul Rumah Penuh Bunga: Kumpulan Puisi untuk Siswa SMP/MTs merupakan jawaban atas kelangkaan antologi puisi untuk anak SMP. […] Buku kumpulan puisi ini akan membuat pembaca akrab dengan puisi. Sayang kualitas cetakan kurang bagus karena hanya memakai kertas buram.

Kalimat berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A.  Bahasanya mudah dipahami.
B.  Cerita menggunakan alur maju.
C.  Banyak kata serapan dari bahasa asing.
D.  Tema yang diangkat seputar kehidupan pesantren.

7. Cermatilah teks berikut

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup diputar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Meraka gigih meraat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ….
A.  Pemutaran film dalam rangka memperingati Hari Bumi
B.  Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan
C.  Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi
D.  Cara melestarikan lingkungan yang baik

Cermatilah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 8 dan 9!

Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Pentingya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya film-film produksi terdahulu dalam bentuk yang utuh. Hal ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia yang diproduksi di masa lampau tidak mengalami perawatan yang memadai sehingga beberapa film klasik Indonesia tersebut, tidak bisa disaksikan dalam kondisi utuh seperti kondisi awal ketika di produksi. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.

8. Ide pokok teks ulasan tersebut adalah…
A.  Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya.
B.  Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam bentuk format yang telah direstorasi.
C.  Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuat arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail.
D.  Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentu (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material.

9. Simpulan isi teks ulasan tersebut adalah…
A.  Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi adalah hal yang sangat penting.
B.  Perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.
C.  Beberapa arsi film Indonesia yang diproduksi di masa lampau tidak mengalami perawatan yang memadai.
D.  Sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya film yang utuh.

10. Perhatikan kalimat berikut!

Di dalam novel Dylan dijelaskan bahwa Milea jatuh cinta pada Dylan karena sifatnya yang romantis dan unik.

Unsur kebahasaan pada kalimat tersebut adalah ….
A.  konjungsi penyebab
B.  konjungsi penerang
C.  konjungsi temporal
D.  kalimat saran

11. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!

Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata.

Simpulan isi teks tersebut adalah…
A.  Film kehidupan Ustaz Uje menjadi film dakwah yang menggetarkan.
B.  Masih jarang film Indonesia yang mengangkat tentang kehidupan pendakwah.
C.  Film ini akan menjadi alternatif film biografi yang menyentuh hati.
D.  Film tentang Ustaz Uje ini didukung oleh para pemain jempolan.

12. Kalimat berikut yang merupakan bagian dari teks ulasan yang mengulas novel adalah …
A.  Cerita anak adalah suatu media penyampaian moral yang mendidik kepada anak-anak kita. Dengan adanya cerita anak, orang tua tidak perlu terlampau repot untuk memikirkan tentang media apa yang dapat dipergunakan untuk memberikan nilai pendidikan kepada sang anak.
B.  Buku cerita ini memiliki pelukisan bahasa yang sangat sederhana. Meskipun demikian, penulis berhasil mengajak pembaca masuk ke dalam cerita dengan sangat gamblang. Sehingga, penulis dapat dinyatakan sukses memainkan bahasa.
C.  Tidak banyak yang menyukai buku-buku nonfiksi, demikian yang terungkap dalam penelitian yang digelar di beberapa sekolah di Kota Palembang ini. Hal ini jelas membuktikan bahwa pasaran buku fiksi jauhlebih banyak peminatnya.
D. Buku modul ini dibuat dengan kerja sama tim untuk membantu kegiatan belajar mengajar di bimbingan belajar Budiwijaya. Buku ini dilengkapi dengan pembahasan soal-soal yang lengkap untuk membantu siswa dalam proses kegiatan KBM di sekolah masing-masing.

13. Pernyataan berikut yang tepat dijadikan sebagai gambaran umum sebuah novel adalah …
A.  Buku ini menceritakan perjuangan seorang anak bernama Gita Sesa Wanda Cantika yang menyandang penyakit rabdiomasarchoma atau sejenis kanker lunak yang menyerang wajahnya. Buku ini mengandung amanat untuk tidak berputus asa dalam menerima musibah termasuk penyakit.
B.  Banyak pengaruh besar dalam fungsi suatu bahasa tentang banyaknya bahasa yang mulai masuk dan beredar dalam kehidupan bermasyarakat. Jelaslah ini menjadi angin segar untuk pengaruh bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
C.  Buku novel ini dikemas dengan alur cerita yang beragam. Banyak terdapat perbedaan-perbedaan dengan kemasan cerita yang ditemukan pada novel-novel pada umumnya.
D.  Penulis novel ini adalah seorang yang sudah sangat terkenal. Ia telah menerbitkan berbagai macam novel yang diangkat ke dalam layar kaca perfilman. Siapa lagi kalau bukan Andrea Hirata.

14. Berikut ini yang bukan termasuk bagian tulisan dalam teks ulasan adalah …
A.  Buku ini dikemas dengan alur cerita yang menarik. Gaya bahasa yang dipilih penulis cenderung cukup berani dan gamblang.
B.  Buku ini saya beli sewaktu saya liburan di Yogyakarta. Saat itu saya tidak sengaja melihat buku ini di toko buku. Karena sampulnya menarik, lantas saya beli saja buku ini.
C.  Sebagai buku dengan predikat best seller, buku ini masih perlu banyak perevisian terutama pada bagian editingnya karena banyak sekali kesalahan tulisan.
D.  Buku Mari Berlatih Membaca merupakan buku saku yang ditulis untuk membantu anak-anak usia 3-5 tahun dalam berlatih membaca. Buku ini ditulis dengan beragam trik dan tips yang bisa membantu orang tua dalam mengajari buah hatinya dalam membaca.

15. Pernyataan berikut yang tidak tepat dipergunakan untuk mengungkapkan kekurangan sebuah puisi dalam teks ulasan adalah …
A.  Puisi kontemporer karangan Sutardji Calzoum Bachri memang memiliki gaya bahasa yang sangat khas. Kredo yang diangkat berkenaan dengan mantra-mantra sehingga cukup unik untuk dibaca.
B.  Banyak puisi-puisi modern yang tidak lagi mementingkan aturan dalam penulisan. Namun, justru dengan terlepasnya aturan penulisan tersebut yang menyebabkan penulis masa kini tidak mengalami keterpenjaraan dalam menulis suatu karya.
C.  Puisi-puisi Chairil Anwar memang sarat akan makna. Namun, banuak sekali puisi-puisinya yang terlampau bebas gaya bahasanya yang terkesan sarkasme sehingga tidak semua puisinya dapat dikonsumsi anak-anak kecil.
D.  Puisi angkatan kemerdekaan mengungkapkan makna nasionalis dan rasa cinta terhadap bangsa dan menentang masa penjajahan di masa lampau sehingga puisi-puisi zaman itu dianggap sangat berani.

16. Perhatikan kalimat berikut!

Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.

Maksud kalimat tersebut adalah ….
A.  novel tersebut terdapat banyak gaya bahasa dan mampu memengaruhi pembaca secara emosi mengikuti isi novel
B.  novel tersebut bahasanya indah dan terdapat kata-kata yang mengandung sihir yang dapat membuat mereka menangis dan bahagia
C.  novel tersebut bahasanya berbelit-belit karena penuh dengan majas yang digunakan oleh pengarang
D.  novel tersebut mengandung kalimat-kalimat yang dapat menguras air mata para pembaca.

17. Teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai. Karya yang dimaksud dapat berupa berikut, kecuali...
a. Buku kumpulan cerpen
b. Pementasan teater
c. Film
d. Radio

18. Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah...
a. Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
b. Identitas karya, sinopsis, analisis, evaluasi
c. Identitas karya, orietasi, analisis, sinopsis, evaluasi
d. Identitas karya, orientasi, analisis, evaluasi, sinopsis

19. Dari sana  Aria ingin memberi isyarat bahwa sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita.
Pada kalimat di atas terdapat penggunaan kata sambung, yaitu...
a. Konjungsi penyebab
b. Konjungsi penerang
c. Konjungsi temporal
d. Ungkapan saran

20.  Berikut ini yang tidak termasuk langkah-langkah menulis teks ulasan karya sastra adalah...
a. Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
b. Menilai isi karya sastra yang diulas
c. Menaksir jumlah buku percetakan
d. Menentukan bagian yang menarik dari karya satra

Demikianlah artikel tentang contoh soal bahasa Indonesia teks ulasan pilihan ganda (pg) dan jawabannya. Semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.



Apakah kalian ingin download pdfnya? Klik link berikut http://bit.ly/2VQZoxY

KLIK UNTUK BERKOMENTAR