Type something and hit enter

Posted by On

Pelajaran kali ini akan membahas tentang pengertian teks deskripsi menurut para ahli, KBBI dan pakar lainnya.


Deskripsi berasal dari kata latin describere yang berarti menulis tentang, atau membeberkan sesuatu hal.


Teks deskriptif merupakan salah satu jenis teks faktual yang menggambarkan orang, tempat, atau benda tertentu.


Teks ini bertujuan untuk menceritakan tentang objek dengan mendeskripsikan fitur-fiturnya tanpa menyertakan pendapat pribadi.


Langsung saja berikut definisi teks deskripsi menurut para ahli.


Baca juga: Materi Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Teks Deskripsi


Pengertian Karangan Deskripsi Menurut Para Ahli

pengertian teks deskripsi menurut para ahli


1. Keraf


Keraf (1981:93) menyatakan bahwa deskripsi merupakan sebuah tulisan yang bertalian dengan usaha para penulis untuk memberikan perincian-perincian dari obyek yang sedang dibicarakan.


Keraf (1995:16) menyatakan bahwa deskripsi adalah bentuk wacana yang berusaha menyajikan objek atau suatu hal sedemikian rupa sehingga objek itu seolah-olah berada di depan mata kepala pembaca, seakan-akan pembaca melihat sendiri objek itu.


2. Finoza


Selanjutnya Finoza (dalam Nurudin 2010:60) mengemukakan bahwa deskripsi adalah bentuk tulisan yang bertujuan memperluas pengetahuan dan pengalaman pembaca dengan cara melukiskan hakikat objek yang sebenarnya. 


Teks deskripsi digunakan untuk mendeskripsikan tempat, orang, atau, objek tertentu.


3. Gerot dan Peter


Senada dengan pendapat Gerot dan Peter (1995:208) menyatakan deskripsi fungsi sosial untuk menggambarkan seseorang, tempat, atau benda tertentu.


4. Kemendikbud 


Menurut Kemendikbud (2013:121), teks deskripsi adalah jenis teks yang menggambarkan keadaan (sifat, bentuk, ukuran, warna, dan sebagainya) dan sesuatu (manusia atau benda) secara individual dan unik.


5. Wiyanto


Deskripsi adalah menguraikan atau melukiskan (wiyanto:2014).


6. Tarigan


Pengertian deskripsi menurut para ahli adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah dengan tujuan untuk mengajak pembaca memahami merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, orang aktivitas dan sebagainya (Tarigan:1994).


7. Darmayanti


Darmayanti (2007) menyatakan teks atau paragraf deskripsi merupakan suatu teks bacaan yang disusun untuk menggambarkan atau melukiskan suatu pengalaman pendengar, perabaan, penciuman, dan perasaan tentang situasi atau masalah.


8. Sutarni dan Sukardi


Sutarni dan Sukardi (2008) menyatakan paragraf deskripsi merupakan paragraf yang menggambarkan sebuah objek secara rinci atau detail yang dilengkapi ilustrasi. Ilustrasi itu menjadikan pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan mengamati sendiri objek yang sedang diceritakan.


9. Winarsih dan Wahyuni


Winarsih dan Wahyuni (2008) menyatakan deskripsi dinamakan juga dengan lukisan. Maksudnya yaitu suatu karangan yang berisi tentang lukisan atau penggambaran suatu objek. Hal tersebut dilakukan agar pembaca dapat melihat dan merasakan sendiri hal yang dilukiskan tersebut.


10. Yunus


Deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat mencitrai (melihat, mendengar, mencium, dan merasakan) apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya (Yunus, 2002:45).


11. Parera


Karangan deskripsi adalah salah satu bentuk karangan yang hidup dan berpengaruh. Karangan deskripsi berhubungan dengan pancaindera. Untuk menulis karangan deskripsi yang baik, siswa harus dekat dengan objek dan merasakannya dengan pancaindera (Parera, 1993:3).


12. Widagdho


Karangan deskripsi selalu berusaha melukiskan dan mengemukakan sifat, tingkah laku seseorang, suasana, dan keadaan suatu tempat atau sesuatu yang lain (Widagdho, 1994:109).


13. Wibowo


Wibowo (2001:54) berpendapat bahwa karangan deskripsi merupakan bentuk tulisan yang mengutamakan kemampuan penulisannya dalam melukiskan atau merinci sesuatu (peristiwa, kejadian, atau keadana) secara objektif. Dengan cara ini seolah-olah pembaca dapat melihat langsung peristiwa tersebut.


14. Natia


Deskripsi adalah karangan yang melukiskan sifat, tingkah laku, suasana atau keadaan suatu tempat, dan hal-hal lain kesan dari penglihatan atau pengalaman pancaindera (Natia, 1984:12).


15. Kosasih


Kosasih (2013, hlm. 29) mengatakan bahwa deskripsi adalah jenis teks yang menggambarkan seseorang secara rinci agar membuat pembaca dapat membayangkan tulisan yang dibaca dalam pikirannya.


16. Dalman


Dalman (2016, hlm. 93) mengatakan "karangan deskripsi merupakan karangna yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek atau peristiwa tertentu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci sehingga si pembaca seolah-olah turut merasakan atau mengalami langsung apa yang dideskripsikan si penulisnya".


17. Zainurrahman 


Zainurrahman (2013, hlm. 45) mengatakan bahwa teks deskripsi adalah menyebutkan objek dengan penjabaran karakteristik tertentu yang menggambarkan objek yang sedang dibahas.


18. Rusyana


(Rusyana, 1984) mengemukakan bahwa deskripsi, lukisan, atau pemerian ialah karangan yang melukiskan sesuatu, menyatakan apa yang diindera, melukiskan perasaan dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat.


19. Widarso


Menurut (Widarso, 2000) berpendapat bahwa deskripsi adalah tulisan atau karangan yang menggambarkan, yang digambarkan dapat saja suatu benda, orang (atau masyarkaat), tempat, atau suatu suasana pada saat tertentu.


20. Pengertian Teks Deskripsi Menurut KBBI


Pengertian deskripsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci;uraian.


21. Syamsuddin


Syamsuddin, dkk (2007:81) menyatakan bahwa paragraf deskripsi bertujuan menggambarkan suatu benda, tempat, keadaan, atau peristiwa tertentu dengan kata-kata.


22. Slamet


Senada dengan Syamsuddin, Slamet (2008:103), mengungkapkan bahwa deskripsi adalah wacana yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu berdasarkan kesan-kesan dari pengamatan, pengalaman, dan perasaan penulisnya.


23. Permadi


Permadi (2014:15) menyatakan teks deskripsi adalah teks untuk menggambarkan seperti apa suatu objek (orang, benda, tempat, atau hal) yang kita gambarkan, baik secara kenampakan, bau, suara, ulah, sifat, atau tekstur dari objek tersebut.


24. Hermaditoyo


Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks. 


Dengan kata lain, kalimat deskripsi merupakan kalimat yang melukiskan sesuatu, menyatkaan apa yang di indra, melukiskan perasaan, dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat, Hermaditoyo (2018:268).


25. Atmazaki


Menurut Atmazaki (2006:88), teks deskripsi adalah bentuk tulisan yang melukiskan suatu objek (tempat, benda, dan manusia). Deskripsi juga merupakan lukisan dengan kata-kata. Pembaca seolah-olah ikut mencium, mendengarkan, meraba, merasakan, atau melihat segala sesuati yang dideskripsikan si penulis.


26. Semi


Selain itu, Semi (2009:56) mengungkapkan bahwa teks deskripsi adalah tulisan yang tujuannya membeirkan perincian atau gambaran detail tentang suatu objek sehingga pembaca seolahi kut melihat atau mengalami langsung.


27. Mahsun 


Mahsun (2014:28) mengemukakan bahwa teks deskripsi merupakan gambaran suatu objek benda secara individual berdasarkan ciri fisiknya, gambaran yang dipaparkan haruslah spesifik menjadi ciri keberadaan objek yang digambarkan.


28. Priyatni


Selanjutnya, Priyatni (2015:72-73) menegaskan bahwa teks deskripsi adalah teks yang memaparkan suatu objek/hal/keadaan sehingga pembaca dapat merasakan apa yang dialami oleh penulis ketika mengunjungi objek tersebut.


Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan teks deskripsi adalah suatu bentuk tulisan yang berhubungan dengan tempat, orang, atau objek tertentu.


Baca juga: Contoh Teks Deskripsi tentang Alam


Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian teks deskripsi menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments