Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Teks Deskripsi/Deskriptif merupakan materi Bahasa Indonesia Kelas 7/VII - Materi ini membahas pengertian teks deskripsi, struktur teks deskripsi, ciri-ciri bahasa, jenis-jenis, contoh, unsur/kaidah kebahasaan, tujuan dan isi.

Apa itu teks deskripsi/deskriptif? Menurut para ahli, adalah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang membuat seolah-olah para pembaca melihat sendiri objek tersebut atau seakan-akan berada di depan mata para pembaca (Keraf:1995).

Menurut Tarigan, deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah. Dan menurut Wiyanto, adalah memberikan penguraian atau melukiskan.

Setelah kita memahami apa yang dimaksud dengan teks deskripsi, selanjutnya kita harus tahu juga tujuan dan isinya.


Teks Deskripsi





Tujuan teks deskripsi


Untuk menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara konkret, rinci dan subjektif/melukiskan kondisi objek dari sudut pandang pembuat sehingga yang membaca seakan-akan dapat mendengar, melihat, serta mengalami apa yang dideskripsikan oleh penulis.

Isi teks deskripsi


Penulis berusaha memindahkan persepsi/kesan, hasil observasi dan kata hatinya kepada pembaca dengan menyampaikan sifat  dan semua perincian yang bisa ditemukan pada objek yang diamati. Dengan kata lain, melalu teks ini, penulis mengusahakan untuk menciptakan impresi/sensasi indera pembaca dalam rangka menghasilkan kesan berdasarkan nalar dan imajinasinya.

Agar kita lebih mendalami materi tentang teks deskripsi, Materi Bindo akan menjelaskan hal-hal penting menurut kami.

Pengertian Teks Deskripsi


Teks Deskripsi adalah sebuah paragraf yang mana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan dengan jelas tempat, objek, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seakan-akan merasakan secara langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Struktur Teks Deskripsi


Teks ini memiliki 3 unsur yang membangun menjadi teks deskripsi yang utuh. Strukturnya antara lain sebagai berikut:

Identifikasi

Bagian ini berisi penentuan identitas seseorang, benda dan objek lainnya.

Klasifikasi

Bagian ini unsur penyusunan yang bersistem dalam suatu kelompok menurut standar dan kaidah yang telah ditentukan.

Deskripsi bagian

Bagian ini berisi gambaran-gambaran atau pemaparan tentang suatu objek atau topik yang ada dalam paragraf tersebut.


Ciri-ciri Teks Deskripsi



  • Menjabarkan/melukiskan/menggambarkan suatu objek seperti benda, suasana tertentu atau tempat.
  • Penggambaran dilakukan secara jelas melibatkan panca indera (pendengeran, penglihatan, pengecapan, penciuman dan perabaan).
  • Memaparkan ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti bentuk, warna, ukuran dan kepribadian secara rinci dan jelas.
  • Banyak ditemukan frasa atau kata-kata yang maknanya ada kata sifat atau keadaan.
  • Para pembaca dapat merasakan sendiri atau mengalaminya sendiri.


Jenis Teks Deskripsi



  1. Teks deskripsi subjektif: suatu teks yang penggambaran objeknya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis paragraf tersebut.
  2. Teks deskripsi objektif: suatu teks berisi penjelasan mengenai objek yang digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat membayangkan keadaan tanpa ada penambahan opini dari penulsi itu sendiri.
  3. Teks deskripsi spatial: objek yang dijelaskan hanya berupa benda, ruang, tempat dan lain sebagainya.


Unsur/Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi


#1 Rujukan Kata


Yaitu satu kata merujuk pada kata lainnya yang memperlihatkan keterkaitan. Contohnya berhubungan dengan kata ganti (kata ganti kepunyaan, orang dan penunjuk).

#2 Kata berimbuhan


Kata dasar yang mendapat awalan (prefiks), akhiran (sufiks), dan sisipan (infiks). Contohnya Menari (tari), berbahasa (bahasa) dan lain-lain.

#3  Konjungsi (kata hubung)


Kata yang digunakan sebagai penghubung antar kata, klausa, frasa atau kalimat.

#4 Kelompok kata (frasa)


Kumpulan kata atau lebih yang tersusun dari kata yang bermakna dan membentuk arti kata baru. Contohnya saputangan, takbenda.

#5 Kata baku dan tidak baku


Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia, sumber utamanya ditentukan pada KBBI. Kata baku umumnya digunakan dalam kalimat resmi (baik lisan maupun tulisan) sedangkan tidak baku sebaliknya.

#6 Penggunaan huruf kapital dan tanda baca


Teks deskripsi tidak jauh dari penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah beserta Strukturnya


Mengenal Sisi Unik Rumah Adat Suku Lampung


Identifikasi:

Pada bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri aku dan keluarga berlibur ke kampung halaman ayah yang berada di sekitaran Danau Ranau. Tepatnya di desa Kota Batu kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan.

Meskipun secara teritorial daerah perkampungan ini berada di wilayah administrasi provinsi Sumatera Selatan, namun warga yang tinggal di sini adalah komunitas etnis Lampung pesisir. Kultur warga di sini tak berbeda dengan warga etnis Lampung pesisir lainnya seperti yang ada di Lampung Barat, Pesisir Barat, Pesawaran, dan lainnya. Dalam komunitas etnis ini masih sangat terjaga keaslian kultur adat dan budayanya. Salah satunya adalah rumah adatnya yang disebut dengan rumah sesat.

Klasifikasi:

Ketika sampai di kediaman nenek di kampung, satu hal yang amat aku rindukan adalah rumah kami yang masih sangat tradisional dengan gaya khas etnis Lampung. Rumah ini terbuat dari papan kayu, beratap genteng tanah liat, dan berpondasikan semen cor.

Perlu diketahui bahwa rumah ini telah direnovasi dengan tambahan atap genteng dan pondasi semen cor. Dahulu rumah-rumah kami di kampung ini menggunakan atap seng dan pondasi yang berasal dari potongan pohon besar. Namun karena sulitnya mendapatkan bahan dasar kayu besar untuk pondasi, maka kini masyarakat telah banyak menggunakan pondasi dari semen cor.

Deskripsi bagian:

Rumah kami berbentuk rumah pangung dengan tangga luar yang menghubungkan halaman rumah dengan lantai dua. Meskipun memiliki dua lantai, namun kami tidak pernah menyebutnya “lantai dua” seperti rumah tinggat pada umumnya.

Karena memang rumah sesat tidak serupa dengan rumah tingkat yang memiliki lebih dari satu lantai. Masyarakat Lampung pada umumnya menggunakan lantai atas sebagai ruangan utama untuk ditinggali. Sedangkan ruangan lantai bawah lebih difungsikan sebagai gudang.

Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, rumah adat masyarakat Lampung pada umumnya juga tak luput dari pengaruh desain interior modern. Salah satu contohnya adalah dengan menempatkan tangga di dalam rumah yang semula berada di luar rumah.

Sehingga konsepnya berubah menjadi rumah dengan dua lantai. Pengaruh desain modern juga terlihat dengan adanya perubahan bentuk dasar rumah menjadi semi permanen secara perlahan-lahan. Faktor perubahan tersebut juga dipengaruhi oleh semakin sedikitnya bahan dasar kayu yang akan digunakan untuk membuat rumah. Namun aku bersyukur bahwa nenek dan almarhum kakek telah merawat rumah tua kami dengan sangat baik sehingga belum ada perubahan berarti sejak dulu hingga sekarang.


Baca juga: Teks Biografi (LENGKAP): Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contoh


Demikianlah artikel hari ini tentang Teks Biografi (LENGKAP): Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contoh. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Referensi: http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-deskripsi-dan-contohnya/
https://brainly.co.id
https://www.inirumahpintar.com/2016/08/pengertian-isi-ciri-struktur-kaidah-kebahasaan-teks-deskripsi.html
https://notepam.com/contoh-teks-deskripsi/#Jenis-Jenis_Teks_Deskripsi
http://referensisiswa.blogspot.co.id/2017/08/kaidah-kebahasaan-teks-deskripsi.html
http://ruangseni.com/2-contoh-teks-deskripsi-tentang-rumah-terbaru/#

KLIK UNTUK BERKOMENTAR