Type something and hit enter

Posted by On

Pada materi ini kita akan mempelajari tentang contoh teks deskripsi tentang alam secara singkat dan ada yang panjang beserta strukturnya.


Contoh-contoh mengenai teks deskriptif alam yang akan kami bagikan antara lain tentang alam gunung, pantai, dan wisata alam lainnya.

contoh teks deskripsi alam


Sebelum itu marilah kita simak penjelasan sedikit tentang pengertian teks deskripsi.


Menurut Keraf:1995 teks deskripsi adalah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang membuat seolah-olah para pembaca melihat sendiri objek tersebut.


Adapun struktur teks deskripsi ada 3 (tiga) meliputi: identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Penjelasan lengkapnya dapat Anda lihat pada artikel kami Semua Hal tentang Teks Deskripsi.


Berikut ini beberapa contoh teks deskripsi alam yang wajib Anda pelajari!


1. Pelangi


Pelangi adalah fenomena alam yang terjadi karena adanya proses pembiasan atau pembelokan cahaya. 


Pelangi memiliki berbagai macam warna yang indah, tetapi sebenarnya hanya memiliki satu warna, yaitu putih. 


Kita bisa melihat pelangi saat cahaya matahari mengalami pembiasan karena air hujan. Untuk dapat melihat pelangi, kita harus berada di antara hujan dan sinar matahari.


2. Contoh Teks Deskripsi Keindahan Alam Indonesia



Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam nan melimpah ruah dari Sabang sampai Marauke. Keindahan alam Indonesia tak ada yang mampu menandingi dari negara manapun di dunia. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia baik darat maupun laut.


Oleh karena itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk sekedar menikmati keindahan alamnya. Selain keindahan alamnya, tersimpan juga beragam flora dan fauna yang sangat eksotis. 


Alam Indonesia yang paling terkenal di mancanegara adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga timur.


Banyaknya pulau di Indonesia membuat semakin banyak kekayaan laut dan pantai. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga tak kalah istimewa yang menjadi buruan wisatawan untuk masuk ke dalamnya menikmati keindahannya.


Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan diantaranya ada di Bali, Lampung, Raja Ampat, dan masih banyak lainnya.


Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Indonesia juga merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di dunia. Oleh sebab itu, Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan di dunia terdapat di Indonesia.


Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi karena memang hijau tumbuhan endemik juga banyak menjadi tujuan wisatawan yang hanya sekedar berfoto mengabadikan momen keindahan tersebut.


3. Tangkuban Perahu


Tangkuban perahu adalah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Suang.


Gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah serta kawahnya yang terkenal. Karena saking menakjubkannya sering dijadikan sebagai salah satu destinasi favorit saat liburan khususnya bagi yang sedang berpergian ke Jawa Barat.


Selain pemandangannya yang indah dan asri, suasana yang sejuk dan kawah yang cantik membuat siapa yang memandangnya terpesona,


Gunung ini tidak jauh dari Kota Bandung hanya sekitar 25-30 km. Selain saat liburan, hari-hari biasa pun tidak pernah sepi pengunjung, bus-bus dari luar kota silih berganti datang mengantar wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam gunung Tangkuban Parahu.


4. Gunung Bromo


Gunung ini terletak di Probolinggo, di sekitar gunung terdapat asap tebal membubung tinggi menyelimuti ujung gunung Bromo.


Burung-burung beterbangan di sekitaran gunung, hamparan pohon hijau di lereng gunung, dan tampak dari kejauhan sungai mengalir deras.


Suara-suara germicik air menetes dari daun, cuaca di sekitar gunung sangat dingin sekali. Melihat warga sekitar yang sedang beraktivitas dengan pekerjaannya masing-masing, tampak ada yang sedang bercocok tanam, menanam sayur buah-buahan dan lain-lain.


Terlihat keindahan matahari terbit, hamparan savana rumput yang hijau, banyak juga yang sedang berkuda, serta ada pula yang menawarkan makanan ringan dan minuman.


Banyak yang bermain offroad dengan sepeda motor trill nya. Angin yang berhembung kencang menerbangkan pasir-pasir di sekitar gunung.


Terdapat tangga menuju puncak gunung, di puncak gunung muncul asap dari dalam gunung. Sangat menakjubkan melihat gunung Bromo.


5. Bendungan Karangkates


Bendungan ini terletak di Kecamatan Sumber Pucung, 40 km arah selatan Kota Malang. Bendungan Karangkates menawarkan wisatawan untuk menikmati keindahan danau buatan sembari berperahu ataupun memancing.


Bendungan ini biasa disebut juga Bendungan Sutami terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung.


Air bendungan ini berasal dari Sungai Brantas dan telah dibangun sejak tahun 1975-1977 dan digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).


Selain digunakan sebagai PLTA, bendungan ini menjadi salah satu objek pariwisata di Malang dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti wahana olahraga, tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf.


Wisata karangkates mempunyai dua lokasi taman wisata, yaitu taman wisata Karangkates yang terletak di sebelah utara Bendungan Sutami dan taman wisata Bendungan Lahor terletak di sebelah selatan Bendungan Lahor.


6. Pulau Derawan


Pulai ini terletak di Provinsi Kalimatan Timur. Pulau Derawan merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Derawan. 


Mempunyai keindahan alam berupa pasir pantai putih yang membentang sepanjang pantai, serta pohon-pohon kelapa yang berjejer di pinggiran pantai.


Lautnya berwarna biru sangat indah tak luput menambah keindahan dari pulau ini.


Selain panorama pantai dan lautnya, pulau yang pernah dicalonkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada 2005 memiliki tempat penangkaran penyu dan hutan Mangrove yang indah.


Di tempat penangkaran penyu, kita bisa lihat beberapa titik di mana telur-telur penyu bersemayam. Sementara itu, kita bisa menikmati keindahan alam di hutan Mangrove Pulau Derawan.


Jika ingin melintasi hutan ini, wisatawan perlu mengendarai perahu serta harus waspada terhadap hewan liar yang ada di sekitar hutan.


Jika wisatawan ingin menyelami lautan Pulau Derawan, maka terumbu karang yang berwarna sangat indah bisa ditemukan di kedalaman 10 meter laut Derawan. Selain terumbu karang, sejumlah hewarn laut seperti lobster, cumi-cumi, gurita, dan lain sebagainya bisa dijumpai oleh wisatawan.


7. Gili Trawangan


Gili Trawangan merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Lombok. Pulau ini hanya mempunyai panjang 3 km dan lebar 2 km, sehingga dapat dikelilingi hanya dengan berjalan kaki saja.


Pulau ini mempunyai pasir putih yang lembut, serta air lautnya yang jernih. Selain itu, ombak di pantai pulau ini pun tergolong kecil. Di pantai ini, akan terlihat pemandangan gunung Rinjani dan gunung Agung dari kejauhan.


Sinar matahari yang kemerahan di saat sunset bisa disaksikan di tempat khusus yang disediakan pulau ini, yaitu Sunset View. Jika wisatawan ingin menyelami lautan Gili Trawangna, maka pemandangan terumbu karang dapat memanjakan mata, serta ikan-ikan kecil yang melintas.


Tak hanya itu, penyu yang merupakan hewan langka bisa ditemukan disini, tepatnya di kedalaman 10-20 meter.


8. Selecta


Selecta merupakan objek wisata yang berada di daerah Batu, Malang, Jawa Timur. Di tempat ini dijumpai taman bunga yang indah dan luas. Ada berbagai macam jenis bunga antara lain krisan, lily, honje kecombrang, dan hortensia.


Pengunjung juga dapat berjalan-jalan di jalan setapak yang sudah disediakan di sekitaran taman bunga. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pemandangan gunung Panderman, gunung Arjuna, dan barisan bukit lainnya.


Pengunjung juga disediakan tempat untuk berenang bagi yang ingin merasakan sejuk dan dinginnya air di kolam tersebut. Banyak pengunjung berfoto-foto di taman bunga ini. Mereka tidak ingin mengambaikan momen keindahan alam yang ada di disana.


9. Bukit Sikunir


Bukit Sikunir berada di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Disini matahari terbit dan tenggelam dapat dilihat sangat indah.


Bentuk dari bukit yang kecil, mudah didaki oleh siapa saja dan memungkinkan orang yang belum pernah naik gunung sekalipun bisa mendaki ke Bukit Sikunir untuk menikmati sunrise.


Pemandangan pagi dari bukit Sikunir begitu indah nan memesona. Ditambah dengan adanya sebuah gardu pandang, menjadikannya mirip dengan sebuah daerah di pulau Bali.


Hanya saja, Bali pemandangannya adalah lalut sedangkan Sikunir adalah hamparan awan di langit.


Sementara itu tak jauh darinya adalah telaga cebong yang indah dan memikat. Sepanjang perjalanan pulang, ada banyak petani kentang yang sedang bertani secara tradisional. Mereka memakai jaket tebal, seperti orang Eropa saat musim dingin.


Sebuah hal yang lazim dilakukan oleh pendaki untuk mengabadikan foto kemunculan matahari pagi. Mereka umumnya akan berpose dengan latar belakang kemunculang sang surya dengan warna emasnya.


Baca contoh lainnya:

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata


Demikianlah penjelasan kami tentang contoh paragraf karangan deskripsi tentang alam singkat. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Sumber:

Brainly

semuacontoh

dosenbahasa

materiteksbahasa

0 comments