Type something and hit enter

Posted by On

Pelajaran kali ini kita akan membahas pengertian debat menurut para ahli, KBBI dan pakar lainnya.


Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan debat? Secara umum, debat merupakan suatu kegiatan adu argumentasi antara dua belah pihak atau bisa juga lebih, baik secara perorangan maupun secara kelompok.


Debat bertujuan untuk mendiskusikan atau memutuskan masalah dan perbedaan atas sesuatu hal. Debat termasuk dalam teks eksposisi. Di dalam debat terdapat pendapat yang harus disertai argumen-argumen yang menguatkan seperti halnya teks eksposisi.


Mempertahankan argumen biasanya dengan menyertai referensi yang telah diakui serta bukti nyata telah ada di masyarakat.


Berikut ini pengertian debat menurut pendapat para ahli dari beberapa sumber:


Baca juga: Teks Debat | Pengertian, Unsur, Struktur, Tata Cara, & Jenis-Jenis Debat


Pengertian Debat Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Debat Menurut Para Ahli


1. G. Sukadi


Debat adalah kegiatan saling beradu pendapat antarpribadi maupun antarkelompok orang yang bertujuan untuk mencapai kemenangan atau kesepakatan, (G. Sukadi, Public Speaking)


2. Asidi Dipodjojo


Apa yang dimaksud debat menurut Asidi Dipodjojo? Dalam sebuah debat, setiap pihak berhak mengajukan pendapat dan memberikan alasan sehingga pihak lawan atau pihak yang tidak setuju dapat menerima dan berpihak kepadanya.


3. Eduscpes


Debat adalah suatu diskusi antara dua orang atau lebih yang berbeda pandangan dan antara satu pihak dan pihak yang lain saling menyerang.


4. Ensiklopedia


Pengertian debat ialah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.


5. Pengertian Debat Menurut KBBI


Apa yang dimaksud debat menurut KBBI? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian debat adalah pembahasan, diskusi dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal atau subjek yang saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing dan saling membela.


6. Hendri Guntur Tarigan


Menurut Hendri Guntur Tarigan ("Retorika 1990:120") definisi debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia, dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.


Debat adalah adu argumen tentang suatu hal tertentu untuk mencapai kemenangan satu pihak (Guntur Tarigan, Retorika).


Pengertian debat menurut Tarigan (2008:92) adalah, "Debat merupakan suatu argumen untuk menentukan baik tidaknya suatu usul tertentu yang didukung oleh satu pihak yang disebut pendukung atau afirmatif dan ditolak, disangkal oleh pihak lain yang disebut penyangkal atau negatif".


7. P. Dori Wuwur Hendrikus


Perdebatan adalah argumen bersama antara individu atau antara kelompok manusia untuk memenangkan kemenangan suatu pihak.


Menurut Hendrikus (1991:120) debat merupakan kegiatan berkomunikasi dengan saling adu argumentasi, baik antar pribadi atau antar kelompok dengan tujuan untuk mencapai kemenangan suatu pihak.


8. Imam


Menurut Imam (2017), debat adalah proses penyajian ide atau pendapat dua pihak yang saling berseberangan yang mencoba untuk mempertahankan ide atau pendapat mereka


9. Wiyono


Wiyono menyatakan bahwa debat merupakan kegiatan bertukar pikiran antara dua orang atau lebih yang masing-masing berusaha mempengaruhi orang lain untuk menerima usul yang disampaikan.


10. Semi


Debat merupakan keterampilan atau kemampuan berbicara dan berargumentasi dengan mengadu tau membandingkan pendapat secara berhadap-hadapan, atau secara langsung berlawanan (Semi, 1994:75).


11. Wiyanto 


Wiyanto (2003:4) menjelaskan debat merupakan silang pendapat tentang tema tertentu antara pihak pendukung dan pihak penyangkal melalui dialog formal yang terorganisasi.


12. Abidin


Abidin (2012:212) debat merupakan kegiatan keterampilan berbicara antar pribadi atau pihak. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan mengemukakan bahwa gagasan atau konsep yang dikemukakan oleh satu pihak lebih baik, lebih benar, dan lebih tepat dibandingkan gagasan pihak lain".


13. Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan


Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2015, hlm. 227) mengatakan bahwa debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isi dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan, bila perlu ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. 


Kedua belah pihak saling menerima atau menolak mosi dengan menyatakan argumen yang baik dan kuat untuk mempertahankan pendapatnya.


14. Fuad dan Jamil


Fuad dan Jamil (2010), "Debat adalah pembahasan, pertentangan ide, pendapat dan pikiran. Perdebatna merupakan kegiatan yang dilakukan orang yang mendukung dan tidak mendukung dan tidak mendukung terhadap suatu permasalahan atau topik permasalahan".


15. Wijayanti 


Wijayanti (2018, hlm. 06) "Debat adalah kegiatan adu pendapat antara dua pihak untuk mendiskusikan dan mempertahankan pendapatnya masing-masing."


Berdasarkan penjelasan definisi debat dari beberapa ahli tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa debat adalah suatu pengungkapan gagasan dari dua kelompok yang berbeda yang terdiri dari kelompok afirmatif (tim mendukung mosi) dengan tim oposisi (tim yang menolak mosi). Keduanya saling menguatkan pendapatnya masing-masing berdasarkan fakta yang nyata dan pendapat yang logis.


Baca juga: Pengertian Ceramah Menurut Para Ahli


Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian debat menurut para ahli KBBI dan pakar lainnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments