Type something and hit enter

Posted by On

Pada artikel kali ini Materibindo akan membagikan contoh Teks Eksposisi tentang pendidikan beserta strukturnya. 


Teks eksposisi adalah karangan yang bermaksud untuk memaparkan pengetahuan dan pengalaman penulis yang diperoleh dari kajian pustaka atau lapangan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca tentang suatu hal.


Adapun struktur teks eksposisi terdiri atas 3 bagian yaitu tesis/pernyataan pendapat, argumentasi dan penegasan ulang pendapat.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi teks eksposisi, Anda bisa membacanya pada artikel kami sebelumnya di bawah ini:


Baca juga: Materi Teks Eksposisi Lengkap


Langsung saja berikut contoh karangan eksposisi tentang pendidikan beserta strukturnya.


Contoh Teks Eksposisi Pendidikan beserta Strukturnya

contoh teks eksposisi pendidikan


Di dalam artikel ini kami akan membagikan 17 contoh karangan eksposisi yang akan memudahkan Anda memahami lebih lanjut tentang materi ini.


1. Perubahan Sistem Pendidikan di Indonesia


Tesis


Dunia pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Yaitu, dengan berubahnya sistem kurikulum 2006 menjadi sistem kurikulum 2013.Walaupun tidak semua sekolah menggunakan sistem ini, sistem ini tetap berjalan sebagimana mestinya. 


Argumentasi 


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memprioritaskan kurikulum ini untuk sekolah yang dulu masuk kategori RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) dan berakreditasi A. Sekolah juga harus memenuhi syarat keterjangkauan distribusi buku. Kemendikbud juga mengatakan bahasa sistem kurikulum 2013 ini menitik  beratkan pada sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berdasarkan pada pendekatani lmiah atau sientific approach.


Di samping itu, kurikulum 2013 juga menitik beratkan kepada korelasi antara pembelajaran dengan apa yang diberikan Allah Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku pengelola alam sekitar. Khususnya mengacu pada pembelajaran yang diawali dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta. 


Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim beranggapan, Kurikulum     2013 lebih menekankan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini, anak-anak banyak terbebani hafalan, yang malah kurang meningkatkan kreativitas. Dengan Kurikulum 2013, pemerintah ingin menghasilkan bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Dalam kurikulum tersebut anak dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap.


Selain itu, Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa sistem pendidikan ini mengarah pada pembentukan karakter generasi berkualitas, Cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menekankan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap memiliki jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.


Namun banyak juga masyarakat yang menolak kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan di paksakan. Masyarakat beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang  memiliki substansi pokok yang berbeda. Walaupun nantinya mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana. 


Pernyataan ulang


Akan tetapi, tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin berkurang karena mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, tetapi secara terpisah-pisah sehingga akan membuat mereka merasa bingung. Perlu kita sadari bahwa dalam setiap perubahan tentunya memiliki sisi positif, negatif, dan tidak semua orang suka akan perubahan. Semoga dengan perubahan sistem kurikulum2013 ini dapat menghasilkan generasi Indonesia menjadi lebih maju, kreatif, inovatif, produktif, dan berkualitas.


Sumber: Scribd 


2.  Remaja dan Pendidikan Karakter


Tesis


Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. 


Argumentasi


Pendidikan karakter yang dapat diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.


Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat dan tinggi badan yang berpengaruh juga pada perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya. Untuk itu, agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif, remaja harus mempunyai pendidikan karakter. 


Pendidikan karakter ini dapat membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religius yang menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih, berbudi pekerti, dan cinta damai. 


Pernyataan ulang 


Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi yang dapat menjadikan remaja sebagai orang yang berprestasi. Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul. Mereka akan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.


3. Prestasi Remaja Indonesia


Tesis


Remaja adalah waktu yang tepat bagi siswa untuk mengukir prestasi. Tidak hanya prestasi bidang akademik, prestasi non akademik pun juga harus dikembangkan. Menurut beberapa orang, prestasi yang diperlukan Indonesia tidak hanya terbatas pada pengetahuan, namun kreatifitas juga diperlukan.


Argumentasi


Hal ini terbukti dengan adanya siswa SMK Sukamaju yang berhasil mendapat juara 1 dalam lomba karya ilmiah. Lomba ini tidak hanya sebatas memerlukan pengetahuan yang luar biasa namun juga kreatifitas yang tinggi agar karya yang dihasilkan dapat memikat juri. Pada ajang tersebut, siswa kelas 11 ini berhasil memikat juri dengan karyanya berupa kamus bahasa terkini.


Pernyataan ulang


Dengan demikian hal tersebut dapat memacu semangat belajar para remaja Indonesia baik bidang akademik dan non akademik. Selain itu kreatifitas juga diperlukan dalam segala hal baik pendidikan dan kehidupan sehari-hari.


Sumber: slideshare / satrra


4. Kenakalan Remaja


Tesis


Saat ini kenakalan remaja menjadi salah satu permasalahan nasional di Indonesia. Kenakalan remaja itu sendiri didefinisikan sebagai perilaku yang menyimpang dan termasuk sebagai permasalahan yang melibatkan hukum dan dilakukan oleh remaja. Para ahli pendidikan berpendapat bahwa kenakalan remaja tersebut dilakukan oleh seseorang yang merasa sudah dewasa tetapi pada kenyataannya masih anak-anak dan berusia 13-18 tahun.


Argumentasi


Banyak faktor pendukung yang menjatersebut bertindak buruk, seperti keluarga yang buruk, bergaul dengan teman sebayanya yang buruk juga. Kenakalan remaja tersebut dapat berupa tawuran, merokok, memakai narkoba, dan seks bebas. Usia remaja yang telah disebutkan sebelumnya merupakan usia bagi seseorang untuk mencari jati dirinya dan masih belum stabil sehingga belum mampu membedakan yang baik dan yang buruk. Dalam usia tersebut seseorang seharusnya tumbuh dengan dibarengi oleh pendidikan yang baik dan pantas dan juga didampingi oleh orangtua dalam menjalani masa remajanya.


Pernyataan ulang


Perkembangan remaja harus diarahkan ke arah yang positif dengan didampingi oleh orangtua dan pendidikan yang positif juga. Dengan melakukan hal tersebut masalah kenakalan remaja akan dapat teratasi sedikit demi sedikit.


Sumber: onlinestud


5. Karangan Teks Eksposisi Manfaat Handphone Untuk Pelajar


Tesis


Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah bukti kemajuan teknologi komunikasi adalah dengan diciptakannya benda bernama Handphone. Handphone sendiri adalah sebuah teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi. Dan di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone atau ponsel bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan handphone. Terlebih lagi, di kurikulum 2013 seperti saat ini, handphone adalah benda yang cukup berperan penting dalam proses belajar bagi para siswa. 


Argumentasi


Berikut ini beberapa manfaat handphone bagi pelajar :


Sebagai alat komunikasi jarak jauh, handphone menjadi andalan siswa untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Hal ini bisa mempermudah siswa untuk mengkoordinasi teman-temannya bila ingin belajar kelompok atau mengerjakan tugas bersama. Handphone diciptakan untuk memudahkan kehidupan, dan sudah terbukti bahwa hidup siswa pun memang cukup terbantu oleh keberadaan handphone. Misalnya, di luar jam sekolah, siswa bisa berkomunikasi dengan temannya untuk menanyakan materi tugas atau PR tanpa harus keluar rumah yang bisa menghabiskan banyak waktu.


Selain itu, Handphone bisa menyimpan suatu data dan mudah dibawa kemana-mana, ini tentu sangat berguna. Manfaat handphone bagi siswa berdasarkan hal ini misalnya siswa bisa mencatat materi pelajaran dan bisa menghapalnya di mana pun dan kapan pun. Contoh lain, siswa bisa mencatat beberapa informasi penting dan menyimpannya dalam HP, misal pengumuman ujian, suatu materi yang sedang disampaikan.


Tidak hanya dalam bidang pelajaran, handphone juga memiliki fitur-fitur hiburan, seperti musik (MP3) atau game. Fitur ini bisa menghibur para siswa yang mungkin penat saat belajar. Dengan demikian otak siswa akan kembali segar dan mampu menampung materi pelajaran dengan baik.


Saat ini telah banyak diproduksi handphone berfitur internet. Hal ini cukup memudahkan para siswa untuk mencari informasi tentang materi pelajaran lewat internet yang sudah tersedia di handphone.  Dalam hal ini, layanan internet akan membantu siswa dalam menemukan informasi yang dapat menopang pengetahuannya di sekolah.


Pernyataan ulang


Dengan demikian, dari beberapa manfaat handphone untuk pelajar yang dipaparkan diatas,  dapat disimpulkan bahwa penggunaan handphone sudah sepatutnya diperbolehkan dalam proses belajar mengajar di sekolah, mengingat banyak sekali manfaat dari handphone itu sendiri bagi kalangan pelajar, bila digunakan secara tepat dan benar.


6. Televisi dalam Kehidupan Sosial


Pernyataan Pendapat


Namun, kita harus berhati-hati dengan informasi yang didapatkan dari televisi. Seringkali, televisi menyajikan gambaran kekerasan dan menimbulkan efek negatif bagi masyarakat. Hal yang paling penting bagi televisi adalah mampu menyiarkan semua informasi yang menunjukkan tujuan sosial yang bermanfaat bagi kehidupan.


Argumentasi 1


Saat ini, televisi menjadi dari kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak hanya menjadi sumber hiburan tetapi juga berita dan informasi. Televisi juga merupakan alat yang berharga bagi ilmu pengetahuan, pendidikan, dan industri.


Argumentasi 2


Apa yang membuat televisi lebih menarik? Televisi merupakan alat elektronik yang menyajikan gambaran mengenai suatu hal dengan suara dan visualisasi, sehingga kita dapat melihat mendengar informasi yang ada di televisi. Kita dapat tinggal di rumah dan menikmati hiburan yang awalnya hanya dapat disaksikan di bioskop, teater, dan arena olahraga. Televisi memungkinkan untuk bertemu orang-orang penting. Hal ini dapat membawa tamu-tamu penting dan adegan penting untuk penerima yang berada di mana saja.


Penegasan Ulang Pendapat


Televisi memiliki pengaruh yang besar gagasan kita tentang apa yang benar dan apa yang salah. Hal tersebut mempengaruhi cara kita dalam bersikap. Televisi berhubungan  dengan kehidupan kita secara umum. Nilai dan gaya hidup dapat kita temukan di dalam televisi. Selain itu, televisi mengabarkan konflik dalam masyarakat.


7. Olahraga Mendorong Nasionalisme


Pernyataan Pendapat


Olahraga adalah salah satu aktivitas sosial. Setiap negara mempunyai timnya sendiri. Olahraga tidak hanya membuat badan kuat dan sehat, tetapi juga dapat mendorong nasionalisme. Hal tersebut dapat dibuktikan sebagai berikut.


Argumentasi 1


Pertama, olahraga erat hubungannya dengan pengibaran bendera nasional. Bendera adalah sebuah simbol dari suatu negara. Ketika anda mengikuti ajang internasional dan memenangkannya, anda bukan hanya memenangkan medali atau kehormatan, tetapi juga mengibarkan bendera nasional anda. Semua penonton akan berdiri dan memberikan penghormatan kepada negara pemenang.


Argumentasi 2


Kedua, olahraga erat hubungannya dengan lagu kebangsaan. Lagu kebangsaan adalah identitas dari sebuah negara. Bendera negara akan dikibarkan, dan lagu kebangsaan akan dinyanyikan. Kedua hal tersebut akan dilakukan, ketika grup sepak bola anda menang. Itu artinya, negara anda mendapatkan kehormatan dari International Olympic Committee or the Federation Internationale de Football Association (FIFA).


Penegasan Ulang Pendapat


Jelaslah bahwa kerjasama tim dalam memenangkan kompetisi dan memberikan prestasi terbaik untuk negara dan bangsa adalah keuntungan dalam mendorong nasionalisme bangsa. 


8. Mengapa Kita Harus Merayakan Hari Ibu


Pernyataan Pendapat


Ibu adalah segalanya bagi kita, ketika kita masih bayi. Kehidupan kita bergantung kepadanya. Saat kita memerlukan bantuan, kita menangis memanggil ibu. Ibu juga melindungi kita dari bahaya dan merawat diri kita. Kita harus menghormati ibu karena beberapa alasan. 


Argumentasi 1


Pertama, kita berterima kasih kepada ibu atas semua yang telah ia lakukan. Ibu adalah orang yang menjaga kita ketika siang dan malam. Ia juga yang merawat kita ketika kita sakit. Ia selalu mendoakan kita agar kita selalu sehat. Ibu selalu bangun pagi untuk menyiapkan sarapan.


Argumentasi 2


Kedua, kita perlu meminta maaf untuk segala kesalahan kita baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Kita mungkin pernah bertindak kasar atau berlaku tidak sopan kepada ibu.


Argumentasi 3


Ketiga, kita harus selalu mensyukuri karena telah memiliki ibu. Banyak orang yang telah kehilangan ibunya. Hari ibu merupakan waktu untuk memberikan hadiah kepada ibu yang kita cintai.


Penegasan Ulang Pendapat


Dari fakta-fakta tersebut, anak-anak diharapkan untuk menghormati dan menghargai orangtua, terutama ibu.


9. Manfaat Membaca


Pernyataan Pendapat


Buku membuka jendela dunia. Kalimat tersebut menjadi hal yang sering digunakan untuk mengajak seseorang membaca. Membaca juga merupakan hal yang penting bagi kita. Ada banyak manfaat dari membaca, yaitu sebagai berikut. 


Argumentasi 1


Pertama, membaca dapat memberikan pengetahuan tentang banyak hal di dunia ini seperti ilmu alam, teknologi, olahraga, seni, dan budaya baik yang ditulis dalam buku maupun surat kabar.


Argumentasi 2


Kedua, kita akan mengetahui banyak berita dan informasi tentang sesuatu yang terjadi di dunia. Aktivitas membaca dapat memberikan kesenangan bagi pembaca. Ketika kita lelah, kita membaca buku, koran atau majalah pada kolom hiburan seperti komedi, cerita pendek, kuis, dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan agar diri kita jauh lebih santai.


Rekomendasi


Hal tersebut menjelaskan bahwa setiap orang perlu membaca untuk mendapatkan pengetahuan, informasi, dan hiburan. Namun, tidak semua dari kita suka membaca. Berikut adalah langkah-langkah yang seharusnya kita lakukan untuk gemar membaca. 


10. Merayakan Hari Kartini


Pernyataan Pendapat


Banyak acara yang diadakan untuk merayakan Hari Kartini. Anda dapat merayakannya dengan menulis puisi dan membaca surat inspirasi. Perayaan Hari Kartini juga biasanya dilakukan dengan memakai batik atau kebaya di lingkungan sekolah, perusahaan atau lembaga pemerintahan tertentu.


Argumentasi 1


Kartini adalah sosok inspiratif. Dia lahir di keluarga bangsawan Jawa, tanggal 21 April 1879. Ayahnya menjadi Bupati Jepara. Kartini bersekolah sampai usia 12 tahun, tapi dia sangat fasih dalam bahasa Belanda. Kartini biasanya menulis surat kepada teman-temannya di luar negeri. Lalu, penyusunan suratnya diterbitkan dan dikenal sebagai  Habis Gelap Terbitlah Terang. Hal tersebut menjadi sebuah prestasi yang tidak biasa bagi wanita Jawa pada masa itu.


Argumentasi 2 


Apa yang harus dihargai dari kehidupan Kartini? Hal yang harus dihargai dari sosok Kartini adalah dedikasinya  untuk memperbaiki kondisi perempuan Jawa. Pada waktu itu sebagian besar perempuan di Jawa memiliki status sosial yang rendah. Kartini ingin mengubah kondisi yang miskin. Dia khawatir tiga hal untuk perempuan Jawa, yaitu dalam meraih mimpi, mencapai kebebasan, dan mendapat kesetaraan hukum. Saat itu, dia melihat pendidikanlah yang akan membantu perempuan dalam menghadapi kondisi kehidupan. Lalu, dia pun mendirikan sekolah untuk perempuan.


Rekomendasi


Indonesia harus ingat bahwa merayakan Hari Kartini tidak hanya mereplikasikan sosok Kartini dengan mengenakan pakaian kebaya dan batik atau mengatur sanggul sebagai model rambut. Merayakan hari pahlawan Indonesia, khususnya Kartini harus lebih dimaknai lebih dalam yaitu tentang beberapa hal berikut.

Memahami ide dan perjuangan yang telah dilakukan oleh pahlawan, yaitu Kartini.

Menerapkan pesan yang diperjuangkan oleh Kartini pada masa ini.


Sumber: harifki


11. Teks Eksposisi Pendidikan Singkat


Tesis


Pendidikan merupakan senjata ampuh untuk mengubah dunia. Karena pendidikan merupakan sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.


Argumentasi


Di Indonesia tingkat pendidikan tergolong lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit demi membangun gedung sekolah dan memberikan sekolah gratis.


Sekarang tinggal peserta didik yang harus mempunyai keinginan belajar dan berprestasi. Sehingga semangat akan terbentuk dan mereka harus memberikan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara karena pendidikan yang semakin mudah diberikan oleh pemerintah.


Penegasan Ulang


Ketika fasilitas dan peran aktif peserta didik sudah bersatu maka kemungkinan besar derajat Indonesia akan lebih diakui oleh dunia.


Tidak menutup kemungkinan juga akan banyak investor asing yang datang sehingga bisa meningkatkan perekonomian dalam negeri.


Guru yang berkualitas dan mempunyai kompetensi juga akan sangat membantu meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia.


Sumber: brainly / SusahMenjawab


12.  Pendidikan Karakter Remaja


Tesis


Remaja adalah masa yang dialami oleh anak-anak pada saat SMP. Masa ini merupakan masa transisi dimana dimulai,mulai umur 10 hingga 21 tahun. Pada masa itu remaja juga sedang mencari identitas dirinya. Pada masa ini remaja harus mendapatkan pendidikan karakter agar menjadi generasi yang jujur,kreatif,peduli,santun, dan percara diri.


Argumentasi


Pada masa remaja merupakan masa sulit karena butuh pengendalian diri yang lebih daripada saat masa anak-anak. Dalam masa ini remaja butuh orang dewasa untuk mengarahkan ke perilaku positif agar tidak terpengaruh ke perbuatan negative. Jika pengendaliannya baik maka remaja bisa menjadi anak yang membanggakan orang tuanya.


Pendidikan Karakter ini dapat membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka juga diajarkan nilai religius yang dapat menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu mereka juga diajarkan nilai toleransi dan cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan agar membentuk remaja yang mempunyai sifat pengasih.


Penegasan ulang


Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul, Mereka juga dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun internasional.  Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat. Nilai positif dalam pendidikan karakter juga dapat membuat kegiatan remaja terarah dan akan mempunyai budi pekerti yang baik.


Sumber: rafliadhikumara


13. Persatuan Kunci Kemajuan


Tesis


Dewasa ini persatuan di kalangan masyarakat Indonesia mulai meredup. Bhineka tunggal Ika atau berbeda-beda tetapi satu jua, merupakan slogan NKRI yang telah ada sejak Indonesia ini belum dibentuk. Hal ini ditandai dengan adanya sumpah pemuda yang dilaksanakan pada 28 0ktober 1928. Hasil dari adanya sumpah pemuda tersebut menghantarkan rakyat Indonesia keluar dari penjajahan. Namun, masihkan persatuan ini hadir dalam kehidupan masyarakat khususnya pemuda Indonesia?


Argumentasi


Indonesia yang terdiri dari berbagai suku etnis memiliki keuntungan dalam hal keanekaragaman budaya dan multikultural. Hal inilah yang menjadi kelebihan bagi Indonesia di mata dunia. Seperti sapu lidi yang hanya dapat digunakan untuk membersihkan kotoran, sampah dan daun yang gugur jika diikat menjadi satu, begitu pula dengan Indonesia. Indonesia yang berhasil mengusir penjajah dengan bersatu untuk maju dan merdeka.


Tantangan Indonesia tidak hanya sampai pada kemerdekaan, tetapi juga setelah merdeka. Apa dan akan dibawa ke mana hadiah kemerdekaan dari para pahlawan. Masyarakat Indonesia haruslah mempererat persatuan guna memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut tidak dapat dilakukan jika masyarakat Indonesia tercerai berai. Seperti lidi yang tidak bermanfaat jika hanya satu buah, bahkan lidi tersebut akan dianggap sampah yang mungkin akan dibakar bersama tumpukan sampah lainnya.


Nyatanya masyarakat Indonesia mulai melemah rasa persatuannya. Konflik antar etnis Madura dan Dayak di Sampit merupakan salah satu dari sekian kasus. Apalagi banyaknya pemuda yang melakukan tawuran antar kelompok. Tawuran tersebut bahkan seringkali dilakukan oleh pelajar yang merupakan harapan masa depan Indonesia.


Penegasan Ulang


Memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara tidak dapat dilaksanakan tanpa adanya persatuan. Hal ini sejalan dengan perkataan Bung Karno ‘beri aku 1000 orang, akan kucabut semeru. beri aku 10 pemuda, akan kuguncangkan dunia’. Cukuplah besar nilai persatuan ini dalam memajukan kehidupan Indonesia. Upaya revitalisasi pancasila guna memupuk persatuan bangsa perlu diadakan seawal mungkin, bahkan jika perlu pada jenjang usia dini.


Sumber: pgsd binus


14. Contoh Teks Eksposisi Lengkap tentang Pendidikan


Tesis


Pendidikan adalah senjata ampuh karena pendidikan sebagai sarana untuk mempelajari banyak hal bermanfaat yang bisa dipelajari.


Argumentasi


Tingkat pendidikan di Indonesia tergolong lumayan baik, karena pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk membangun gedung sekolah sekaligus memberikan sekolah gratis.


Penegasan Ulang


Pada saat fasilitas dan peran aktif siswa sudah bersatu, kemungkinan besar derajat Indonesia lebih diakui dunia. Tidak menutup kemungkinan banyak investor asing yang datang, sehingga mampu meningkatkan perekonomian negeri.


Sumber: nesabamedia


15. Pendidikan


Tesis


Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat penting dan dibutuhkan di dalam kehidupan ini. Dengan adanya pendidikan, seseorang tentu saja bisa menemukan hati diri mereka. Adapun jati diri itu sendiri sesungguhnya bisa terbentuk karena adanya karakter seseorang. 


Nah, menanggapi hal tersebut, pemerintah mencoba untuk ikut membentuk karakter tersebut dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 13. Perubahan ini ternyata memberikan syarat adanya suatu bentuk pendidikan karakter di dalam sistem pendidikan di Indonesia.


Argumentasi


Pendidikan karakter adalah sebuah pendidikan yang lebih menekankan kepada sisi kemampuan dari siswa secara individu. Bisa dikatakan bahwa pendidikan karakter itu sendiri merupakan suatu bentuk pendidikan yang berupaya untuk menggali potensi dalam diri seseorang individu. Jika di bangku sekolah, maka individu tersebut adalah siswa atau peserta didik.


Pendidikan karakter tersebut amatlah penting supaya nantinya bisa menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh tiap-tiap siswa. Dan yang penting untuk digarisbawahi adalah bahwa masing-masing siswa tentu saja mempunyai potensi, bakat, dan juga kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lain. 


Selain itu, bidang yang mereka minati dan kuasai juga pastinya berbeda. Seorang siswa yang tidak pintar di dalam satu pelajaran belum tentu ia adalah siswa yang notabene bodoh. Di bidang yang lain ia pastilah memiliki kemampuan dan juga keunggulan tersendiri. Dan dengan adanya pendidikan karakter, maka cerdas atau tidaknya seorang peserta didik.


Di mana hal ini tidak lagi melulu ditentukan oleh pintar atau tidaknya dia di dalam kelas.Guru juga tidak diperkenankan memberikan label bodoh kepada siswa jika kebetulan ia tidak pandai di dalam hal mata pelajaran kelas. Pendidikan karakter ini ternyata juga telah diupayakan oleh pemerintah. Yakni dengan memberikan kurikulum terbaru dalam dunia pendidikan yang dikenal dengan Kurikulum 13.


Dengan adanya kurikulum ini, maka pemerintah berupaya melakukan penggalian potensi dimasing-masing siswa dan juga mencoba menanamkan karakter dari siswa itu sendiri. Di antara karakter yang diajarkan adalah karakter yang memiliki rasa toleransi tinggi atas suku, bahasa, agama, budaya dan adat istiadat. 


Karena tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia sendiri merupakan sebuah bangsa dengan berbagai bahasa, kepercayaan, karakter, adat istiadat dan sebagainya. Sehingga, sejak bangku sekolah harus ditanamkan nilai-nilai toleransi tersebut. Di samping itu, pendidikan karakter juga bertujuan untuk membekali siswa di masa depan terkait masa depannya nanti. Siswa perlu memiliki suatu keahlian dan juga skill tertentu yang mesti dikuasai di era milenial seperti sekarang ini.


Penegasan Ulang


Pendidikan karakter adalah bekal sejak dini untuk siswa di masa yang akan datang. Siswa diperlu memiliki sikap toleran sejak saat ini dengan sesamanya. Mereka juga harus memiliki potensi atau skill yang bisa dibanggakan supaya bangsa ini beberapa tahun ke depan benar-benar mampu menjawab dan menghadapi kemajuan zaman yang semakin pesat ini.


Sumber: scribd / Hari Prameswara


16. Pentingnya Bahasa Inggris


Tesis


Di era global seperti saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang digunakan oleh banyak negara dan menjadi bahasa yang penting untuk dikuasai. 


Argumentasi


Menguasai bahasa Inggris sejatinya memiliki banyak keuntungan. Misalnya, dengan menguasai bahasa Inggris kamu dapat berkomunikasi secara luas dengan orang dari berbagai negara


Menurut data yang dipublikasikan Statista pada 2021, bahasa Inggris menempati posisi pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. 


Jumlah penutur bahasa Inggris diperkirakan mencapai 1,5 miliar orang di dunia. Selain itu, bahasa Inggris juga sangat penting untuk menjelajahi informasi dan mendapatkan wawasan baru. Hal itu disebabkan karena informasi baik dalam bentuk jurnal, artikel, dan lain sebagainya banyak tersedia dalam bahasa Inggris.


Selain itu, menghadapi era global saat ini, bahasa Inggris juga menjadi syarat yang cukup umum untuk berbagai bidang pekerjaan. Maka, seseorang dengan kemampuan bahasa Inggris dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik.


Penegasan Ulang


Menguasai bahasa Inggris penting karena memiliki banyak manfaat. Dengan menguasai bahasa Inggris, seseorang juga mampu menjelajahi lebih banyak informasi dan mendapatkan kesempatan bekerja lebih luas.


17. Pentingnya Pendidikan


(Tesis)


Pendidikan dapat diibaratkan sebagai senjata yang ampuh untuk mengubah dunia. Pasalnya, pendidikan adalah sarana yang berguna untuk mempelajari banyak hal yang bermanfaat

Melalui pendidikan, perspektif kita akan semakin berkembang dalam memandang dunia ini


(Argumentasi)


Pendidikan membantu manusia mampu menafsirkan berbagai macam hal yang dirasakannya. Pendidikan tidak terbatas hanya dalam pantun di buku pelajaran atau hitung-hitungan matematika.

Pendidikan lebih dari itu, pendidikan tentang pelajaran hidup.

Pendidikan penting karena mengajarkan manusia bagaimana berperilaku yang baik dan benar.


Sumber: inews


Baca juga: 17 Contoh Teks Eksposisi Kesehatan, Ekonomi dan Politik


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks eksposisi pendidikan beserta strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments