Type something and hit enter

Posted by On

Berikan contoh teks eksposisi dalam bahasa Inggris secara singkat beserta strukturnya. Itulah pertanyaan yang akan kami jawab disini. 


Kami akan memberikan contoh teks eksposisi dalam bahasa Inggris tentang bencana alam yaitu lumpur lapindo. Mungkin diperdebatkan oleh sebagian orang apakah lapindo mud termasuk dalam bencana alam atau bukan.


Sebelumnya kita harus mengetahui pengertian teks eksposisi adalah karangan yang menjelaskan atau memaparkan pendapat, gagasan, keyakinan yang memerlukan fakta yang diperkuat dengan angka, statistik, peta dan grafik tetapi tidak bersifat memengaruhi pembaca.


Adapun strukturnya terdiri atas 3 bagian yaitu tesis (pernyataan pendapat), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat.


Untuk mengetahui penjelasannya bisa baca Materi Teks Eksposisi.


Langsung saja berikut contoh teksnya.


Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris dan Terjemahannya


Lapindo Mud


Pernyataan Pendapat


Lapindo mud are a made man disaster and can caused many pollutions. This pollution can contaminations water, soil, and air. Because technical eror in the drilling process resulted Lapindo mud and it so dangerous for humans, animals, and the environments.


Argumentasi

     

First of all, I would like to point out that Lapindo mud are contribute to the pollutions at Porong. Research has shown that disposal of Lapindo mud into the sea have bad impact to the aquatic ecosystem at Porong river and Allo river. So it will disturb river animals.

            

Secondly, according to American Association of Petroleum Geologist , Lapindo mud flow resulted pollution of soil and damaging some humans habitation and destroyed building. They will get illness like asma, bronchitis and faringitis.


Penegasan Ulang Pendapat

           

Furthermore, Lapindo mud flow produced toxic gases. Toxic gases can caused  the around areas very hot and severe drought. Lack of the clean water.

           

From the argument above, I strongly believe that Lapindo mud flow is a serious threat to porong areas. The government must be quickly  handle Lapindo mud.


Terjemahan Bahasa Indonesia


Lumpur Lapindo


Lumpur Lapindo adalah bencana buatan manusia dan bisa menyebabkan banyak sekali polusi. Polusi ini dapat mengkontaminasi air, tanah, dan udara itu sendiri. Karena adanya kesalahan pada teknisi dalam proses pengeboran menghasilkan lumpur Lapindo dan itu sangatlah berbahaya untuk manusia, binatang, dan lingkungan sekitar.


Pertama saya ingin menunjukan bahwa lumpur Lapindo berkontribusi pada polusi di Porong. Penelitian telah menunjukan bahwa pembuangan lumpur Lapindo ke lautan mempunyai dampak yang buruk untuk ekosistem perairan di sungai Porong dan sungai Allo. Karena hal tersebut dapat menggangu kehidupan hewan sungai.


Kedua, menurut American Association of Petroleum Geologist, aliran lumpur Lapindo dapat  menghasilkan pencemaran polusi pada tanah dan dapat merusak beberapa tempat tinggal masyarakat dan bisa merusak bangunan. Dampak bagi masyarakat dapat terkena beberapa penyakit seperti asma, bronchitis, dan faringitis


Selanjutnya, aliran lumpur Lapindo dapat menghasilkan gas beracun. Gas beracun ini dapat menyebabkan area sekitarnya menjadi sangat panas dan kekeringan yang sangatlah parah, dan kekurangan air bersih.


Dari argument di atas, saya sangatlah yakin bahwa aliran lumpur Lapindo merupakan masalah yang serius bagi daerah Porong. Pemerintah harus cepat dalam menangani lumpur Lapindo.


Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksposisi Singkat Kesehatan, Ekonomi, Politik


Setelah mengetahui contoh teks eksposisi bahasa Inggris singkat dan artinya beserta strukturnya kalian bisa membuat sendiri contohnya dan menjadikan artikel ini sebagai referensi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments