Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Eksposisi Singkat - Pada materi lengkap ini kami membahas tentang 6 (enam) contoh teks eksposisi tentang kesehatan, ekonomi, dan politik beserta strukturnya.

Materi sebelumnya kita telah mengetahui pengertian teks eksposisi, jenis-jenisnya, struktur, ciri-ciri beserta kaidah kebahasannya.

Untuk kembali mengingatnya, kami akan menerangkan sedikit mengenai teks eksposisi ini.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Menurut KBBI, paragraf eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjabarkan maksud dan tujuan yang bersifat ilmiah atau non-fiksi.

Adapun struktur teks eksposisi terdiri atas 3 (tiga) macam yakni:
  • Pernyataan pendapat / tesis : bagian ini merupakan gagasan utama dari suatu permasalahan berdasarkan fakta.
  • Argumentasi : bagian ini berisi penjalan secara terinci tentang peryataan pendapat sebagai penjelasan argumen dari penulis.
  • Penegasan ulang pendapat : bagian ini merupakan penguat dari pendapat serta argumen yang telah dibuat didukung dengan fakta yang ada.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca terlebih dahulu artikel kami sebelumnya pada link paling bawah artikel ini.

Berikut ini Materi B indo akan membagikan beberapa kumpulan contoh teks eksposisi terbaru dan struktur teksnya.

Contoh Teks Eksposisi SINGKAT Kesehatan / Ekonomi / Politik

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan Mata


Tesis / Pernyataan pendapat


Mata adalah salah satu organ yang paling rentan terkena gangguan jika tidak dijaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mata secara alami yaitu dengan mengkonsumsi sayuran wortel.

Kandungan nutrisi dalam wortel kaya akan kalori, karbohidrat, protein, lemak, Vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin C. Selain itu juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, beta karoten, serta zat besi.

Argumentasi


Selain itu, wortel dapat dimakan secara langsung, ataupun dibuat menjadi minuman jus yang nikmat.

Sayuran wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga
dapat mencegah resiko kanker, membantu pertumbuhan, mencegah rabun senja dan masih banyak manfaat lainnya.

Penegasan ulang pendapat


Manfaat utama wortel adalah  untuk meningkatkan sistem imun, beta-karoten dari wortel akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berperan dalam meregulasi sistem imun, melawan infeksi, dan menstabilkan jumlah sel-T sebagai sel petarung di dalam sirkulasi darah.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan Tubuh Mencegah Penyakit Jantung & Stroke


Tesis


Penyakit jantung & stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia. Bahkan penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor satu dan dua di Indonesia. Penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitanya. Bahkan penyakit stroke pernah ditemukan pada anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, pernah diidentifikasikan menyerang seorang bayi yang baru lahir.

Ada beberapa faktor penyebab penyakit ini pada manusia, diantaranya adalah kebiasaan buruk seperti makan makanan sembarangan, merokok dan minuman keras. Penyakit ini menyerang secara tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itu dengan mengetahui cara pencegahan penyakit ini merupakan tindakan yang bijaksana. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Argumentasi


Cara pertama adalah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini. Dengan mengetahui ini terlebih dahulu, kita bisa lebih menjaga kesehatan tubuh kita. Orang yang sangat beresiko rentan terkena penyakit ini, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang yang sehat.

Hindari kebiasan-kebiasaan buruk seperrti merokok, makanan berkolesterol, dann minum alkohol. Makanan/minuman tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja lebih keras dari normalnya sehingga akan rentan rusak. Selain itu, makanan berkolesterol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pemburuh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung.

Selanjutnya menjaga tekanan darah agar tetap normal dengan cara hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup, selain itu juga jagalah kadar kolesterol di dalam tubuh. Lemak adalah sumber utama penyebab serangan jantung. Jadi, sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol.

Penegasan ulang pendapat


Terakhir dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga teratur membuat tubuh kita sehat dan bugar sehingga memberikan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Namun, juga harus diimbangi dengan kebiasaan memakan makanan yang baik.

Sumber: www.kelasindonesia.com/2015/04/2-contoh-karangan-eksposisi-tentang-kesehatan-tubuh.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi Kreatif


Tesis / Pernyataan pendapat


Sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama adalah pengertian ekonomi kreatif.

Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi, sehingga muncullah ekonomi kreatif sebagai alternatif pembangunan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan di masyarakat.

Argumentasi


Alasan utama mengapa Indonesia harus mengembangkan ekonomi kreatif, karena berpotensi besar dalam memberikan konstribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim usaha yang positif, menciptakan gambaran & bukti diri bangsa, mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya terbarukan, membentuk inovasi & kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, & memberikan dampak sosial yang positif.

Ekonomi kreatif sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang kreatif, mampu melahirkan ide baru dan menterjemahkannya dalam bentuk barang dan jasa yang bernilai ekonomi.

Penegasan ulang pendapat


Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi. Semua hal itu bila diarahkan menjadi industri ekonomi kreatif, tentunya akan membuahkan hasil yang luar biasa. Apalagi, pada era saat ini yang mengarah pada ekonomi kreatif.

Sumber: www.mikirbae.com/2015/09/teks-eksposisi-dari-bidang-politik-dan.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia


Tesis


Newsletter resmi yang dibagikan oleh IMF pada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus tentang Indoensia. Media itu mengangkat hasil riset dari Mckinsey dan Standar Chartered yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia pada tahun 2030 akan melampaui Jerman dan Inggris.

Argumentasi


Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang berada di kelompok consuming class. Angka itu merupakan angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan begitu, pada tahun 20130 Indonesia menjadi bagian kekuatan ekonomi nomor 7 di dunia.

Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini saja, ekonomi Indonesia telah berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011.

Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya ekspor yang didukung oleh kekuatan kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada kisaran 5 - 6 persen, apabila terus dipertahankan akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang.

Penegasan ulang pendapat


Dalam sidang akbar IMF lalu kembali mengingkatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang tengah kita lalui ini. Apabila potensi itu tidak dimaksimalkan dengan baik, maka prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Sumber: www.mikirbae.com/2015/09/teks-eksposisi-tentang-ekonomi-indonesia.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Politik


Tesis / Pernyataan pendapat


Pemilu (pemilihan umum) di Indonesia dilakukan dalam 5 tahun sekali. Pemilu dilaksanakan untuk memilih para anggota DPR, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden. Akan tetapi, pemilu di Indonesia saat ini masih kurang maksimal, maka Indonesia perlu untuk melakukan pembenahan dalam pemilihan umum yang akan datang.

Argumentasi


Pemilihan umum di Indonesia masih kurang maksimal disebabkan banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh para calon legislatif dalam kegiatan kampanye, antara lain suap-menyuap antara caleg dengan warga sekitar supaya waga memilih caleg tersebut untuk duduk di pemerintahan.

Permasalahan berikutnya adalah tingginya angka golput. Masyarakat yang memutuskan tidak memlih pada saat pemilu belangsung dipicu karena adanya kekecewaan sebagian masyarakat terhadap praktek politik di Indonesia yang dilakukan oleh para politisi anggota dewan. Hal yang perlu dibenahi adalah politik uang. Politik uang membuat keyakinan rakyat berkurang makin diperkuat penyataan responden yang menyebut parpol cenderung memberikan laba materi agar terpilih menjadi anggota dewan.

Penegasan ulang


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kurangnya pengawasan ketat dalam pemilu. Oleh karena itu, adabaiknya pemerintah Indonesia dan KPU harus melakukan pengawasan lebih terhadap pelaksanaan pemilu yang akan datang.

Bila pemilihan umum ini sudah dibenahi, maka pilihan-pilihan rakyat akan sesuai dengan harapan rakyat. Kami selaku rakyat Indonesia menginkan anggota dewan yang amanah dan jujur dan selalu dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Indonesia.

Sumber: terbeselung.blogspot.com/2016/10/teks-eksposisi-tentang-ekonomi-dan-politik.html

Contoh Teks Eksposisi Politik: Hindari Caleg Pelaku Korupsi


Tesis


Partai politik atau parpol yang akan mengikuti pemilihan umum/pemilu tahun 2014, harus mempunyai standar pencalonan anggota legislatif yang ketat dan tegas. Kriteria caleg mesti jelas dan bisa menjadi instrumen yang dapat mencegah calon-calon bermasalah masuk.

Calon-calon yang pernah tersangung masalah korupsi atau pelanggaran HAM, misalnya, tidak boleh mendaftar. Hal ini penting untuk memastikan wakil rakyat yang kita pilih benar-benar bukan orang bermasalah, tetapi figur-figur yang berintegritas.

Argumentasi


Hal ini penting mengingat survei membuktikan bahwa parlemen, biak di pusat maupun daerah adalah lembaga terkorup, demikian ujar Wakil Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, terkait kriteria dalam memilih calon legislatif.

Standarisasi caleg sangat penting karena partai mesti membuat kriteria yang jelas dan tegas tentang siapa saja yang layak dan boleh diusung menjadi caleg partainya. Hal-hal prinsip yang harus dimuat dalam kriteria caleg salah satunya adalah antikorupsi. Selain antikorupsi, sikap moral dari bakal caleg harus dipertimbangkan. Apabila yang bersangkutan pernah punya selingkhan, semestinya tidak dapat diusung sebagai caleg.

Penegasan ulang pendapat


Sementara itu, bagi pelanggar HAM, merupakan satu bagian dari agenda reformasi yang hingga kini belum tuntas. Pelanggaran HAM dalam bentuk apapun tak dapat dicalonkan sebagai caleg karna fungsi wakil rakyat salah satunya adalah melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi. Ironis apabila pelanggar HAM mengadvokasi pelanggaran HAM

Sumber: hasrultauruss.blogspot.com/2015/05/contoh-teks-eksposisi-tengtang-politik.html


Demikianlah artikel hari ini tentang Contoh Teks Eksposisi SINGKAT tentang Kesehatan / Ekonomi / Politik dan Strukurnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 comments