Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Eksposisi Singkat - Pada materi lengkap ini kami membahas tentang 6 (enam) contoh teks eksposisi tentang kesehatan, ekonomi, dan politik beserta strukturnya.

Materi sebelumnya kita telah mengetahui pengertian teks eksposisi, jenis-jenisnya, struktur, ciri-ciri beserta kaidah kebahasannya.

Untuk kembali mengingatnya, kami akan menerangkan sedikit mengenai teks eksposisi ini.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Menurut KBBI, paragraf eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjabarkan maksud dan tujuan yang bersifat ilmiah atau non-fiksi.

Adapun struktur teks eksposisi terdiri atas 3 (tiga) macam yakni:
  • Pernyataan pendapat / tesis : bagian ini merupakan gagasan utama dari suatu permasalahan berdasarkan fakta.
  • Argumentasi : bagian ini berisi penjalan secara terinci tentang peryataan pendapat sebagai penjelasan argumen dari penulis.
  • Penegasan ulang pendapat : bagian ini merupakan penguat dari pendapat serta argumen yang telah dibuat didukung dengan fakta yang ada.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca terlebih dahulu artikel kami sebelumnya pada link paling bawah artikel ini.

Berikut ini Materi B indo akan membagikan beberapa kumpulan contoh teks eksposisi terbaru dan struktur teksnya.

Contoh Teks Eksposisi SINGKAT Kesehatan / Ekonomi / Politik

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan Mata


Tesis / Pernyataan pendapat


Mata adalah salah satu organ yang paling rentan terkena gangguan jika tidak dijaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mata secara alami yaitu dengan mengkonsumsi sayuran wortel.

Kandungan nutrisi dalam wortel kaya akan kalori, karbohidrat, protein, lemak, Vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin C. Selain itu juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, beta karoten, serta zat besi.

Argumentasi


Selain itu, wortel dapat dimakan secara langsung, ataupun dibuat menjadi minuman jus yang nikmat.

Sayuran wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga
dapat mencegah resiko kanker, membantu pertumbuhan, mencegah rabun senja dan masih banyak manfaat lainnya.

Penegasan ulang pendapat


Manfaat utama wortel adalah  untuk meningkatkan sistem imun, beta-karoten dari wortel akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berperan dalam meregulasi sistem imun, melawan infeksi, dan menstabilkan jumlah sel-T sebagai sel petarung di dalam sirkulasi darah.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan Tubuh Mencegah Penyakit Jantung & Stroke


Tesis


Penyakit jantung & stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia. Bahkan penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor satu dan dua di Indonesia. Penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitanya. Bahkan penyakit stroke pernah ditemukan pada anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, pernah diidentifikasikan menyerang seorang bayi yang baru lahir.

Ada beberapa faktor penyebab penyakit ini pada manusia, diantaranya adalah kebiasaan buruk seperti makan makanan sembarangan, merokok dan minuman keras. Penyakit ini menyerang secara tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itu dengan mengetahui cara pencegahan penyakit ini merupakan tindakan yang bijaksana. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Argumentasi


Cara pertama adalah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini. Dengan mengetahui ini terlebih dahulu, kita bisa lebih menjaga kesehatan tubuh kita. Orang yang sangat beresiko rentan terkena penyakit ini, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang yang sehat.

Hindari kebiasan-kebiasaan buruk seperrti merokok, makanan berkolesterol, dann minum alkohol. Makanan/minuman tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja lebih keras dari normalnya sehingga akan rentan rusak. Selain itu, makanan berkolesterol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pemburuh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung.

Selanjutnya menjaga tekanan darah agar tetap normal dengan cara hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup, selain itu juga jagalah kadar kolesterol di dalam tubuh. Lemak adalah sumber utama penyebab serangan jantung. Jadi, sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol.

Penegasan ulang pendapat


Terakhir dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga teratur membuat tubuh kita sehat dan bugar sehingga memberikan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Namun, juga harus diimbangi dengan kebiasaan memakan makanan yang baik.

Sumber: www.kelasindonesia.com/2015/04/2-contoh-karangan-eksposisi-tentang-kesehatan-tubuh.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi Kreatif


Tesis / Pernyataan pendapat


Sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama adalah pengertian ekonomi kreatif.

Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi, sehingga muncullah ekonomi kreatif sebagai alternatif pembangunan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan di masyarakat.

Argumentasi


Alasan utama mengapa Indonesia harus mengembangkan ekonomi kreatif, karena berpotensi besar dalam memberikan konstribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim usaha yang positif, menciptakan gambaran & bukti diri bangsa, mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya terbarukan, membentuk inovasi & kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, & memberikan dampak sosial yang positif.

Ekonomi kreatif sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang kreatif, mampu melahirkan ide baru dan menterjemahkannya dalam bentuk barang dan jasa yang bernilai ekonomi.

Penegasan ulang pendapat


Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi. Semua hal itu bila diarahkan menjadi industri ekonomi kreatif, tentunya akan membuahkan hasil yang luar biasa. Apalagi, pada era saat ini yang mengarah pada ekonomi kreatif.

Sumber: www.mikirbae.com/2015/09/teks-eksposisi-dari-bidang-politik-dan.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia


Tesis


Newsletter resmi yang dibagikan oleh IMF pada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus tentang Indoensia. Media itu mengangkat hasil riset dari Mckinsey dan Standar Chartered yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia pada tahun 2030 akan melampaui Jerman dan Inggris.

Argumentasi


Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang berada di kelompok consuming class. Angka itu merupakan angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan begitu, pada tahun 20130 Indonesia menjadi bagian kekuatan ekonomi nomor 7 di dunia.

Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini saja, ekonomi Indonesia telah berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011.

Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya ekspor yang didukung oleh kekuatan kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada kisaran 5 - 6 persen, apabila terus dipertahankan akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang.

Penegasan ulang pendapat


Dalam sidang akbar IMF lalu kembali mengingkatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang tengah kita lalui ini. Apabila potensi itu tidak dimaksimalkan dengan baik, maka prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Sumber: www.mikirbae.com/2015/09/teks-eksposisi-tentang-ekonomi-indonesia.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Politik


Tesis / Pernyataan pendapat


Pemilu (pemilihan umum) di Indonesia dilakukan dalam 5 tahun sekali. Pemilu dilaksanakan untuk memilih para anggota DPR, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden. Akan tetapi, pemilu di Indonesia saat ini masih kurang maksimal, maka Indonesia perlu untuk melakukan pembenahan dalam pemilihan umum yang akan datang.

Argumentasi


Pemilihan umum di Indonesia masih kurang maksimal disebabkan banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh para calon legislatif dalam kegiatan kampanye, antara lain suap-menyuap antara caleg dengan warga sekitar supaya waga memilih caleg tersebut untuk duduk di pemerintahan.

Permasalahan berikutnya adalah tingginya angka golput. Masyarakat yang memutuskan tidak memlih pada saat pemilu belangsung dipicu karena adanya kekecewaan sebagian masyarakat terhadap praktek politik di Indonesia yang dilakukan oleh para politisi anggota dewan. Hal yang perlu dibenahi adalah politik uang. Politik uang membuat keyakinan rakyat berkurang makin diperkuat penyataan responden yang menyebut parpol cenderung memberikan laba materi agar terpilih menjadi anggota dewan.

Penegasan ulang


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kurangnya pengawasan ketat dalam pemilu. Oleh karena itu, adabaiknya pemerintah Indonesia dan KPU harus melakukan pengawasan lebih terhadap pelaksanaan pemilu yang akan datang.

Bila pemilihan umum ini sudah dibenahi, maka pilihan-pilihan rakyat akan sesuai dengan harapan rakyat. Kami selaku rakyat Indonesia menginkan anggota dewan yang amanah dan jujur dan selalu dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Indonesia.

Sumber: terbeselung.blogspot.com/2016/10/teks-eksposisi-tentang-ekonomi-dan-politik.html

Contoh Teks Eksposisi Politik: Hindari Caleg Pelaku Korupsi


Tesis


Partai politik atau parpol yang akan mengikuti pemilihan umum/pemilu tahun 2014, harus mempunyai standar pencalonan anggota legislatif yang ketat dan tegas. Kriteria caleg mesti jelas dan bisa menjadi instrumen yang dapat mencegah calon-calon bermasalah masuk.

Calon-calon yang pernah tersangung masalah korupsi atau pelanggaran HAM, misalnya, tidak boleh mendaftar. Hal ini penting untuk memastikan wakil rakyat yang kita pilih benar-benar bukan orang bermasalah, tetapi figur-figur yang berintegritas.

Argumentasi


Hal ini penting mengingat survei membuktikan bahwa parlemen, biak di pusat maupun daerah adalah lembaga terkorup, demikian ujar Wakil Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, terkait kriteria dalam memilih calon legislatif.

Standarisasi caleg sangat penting karena partai mesti membuat kriteria yang jelas dan tegas tentang siapa saja yang layak dan boleh diusung menjadi caleg partainya. Hal-hal prinsip yang harus dimuat dalam kriteria caleg salah satunya adalah antikorupsi. Selain antikorupsi, sikap moral dari bakal caleg harus dipertimbangkan. Apabila yang bersangkutan pernah punya selingkhan, semestinya tidak dapat diusung sebagai caleg.

Penegasan ulang pendapat


Sementara itu, bagi pelanggar HAM, merupakan satu bagian dari agenda reformasi yang hingga kini belum tuntas. Pelanggaran HAM dalam bentuk apapun tak dapat dicalonkan sebagai caleg karna fungsi wakil rakyat salah satunya adalah melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi. Ironis apabila pelanggar HAM mengadvokasi pelanggaran HAM

Sumber: hasrultauruss.blogspot.com/2015/05/contoh-teks-eksposisi-tengtang-politik.html

7. Teks Eksposisi Kesehatan: Manfaat Lidah Buaya


Tesis


Lidah buaya merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Tumbuhan yang berbentuk seperti lidah besar ini dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan rambut. Selain khasiat tersebut, lidah buaya ternyata juga mempunyai khasiat lain, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang meradang di kulit.

Argumentasi


Menurut penelitian yang diambil dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberelin yang dapat membantu menyembuhkan jerawat yang meradang di kulit. Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam hormon tersebutlah yang menyebabkan lidah buaya mempunyai khasiat tersebut. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel kulit baru pada bekas jerawat, sehingga mengurangi kemungkinan bertumbuhnya jerawat yang baru.

Penegasan ulang pendapat


Dengan demikian, lidah buaya mempunyai manfaat selain untuk kesehatan rambut, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang meradang di kulit dan pembentuk sel-sel kulit yang baru. Hal itu disebabkan karena adanya hormon Gibberellin yang terkandung di dalam lidah buaya.

Sumber: brainly /antykamalia

8. Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan


Tesis


Alpukat sering disebut dengan buah yang tak bersahabat bagi para pengidap kolestrol tinggi. Namun siapa sangka, buah yang berasal dari Benua Amerika ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk tubuh sehingga dapat memberikan sejuta manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya.

Argumentasi


Berikut ini adalah manfaat yang bisa kitaambil dari buah alpukat:

Manfaat yang pertama adalah buah alpukat bisa menjaga kesehatan jantung, hal inidikarenakan buah alpukat mengandung senyawa asam oleat tak jenuh, vitamin E, kalium,folat, pitosterol. Kandungan-kandungan tersebut sangat berperan besar untuk menjagakesehatan organ jantung. 

Manfaat yang kedua adalah buah alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini terjadi karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Kandungan- kandungan tersebut memberikan nutrisi kepada kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan segar dari waktu kewaktu. 

Buah alpukat juga sangat baik untuk diet. Lemak yang ada di dalam buah alpukat bisa menjadi cadangan energi yang bisa bertahan lama. Perut akan berada dalam keadaan kenyang yang sangat lama sehingga bisa menekan nafsu makan. Yang tak kalah penting adalah buah ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah diabetes. 

Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan kalium yang mampu meningkatkan hormon insulin untuk menyeimbangkan kadar glukosa didalam darah. Terlebih lagi, buah alpukat dipercaya sebagai buah pencegah stroke yang cukup efektif. 

Hal ini dikarenakan, buah alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol sehingga bisa menghindarkan seseorang terkena penyakit yang mematikan tersebut.

Penegasan ulang pendapat 


Demikianlah manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah kecil ini. Meskipun buahnya tidaklah besar, buah alpukat mengandung manfaat yang sangat besar bagi tubuh.

Sumber: Scribd

9. Teks Eksposisi Ekonomi


Pernyataan pendapat (tesis)


Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standart Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.”

Argumentasi


Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class.

Penegasan Ulang Pendapat


Besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Sumber: brainly / iruma

10. Teks Eksposisi Untung Rugi Perdagangan di Indonesia


Pernyataan Pendapat


Menurut prinsip-prinsip demokrasi, perdagangan bebas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dunia. Perdagangan bebas sangat menguntungkan dari berbagai aspek.

Argumentasi 


Saya sendiri setuju jika perdagangan bebas diberlakukan oleh setiap negara. Perdagangan bebas akan memberikan peranan yang penting untuk menciptakan penggunaan sumber daya secara efisien. Setiap negara akan memproduksi barang spesialisasinya untuk meningkatkan pendapatan nasional suatu negara tersebut. 

Seperti contohnya Indonesia dapat memasok sumber daya alam yang berlimpah untuk negara lain, dan negara lain dapat memasok teknologi-teknologi seperti gadget untuk Indonesia. Lalu dalam contoh keunggulan komparatif, kita dapat melihat hubungan antara Portugal dengan Inggris yang akan mendapatkan untung apabila mereka memiliki hubungan perdagangan karena Portugal dan Inggris akan saling diuntungkan meski Portugal memiliki keunggulan mutlak dalam komoditi pakaian dan anggur. 

Jika perdagangan bebas ditiadakan, maka keuntungan ini tidak akan didapatkan pada setiap negara dan penggunaan sumber daya tidak akan merata. Perdagangan international (bebas) dapat meningkatkan efisiensi, laba, standar hidup, dan jumlah komoditas yang tersedia di setiap negara.

Penegasan Ulang Pendapat


Perdagangan bebas dapat memberikan keuntungan pada setiap negara yang memberlakukannya. Secara otomatis, barang yang diproduksi juga akan lebih baik karena pihak produsen akan bersaing dengan produsen di lain negara. Saya juga tidak mengesampingkan adanya kekurangan dari perdagangan bebas. Namun, seperti yang dijelaskan diatas bahwa perdagangan bebas jauh lebih memberikan dampak positif dibanding dampak negatifnya.

11. Untung Rugi Perdagangan di Indonesia


Pernyataan pendapat 


Untuk mendorong pertumbuhan produksi dalam negeri,perdagangan bebas tidak perlu dilaksanakan. Perdagangan bebas sangat merugikian dari berbagai aspek.

Agrumentasi 


Politik anting dumpling Indonesia sangat lemah, maka ketika melakukan perdagangan bebas kemungkinan besar Indonesia tidak akan menerima laba malahan rugi. Pemerintah Indonesia membuat perdagangan makin tidak berimbang karena pertumbuhan ekspor lebih rendah dari pada import. Impor lebih besar dari pada ekspor membuat kerugian besar dalam produksi. 

Dampak dari impor bagi perdagangan meningkatkan barang asing dalam negeri dan mematikan produksi dalam negeri sehingga barang impor membanjiri pasaran dalam negeri.

Penegasan Ulang Pendapat


Masalah penerapan perdagangan bebas masih perlu kita pertimbangkan lebih baik lagi di Indonesia.

Sumber: davidadinugroho

12. Anomali Pertumbuhan Ekonomi Indonesia


Tesis


Di tengah kondisi perekonomian global yang dilanda krisis, catatan pertumbuhan ekonomi Indonesia memperlihatkan hasil positif. Pada triwulan kedua tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, ekonomi Indonesia tumbuh sekitar 6,4 persen. Pertumbuhan ini tetap masih terpust di Pulau Jawa dengan pertumbuhan sebesar 57,5 persen. Jika diakumulasikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3 persen.

Argumentasi


Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap mengalami anomali. Hal ini diungkapkan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Beliau beralasan, pertumbuhan ekonomi ini tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lebih lanjut daeng menjelaskan, sekurang-kurangnya ada empat faktor yang membuat ekonomi Indonesia mengalami anomali. 

Pertama, perekonomian Indonesia banyak digerakkan oleh utang asing yang nilainya terus naik. “Utang Indonesia mencapai Rp. 2.865 triliun. Utang asing pemerintah meningkat setiap tahunnya. Utang ini menjadi sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia,” papar Daeng. 

Kedua, peningkatan konsumsi masyarakat disinyalir ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Konsumsi masyarakat yang meningkat bersumber dari harga sandang dan pangan yang mengalami kenaikan, serta ditopang oleh pertumbuhan kredit terutama kredit konsumsi. 

Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, misalnya hasil perkebunan, hutan, migas dan bahan tambang, sehingga kurang menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Faktor terakhir, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh investasi asing yang membuat sumber daya alam Indonesia makin dikuasai asing.

Sementara itu, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, berpendapat, pertumbuhan ekonomi Indonesia didukung oleh sektor domestik. Menurut beliau, efek krisis global melalui defisit neraca perdangan dan penurunan ekspor baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Beliau menganggap kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar.
Senada dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara menyampaikan, bahwa sejumlah sector ekonomi dalam negeri tumbuh karena didukung oleh suku bunga rendah. 

Hal ini tampak dari pertumbuhan kredit yang mencapai 26-28 persen sekaligus didorong oleh harga BBM yang rendah karena masih disubsidi oleh pemerintah. Lebih lanjut diungkap Mirza, sektor yang berorientasi dalam negeri mengalami pertumbuhan tinggi, seperti otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, dan perdagangan. Akibatnya, pertumbuhan sektor yang berorientasi dalam negeri mengakibatkan kecenderungan defisit neraca perdagangan yang semakin besar.

Penegasan Ulang


Menurut Tony, belanja pemerintah yang lebih besar dan cepat juga sangat membantu pertumbuhan. Seiring hal itu, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 persen cukup membantu, meskipun hal tersebut ada efeknya, yaitu nilai subsidi energi yang terus membengkak yang sebetulnya cenderung tidak sehat.

Sumber: ilmusiana

13. Karangan Eksposisi tentang Ekonomi


Tesis


Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9—14 Oktober 2012 lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

Argumentasi


Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka itu adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.

Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030, hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.

Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa side meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia. Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia. 

Upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (Financial deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan investasi bagi para investor. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.


Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapai 170 juta orang.

Penegasan Ulang Pendapat


Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali mengingatkan
kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua saat ini.

14. Contoh Eksposisi tentang Kesehatan


Tesis


Seiring kemajuan zaman, banyak hal yang mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang semakin canggih dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dari teknologi informasi sampai teknologi kesehatan.

Meskipun begitu, obat tradisional, atau yang sering disebut jamu, masih mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern seperti diabetes, dan lain-lain.

Argumentasi


Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno – Balitro Tawangmangu dan S Pramono – Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, yang dimuat di Tribun Yogya edisi Minggu 16 Oktober 2011):

1. Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil bila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan, serta penyesuaian dengan indikasi tertentu.
2. Adanya efek komplementer dan atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
3. Pada satu tanaman bisa mempunyai lebih dari efek farmakologi.
4. Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik dan degeneratif seperti diabetes, kencing manis, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik). Sementara penyakit degeneratif antara lain rematik, asma, ulser (tukak lambung), ambeien, serta pikun.

Penegasan Ulang Pendapat


Keunggulan obat tradisional dibandingkan dengan obat-obatan modern yaitu obat tradisional lebih aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, berbeda dengan obat-obatan modern karena jika dikonsumsi secara kontinyu akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.

15. Teks Eksposisi Singkat Kesehatan


Tesis


Wortel adalah salah satu sayuran yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Wortel sering disertakan dalam berbagai masakan seperti slada atau sup ayam. Di dalam wortel terkadung sekitar 88% air, 1% protein, 1% serat, 7% gula, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel juga banyak mengandung mineral, antioksidan dan sejumlah nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh.

Argumentasi


Ternyata sayuran wortel ini juga sangat nikmat apabila dibuat jus. Manfaat dari jus wortel bagi kesehatan tubuh diantaranya dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, mencegah rabun senja, dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Selain dijadikan jus, wortel juga berguna sebagai obat tradisional, adapun manfaatnya adalah menghilangkan nyeri haid, menyembuhkan luka bakar dan mengobati demam pada anak.

Penegasan Ulang Pendapat


Manfaat yang paling utama jus wortel ialah memberikan asupan vitamin A pada tubuh sehingga kesehatan mata lebih terjaga. Selain itu manfaat lain wortel juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

16. Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi


Tesis


Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang memiliki pertumbuhan ekonomi baik di samping Cina dan India. Indonesia harus mampu meningkatkan produktivitas sumber daya manusia dan melakukan efisiensi dalam hal bidang energi. Tujuannya agar Indonesia bisa masuk jajaran peringkat ke-7 besar pertumbuhan ekonomi dunia.

Argumentasi


Pertumbuhan ekonomi yang bagus tidak terlepas dari faktor ekonomi pembangunan, pengelolaan energi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta peningkatan produktivitas sektor pertanian. Hal tersebut dikarenakan faktor-faktor tersebut akan menjadi sektor utama agar pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat Disamping itu pemerintah harus mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas yang sudah ada. Kelas menengah yang harus meningkat, dianggap salah satu faktor yang akan memperkuat perekonomian Indonesia. Bertambahnya kelas menengah akan menambah belanja masyarakat yang berguna bagi perekonomian negara.

Penegasan Ulang Pendapat


Saat ini diperkirakan telah ada peningkatan kelas menengah sampai di angka sembilan puluh juta jiwa di Indonesia. Peningkatan kelas menengah di Indonesia banyak dikalahkan oleh negara lain yang memiliki penduduk banyak negara lain tersebut seperti Cina dan India. Jadi posisi ekonomi Indonesia dimata dunia sudah mengalami peningkatan.

17. Teks Eksposisi tentang Politik


Tesis


Parpol atau partai politik peserta Pemilu seharusnya memiliki standar dalam proses perekrutan calon anggota legislatif yang tegas dan ketat. Calon wakil rakyat tersebut harus memiliki kriteria yang jelas dan parpol harus memiliki filter untuk menyaring mana yang pantas dan kurang pantas untuk dicalonkan menjadi wakil rakyat nantinya. Misalnya, calon legislatif yang memiliki track record kurang baik seperti tersandung masalah korupsi atau pelanggaran HAM, tidak boleh dicalonkan untuk menjadi bakal caleg. Hal tersebut amat penting guna memastikan calon anggota dewan yang terpilih nantinya benar-benar orang baik yang memiliki kredibilitas, kapabilitas, dan integritas.

Tentu, setiap parpol mempunyai mekanisme yang berbeda dalam hal ini, jadi antara 1 parpol dengan parpol lain bisa saja memiliki perbedaan dalam hal kriteria, namun setidaknya terdapat prinsip umum yang dapat digunakan semua Parpol sebagai acuan dalam melakukan seleksi anggotanya.

Argumentasi


Ini menjadi penting sebab banyak survey membuktikan bahwa parlemen baik tingkat pusat maupun regional dinilai menjadi lembaga terkorup. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berkaitan dengan kriteria dalam menyeleksi calon wakil rakyat oleh setiap partai politik yang akan memperoleh suara rakyat dalam setiap pemilihan umum.

Penegasan Ulang Pendapat


Penetapan standar calon legislatif kriteria yang tegas dan jelas oleh parpol sangat diperlukan karena berkaitan dengan siapa saja calon yang layak untuk diusung untuk menjadi calon wakil rakyat nantinya. Antikorupsi menjadi hal utama yang perlu dicantumkan dalam kriteria untuk memfilter calon legislatif. Konsekuensinya, calon legislatif yang memiliki track record kasus korupsi tidak dapat diajukan atau dijadikan sebagai caleg.

Tidak hanya anti korupsi saja, point lain yang perlu diperhatikan adalah pelanggaran HAM, hal ini menjadi salah satu warisan sejarah yang belum terselesaikan hingga sekarang ini. Calon legislatif yang mempunyai track record kasus pelanggaran HAM dalam bentuk apapun, sudah semestinya tidak dapat dicalonkan untuk menjadi bakal calon legislatif, sebab salah satu fungsi wakil rakyat adalah melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi.

Sumber: synaoo

Baca contoh lainnya: Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Terbaru dan Strukturnya

Demikianlah artikel hari ini tentang Contoh Teks Eksposisi SINGKAT tentang Kesehatan / Ekonomi / Politik dan Strukurnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 comments