Type something and hit enter

author photo
By On
Contoh Teks Eksposisi - Pada materi lengkap ini kami membahas tentang contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan, ekonomi, dan politik beserta strukturnya.

Materi sebelumnya kita telah mengetahui pengertian teks eksposisi, jenis-jenisnya, struktur, ciri-ciri beserta kaidah kebahasannya.

Untuk kembali mengingatnya, kami akan menerangkan sedikit mengenai teks eksposisi ini.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Menurut KBBI, paragraf eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjabarkan maksud dan tujuan yang bersifat ilmiah atau non-fiksi.

Adapun struktur teks eksposisi terdiri atas 3 (tiga) macam yakni:
  • Pernyataan pendapat / tesis : bagian ini merupakan gagasan utama dari suatu permasalahan berdasarkan fakta.
  • Argumentasi : bagian ini berisi penjalan secara terinci tentang peryataan pendapat sebagai penjelasan argumen dari penulis.
  • Penegasan ulang pendapat : bagian ini merupakan penguat dari pendapat serta argumen yang telah dibuat didukung dengan fakta yang ada.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca terlebih dahulu artikel kami sebelumnya pada link paling bawah artikel ini.

Berikut ini MateriBindo akan membagikan beberapa kumpulan contoh teks eksposisi terbaru dan struktur teksnya.

Contoh Teks Eksposisi SINGKAT Kesehatan / Ekonomi / Politik


Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan Mata


Tesis / Pernyataan pendapat


Mata adalah salah satu organ yang paling rentan terkena gangguan jika tidak dijaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mata secara alami yaitu dengan mengkonsumsi sayuran wortel.

Kandungan nutrisi dalam wortel kaya akan kalori, karbohidrat, protein, lemak, Vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin C. Selain itu juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, beta karoten, serta zat besi.

Argumentasi


Selain itu, wortel dapat dimakan secara langsung, ataupun dibuat menjadi minuman jus yang nikmat.

Sayuran wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga
dapat mencegah resiko kanker, membantu pertumbuhan, mencegah rabun senja dan masih banyak manfaat lainnya.

Penegasan ulang pendapat


Manfaat utama wortel adalah  untuk meningkatkan sistem imun, beta-karoten dari wortel akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berperan dalam meregulasi sistem imun, melawan infeksi, dan menstabilkan jumlah sel-T sebagai sel petarung di dalam sirkulasi darah.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi Kreatif


Tesis / Pernyataan pendapat


Sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama adalah pengertian ekonomi kreatif.

Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi, sehingga muncullah ekonomi kreatif sebagai alternatif pembangunan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan di masyarakat.

Argumentasi


Alasan utama mengapa Indonesia harus mengembangkan ekonomi kreatif, karena berpotensi besar dalam memberikan konstribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim usaha yang positif, menciptakan gambaran & bukti diri bangsa, mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya terbarukan, membentuk inovasi & kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, & memberikan dampak sosial yang positif.

Ekonomi kreatif sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang kreatif, mampu melahirkan ide baru dan menterjemahkannya dalam bentuk barang dan jasa yang bernilai ekonomi.

Penegasan ulang pendapat


Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi. Semua hal itu bila diarahkan menjadi industri ekonomi kreatif, tentunya akan membuahkan hasil yang luar biasa. Apalagi, pada era saat ini yang mengarah pada ekonomi kreatif.

Sumber: www.mikirbae.com/2015/09/teks-eksposisi-dari-bidang-politik-dan.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Politik


Tesis / Pernyataan pendapat


Pemilu (pemilihan umum) di Indonesia dilakukan dalam 5 tahun sekali. Pemilu dilaksanakan untuk memilih para anggota DPR, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden. Akan tetapi, pemilu di Indonesia saat ini masih kurang maksimal, maka Indonesia perlu untuk melakukan pembenahan dalam pemilihan umum yang akan datang.

Argumentasi


Pemilihan umum di Indonesia masih kurang maksimal disebabkan banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh para calon legislatif dalam kegiatan kampanye, antara lain suap-menyuap antara caleg dengan warga sekitar supaya waga memilih caleg tersebut untuk duduk di pemerintahan.

Permasalahan berikutnya adalah tingginya angka golput. Masyarakat yang memutuskan tidak memlih pada saat pemilu belangsung dipicu karena adanya kekecewaan sebagian masyarakat terhadap praktek politik di Indonesia yang dilakukan oleh para politisi anggota dewan. Hal yang perlu dibenahi adalah politik uang. Politik uang membuat keyakinan rakyat berkurang makin diperkuat penyataan responden yang menyebut parpol cenderung memberikan laba materi agar terpilih menjadi anggota dewan.

Penegasan ulang


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kurangnya pengawasan ketat dalam pemilu. Oleh karena itu, adabaiknya pemerintah Indonesia dan KPU harus melakukan pengawasan lebih terhadap pelaksanaan pemilu yang akan datang.

Bila pemilihan umum ini sudah dibenahi, maka pilihan-pilihan rakyat akan sesuai dengan harapan rakyat. Kami selaku rakyat Indonesia menginkan anggota dewan yang amanah dan jujur dan selalu dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Indonesia.

Sumber: terbeselung.blogspot.com/2016/10/teks-eksposisi-tentang-ekonomi-dan-politik.html

Baca juga: Teks Eksposisi [LENGKAP]: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri, Unsur Kebahasaan


Demikianlah artikel hari ini tentang Contoh Teks Eksposisi SINGKAT Kesehatan / Ekonomi / Politik dan Strukurnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR