Type something and hit enter

Posted by On

Apa yang dimaksud dengan teks ulasan menurut para ahli? Secara umum teks ulasan adalah suatu teks atau tulisan kritis yang disusun berdasarkan hasil penilaian, pengamatan, pertimbangan, dan pemeriksaan secara terperinci terhadap suatu karya baik fiksi maupun nonfiksi seperti buku, puisi, novel, cerpen, film, musik dan sebagainya.


Tujuan teks ini untuk mendeskripsikan karya artistik dan memberikan penilaian tentangnya. Dalam istilah lainnya, teks ulasan dikenal juga dengan resensi, yaitu tulisan berbentuk opini yang berisi tinjauan atau ulasan mengenai suatu hasil karya cipta kreatif atau seni yang akan atau telah dipublikasikan kepada khalayak.


Langsung saja berikut definisi teks ulasan menurut para ahli.


Pengertian Teks Ulasan Menurut Pendapat Para Ahli

pengertian teks ulasan menurut para ahli


1. Gerot dan Wignell


Menurut Gerot dan Wignell, teks ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk mengukur, menilai dan memikirkan kritik mengenai karya atau kejadian yang diulas tersebut.


2. Hylan dan Diani


Menurut Hylan dan Diani, teks ulasan merupakan teks yang meupas dan menilai sebuah karya sastra yang sebagian besar dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan sebuah karya kepada pembaca itu sendiri.


3. Depdiknas


Depdiknas (2014:96) memaparkan pengertian teks ulasan adalah suatu teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal.


Tim Depdiknas (2008:1241) menjelaskan ulasan adalah kupasan, tafsiran, atau komentar. Ulasan yang tertulis disebut teks ulasan.


4. Kosasih


Menurut Kosasih (2014:203), teks ulasan adalah teks yang di dalamnya terdapat sejumlah tafsiran, komentar, ataupun kupasan mengenai suatu objek tertentu, yang di dalam hal ini adalah pementasan drama ataupun teater.


Menurut Kosasih (2014, hlm. 204), Teks ulasan merupakan hasil interpretasi terhadap suatu karya tertentu. Dengan ulasan tersebut, pembaca/penyimaknya menjadi terbantu di dalam memahami suatu karya. Dengan sinopsis, seseorang menjadi tahu isi ceritanya secara garis besar. Dengan membaca analisisnya, khalayak menjadi tahu struktur karya tersebut, sekaligus kelebihan dan kelemahannya.


5. Waluyo


Menurut Waluyo (2014:106), teks ulasan (review text) disebut juga teks resensi, resensi merupakan teks yang berisi pertimbangan atau ulasan tentang sebuah buku.


6. Kemendikbud


Menurut Kemendikbud (2014, hlm. 147) mengatakan bahwa teks ulasan merupakan teks yang dihasilkan dari sebuah interpretasi mengenai latar, waktu, tempat, serta karakter sebuah karya seperti buku, novel, berita, laporan, atau dongeng.


Kemendikbud (2014: 51) menyampaikan bahwa teks ulasan atau review text dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 merupakan suatu teks yang mengulas film atau drama agar orang lain dapat memahami hasil penafsiran dan evaluasi penulisnya terhadap suatu film atau drama tersebut.


7. Rahardi


Rahardi (2009: 177) menyampaikan bahwa ulasan atau resensi merupakan penilaian terhadap suatu karya. Karya tersebut dapat bermacam-macam, mungkin film, mungkin buku, mungkin karya seni, atau sebuah produk teknologi. 


Penilaian itu harus berkaitan dengan kualitas dari karya yang sedang dicermati atau diulas. Selain itu, penilaian harus dilakukan secara proporsional. Artinya, tidak boleh seorang pengulas hanya memberikan penilaian dan ulasan ihwal segala sesuatu yang menjadi positifnya saja, atau sebaliknya.


8. ASC


Academic Skill Centre/ASC (2010: 1) juga mengemukakan kegiatan mengulas dapat dilakukan pada banyak hal seperti buku, film, dan program televisi. Ulasan memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi sesuatu yang telah diamati. Untuk mendukung evaluasi, ulasan biasanya disertai dengan analisis dan interpretasi dari sesuatu yang diulas.


9. Isnatun dan Farida


Menurut Isnatun dan Farida (2013), teks ulasan atau resensi adalah tulisan yang berisi pertimbangan atau penilaian sebuah karya yang dikarang atau diciptakan oleh orang lain.


10. Dalman


Menurut Dalman (2014), teks ulasan, yaitu suatu istilah yang digunakan untuk menilai keunggulan dan kelemahan sebuah buku atau karya.


11. Mort


Dalam Writing a Critical Review, Mort (2005, 1) menyatakan bahwa teks ulasan adalah suatu tulisan yang berisi rangkuman dan penilaian sebuah tulisan. Jenis tulisan yang diulas bermacam-macam, bisa berupa buku, bab, atau artikel jurnal. Untuk bisa membuat penilaian yang adil dan rasional, sebelum menulis teks ulasan kita harus mengamati hasil karya tersebut secara detail dan mencari tau hasil karya yang serupa.


12. Knapp dan Megan Watkins


Menurut Knapp dan Watkins (2005, 27), yang dimaksud dengan teks ulasan adalah salah salah satu produk multi-generik dalam genre yang menggunakan pendapat sebagai sarana untuk mengajak pembaca berpikir tentang sudut pandang mengenai karya sastra.


13. Pardiyono


Sementara menurut Pardiyono (2007, 313), yang dimaksud dengan teks ulasan adalah jenis teks yang digunakan untuk memberikan kritik, evaluasi, atau melakukan review terhadap karya cipta intelektual. Isi dari teks ulasan berupa penilaian atas sebuah karya yang dikarang atau diciptakan orang lain.


14. Tarigan


Menurut Tarigan (2011). Pengertian teks ulasan adalah teks yang memberikan pendapat, penilaian, atau evaluasi terhadap suatu objek tertentu seperti buku, film, atau produk.


15. Wijayanto


Menurut Wijayanto (2015). Teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian atau evaluasi dari sebuah produk, acara, atau kejadian, yang biasanya ditulis oleh seseorang yang memiliki keahlian atau pengalaman dalam bidang yang diulas.


16. Hasan


Menurut Hasan (2016). Pengertian teks ulasan adalah teks yang memberikan penilaian atau evaluasi terhadap suatu objek atau peristiwa, dengan tujuan untuk memberikan pandangan yang subjektif dan pribadi.


17. Supriyadi dan Rustina


Menurut Supriyadi dan Rustina (2018). Teks ulasan adalah teks yang mengulas suatu objek tertentu, seperti film atau buku, dengan memberikan pendapat, penilaian, atau evaluasi dari sudut pandang subjektif.


Dapat disimpulkan bahwa pengertian teks ulasan merupakan teks yang mengandung penilaian, resensi ataupun review mengenai suatu karangan (novel, puisi, drama, buku, film, cerpen, dan lainnya) untuk dijadikan pedoman tingkat karakteristik sebuah karya kepada pembaca.


Baca juga: Teks Ulasan (Lengkap): Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis & Contoh


Demikianlah artikel tentang pengertian teks ulasan menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments