Type something and hit enter

Posted by On

Buatlah contoh teks persuasi singkat 1 paragraf? Baiklah, kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan membagikan artikel tentang contoh paragraf persuasif beserta strukturnya tentang pendidikan, kesehatan, politik, propaganda, dan iklan.


Sebelum kita mengetahui manakah contoh kalimat persuasi, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan teks persuasi?


Pengertian teks persuasi adalah sejenis teks yang bertujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi pendapat, sikap, atau perilaku orang lain. Teks persuasi dapat berupa tulisan atau ucapan, dan biasanya berisi argumen atau alasan yang mendukung tujuan penulis atau pembicara.


Adapun struktur teks persuasif ada empat yaitu: pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan dan penegasan kembali.


Untuk lebih jelasnya bisa kamu baca artikel kami sebelumnya:


Baca juga: Materi Teks Persuasi Lengkap


Langsung saja berikut contoh karangan persuasi singkat.


Jenis-Jenis Teks Persuasi beserta Contohnya

Contoh Teks Persuasi Singkat


1. Persuasi Politik dan Contohnya


Untuk itu, saudara-saudara sekalian, mari kita berkomitmen untuk tidak memilih pemimpin yang menyebar ketakutan, pesimisme, dan yang akan membawa kita kembali ke masa lalu. Kita memerlukan pemimpin yang dapat membantu kita melihat masa kini dan masa depan dengan penuh optimisme. 


Kita memerlukan harapan dan optimisme, bukan ketakutan. Itulah esensi dari pesta demokrasi, sebuah momen di mana kita merayakan kesempatan untuk menentukan nasib bangsa dan negara ini, bukan hidup dalam rasa takut. 


Mari kita gunakan hak ini dalam Pemilu yang akan datang pada 17 April 2019 dan pastikan bahwa bangsa ini dapat bergerak maju dengan optimisme dan harapan, bukan dengan rasa takut dan teror yang dipalsukan menjadi optimisme.


2. Persuasi Pendidikan dan Contohnya


Pendidikan merupakan kunci utama untuk mencapai masa depan yang gemilang bagi setiap individu. Melalui pendidikan, setiap orang akan memiliki persiapan dalam menghadapi berbagai rintangan dalam kehidupannya.


Perkembangan sebuah bangsa ditentukan oleh perkembangan setiap individu yang berkontribusi dan hidup dalam bangsa tersebut. Jika individu tersebut berpendidikan, maka bangsa tersebut akan berkembang dan maju menjadi bangsa yang melahirkan generasi yang cerdas dan berpendidikan. 


Sebaliknya, sebuah bangsa akan mengalami kemunduran dan keterbelakangan tanpa pendidikan. Lihatlah negara-negara yang maju dan modern, mereka sangat fokus dalam memberikan pendidikan bagi warganya, sehingga semakin banyak orang berpendidikan yang membangun negara tersebut dan semakin diakui di kancah internasional. 


Sedangkan negara-negara yang terbelakang, kita bisa melihat bahwa tingkat pendidikan bagi warganya sangat rendah, sehingga tidak ada orang yang membangun negaranya karena kurangnya pendidikan.


Oleh karena itu, mengingat pentingnya pendidikan, sudah seharusnya bagi kita untuk terus belajar dan berusaha untuk belajar sepanjang hidup kita, mempelajari berbagai ilmu yang bermanfaat dan keterampilan baru karena dunia terus berkembang dengan cepat. Siapa yang tidak dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi di masa depan, maka akan menjadi orang yang tertinggal dalam kehidupan modern.


Oleh karena itu, pendidikan dan keinginan untuk meraih pendidikan dalam segala bidang sangat penting untuk membentuk bangsa yang cerdas, maju dan modern.


3. Persuasi Iklan dan Contohnya


"Ingin Bekerja , tapi malas keluar rumah? Mulailah bisnis online terpercaya sudah berkembang di ratusan negara sekarang"


"Supaya sehat kita perlu air karena air bagian terbesar tubuh kita" Lalu diberikan sedikit contoh kadar air dalam organ-organ penting "Makanya penting untuk kita seperti AQUA"


"Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda. Mendaftar Gratis, sampai kapan pun."


4. Persuasi Propaganda dan Contohnya


Pentingnya Sarapan di Pagi Hari  


Kebanyakan orang sering melewatkan sarapan di pagi hari karena terburu-buru berangkat bekerja atau sekolah sehingga tidak sempat untuk sarapan, atau karena merasa belum lapar dan tidak terbiasa makan di pagi hari. Padahal sarapan merupakan hal yang paling penting sebelum kita memulai aktivitas di pagi hari, jika kita kekurangan asupan energi di pagi hari maka tubuh akan kekurangan tenaga di siang hari ketika sedang melakukan aktivitas.


Jika kebiasaan tidak sarapan di pagi ini dibiarkan terus menerus maka tubuh akan menjadi mudah lelah. Pekerjaan yang kita lakukan pun tidak akan maksimal, hal ini tentu akan sangat mengganggu pekerjaan. Itulah sebabnya sarapan di pagi hari menjadi bagian penting di hidup kita, asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sayuran, buah-buahan, atau bubur gandum bisa menjadi pilihan sarapan di pagi hari untuk tetap menjaga energi.


Contoh Teks Persuasi Singkat 1 Paragraf


Contoh 1:

Ada banyak orang yang menganggap remeh masalah sampah. Mereka bahkan tidak pernah mempertimbangkan dampak yang bisa ditimbulkan oleh sampah. Meski tempat sampah sudah banyak tersedia, namun kepedulian seseorang terhadap masalah sampah masih sangat rendah. Sebagai siswa, kita harus menyadari dan peduli terhadap masalah sampah. Oleh karena itu, mari kita buang sampah pada tempatnya.


Contoh 2:


Kebersihan adalah aspek vital dalam hidup kita. Tanpa kebersihan, lingkungan kita mungkin akan dipenuhi oleh sampah. Kita bahkan bisa hidup di tengah-tengah tumpukan sampah. Di mana-mana akan muncul berbagai jenis penyakit yang mengganggu. Bencana pun bisa terjadi. Oleh karena itu, mari kita jaga kebersihan di mana pun kita berada. Kebersihan adalah kenyamanan, kebersihan adalah bagian dari iman kita.


Contoh 3:


Tidak bisa dipungkiri bahwa praktik berpidato adalah “obat ajaib” untuk membangun rasa percaya diri. Jika rasa percaya diri sudah kuat, seseorang bisa tampil dengan tenang tanpa merasa malu, takut, dan gugup. Ketenangan ini adalah modal utama untuk meraih sukses dalam pidato. Oleh karena itu, mari kita lakukan praktik berpidato agar kita bisa segera mendapatkan keterampilan, kepercayaan diri, dan kemampuan berpidato.


Contoh 4:


Memang benar bahwa penggunaan pupuk kimia dapat memacu pertumbuhan tanaman dan memberikan keuntungan besar bagi petani dari hasil panen. Namun, dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk kimia sangat berbahaya karena dapat berdampak negatif pada lingkungan. Selain itu, penggunaan pupuk kimia juga dapat menyebabkan buah yang dihasilkan terkontaminasi dengan pupuk kimia, sehingga kualitasnya menurun. Oleh karena itu, marilah kita beralih ke pupuk kompos yang murah, terjangkau, dan aman bagi hasil panen.


Contoh 5:


Banjir telah menjadi masalah yang umum di Jakarta. Kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam banjir sangat banyak, mulai dari kerugian material hingga non-material. Namun, kita perlu menyadari bahwa penyebab banjir adalah ulah manusia yang terus merusak alam, mulai dari penebangan pohon liar, membuang sampah sembarangan, hingga mencemari sungai. Oleh karena itu, untuk mencegah terulangnya banjir, kita perlu memiliki sikap nyata dalam menjaga lingkungan.


Contoh 6 :


Indonesia dikenal sebagai negara agraris, di mana sebagian besar masyarakatnya bekerja di bidang pertanian. Karena itu, hasil pertanian terbesar adalah padi. Namun, tanpa kita sadari, ketergantungan yang tinggi terhadap padi membuat pertanian kita hanya bergantung pada sektor tersebut. Sedangkan, karena jumlah konsumen nasi yang tinggi, kebutuhan akan padi semakin meningkat hingga pada titik tertentu Indonesia harus mengimpor beras. 


Ini adalah hal yang sangat riskan karena negara agraris harus mengimpor beras. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang bergantung pada nasi. Padahal, masih banyak makanan yang bisa menggantikan padi. Oleh karena itu, marilah kita beralih ke makanan lain pengganti nasi seperti jagung dan ubi-ubi yang tidak hanya mudah ditemukan tetapi juga lebih ekonomis dan dapat menumbuhkan sektor pertanian lainnya.


Contoh 7: 


Tanah longsor adalah masalah yang sering terjadi di daerah pegunungan. Peristiwa ini menimbulkan berbagai kerugian, baik secara material maupun nonmaterial. Namun, kita harus memahami apa sebenarnya penyebab terjadinya tanah longsor. Kita perlu menyadari bahwa sebagian besar peristiwa tanah longsor disebabkan oleh tindakan manusia yang merusak hutan hijau, mulai dari pembakaran hutan hingga penebangan hutan secara liar. Oleh karena itu, untuk mencegah terulangnya peristiwa tanah longsor, masyarakat perlu memiliki kesadaran untuk menjaga hutan.”


Contoh 8: 


“Dulu, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengekspor minyak terbesar. Namun, tanpa kita sadari, seiring berjalannya waktu, negara kita saat ini justru telah menjadi pengimpor minyak bumi dari negara lain. Hal ini disebabkan karena kebutuhan minyak bumi yang terus meningkat sehingga Indonesia harus mengimpor minyak dari negara lain. Padahal, jika kita mau, kita bisa menggunakan energi non-minyak sebagai sumber energi yang ada di seluruh Indonesia. Dengan demikian, kita bisa menghemat jutaan barel minyak bumi yang dimiliki Indonesia. Oleh karena itu, mulai saat ini kita bisa memaksimalkan penggunaan energi non-minyak, seperti energi gas dan tenaga matahari, sehingga kita bisa menghemat persediaan energi minyak yang semakin menipis.”


Contoh 9:


“Penggunaan bahan kimia sebagai campuran makanan ternak memang dapat mempercepat pertumbuhan hewan ternak. Bahkan, pertumbuhannya bisa dua kali lipat dari biasanya. Namun, kekurangan bahan kimia pada makanan ternak dapat berdampak negatif pada hasil ternak karena bahan kimia tersebut dapat mempengaruhi kesehatan hewan ternak. Selain itu, penggunaan bahan kimia juga dapat mempengaruhi hasil produksi hewan ternak yang menjadi tidak alami lagi sehingga akan mempengaruhi struktur zat hasil peternakan non-organik. Oleh karena itu, beralihlah ke metode beternak yang sehat karena peternakan organik memanfaatkan bahan makanan alami seperti rumput liar sehingga dapat menghasilkan hewan ternak yang lebih sehat dan juga menghasilkan struktur zat yang lebih alami.”


Contoh 10:


Masalah lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi semua orang harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Banyak kerugian yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan, seperti tanah longsor, kabut asap, dan lainnya. Oleh karena itu, mari kita jaga kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita.”


Contoh 11:


Setiap individu dalam bangsa Indonesia harus menanamkan nilai kasih sayang terhadap sesama sebagai refleksi dari rasa kemanusiaan dan keadilan. Nilai-nilai tersebut mencakup pengakuan dan perlakuan terhadap manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya, pengembangan sikap toleransi dan nilai-nilai kemanusiaan. Sebagai anggota masyarakat yang sama, kita harus membina sikap saling membantu dan mencintai satu sama lain. Dengan cara ini, kehidupan sosial akan dipenuhi oleh suasana kemanusiaan dan kasih sayang.


Contoh 12:


Memanfaatkan Batik 


Batik adalah pakaian khas asli dari Indonesia. Di era modern ini, batik mulai ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia. Mereka lebih memilih untuk mengenakan pakaian impor dari luar negeri yang berbahan minimalis. Padahal, jika kita menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari, berarti kita telah berkontribusi dalam melestarikan budaya Indonesia. Oleh karena itu, ayo kita kenakan pakaian batik untuk melestarikan budaya Indonesia.


Dari contoh paragraf persuasif di atas, kita dapat mengetahui bahwa paragraf tersebut merupakan paragraf persuasif langsung, yaitu dari kalimat terakhir yang berbunyi: “Oleh karena itu, ayo kita kenakan pakaian batik untuk melestarikan budaya Indonesia.”


Contoh 13:


PES 2012 


PES 2012 adalah permainan PC dan konsol yang sangat disukai oleh para penggemar game. Dalam PES 2012, disajikan fitur-fitur baru yang lebih menarik dibandingkan dengan seri sebelumnya, yaitu PES 2011. Permainan ini bisa dimainkan bersama teman, sahabat, dan keluarga. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak bermain PES 2012.


Dari contoh paragraf persuasif di atas, kita dapat mengetahui bahwa paragraf tersebut merupakan paragraf persuasif tidak langsung, yaitu dari kalimat: “Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak bermain PES 2012.”


Contoh 14:


Sampah adalah bagian kecil dari benda yang sangat terkait dengan kehidupan kita sehari-hari. Coba pikirkan berapa banyak sampah yang kita buang setiap hari. Jika Anda sering membuang sampah sembarangan, coba bayangkan betapa mudahnya kita diserang penyakit jika kita tinggal dekat dengan lingkungan yang penuh sampah. Oleh karena itu, hargailah diri Anda sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena lingkungan yang bersih membuat kita sehat, seperti pepatah atau peribahasa yang mengatakan “Bersih pangkal Sehat”.


Contoh Teks Persuasif Panjang


1. UNY


Banyak orang berpendapat bahwa biaya pendidikan tinggi saat ini sangat tinggi. Bahkan, banyak orang tua yang bersedia menjual tanah, kebun, bahkan mobil untuk memastikan anak mereka bisa masuk ke perguruan tinggi negeri favorit. Namun, hal ini tidak berlaku di Yogyakarta. Ada banyak universitas di Yogyakarta yang menawarkan pendidikan berkualitas dengan biaya yang terjangkau. Meskipun biayanya murah, universitas-universitas di Yogyakarta tidak mengorbankan kualitas dan pelayanan mereka kepada mahasiswa. Salah satunya adalah Universitas Negeri Yogyakarta.


Universitas Negeri Yogyakarta sudah dikenal luas, terutama oleh siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan mereka di Yogyakarta. Untuk mencapai Universitas Negeri Yogyakarta, Anda bisa menggunakan berbagai jenis transportasi darat. Dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Bandara Adi Sucipto, Anda akan tiba di depan pintu gerbang dan disambut oleh menara tinggi dengan gedung putih bertuliskan Rektorat yang seolah-olah menyambut Anda.


Universitas Negeri Yogyakarta adalah universitas yang terus berusaha melakukan internalisasi nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Hal ini diterapkan melalui kegiatan akademik dan non-akademik, baik kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Salah satu contohnya adalah dalam kurikulum baru yang mewajibkan mahasiswa mengambil mata kuliah Pendidikan Kewirausahaan. Universitas Negeri Yogyakarta berharap dapat membekali lulusannya dengan semangat kemandirian. Selain itu, Universitas Negeri Yogyakarta juga mewajibkan mahasiswanya mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris agar mereka bisa bersaing di era global. 


Universitas Negeri Yogyakarta tidak hanya mencetak calon guru yang hanya bisa mengajar di depan kelas, tetapi juga mengharapkan mahasiswanya bisa mengikuti semua organisasi mahasiswa (ormawa) baik di tingkat jurusan maupun universitas sebagai media untuk memfasilitasi praktik kepemimpinan. Karena menjadi guru tidak hanya membutuhkan kejelian dalam menghadapi siswa tetapi juga harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi semua kondisi yang tidak diinginkan.


Dalam menghadapi tantangan zaman internasional yang bersifat global, Universitas Negeri Yogyakarta memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk mengikuti perkuliahan di Yogyakarta secara penuh, sama seperti mahasiswa lain, demi mencapai gelar sarjana dengan waktu tempuh maksimal 4 tahun untuk mempelajari budaya dan bahasa Indonesia. Harapannya, bahasa Indonesia bisa menjadi salah satu bahasa yang setara dengan bahasa internasional lainnya.


Jika Anda ingin kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, UNY menawarkan berbagai macam jurusan yang tersebar di 8 Fakultas dan 1 Pasca Sarjana, yang sebagian besar program studinya berakreditasi A dan sebagian besar tenaga pengajarnya memiliki gelar S2 dan S3, bahkan tidak sedikit yang memiliki gelar Guru Besar. UNY juga ditunjuk sebagai salah satu universitas induk yang menawarkan program sertifikasi guru, yang sebelumnya diberikan kesempatan untuk mengajar di daerah terpencil di Indonesia selama satu tahun penuh.


Semoga dengan semua keunggulan ini menjadi pertimbangan dan acuan bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta. Sesuai dengan visi dan misinya yang cerdas, unggul, dan cendikia, serta sebagai universitas yang mengintegrasikan dan menginterkoneksikan antara nilai moral keagamaan dan kebangsaan untuk membentuk insan yang berilmu.


2. Mari Menanam Pohon


Saat ini, bumi kita telah berubah menjadi lahan yang kering dan tandus akibat berkurangnya jumlah pohon, baik di lingkungan sekitar kita maupun di hutan belantara. Pohon-pohon tersebut dengan semena-mena ditebang oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai tujuan, seperti penebangan liar, pembukaan hutan untuk ladang, aktivitas perusahaan, dan lainnya. 


Mereka tidak menyadari bahwa tindakan tersebut dapat menimbulkan berbagai kerusakan di bumi ini, seperti tanah longsor, polusi udara, bahkan pemanasan global. Sejatinya, pepohonan merupakan salah satu sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan, tetapi jika terus dieksploitasi secara besar-besaran tanpa adanya penanaman kembali, maka lama kelamaan pepohonan akan habis. Padahal pepohonan memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan ini. Beberapa manfaat yang diberikan oleh pepohonan bagi kita antara lain:


Menyimpan cadangan air dan mencegah erosi


Pepohonan berfungsi sebagai penahan laju air. Berdasarkan penelitian, hutan dapat menyerap air lebih banyak, sekitar 60-80 %. Oleh sebab itu, keberadaan pohon bisa meningkatkan cadangan air di dalam tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon dapat mencegah tanah erosi, sehingga meskipun hujan turun dengan sangat deras, struktur tanah tidak akan tergoyah karena dicengkram oleh akar pepohonan.


Menjaga kesuburan tanah


Tanah yang subur ada di bagian atas permukaan bumi, sehingga apabila terkena air hujan lapisan tanah yang berhumus tersebut akan menjadi tergerus, akibatnya tanah akan kehilangan kesuburannya. Namun, apabila ditanami pepohonan, tanah – tanah yang subur tidak akan tergerus, tetapi tertahan oleh bagian pepohonan, seperti ranting, dan dedaunan yang jatuh.


Menghasilkan oksigen


Pepohonan dapat menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Oksigen tersebut dihasilkan dari proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis ini, tumbuhan akan mengambil karbon dioksida di udara dan mengubahnya menjadi oksigen yang akan dilepaskan ke udara. Karbondioksida adalah gas yang sangat beracun bagi manusia. Selain itu, Apabila zat ini berada di udara dalam jumlah yang sangat banyak, maka akan menyebabkan efek rumah kaca. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 1 hektar hutan tropis mampu mengubah 3,7 ton karbondioksida menjadi 2 ton oksigen.


Menciptakan lingkungan yang nyaman


Pepohonan yang lebat dan rindang dapat menjadikan lingkungan terasa sejuk, indah dan nyaman. Selain itu, lingkungan juga dapat mencegah kebisingan dan panas dari suasana kota. Hal ini dikarenakan proses evapotranspirasi yang terjadi pada tanaman. Proses ini menyebabkan suhu di sekitarnya bisa menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya disekitarnya meningkat.


Mengurangi polusi udara


Aktivitas – aktivitas produksi menghasilkan banyak sekali asap tebal nan pekat yang mengandung karbondioksida. Begitu pula, dengan asap yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan proses pembakaran menggunakan minyak yang menghasilkan polusi di udara. Polusi tersebut mengandung zat – zat berbahaya, seperti karbondioksida, sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat-zat tersebut akan menjadi hujan asam apabila tercampur dengan air hujan. Hujan asam inilah yang akan menyebabkan korosi pada bagian bangunan dan juga membahayakan kesehatan tubuh, terutama kulit.


Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, sudah jelasa bahwa pohon memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita selain sebagai bahan baku industri. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kelestarian pepohonan dengan cara tidak menebangnya secara sembarangan. Selain itu, ayo kita lakukan program reboisasi, yaitu penanaman kembali pepohonan, supaya kita semua terhindar dari kerusakan – kerusakan akibat dari hilangnya pepohonan.


3. Membaca Membuka Wawasan 


Cerpen, novel, komik. Mungkin, jika Anda bertemu dengan ketiga jenis buku tersebut, Anda akan langsung tertarik untuk membacanya. Namun, jika yang Anda temui adalah buku-buku pelajaran seperti geografi atau yang lainnya, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk membacanya. Tapi, pernahkah Anda mendengar ungkapan “Membaca membuka wawasan”?


Ya, membaca adalah aktivitas yang akan menambah pengetahuan kita. Karena di dalam buku pengetahuan yang kita baca, terdapat banyak ilmu yang akan memperluas wawasan kita. Selain itu, membaca juga akan menambah kosakata kita. Dengan sering membaca, kita pasti akan menemukan beberapa kosakata yang belum kita ketahui artinya. Dan biasanya, untuk mengetahui arti dari kosakata tersebut, kita akan membaca kalimat sebelumnya.


Secara tidak langsung, kegiatan membaca juga akan meningkatkan konsentrasi kita. Kita perlu fokus penuh untuk memahami isi dari buku yang kita baca. Dan jika kita sering melakukan kegiatan membaca, otak kita pasti sudah terbiasa untuk berkonsentrasi dan fokus. Selain itu, membaca juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan kebosanan.


Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca. Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Segera pergi ke perpustakaan untuk mencari ilmu pengetahuan. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk hal-hal yang tidak berguna. Gunakan waktu Anda untuk mencari ilmu yang pasti akan bermanfaat di masa depan. Dan salah satu cara untuk mencari ilmu tersebut adalah dengan membaca.


4. Penghijauan


Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua, hormat saya untuk Bapak/Ibu guru yang saya hormati, dan saudara-saudara sekalian yang saya cintai. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang maha esa atas anugerah dan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Topik yang akan saya bahas adalah penghijauan.


Saudara-saudara sekalian, kita tahu bahwa di era modern ini, lahan-lahan kosong telah berkurang, banyak pabrik dan bangunan besar dibangun sehingga mengakibatkan peningkatan polusi udara. Hutan-hutan mulai berkurang. Hal ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan, misalnya terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor, dan lainnya.


Saudara-saudara sekalian, inilah saatnya penghijauan memainkan peran penting. Penghijauan adalah upaya dalam memperbaiki alam. Kita bisa melihat banyak manfaat yang diperoleh dari penghijauan, misalnya: penurunan polusi udara, alam menjadi indah, lingkungan menjadi asri, stabilitas alam, penurunan bencana alam, dan lainnya.


Penghijauan harus dilakukan oleh seluruh rakyat Indonesia, dalam upaya penghijauan ini, kita tidak harus menunggu pemerintah untuk melaksanakannya karena ini adalah tanggung jawab kita bersama. Kita dapat melakukan penghijauan dengan berbagai cara, seperti reboisasi, pembuatan taman kota, dan menggunakan sistem tebang pilih.


Saudara-saudara sekalian, saya mengajak Anda untuk memulai penghijauan mulai dari hal-hal kecil di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar. Sehingga lingkungan kita menjadi indah, dan terbebas dari bencana banjir dan longsor.


Jadi, mari kita mulai penghijauan dari sekarang dan mulai menjaga alam untuk masa depan kita. Oleh karena itu, mari kita kembangkan pembibitan pohon dan tanaman hijau dan membuat dunia kita menjadi indah, damai dan bebas bencana seperti apa yang kita impikan. Demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam tutur kata saya, saya mohon maaf. Terima kasih.


5. Pantai Parangtritis 


Pantai Parangtritis memang memiliki pesona eksotis yang menarik banyak wisatawan, tetapi seringkali juga menjadi lokasi kecelakaan. Sayangnya, sebagian masyarakat Indonesia masih mengaitkan peristiwa tersebut dengan hal-hal mistis, misalnya dikarenakan Ratu Pantai Selatan meminta tumbal. Padahal, ada penjelasan ilmiah di balik musibah tersebut. 


Para ahli geologi menegaskan bahwa penyebab utama hilangnya sejumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, adalah akibat terseret arus balik atau rip current. Dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik ini tidak hanya kuat, tetapi juga mematikan. Jadi, banyaknya korban tenggelam tidak ada hubungannya sama sekali dengan anggapan masyarakat. Ali Susanto, Komandan SAR Pantai Parangtritis, juga menambahkan bahwa sepanjang Pantai Parangtritis banyak terdapat palung (pusaran air) yang lokasinya selalu berpindah-pindah dan sulit diprediksi. 


Kondisi inilah yang sering menimbulkan korban tenggelam. Oleh karena itu, seharusnya masyarakat tidak lagi percaya pada hal-hal gaib dan lebih mengutamakan penalaran logika atau akal sehat. Pemerintah daerah juga sebaiknya memberikan pemahaman yang benar mengenai penyebab bencana laut kepada warga di sekitar pantai. Informasi tersebut dapat disampaikan kepada wisatawan untuk meningkatkan kewaspadaan mereka.


6. Danau Toba


Hari libur adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Hari di mana kita bisa merelaksasi dan menyegarkan kembali tubuh dan pikiran dari kesibukan pekerjaan, sekolah, kuliah dan aktivitas perkotaan lainnya. Setiap orang membutuhkan liburan, terutama berlibur bersama keluarga dan sahabat. Berlibur tidak harus mahal dan pergi jauh ke luar negeri. Karena, di negeri kita yang tercinta ini, banyak tempat wisata indah yang mempesona dan tidak memerlukan biaya yang besar. Salah satunya adalah Danau Toba.


Danau Toba adalah salah satu tempat wisata paling terkenal dan paling indah di Indonesia. Dengan keindahan air berwarna biru kehijauan, akan membuat mata kita terpesona oleh keindahan ciptaan Tuhan ini. Dengan ukuran yang besar, panjang 100 Km dan lebar 30 Km, di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir. Keindahan Danau Toba tidak ada habisnya, karena di tengah-tengah Pulau Samosir terdapat sebuah danau lagi dengan ukuran yang cukup luas.


Objek wisata di Danau Toba banyak dikelilingi oleh bukit-bukit. Melihat danau yang indah ini dari atas bukit adalah hal yang harus dilakukan oleh pengunjung. Dari atas bukit, panorama Danau Toba akan terlihat jelas memanjang, dan keindahan yang disajikan dengan keheningan hutan yang khas. Ditambah dengan penginapan yang sangat mudah ditemukan di bukit-bukit Danau Toba yang terjangkau dan nyaman. 


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menikmati keindahan Danau Toba ini. Kita bisa menyewa perahu motor, berkeliling, atau mampir ke Pulau Samosir, bahkan di Danau Toba ini, pengunjung diperbolehkan berendam dan berenang mengelilingi danau. Atau bisa dengan menyusuri bukit-bukit menikmati pemandangan dari atas tanpa harus turun ke bawah, dengan pepohonan hijau yang rindang yang sangat menyegarkan mata siapa pun yang melihatnya. Wisata ke Danau Toba ini adalah pilihan terbaik untuk keluarga dan sahabat yang menginginkan liburan yang menyenangkan dan membuat pengalaman yang tidak akan dilupakan.


Banyak keindahan yang disajikan di Danau Toba. Menikmati pemandangan yang berlimpah akan menjadi kenangan terindah di Danau Toba. Apalagi menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, sahabat dan pasangan akan menjadi momen yang sangat menyenangkan. Disertai dengan masyarakat asli yang ramah dan suka menolong turis atau pengunjung yang datang, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Jadi, mari kita beramai-ramai mengunjungi tempat wisata Danau Toba yang luar biasa keindahannya. Tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke luar negeri jika di dalam negeri kita sendiri terdapat tempat wisata yang indah dan terjangkau.


Baca juga: Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Persuasi dan Jawabannya


Demikianlah artikel tentang 24 contoh teks persuasi singkat, panjang beserta strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments