Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Apakah kalian sedang mencari contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya? Kebetulan sekali, MateriBindo akan membagikan beberapa contoh teks cerita sejarah yang dibuat secara singkat dan lengkap.

Sebelum kita mulai membuat contohnya, sebaiknya kalian terlebih dahulu memahami apa itu teks cerita sejarah.

Apa yang dimaksud dengan teks cerita sejarah? Teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan mengenai suatu fakta yang menjadi latar belakang terjadinya sesuai yang mempunyai nilai-nilai sejarah.

Nah, kalian sudah tahu kan pengertian teks cerita sejarah. Selanjutnya kita juga harus mengetahui apa saja struktur teks cerita sejarah.

Adapun struktur untuk membuat teks cerita sejarah yang lengkap dan bagus.
  • Orientasi: bagian pembuka atau pengenalan.
  • Urutan peristiwa: bagian rekaman peristiwa sejarah, umumnya dijelaskan dalam urutan kronologis.
  • Reorientasi: bagian ini berisi komentar tentang suatu kejadian sejarah yang diceritakan.

Setelah kita mengengetahui pengertian dan struktur teks cerita sejarah. Selanjutnya kita memasuki artikel yang akan dibahas kali ini yaitu tentang contoh teks cerita sejarah singkat dan strukturnya.

Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dan Strukturnya


#1 Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur


Orientasi:


Candi borobudur merupakan peninggalan agama Buddha yang terbesar di dunia. Bangunan ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra sekitar tahun 824 M.

Urutan Peristiwa:


Monumen Buddha memiliki luas 123x123 m^2 dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Candi borobudur beraksitektur Gupta yang menggambarkan kekentalan gaya arsitektur dari India.

UNESCO mengakui dan juga memuji kemegahan dari arsitektur Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di Indonesia dan dunia.

Dalam menyelesaikan pembangunan Candi Borobudur membutuhkan waktu sekitar 75 tahun. Dibawah komando arsitek Gunadarma dengan 60 ribu meter kubik batuan vulkanik yang diambil di Sungai Elo dan Progo yang letaknya sekitar 2 km sebelah timur candi.

Pada saat pembangunan candi ini, sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang yang digunakan untuk membuat candi adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah atau pengukur panjang rambut dari dahi sampai dasar dagu.

Reorientasi:


Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memperkirakan pendiri Candi Borobudur adalah Raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga, ia membangun candi ini sekiar tahun 824 M. Candi ini baru dapat diselesaikan pada masa Ratu Pramudawardhani yaitu putrinya.

Sumber: www.contohteksku.com/2016/10/contoh-teks-cerita-sejarah.html

#2 Contoh Teks Cerita Sejarah Kemerdekaan Indonesia 


Orientasi:


Bermula dari pecahnya Perang Asia Timur Raya, dan Amerika menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan di Pusat Pertahanan Amerika Serikat "Pearl Harbour" tanggal 8 Desember 1941.

Tentara Jepang semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indonesia, Malaya, Filipina, dan Indocina. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda.

Wilayah pendudukan Jepang semakin meluas, dengan dikuasainya Batavia tanggal 5 Maret 1942. Belanda semakin terdesak dengan penyerangan Jepang dan akhirnya Pemerintah Belanda menyatakan "menyerah tanpa syarat".

Urutan Peristiwa:


Awalnya masyarakat Indonesia menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang. Pemerintah Jepang mulai aktif merangkul rakyat Indonesia dengan pembentukan beberapa organisasi masyarakat, yang sebenarnya "ada udang di balik batu" untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II.

Peristiwa penting yang terjadi yaitu pertemuan Soekarno, M Hatta dan Rajiman dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Pasukan Jepang mulai melemah, dan pasukan Amerika semakin kuat. Amerika mengamuk sehingga pada tanggal 6 Agustus 1945 menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan 9 Agustus bom atom kedua di Nagasaki.

Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Reorientasi:


Berita kekalahan Jepang tidak dapat ditutupi, dengan perjanjian Post dan Jepang menyerahkan kekuasaanya kepada sekutu, otomatis Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sumber: www.materibelajar.id/2016/10/04-contoh-teks-cerita-sejarah-lengkap.html

#3 Contoh Teks Cerita Sejarah Huruf Braille


Orientasi:


Huruf Braille adalah huruf yang khusus dibuat untuk para tuna netra. Huruf ini dibuat seperti titik yang timbul, diciptakan oleh Louis Braille.

Urutan Peristiwa:


Louis Braille dilahirkan di Coupvray, Perancis, 1809. Awalnya penglihatannya normal, tetapi akibat terkena peralatan kuda milik ayahnya membuat sebelah matanya buta pada usia 3 tahun. Akibat infeksi pada matanya tersebut, Braille harus rela kehilangan penglihatan di kedua matanya.

Pada tahun 1816, Charles Barbier, seorang anggota militer Perancis menemukan metode menulis dengan menggunakan titik dan tanda garis. Metode ini biasa diguankan pada peperangan di malam hari.

Meskipun sesungguhnya metode tersebut terbilang bagus, tetapi sulit untuk dipelajari. Braille menganalisis kekurangan dari metode ciptaan Charles Barbier. Braille menemukan bahwa pada metode itu belum ada tanda baca dan notasi musik, serta memerlukan beratus titik dan garis untuk membuat satu kalimat.

Pada tahun 1821, seorang tentara telah membuktikan bahwa perutusan yang ditulis dengan titik dan tanda sengkang dapat ditekankan di atas kertas untuk digunakan pada ketentaraan di waktu malam hari dalam parit pertahanan. Braille memperbaiki sistem ini dan menulis buku berkaitan dengan sistem Braille pada 1829 dan 1837.

Reorientasi:


Meskipun pada awalnya terdapat berbagai halangan oleh mereka yang tidak memahami keperluan orang buta, Braille tetap gigih menyebarkan tulisan ciptaannya tersebut.

Kegigihan tersebut diterima khalayak ramai yang mengalami nasib sama dengannya. Melalui usahanya tersebut, beribu-ribu orang buta akhirnya dapat membaca.

Louis Braille meninggal dunia tahun 1852 pada usia 41 tahun karena penyakit Tuberculosis yang dideritanya.

Sumber: brainly.co.id/tugas/7124172

#4 Contoh Teks Cerita Sejarah "Nelson Mandela"


Orientasi:


Nelson Mandela meninggal dunia dalam usia 95 tahun, ia meninggal karena penyakit infeksi paru di kediamannya, Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5 Desember 2013.

Urutan Peristiwa:


Ucapan duka datang dari penjuru dunia atas kepergian pahlawan penentang apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan ini.

Mandela menjadi tokoh inpirasi dunia bagi gerakan menentang diskriminasi. Dengan tegas, ia menolak dominasi kulit putih ataupun dominasi kulit hitam. Atas perjuangannya tersebut, ia tidak hanya meraih Nobel Perdamaian tahun 1993, namun juga penghormatan luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.

Hampir 100 kepala negara yang menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di Stadion FNB, Soweto, Afrika Selatan, pada 10 Desember 2013.

Para pemimpin yang selama ini berbeda pandangan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela. Tidak terkecuali Presiden AS saat itu Barrack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro.

Reorientasi:


Nelson Mandela dimakamkan di Desa Qunu, tempat ia menghabiskan masa kecilnya dengan adat Xhosa, pada 15 Desember 2013. Pemakaman ini terletak di tanah luas milik keluarga yang dibangun Mandela setelah dibebaskan dari penjara tahun 1990.

Mandela dipenjara oleh pemerintah rezim kulit putih yang rasial selama 27 tahun dari tahun 1964 sampai 1990.

Sebelumnya, jenazah Mandela disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Pretoria, tempat ia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada tahun 1994.

Sumber: gubugmamben.blogspot.com/2017/10/5-contoh-teks-cerita-sejarah-smama.html 

#5 Contoh Teks Cerita Sejarah Bandung Lautan Api


Orientasi:


Pada Maret 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan.

Setelah Proklamasi Kemerdekan 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan itu harus dicapai dengan sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengobarkan segalanya.

Urutan Peristiwa:


Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik "bumihangus". Rakyat tidak rela bila kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh.

Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) di hadapan semua kekuatan perjuangan, pada 24 Maret 1946.

Kolonel A.H. Nasution selaku Komandan Divisi memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Bandung. Hari itu juga, rombongan besar penduduk Bandung mengalir meninggalkan kota.

Bandung dengan sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul membubung tinggi di udara.

Semua listrik mati, Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling menengangkan, di mana terdapat pabrik mesiu milik Sekutu. TRI bermaksud untuk menghancurkan gudang tersebut.

Untuk itu diutuslah pemuda bernama Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakan gudang tersebut dengan granat tangan .Gudang besar itu meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak saat itu, kurang lebih pukul 24.00 Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Tetapi api masih membubung membakar kota, dan Bandung berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan tersebut merupakan langkah yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan sanggup melawan pihak musuh yang berkekuatan besar. Selanjutnya TRI bersama rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung.

Reorientasi:


Istilah Bandung Lautan Api muncul dari seorang wartawan bernama Atje Bastaman, yang menyaksikan pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak ia melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

Sumber: diniwoody.blogspot.com/2015/09/teks-cerita-sejarah-bandung-lautan-api.html


Demikianlah artikel hari ini tentang Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Kelas XII dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR