Type something and hit enter

Posted by On

Jawaban atas pertanyaan ini sebutkan soal dan jawaban pilihan ganda tentang teks deskripsi kelas 7 beserta kunci jawabannya. 


Pengertian teks deskripsi menurut Sujanto merupakan paparan tentang resepsi yang ditangkap oleh panca indra. Sedangkan menurut Kurniasari deskripsi berisi pengalaman yang digambarkan secara jelas, pengalaman tersebut bisa dalam bentuk suatu objek.


Untuk mengetahui pembahasan tentang teks deskripsi secara lengkap bisa kamu baca di artikel kami di bawah ini.


Baca juga: Materi Teks Deskripsi Lengkap


Soal dan Jawaban Teks Deskripsi Lengkap

contoh soal teks deskripsi

Ada 85 soal pilihan ganda/pilgan/pg tentang teks deskripsi dan jawabannya yang akan kami bagikan untuk siswa/siswi kelas 7 dan 9 SMP. Kamu bisa jadikan referensi soal di bawah ini agar memudahkan dalam mengerjakan soal ujian yang dibagikan oleh guru. 


PETUNJUK UMUM


  • Tulis namamu di sudut kanan atas.
  • Bacalah setiap soal dengan teliti.
  • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
  • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.


Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!


1. Di antara penggalan berikut yang termasuk ke dalam teks tanggapan deskriptif adalah .... 

a. Salju merupakan fenomena alam yang tidak terjadi di semua tempat. Fenomena ini dapat terjadi hanya di suatu wilayah yang temperaturnya cukup dingin.

b. Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.

c. Gunung terbentuk karena adanya gerakan tektonik dan gerakan orogenik pada lempeng. Gerakan-gerakan tersebut dikenal dengan sebutan orogenesis.

d. Air nabeez adalah air rendaman buah kurma atau kismis. Minuman ini merupakan salah satu minuman kegemaran Rasulullah SAW yang salah satu kegunaannya adalah untuk memulihkan tenaga dan mencegah penyakit sembelit.


2. Penjabaran atas ciri, benda, atau tanda objek tanggapan yang dibahas di dalam teks.


Pernyataan di atas di atas merupakan pengertian struktur teks tanggapan deskriptif bagian .…

a. Identifikasi

b. Klasifikasi

c. Deskripsi bagian

d. Deskripsi manfaat


3. Tari Payung bermakna wujud perlindungan dan kasih sayang suami kepada istrinya dalam menjalani kehidupan rumah tangga agar kebahagiaan dapat terbina.  Makna ini tidak dimaknai melalui gerakan para penari pria dan wanita tetapi, dilambangkan dengan properti yang digunakan berupa payung untuk pria dan selendang untuk wanita. 


Properti payung dalam tarian tersebut dilambangkan sebagai bentuk perlindungan pria sebagai pilar utama dalam keluarga. Si penari pria akan melindungi kepala penari wanita, sedangkan selendang khas Padang dilambangkan sebagai ikatan cinta suci yang kuat akan kesetiaan seorang wanita serta kesiapannya menjad seorang istri.


Penggalan teks di atas merupakan bagian struktur ....

a. Identifikasi

b. Klasifikasi

c. Deskripsi bagian

d. Deskripsi manfaat


4. Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari barat-laut Jawa Timur. Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Itulah sebabnya kita akan melihat adanya sosok warok dan gemblak yang menghiasi gerbang Kota Ponorogo. Reog menjadi salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.


Penggalan teks di atas termasuk struktur teks ....

a. Identifikasi

b. Klasifikasi

c. Deskripsi bagian

d.  Deskripsi manfaat


5. Rumah Gadang atau Rumah Godang adalah nama rumah adat tradisional Minangkabau yang banyak dijumpai di propinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah dengan model ini juga banyak dijumpai di Negeri Sembilan, Malaysia.


Ciri kebahasaan teks tanggapan deskriptif yang tampak pada kalimat ke-2 teks di atas adalah .…

a. Penggunaan kata rujukan

b. Penggunaan konjungsi

c. Penerapan kalimat deskripsi

d. Penerapan kelompok kata nomina


6. Konjungsi sebab-akibat digunakan dalam kalimat berikut, yaitu .…

a. Setiap perempuan Minangkabau yang telah bersuami memperoleh sebuah kamar, sementara perempuan tua dan anak-anak memperoleh tempat di kamar dekat dapur.

b. Rumah Gadang biasanya dibangun di atas sebidang tanah milik keluarga induk dalam suku/kaum tersebut secara turun temurun dan hanya dimiliki dan diwarisi dari dan kepada perempuan pada kaum tersebut.

c. Atap yang semula berbahan dasar ijuk dianggap tidak tahan lama sehingga kini diganti dengan yang berbahan dasar seng.

d. Rumah tradisional ini dibangun dari tiang-tiang panjang dengan bangunan yang dibuat besar ke atas, namun tidak mudah goyang oleh goncangan.


7. Masing-masing daerah memiliki istilah yang berbeda untuk tarian ini. Daerah Sumatera dan Riau menamakan tarian ini dengan Zapin. Sedangkan Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu mengistilahkan dengan dana. Adapun Lampung menyebutnya dengan Bedana. Sedangkan di Jawa umumnya menyebut Zafin. Masyarakat Kalimantan cenderung memberi nama Jepin, di Sulawesi disebut jippeng, dan di Maluku lebih akrab mengenal dengan nama Jepen. Sementara di Nusa Tenggara dikenal dengan julukan Dana-dani.


Isi yang ingin disampaikan pada teks ini adalah ....

a. Daerah-daerah yang memiliki tari Zapin

b. Proses penamaan tari Zapin

c. Masyarakat menamakan tari Zapin

d. Istilah tari Zapin pada berbagai daerah


8. Tari Piring adalah tarian rasa syukur akan keberhasilan dan datangnya panen. Tarian dari Sumatera Barat ini diiringi oleh instrumen musik talempong. Gerakan tarian ini sungguh energik dan begitu cepat. Piring-piring yang digunakannya sebagai properti tari terkadang dilontarkan ke atas atau pun diletakkan di tanah sambil dipijak-pijak.


Makna simbol yang terdapat pada teks itu adalah .…

a. Tari Piring sebagai ungkapan syukur.

b. Tari Piring berasal dari Sumatera Barat.

c. Tari Piring diungkapkan dengan energik.

d. Tari Piring menggunakan instrument musik talempong.


9. Topeng Hudoq digunakan oleh para penari Hudoq yang berjumlah 13 orang. Jumlah ini melambangkan 13 dewa pelindung dewa Hunyang Tenangan, dewa yang memelihara tanaman padi. Selain menggunakan topeng, para penarinya menggunakan kostum yang terbuat dari daun pisang hingga menutupi mata kaki. Daun pisang melambangkan kesejukan dan kesejahteraan. Sedangkan warna topeng yang didominasi warna merah dan kuning dipercaya sebagai warna kesukaan para dewa.


Pernyataan yang tepat terkait pada makna teks deskriptif tersebut adalah .…

a. Teks itu mengandung makna klasifikasi.

b. Teks itu mengandung makna definisi.

c. Teks ini sarat dengan makna simbol.

d. Teks itu menggunakan kata sifat yang menunjukkan makna simbol.


10.  Gerakan tari Serimpi yang gemulai diiringi gendhing “sabrangan”. Gendhing-gendhing tengahan atau gendhing ageng yang berkelanjutan irama ketuk 4 mengiringi para penari yang akan memulai menari. Sedangkan musik ayak-ayak beserta srebegannya mengiringi gerakan pertikaian. Pertikaian itu merupakan simbol peperangan antara yang baik dan buruk, yang benar dan salah, antara akal manusia dan nafsu manusia.


Makna yang yang disampaikan pada kedua teks itu adalah .…

a. Teks mengungkapkan tentang asal usul tari Serimpi.

b.  Teks mengungkapkan iringan musik yang digunakan dalam tari Serimpi.

c.  Teks mengungkapkan iringan tari Serimpi.

d.  Teks mengungkapkan gerakan tari Serimpi.


11. Pertanyaan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah ...

a. Bersifat menceritakan

b. Mengandung bukti dan kebenaran

c. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka

d. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra


12. Setiap memandang wajahnya, hatiku terasa teduh. Ya, wajah ibuku memang meneduhkan. Matanya yang bulat menyiratkan kasih sayang kepada orang lain. Tangannya yang mungil dan lembut mengajari kami berjalan untuk pertama kalinya. Dengan tangannya yang mungil, ibuku menyuapi kami untuk pertama kalinya dan menghapus air mata kami saat kami menangis.

Rambut ibu yang indah menggambarkan keindahan pikirannya. Tidak pernah terbesit dalam pikirannya berbuat buruk kepada orang lain. Dengan bibir mungilnya nasihat-nasihat indah tentang kehidupan mengalir ke telinga kami.


Kalimat di atas merupakan deskripsi ...

a. Deskripsi sugestif

b. Deskripsi teknis/ekspositoris

c. Deskripsi subjektif

d. Deskripsi objektif


13. Berdasarkan teks deskripsi pada soal di atas objek yang dideskripsikan adalah ...

a. wajah ibuku

b. tangan ibuku

c. keramahan ibuku

d. sosok ibuku


14. Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ...

a. Rumah makan “ Nyampleng” terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yaitu nyamleng yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini beraksitektur Jawa. Hampir semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini berhiaskan dengan nuansa Jawa.

b. Memasuki rumah makan ini, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kokoh di pintu masuk. Di bagian DEPAN rumah makan ini terpasang gapura yang indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan yang sejuk dengan estetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna coklat tua. Dinding berwarna putih bersih.

c. Di dalam rumah makan ini diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna gamelan keemasan dengan bingkai kayu warna coklat gelap sangat antik dan menarik. Di samping gamelan di tata meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias coklat dengan ornamen kuning keemasan.

d. Di bagian belakang terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam nampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi bersih. Di pinggir kolam dihias beragam bunga. Warna warni bunga dengan semerbakwanginya menambah keasrian rumah makan ini.


15. Taman Putroe Phang terletak di wilayah kompleks Istana Sultan Aceh di Banda Aceh. Taman ini dibuat agar sang permaisuri tidak pernah ( .... ) kesepian ketika ditinggal oleh sultan, yang sering bepergian untuk menjalakan pemerintahannya. Di taman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

a. melihat

b. mengenang

c. merasa

d. membayangkan


16. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya.

Kata bercetak miring pada kalimat tersebut bermakna ....

a. Paling

b. Mempunyai

c. Menyerupai

d. Banyak


17. (1) Memasuki bibir pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. (4) Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. (5) Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.

Dari kutipan teks di atas, yang termasuk majas personifikasi adalah ...

a. (1) dan (2)

b. (2) dan (3)

c. (3) dan (4)

d. (4) dan (5)


18. Kelas VII F sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan . Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.

Kalimat perincian pada teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat....

a. Pertama

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat


19. (1).Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang ada di Banjarmasin. (2) Para pedagang berjualan di sungai dengan menggunakan perahu. (3) Macam-macam yang mereka jual, ada makanan, sayur, buah,ikan, dan kebutuhan lainnya. (4) Deretan perahu yang saling berdempetan dan aneka jualan yang terlihat berwarna-warni di pagi hari sangat memesona. (5) Keunikan pasar Terapung banyak memukau wisatawan lokal maupun luar yang melihat atau berbelanja di pasar Terapung.

Kata bersinonim pada teks deskriptif di atas terdapat pada kalimat ....

a. (1) dan (2)

b. (2) dan (3)

c. (3) dan (4)

d. (4) dan (5)


20. Penggunaan awalan me-N yang tepat terdapat dalam kalimat ....

a. Tarian yang dibawakan anak-anak kelas VII G itu sangat mempesona

b. Nilai pelajaran bahasa Indonesia kelas VII F semester ini menurun sekali.

c. Siswa kelas VII E tidak ada yang saling mempengaruhi berbuat yang tidak baik.

d. Sebagai pelajar yang baik, kita harus menturuti apa yang dinasihatkan guru.


21. Penggunaan kata depan yang tepat terdapat pada kalimat ....

a. Orang-orang ramai berjualan menggunakan perahu .

b. Sungai Barito adalah sungai yang ada di Kalimantan Selatan

c. Tarian Dayak itu menarik perhatian pada wisatawan.

d. Terdengar suasana riuh ketika drama itu selesai dipentaskan


22. Setiap penari profesionil, pada saat berlomba pasti menggunakan metoda secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.

Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ....

a. profesional, methoda, konsekuwen, amatiran

b. profesionil, metode, konsekuen, amatiran

c. profesional, metode, konsekuen, amatiran

d. profesional, methoda, konsekuwen, amatir


23. Berikut adalah contoh judul yang tepat kalau kita ingin menulis karangan teks deskriptif....

a. Tabalong, Kota yang Bersih

b. Membuat layang-layang

c. Doraemon dan Kantong ajaib

d. Laporan Banjir di Tabalong


Teks berikut untuk Soal no.24-28.

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimba matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjunngi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.


24. Tujuan teks deskripsi Parangtritis nan Indah yaitu…

a. Memberi informasi secara rinci tentang pantai Parangtritis.

b. Mengemukakan keindahan Pantai Parangtritis.

c. Menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis.

d. Merincikan keindahan Pantai Parangtritis.


25. Objek teks deskripsi di atas adalah…

a. Wisata kota Yogya

b. Pantai Parangtritis

c. Keindahan Pantai

d. Pengunjung Parangtritis


26. Rincian objek teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah adalah….

a. Keindahan fisik pantai, keindahan sore hari (sunset), suasana kegiatan orang di pantai.

b. Lokasi pantai Parangtritis, keindahan pantai Parangtritis, dan aktivitas di Pantai Parangtritis.

c. Kemolekan Pantai Parangtritis dan tempat Parangtritis.

d. Suasana keindahan Pantai Parangtritis dan suasana kegiatan orang di pantai


27. Perasaan pembaca kepada teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah adalah….

a. Takjub keindahan Pantai Parangtritis

b. Kekaguman dan kebanggaan

c. Terpesona keindahan Pantai Parangtritis

d. Bangga dengan keindahan Parangtritis.


28. Tentukan isi paragraf kedua pada teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah di atas!

a. Letak Pantai Parangtritis.

b. Keindahan Pantai Parangtritis pada sore hari

c. Pesona Pantai Parangtritis yang diapit tebing dan batu karang

d. Wisatawan yang banyak terpesona Pantai Parangtritis


29. Teks satu

Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi. “Ariah” menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.


Teks dua

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja.


Pernyataan isi yang tepat pada dua kutipan teks deskripsi tersebut adalah…

a. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal dan teks dua menggambarkan suku Toraja.

b. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal Ariah dan teks dua menggambarkan suku Toraja.

c. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal Ariah dan teks dua menggambarkan rumah adat Tongkonan.

d. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal dan teks dua menggambarkan tongkonan


30. Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.


Struktur teks deskripsi di atas adalah …

a. Identifikasi

b. simpulan

c. deskripsi bagian

d. koda


31. Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan berwarna putih dan titik-titik hitam. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.


Kata umum dan kata khusus dalam teks deskripsi di atas adalah…

a. Hitam dan putih

b. Panjang dan tebal

c. coklat dan madu

d. warna dan hitam


32. Kelinciku bernama bagas. Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.


Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan tersebut adalah…

a. Komat-kamit

b. manja

c. selalu

d. sangat


33. Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok. Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari


Penggunaan majas pada teks tersebut berada pada kalimat …

a. Pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat


34. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di NTB. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan.


Penggunaan kata bersinonim terdapat pada kalimat ....

a. Pertama dan kedua

b. ketiga dan keempat

c. kedua dan keempat

d. kedua dan kelima


Kutipan teks deskripsi berikut untuk soal no.35-37.

tugu obor tanjung atau monumen tanjung puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat tabalong. Terletak di perempatan jalan keberadaan tugu ini sangat strategis, mempukau dan memesona. Jika datang ke arah selatan, yaitu di Banjarmasin atau dari arah timur, yaitu pada Kalimantan timur ketika memasuki kota tanjung perhatian pertama pasti akan terkesima dengan sosok kuat, kokoh,dan berapi-api ini mensimbolkan energi yang tak pernah habis dan semangat masyarakat tabalong yang selalu bekerja keras pantang menserah.


35. Penggunaan imbuhan meN- yang tepat pada teks deskripsi di atas adalah…

a. mempukau

b. mensimbolkan

c. memesona

d. menserahkan


36. Penggunaan kata depan yang tepat pada teks deskripsi di atas adalah…

a. di perempatan

b. ke arah selatan

c. di Banjarmasin

d. pada Kalimantan


37. Perbaikan penulisan kalimat yang bertulis miring pada teks deskripsi di atas adalah…

a. Tugu Obor Tanjung atau Monumen Tanjung Puri merupakan Tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.

b. Tugu Obor Tanjung atau monumen Tanjung Puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.

c. Tugu Obor Tanjung Atau Monumen Tanjung Puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.

d. Tugu Obor Tanjung atau Monumen Tanjung Puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.


38. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!

1). Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.

2). Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke

atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).

3). Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi adalah ....

a. 1 - 3 - 2

b. 3 - 1 - 2

c. 2 - 3 - 1

d. 3 - 2 - 1


39. Perhatikan deskripsi bagian dari teks deskripsi Tari Kecak yang acak berikut!

1) Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies.

2) Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang.

3) Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.

4) Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.

5) Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan……

a. 1)-2)-3)-4)-5)

b. 1)-3)-5)-2)-4)

c. 2)-3)-1)-5)-4)

d. 3)-2)-4)-1)-5)


40. Perhatikan kutipan suatu bagian teks deskripsi yang acak berikut!

1) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.

2) Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.

3) Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong.

4) Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan……

a. 1)-2)-3)-4)

b. 1)-3)-2)-4)

c. 2)-3)-1)-4)

d. 3)-2)-4)-1)


41. Teks deskripsi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu ...

a. Deskripsi tempat, waktu, dan subjektif

b. Deskripsi tempat, waktu, dan orang

c. Deskripsi subjektif, objektif, dan waktu

d. Deskripsi tempat, objektif, dan orang


42. Pernyataan beirkut yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah ...

a. Bersifat menceritakan

b. Mengandung bukti dan kebenaran

c. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka

d. Menggambarkan objek sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra


43. Pernyataan berikut yang dihindari dalam memberi tanggapan adalah ...

a. Memahami masalah yang akan ditanggapi

b. Menggunakan kalimat atau kata-kata kasar

c. Menanggapi masalah yang akan dibahas

d. Menggunakan bahasa sopan mudah dipahami


44. Rangkaian koral di Laut Karimun Jawa berbagai bentuk dan beraneka ragam. Ada koral berbentuk bunga berwarna krem dan merah muda, di tengahnya ada bintik-bintik menyerupai benang sari. Begitu elok koral-koral itu. Di sisi lain ada karang dengan bentuk tumbuhan kaktus yang bergerigi, bercorak biru, dan hijau. Keindahan koral lebih lengkap dengan ikan-ikan kecil berwarna oranye di atasnya. Luar biasa indah seperti lukisan dengan warna yang kontras. Tidak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna coklat dan krem sungguh mirip jamur sesungguhnya.


Kalimat utama teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat ...

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

c. Keempat


45. Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua menganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampanh-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memperdulikan objek sejarah tersebut.


Paragraf tersebut termasuk dalam ...

a. Deskripsi orang

b. Deskripsi waktu

c. Deskripsi tempat

d. Deskripsi objektif


46. Pernyataan yang mengandung struktur deskripsi umum adalah ...

a. Masjid Istiqlal memiliki menara atau minaret. Tinggi menara tersebut 66,66 meter. Diameter menara tersebut lima meter. Bangunan menara tersebut meruncing ke atas. Bagian atas menara terdapat pengeras suara.

b. Masjid Istiqlal memiliki kuba ukuran besar. Kuba besar tersebut berdiameter 45 meter dan dilapisi keramik. Kubah tersebut berbentuk dari kerangka baja stainless steel. Kubah besar tersebut memiliki berat 86 ton.

c. Masjid Istiqlal merupakan masjid nasional Republik Indonesia. Masjid ini berada di pusat Kota Jakarta. Masjid ini terletak di Bekas Taman Wilhelmina di timur laut Lapangan Medan Merdeka.

d. Masjid Istiqlal memiliki bedug raksasa. Bedug ini terbuat dari kayu meranti dari Kalimantan Timur. Diameter bedug ini dua meter, sedangkan diameter belakang 1.71 meter. Panjang keseluruhan bedug ini tiga meter. Berat total bedug ini 2,3 ton.


47. Pernyataan berikut yang mengandung struktur deskripsi umum adalah ...

a. Pesona sepintu Sedulang dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Bangka, Feri Insani. Acara ini berlangsung di Taman Hiburan Rakyat Sungailiat. Pembukaan acara ini ditandai dengan pemukulan gong.

b. Pesona sepintu Sedulang menghadirkan berbagai hiburan menarik bagi masyarakat Kota Sungailiat. Hiburan tersebut diisi oleh masyarakat umum. Bahkan, para pelajar ikut serta mengisi acara tersebut.

c. Pesona Sepintu Sedulang berlangsung disebuah bangunan bernama HP Teater. Bangunan ini semacam kolosium berbentuk bulat sebagai tempat pentas musik. Bangunan tersebut dapat menampung banyak orang.

d. Pesona Sepintu Sedulang berlangsung meriah. Ada berbagai lomba seni yang dihadirkan dan dapat dinikmati masyarakat. Lomba tersebut, antara lain berbagai gerak tari dan lagu yang ditampilkan pelaku seni.


48. Cermati kalimat-kalimat acak berikut!

1) Jumlah pintu ketika memasuki area candi adalah 4

2) Candi-candi tersebut dikelilingi oleh pagar batu dua lapis dan memiliki pintu

3) Hijaunya rumput tersebut membuat candi laksana berada diatas permadani hijau yang indah

4) Candi Sambisari terdiri atas kompleks candi induk dan tiga candi pendamping

5) Setelah melewati pintu, pengunjung akan disuguhi rumput yang tumbuh rapi dipelataran candi


Susunan kalimat acak tersebut agar menjadi teks deskripsi runtut adalah ...

a. 4)-1)-3)-5)-2)

b. 4)-2)-1)-5)-3)

c. 4)-3)-5)-1)-2)

d. 4)-5)-1)-3)-2)


49. Pernyataan yang mengandung struktur deskripsi bagian adalah ...

a. Provinsi Banten memiliki objek wisata pantai yang indah. Pantai tersebut adalah Pantai Cerita atau Pantai Anyer. Pantai tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan.

b. Pantai Sarwana dan Pantai Begedur terletak di bagian selatan Banten. Pantai ini letaknya terpencil. Pantai ini menawarkan sejuta keindahan yang mampu menarik wisatawan.

c. Wisata Gunung Krakatau sangat memukau. Pesona laut biru membentang menjadi daya tarik wisatawan. Pesona bawah lautnya sangat memesona. Keindahan alam akan semakin terlihat ketika matahari menjelang tenggelam. 

d. Tempat wisata ini dapat ditempuh dengan dua cara. Cara pertama dapat dilakukan dengan menuju Lampung terlebih dahulu. Cara lainnya dengan menempuh melalui laut dari Pantai Carita atau Anyer.


50. Cermati kalimat-kalimat acak berikut!

1) Di pulau ini terdapat sebuah makam dari Pangeran Jaga Lautan yang merupakan penyebar agama Islam di daerah ini

2) Pulau Cangkir merupakan tempat wisata di Tangerang yang menarik

3) Tempat ini biasaya ramai pengunjung yang ingin berziarah ke makam tersebut

4) Tempat wisata ini merupakan gabungan dari wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata ziarah.


Susunan kalimat-kalimat acak tersebut agar menjadi teks deskripsi runtut adalah ...

a. 2-1)-3)-4)

b. 2)-4)-1)-3)

c. 3)-1)-2)-4)

d. 3)-2)-4)-1)


51. Cermati kalimat-kalimat acak berikut!

1) Tidak hanya air dan pasirnya saja, ombak dipantai ini sangat tenang sehingga pengunjung bisa nyaman berenang di pantai

2) Selain itu, pasir pantai ini putih dan bersih

3) Air pantainya sangat jernih dan berwarna biru jika dilihat

4) Pantai Ciputih di Ujung Kulon, Jawa Barat memiliki pesona yang menawan

5) Namun, sayangnya pantai ini tidak menyediakan peralatan renang ataupun snorkling.


Susunan kalimat-kalimat acak tersebut agar menjadi teks deskripsi runtut adalah ...

a. 4)-1)-5)-3)-2)

b. 4)-2)-1)-5)-3)

c. 4)-3)-2)-1)-5)

d. 4)-5)-1)-2)-3)


52. Cermati paragraf deskripsi berikut!

Sungai  Bengawan  Solo  saat  ini  airnya  berwarna  cokelat.  Sampah  plastikdan sampah rumah tangga lainnya bertebaran di badan sungai. Di pinggir sungai tersebut berdiri pula industri yang menggelontorkan limbah ke sungai. …. Paragraf deskripsi tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ….

A. Di beberapa titik, bau menyengat pun tercium.

B. Penduduk di bantaran sungai sering membuang sampah ke sungai itu.

C. Air sungai itu pun digunakan untuk mencuci dan mandi.

D. Pembuangan limbah ke sungai itu dapat mengancam lingkungan.

E. Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan kita.


53. Bacalah paragraf berikut!

Rumah bambu itu cukup jauh masuk dari  jalan utama. Selain sempit sekali (3 x 3,5 meter) rumah itu juga sangat sederhana. Sebuah dipan lengkap dengan kelambu anti nyamuk dan kipas angin kecil tertata apa adanya. [....] Kursi itu biasa digunakan Sudiharjo melihat-lihat sekitar rumah. Satu peralatan lagi yang selalu dekat dengan Sudiharjo adalah pispot dan alat bantu jalan (kerk). Semua peralatan tersebut harus selalu tersedia agar Sudiharjo dapat beraktivitas.

Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf deskripsi tersebut adalah ...

A. Sebuah kursi roda tergeletak di luar kamar.

B. Sebuah kursi roda diletakkan di luar kamar.

C. Sebuah kursi roda teronggok di luar kamar.

D. Sebuah kursi roda didudukkan di luar kamar.

E. Sebuah kursi roda tersimpan di luar kamar.


54. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Pantai Pasir Padi menyajikan pemandangan pantai yang memesona. Lautnya yang membiru dan berpasir putih bersih memanjang sejauh mata memandang. Dengan ombak laut yang tenang, wisatawan dapat  berjemur, mandi, atau berenang di pantai ini. [ . . . ] Dua pulau ini terletak lebih kurang 2 mil dari bibir pantai.

Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ....

A. Di Pulau Panjang wisatawan bisa melihat kesibukan para nelayan.

B. Wisatawan dapat membeli dan menikmati hasil tangkapan ikan.

C. Pulau Semajun merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni.

D. Para wisatawan akan selalu kembali menikmati pemandangan pantai yang indah.

E. Wisatawan juga dapat berlayar menuju Pulau Panjang atau Pulau Semajun.


55. Yang tidak termasuk struktur teks tanggapan deskripsi adalah ...

a. Identifikasi

b. Klasifikasi/definis

c. Deskripsi bagian

d. Objek yang dideskripsikan


56. Yang bukan jenis teks tanggapan deskripsi adalah jenis ...

a. Tema

b. Suasana

c. Peristiwa

d. Benda


57. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Panai Senggigi sangat indah. Pantai ini terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Pantai ini merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi. 


Struktur teks deskripsi diatas adalah bagian ...

a. Identifikasi

b. Klasifikasi

c. Deskripsi bagian

d. Penjelasan


58. Teks yang diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret, dan bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ...

a. Manfaat teks deskripsi

b. Tujuan teks deskripsi

c. Objek teks deskripsi

d. Isi teks deskripsi


59. Ciri Teks Deskripsi dari segi penggunaan bahasa, kecuali ...

a. Menggunakan kata-kata umum

b. Menggunakan kalimat rincian

c. Menggunakan kata sinonim

d. Menggunakan majas


60. Objek teks deskripsi bersifat ... dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya

a. Umum

b. Khusus

c. pribadi

d. Luas


61. Hal yang menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan ... 

a. Manfaat teks deskripsi

b. Tujuan teks deskripsi

c. Objek teks deskripsi

d. Isi teks deskripsi


62. Tujuan penulisan teks deskripsi adalah ..

a. Mempengaruhi pembaca

b. Menggambarkan ciri objek

c. Menceritakan pengalaman

d. Menjelaskan pendapat pribadi


63. Pola pengembangan teks deskripsi yang menggambarkan objek seperti kesan atau perasaan penulis sendiri adalah ...

a. Objektif

b. Observatif

c. Spesial

d. Subjektif


64. Teks yang menggambarkan suatu objek ...

a. Teks prosedur

b. Teks deskripsi

c. Teks narasi

d. Teks observasi


65. Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang berdiameter mencapai 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. [...] Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mengagumkan ini.


Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi titik-titik dalam paragraf tersebut adalah ....

a. Pengunjung sudah lama mengincar pemandangan ini.

b. Tebing granit ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Provinsin Sumatra Barat.

c. Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.

d. Tebing Harau tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.


66. Menggambarkan objek dengan rinci agar pembaca dapat melihat, mendengar dan merasakan merupakan ....

a. Tujuan Teks Deskripsi

b. Pengertian Teks Deskripsi

c. Ciri umum Teks Deskripsi

d. Ciri isi Teks Deskripsi


67. Yang bukan merupakan ciri isi teks deskripsi adalah ....

a. Menggambarkan secara kongret

b. Mengandung kata-kata dengan emosi yang kuat

c. Teks yang menceritakan suatu objek

d. Di perinci sampai ke bagian-bagian objek


68. Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).


Struktur teks deskripsi yang sesuai dengan penggalan paragraf tersebut adalah ....

a. penutup

b. Identifikasi

c. Deskripsi bagian

d. Simpulan/kesan


69. Pantai Batu Karas merupakan salah satu pantai untuk berselancar terbaik di Pulau Jawa, dan ombaknya cukup terkenal di kalangan para peselancar. Pantai Batu Karas terletak di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang, sekitar 34 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari kawasan wisata Pangandaran. Pantai Batu Karas terletak di antara dua bukit yang mengurungnya, sehingga pantai tersebut berbentuk setengah lingkaran.


Paragaf tersebut merupakan bagian identifikasi teks deskripsi karena ....

a. Berisi kesan penulis terhadap pantai Batu Karas

b. Berisi rincian dari pantai Batu Karas

c. Berisi gambaran umum dari pantai Batu Karas

d. Berisi tanggapan subjektif penulis tentang pantai Batu Karas


70. Bacalah kalimat berikut!

(a) Ada pula yang berulat.

(b) Keadaannya begitu kurus.

(c) Pohon-pohonan itu meranggas.

(d) Beberapa di antara pepohonan itu bahkan ada yang mati.

(e) Jangankan berbunga, daun-daunnya pun hampir tidak ada.

(f) Beberapa pohon tanaman hias di halaman rumahku tidak mau berbunga.


Susunan kalimat yang benar sehingga menghasilkan teks deskripsi yang padu adalah ....

a. (c)-(b)-(a)-(d)-(f)-(e)

b. (f)-(e)-(a)-(c)-(b)-(d)

c. (c)-(a)-(b)-(d)-(e)-(f)

d. (f)-(e)-(d)-(c)-(a)-(b)


71. Teks deskripsi adalah teks yang memaparkan ojek secara ....

a. Abstrak

b. Teratur

c. Detail

d. Acak


72. Molly sangatlah manja. Hampir tiap malam, Molly tidur diujung kakiku. Sebelum kuelus-elus, dia selalu menggangguku. Kalau waktunya makan, dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.


Aspek yang dideskripsikan itu berkenaan dengan ....

a. sifat tokoh

b. lingkungan tokoh

c. fisik tokoh

d. kehidupan tokoh


73. Berikut ini adalah struktur teks deskripsi, kecuali ....

a. Koda/pesan

b. Identifikasi

c. Deskripsi bagian

d. Simpulan/kesan


74. Setiap memandang wajahnya, hatiku terasa teduh. Ya, wajah ibuku memang meneduhkan. Matanya yang bulat menyiratkan kasih sayang kepada orang lain. Tangannya yang mungil dan lembut mengajari kami berjalan untuk pertama kalinya. Dengan tangannya yang mungil, ibuku menyuapi kami untuk pertama kalinya dan menghapus air mata kami saat kami menangis. Rambut ibu yang indah menggambarkan keindahan pikirannya. Tidak pernah terbesit dalam pikirannya berbuat buruk kepada orang lain. Dengan bibir mungilnya nasihat-nasihat indah tentang kehidupan mengalir ke telinga kami.


Berdasarkan teks deskripsi pada soal di atas objek yang dideskripsikan adalah ....

a. wajah ibu

b. tangan ibu

c. Sosok ibu

d. keramahan ibu


75. Bukit Teletubbies menawarkan pemandangan yang memesona. Bukit ini dipenuhi hamparan rumput dan pepohonan hijau. Hamparan rumput tersebut bagaikan permadani hijau. Selain itu, padang ilalang di kaki bukit membuat Bukit Teletubbies semakin menawan. Sunrise di bukit ini juga sangat cantik karena matahari muncul di balik bukit dan tertutup awan tipis.

Teks deskripsi tersebut diceritakan berdasarkan pengalaman indra ....

a. penglihatan

b. perasaan

c. pendengaran

d. penciuman


76. Teks berikut yang termasuk teks deskripsi tempat adalah ....

a. Pantai Mojopahit terletak di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Mojokerto. Pantai ini berjarak 70 km atau dua jam perjalanan dari pusat kota Mojokerto. Di kanan kiri pantai landai yang berpasir putih ini, kita dapat melihat gugusan bukit kapur yang berwarna hijau ditumbuhi lumut.

b. Gadis yang duduk di bangku taman itu sangat cantik. Dia cantik dengan rambut ikalnya yang panjang. Hidungnya kecil dan lancip, matanya yang lebar dilengkapi dengan bulu mata yang lebat dan lentik. Wajahnya disempurnakan dengan bibirnya yang tipis dan merah, meski tak memakai lipstik.

c. Purwanti sedang tiduran di kamarnya yang luas. Ukurannya tak kurang dari 4 x 4 m. Ranjangnya yang berukiran untuk satu orang terlihat acak-acakan. Sepreinya sangat kusut. Di atas tempat tidurnya, terdapat buku berserakan yang bercampur dengan baju seragamnya.

d. Aku menatap wajah ibuku yang sedang mencuci pakaian. Meski orang desa, kecantikan ibu terlihat jelas di wajahnya. Aku sangat menyayangi wanita ini. Sikapnya yang tegas telah ikut membentuk karakterku. Kasih syangnya padaku tak pernah habis. Perhatiannya padaku juga sangat luar biasa.


77. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada di sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak ke arah Kota Mempawah. Bangunan tugu terdiri atas 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.


Paragraf tersebut termasuk struktur teks deskripsi bagian ....

a. simpulan

b. penutup

c. identifikasi

d. deskripsi bagian


78. Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 45 tahun. Rambutnya putih beruban. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal.


Objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ....

a. asal usul ayah

b. keteladanan ayah

c. sifat ayah

d. ciri fisik ayah


79. Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.

Kutipan di atas termasuk struktur teks deskripsi bagian ....

a. Simpulan/kesan

b. Koda/pesan

c. Identifikasi

d. Deskripsi bagian


80. Struktur teks deskripsi mencakup identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan. Manakah kutipan teks berikut ini yang merupakan struktur identifikasi ....

a. Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Pada arah selatan bibir Pantai Senggigi, terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong. Sungguh keagungan pura di tengah keindahan Senggigi.

b. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi adalah pantai dengan garis pantai yang sangat panjang. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

c. Ketika kita bermain di bibir pantai, kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara segar. Angin lembut serasa mengelus kulit. Garis Pantai Senggigi yang panjang membuat keindahan pantai ini semakin menarik.

d. Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan bawah laut yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.


81. Car Free Day (CFD) atau hari tanpa kendaran dikawasan Dago tampak ramai dan meriah. CFD dimeriahkan oleh aksi beberapa orang dalam sebuah pergelaran musik. Selain pergelaran musik, ada pula pergelaran tari. Ada empat anak perempuan mengenakan baju berwarna kuning, samping batik, dan mahkota dikepalanya. Kempat anak itu menari diringi lagu-lagu khas jawa barat. Selain itu, banyak pengunjung yang memanfaatkan CFD sebagai tempat berolaraga, seperti senam dan zumba.


Informasi yang sesuai dengan teks deskripsi tersebut adalah ....

a. CFD Di Dago dimeriahkan oleh Pergelaran tari yang diiringi lagu-lagu khas jawa barat

b. Dago merupakan salah satu tempat favorit warga Bandung sehingga selalu ramai

c. Pergelaran musik yang digelar di CFD Dago bergenre dangdut hungga rock

d. CFD di Bandung diselenggarakan diberbagai titik, salah satunya di Dago


82. Membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar mengenai satu peristiwa atau adegan marupakan tujuan dari ....

a. Objek

b. Tema

c. Sub Tema

d. Teks deskripsi


83. Urutan struktur teks tanggapan deskriptif yang tepat adalah ....

a. Identifikasi, deskripsi bagian, penutup

b. Gambaran umum, penutup, deskripsi bagian

c. Identifikasi, gambaran umum, deskriptif bagian, penutup

d. Gambaran umum, identifikasi, deskripsi bagian, penutup


84.  Kelas 7.4 sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan. Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.

Kalimat perincian pada teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat ....

a. Pertama

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat


85. Cuplikan teks deskripsi yang termasuk bagian identifikasi adalah ....

a. Kami berempat baru saja turun dari kereta api di Stasiun Palmerah, Jakarta Selatan. Kami berasal dari kampung dan masing-masing menenteng sebuah tas sederhana berwarna gelap. Eh, begitu keluar dari stasiun, kami digeledah di sekitar gedung MPR/DPR yang memang letaknya dekat stasiun. Akhirnya, polisi menangkap saya dan membawa ke markas. Kami diumumkan sebagai tersangka pembawa senjata tajam, padahal kami hanya pedagang benda tersebut.

b. Pada hari kelima, semua gadis dan wanita desa itu berduyun-duyun ke rumahnya. Sementara itu, semua laki-laki dilarang menghadiri acara ini.

c. Gadis itu didudukkan di sebuah ruangan kecil dengan rambut yang diatur rapi. Pada leher si gadis itu digantungkan kalung dari gigi-gigi anjing.

d. Kawasan sekitar Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, Jakarta, dibanjiri manusia. Kerumunan orang tua, muda, dan anak-anak di mana-mana. Sebagian tampak berjejer di pinggir jalan masuk. Sebagian lagi duduk-duduk beralaskoran dan rumput. Ada juga yang duduk santai di atas motor dan mobil yang diparkir seenaknya di kiri kanan jalan masuk menuju bandara.


Itulah tadi kumpulan soal teks paragraf deskripsi pilihan ganda beserta jawabannya. Apabila ada jawaban yang salah silahkan beritahu kami pada kolom komentar di bawah.


Demikianlah artikel contoh pertanyaan tentang materi deskriptif yang berisi 85 contoh soal pilihan ganda paragraf deskripsi beserta jawabannya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Referensi:

nanialawiyah

wartabahasa

ilmubindo

guru-id

zuhri 

kecilnyaaku

0 comments