Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Contoh Teks/Paragraf Eksposisi - Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Menurut KBBI, eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud dan tujuan (misalnya suatu karangan). Paragraf eksposisi bersifat ilmiah atau non-fiksi.

Karena artikel yang kita bahas tentang contoh teks eksposisi singkat dan strukturnya, maka kita harus tahu dulu apa saja struktur teks eksposisi, yaitu sebagai berikut.
  • Pernyataan pedapat (tesis): bagian gagasan utama mengenai suatu permasalahan berdasarkan fakta.
  • Argumentasi: bagian yang berisi penjelasan secara detail mengenai pernyataan pendapat dan pengungkapan fakta sebagai penjelasan argumen dari si penulis.
  • Penegasan ulang pendapat: bagian ini adalah salah satu penguat dari pendapat serta argumen yang didukung fakta yang ada.

Contoh teks eksposisi yang akan kami berikan tentunya lengkap, ada yang panjang dan pendek yaitu tentang pendidikan, lingkungan, kesehatan, hewan, narkoba, politik, kenakalan remaja, ekonomi, bencana alam, internet, globalisasi, hukum, sekolah dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Teks Eksposisi [LENGKAP]: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri, Unsur Kebahasaan

KUMPULAN Contoh Teks Eksposisi Singkat | Lengkap beserta Strukturnya


Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan


#1 Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia



Pernyataan pendapat (tesis)

Indonesia dengan masyarakat beragama Islam terbanyak di dunia. Pendidikan di Indonesia selama ini kurang menaruhkan nafas-nafas Islam didalamnya. Terdapat kelemahan-kelemahan yang sering mengemuka tentang pendidikan di Indonesia, ialah kualitas yang rendah, manajemen yang amburadul, biaya yang mahal, dan lainnya.

Memang dari segi kuantitas, dunia pendidikan Indonesia menunjukkan banyak peningkatan, namun berbanding terbalik dari segi kualitas. Atas dasar itulah ada benarnya pengumuman lembaga dunia United Nation Development Program (UNDP) bahwa Human Development Index masyarakat Indonesia berada pada urutan ke-112 di bawah Vietnam.

Argumentasi

Alasan yang sering dikemukakan oleh masyarakat yaitu terkait dengan tata cara dan pengawasan yang kurang. Misalkan dengan pendidikan karakter pada masa kini, dengan adanya sistem K 13 apakah bisa membenahi karakter anak-anak Indonesia secara menyeluruh? Pertanyaan itu menjadi PR untuk kita, khususnya kepada jajaran tinggi bangsa ini.

Kita seharusnya mempunyai keinginan untuk memajukan bangsa, salah satunya dengan cara memberi ilmu-ilmu positif kepada anak kecil, memberi nasehat kepada sesama, memberi saran yang tebaik, dan kita harus selalu berperilaku positif, sopan santun dan tidak menimbulkan perpecahan dan perselisihan.

Bangsa Indonesia terkenal dengan keramah-tamahannya. Apakah kita merasa puas dengan pernyataan seperti itu? Padahal, di negara kita sendiri telah terjadi banyak perpecahan dan keributan mengenai hak yang seharusnya dapat diatasi dengan kekeluargaan.

Apakah itu yang dinamakan ramah-tamah? Apakah itu yang dinamakan orang yang berpendidikan Islam? Saat ini sangat perlu kita benahi keadaan kita sebagai bangsa Indonesia.

Kita terlalu sibuk memikirkan jumlah pengeluaran dan pemasukan dan menghiraukan sumber daya pengajaran. Kita hanya membuang-buang duit saja, tetapi pengaruh pendidikan kurang.

Pemerintah harus secepatnya membangun kembali puing-puing dan pondasi yang kuat untuk pendidikan dan peradaban yang baik, serta perlu dibenahi lagi dari permasalahan yang paling kecil.

Pernyataan ulang pendapat

Berdasarkan beberapa argumen tersebut, dapat diketahui dimana kekurangan sebenarnya pendidikan Indonesia. Pendidikan Indonesia hanya mementingkan keadaan luarnya, namun keadaan dalam sangat terpuruk.

Maka daripada itu, kita harus bersama-sama membangun karya membangun pondasi agar bangsa kita tidak semakin terpuruk. Pendidikan akan baik karena adanya sosok guru yang luar biasa. Untuk itu kita harus tingkatkan lagi dan memilih secara intelegensi yang tinggi untuk memilih guru yang sangat baik dan bisa dijadikan panutan.

Guru harus bisa memberi banyak pengaruh kepada muridnya. Sehingga dapat tercapai impian bangsa ini yaitu "Mencerdaskan kehidupan bangsa". Kita majukan bangsa ini dengan pendidikan yang Islami, bukan dengan pendidikan berani.

Sumber: dikaespero.blogspot.com/2015/06/teks-eksposisi-kelemahan-pendidikan.html


Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan


#2 Lingkungan Sekolah



Pernyataan pendapat (tesis)

Lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan oleh warga sekolah. Lingkungan sekolah bisa diartikan sebagai sesuatu yang tampak dan terdapat di sekolah, baik itu alam sekitar maupun individu yang berada di dalamnya.

Argumentasi

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu penunjang keberhasilan kegiatan belajar-mengajar. Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan, tidak membuang sampah di kolong meja, dan melaksanakan tugas piket dengan sebaik-baiknya.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan kegiatan kerja bakti. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dapat dilakukan pada setiap hari Jum'at atau biasa disebut "Jum'at Bersih".

Kebersihan lingkungan sekolah yang paling penting diperhatikan adalah ruang kelas. Kebersihan lingkungan kelas merupakan kewajiban seluruh warga yang berada di kelas.

Walaupaun tugas piket telah dilaksanakan, namun masih saja ada siswa yang tidak mau melaksanakan piket. Sehingga menyebabkan keadaan kelas berantakan. Sampah-sampah berserakan di bawah meja dan kursi tidak beraturan.

Penegasan ulang pendapat

Jika kita ingn mewujudkan suasana belajar yang kondusif, kebersihan lingkungan sekolah perlu diperhatikan oleh setiap warga sekolah itu sendiri. Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat vital dan perlu perhatian lebih.

Sumber: www.mikirbae.com/2015/07/menulis-teks-eksposisi-kebersihan.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan


#3 Manfaat Wortel


Pernyataan pendapat (tesis)

Wortel merupakan salah satu sayur-mayur yang kerap disertakan dalam berbagai macam masakan seperti sup ayam. Di dalam wortel terkandung sekitar 88 air, 1 protein, 1 serat, 1 abu, 7 gula dan 0,2 lemak. Wortel juga banyak mengandung mineral, antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Argumentasi

Ternyata wortel sangat nikmat apabila dibuat menjadi jus. Manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh dapat menjaga kesehatan mata, menghindari penyakit kanker, menghindari rabun senja, dan menyirnakan toksin dalam tubuh.

Penegasan ulang pendapat

Manfaat yang paling utama dari jus wortel yaitu memberikan konsumsi vitamin A pada tubuh sehingga kesehatan mata lebih terpelihara, tidak hanya itu manfaat lainnya dapat dipakai sebagai obat tradisional.

Contoh Teks Eksposisi tentang Bencana


#4 Banjir


Pernyataan pendapat (tesis)

Banjir merupakan peristiwa menggenangnya air dan mengalirnya air ke lahan penduduk yang tidak seharusnya mengalir di tempat tersebut. Banjir dapat merusak rumah, pohon, tanah dan lain-lain. Biasanya air banjir berwarna keruh dan kotor karena berasal dari saluran air yang bercampur aduk dengan sisa pembuangan manusia dan terkadang mengeluarkan bau yang tak sedap.

Argumentasi

Faktor penyebab banjir adalah karena ulah tangan manusia yang lalai dalam menjaga lingkungan di sekitarnya. Biasanya banjir disebabkan karena meluapnya air dari saluran air, sungai, bendungan ataupun tanggul.

Air meluap karena manusia membuang sampah ke saluran air sehingga saluran tersumbat alirannya dan menimbulkan peluapan air ke daerah tempat tinggal penduduk. Oleh karena itu seluruh warga harus menyadari bahwa menjaga lingkungan itu sangat penting yang nantinya dapat menguntungkan bagi kita juga.

Penyebab lain karena menebang atau membakar hutan sembarangan dapat menghabiskan pohon atau lahan hijau. Jika tidak ada pohon atau tanaman, air hujan yang turun tidak dapat diserap karena yang bertugas menyerap air hujan adalah pohon atau tanaman dan karena itu penyebab terjadinya banjir.

Penyebab terakhir yaitu karena curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan banjir tetapi semua itu diawali karena membuang sampah sembarangan, dan menebang atau membakar hutan sembarangan.

Penegasan ulang pendapat

Bencana ini dapat ditanggulangi dengan cara menjaga lingkungan. Tetapi, kita memerlukan sikap gotong royong untuk mengatasi bencana ini. Karena jika mengatasi secara sendiri-sendiri memungkinkan cara kerjanya cukup berat dan sulit.

Maka dengan kerjasama dan gotong royong dapat teratasi dengan mudah. Setelah itu, hasilnya yang didapatpun membuat hidup kita menjadi lebih nyaman karena tidak terjadi lagi banjir.

Sumber: dikaespero.blogspot.com/2015/06/teks-eksposisi-banjir-irna-y.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Hewan


#5 Lebah


Pernyataan pendapat (tesis)

Lebah adalah hewan yang termasuk dalam familia Apiade (ordo hymenoptera) dan masuk dalam kelompok Insecta yaitu kelompok para serangga.

Walaupaun lebah memiliki tubuh kecil mereka mempunyai banyak manfaat mulai dari sarangnya hingga sesuatu yang mereka hasilkan yaitu madu dan semua ini dapat menghasilkan nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Sehingga menjadi bisnis dengan prospek yang cerah dan menguntungkan bagi banyak orang.

Argumentasi

Lebah mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi manusia. Mulai dari madu yang dihasilkan oleh lebah sangat berguna bagi kesehatan manusia karena mengandung natrium, kalsium, magnesium, aluminium, besi, fosfor dan kalium.

Vitamin-vitamin yang ada dalam madu adalah vitamin K, asam folat, biotin, asam pantotenat, niasin, B6, C, B2, B1. Sedangkan enzimnya adalah enzim diastase, lipase, peroksidase, glukosa oksidase, dan invertase.

Selain menghasilkan madu, lebah juga menghasilkan bee pollen yang dapat mengobati radang sendi, rematik, varises dan lain-lain.

Hal tersebut karena bee pollen mengandung 18 asam asam amino, lebih dari 12 vitamin, 28 mineral, enzim dan koenzim yang tak terhitung, 14 asam lemak penting, 11 karbohidrat, dan 25-35% dari beratnya merupakan protein.

Lebah juga menghasilkan royal jelly. Royal jelly adalah makanan ratu lebah sejak berupa larva hingga seumur hidupnya menjadi ratu lebah. Royal jelly mengandung 12,34% protein, 5,46% lemak, 0,82% mineral dan masih banyak lainnya.

Selain manfaat lebah yang telah disebutkan di atas masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya dari lebah. Sebagai contoh rumah lebah dan larva lebah dapat dijadikan bothok atau makanan yang sangat lezat, sehingga tidak ada bagian dari lebah yang terbuang sia-sia.

Penegasan ulang pendapat

Dengan manfaat yang begitu banyak menjadikan produk yang dihasilkan oleh lebah mempunyai harga yang mahal. Dan hal tersebut dapat menjadikan lebah menjadi komoditi yang sangat menguntungkan untuk dibudidayakan maupun dimanfaatkan.

Sumber: dikaespero.blogspot.com/2015/05/teks-eksposisi-lebahakan-menjadi-hewan.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Internet


#6 Kelebihan dan kekurangan Internet


Pernyataan pendapat (tesis)

Internet adalah sistem komunikasi yang seluruh jaringannya saling terhubung, dimana saat ini menjadi viral komunikasi yang digunakan untuk pendidikan, ekonomi, dan sosial.

Argumentasi

Dari segi pendidikan seorang pelajar dapat dengan mudah mencari informasi atau untuk mengembangkan ilmu mereka. Tetapi banyak sekali para pelajar yang menjiplak hasil karya orang lain, lalu mengatakan bahwa itu karyanya.

Dari segi ekonomi seorang pebisnis kecil-kecilan dapat berjualan secara online tanpa harus mengambil sebuah kios untuk berjualan. Hanya saja penjualan lewat online marak dengan penipuan toko online palsu dan kejahatan transaksi kartu kredit.

Dari segi sosial seseorang akan lebih mudah berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau bahkan orang yang belum dikenal melalui media sosial seperti facebook. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang akan hilang sifat sosialnya karena terus berkomunikasi lewat medsos dan melupakan orang-orang di kehidupan nyata.

Penegasan ulang pendapat

Selain internet bermanfaat untuk pendidikan, ekonomi dan sosial. Internet di lain sisi dapat merugikan, bahkan kerugian yang di sebabkan internet dapat lebih dominan dibanding kelebihannya. Disini sebagai pengguna internet kita harus lebih bijak dalam menggunakannya.

Sumber: miiftahuljannah09.blogspot.com/2016/10/contoh-teks-eksposisi-kelebihan-dan.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Politik


#7 Hindari Caleg Pelaku Korupsi


Pernyataan pendapat (tesis)

Parpol atau partai politik yang akan mengikuti pemilu mendatang, harus mempunyai standar pencalonan anggota legislatif yang tegas dan ketat. Kriteria calon legislatif (caleg) mesti jelas dan bisa menjadi instrumen ynag dapat mencegah calon-calon bermasalah masuk.

Argumentasi

Calon yang pernah tersangkut masalah korupsi atau pelanggaran HAM, misalnya, tidak boleh masuk daftar. Hal itu sangat penting agar memastikan wakil rakyat bukan berasal dari orang-orang bermasalah, tetapi figur-figur berintegritas.

Tentu saja masing-masing parpol harus mempunyai mekanisme fit and proper-test-nya sendiri. Soal kriteria tiap parpol tidak harus sama. Namun paling tidak, ada hal-hal prinsip yang mesti digunakan semua parpol dalam menjaring caleg-nya.

Standarisasi caleg sangat penting karena partai mesti membuat kriteria yang jelas dan tegas tentang siapa saja yang layak diusung menjadi caleg partainya. Hal-hal prinsip yang harus dimuat dalam kriteria caleg salah satunya dalah bebas korupsi.

Konsekuensinya, caleg yang punya track record pernah terlibat korupsi tidak boleh lagi diusung menjadi caleg. Selain anti korupsi, yang harus dipertimbangkan lagi adalah sikap moral dari caleg. Bila yang bersangkutan terbukti pernah terlibat perselingkuhan, semestinya tidak boleh diusung sebagai caleg.

Penegasan ulang pendapat

Dengan membuat peraturan agar caleg tidak dari orang yang pernah terlibat korupsi. Maka akan menyelamatkan rakyat banyak, karena jika caleg berasal dari orang yang pernah korupsi maka akan berdampak pada rakyat. Oleh karena itu perlu bagi partai-partai untuk membuat kriteria calegnya yaitu salah satunya bebas korupsi.

Sumber: puspitagitapurnama.blogspot.com/2014/03/contoh-teks-eksposisi-tentang-politik.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Kenakalan Remaja


#8 Kenakalan remaja


Pernyataan pendapat (tesis)

Salah satu permasalah nasional di Indonesia adalah kenakalan remaja yang semakin marak terjadi. Kenakalan remaja didefinisikan sebagai perilaku yang menyimpang dan termasuk sebagai permasalahan yang melibatkan hukum.

Para ahli menyatakan bahwa kenakalan remaja dilakukan oleh remaja berusia 13-18 tahun.

Argumentasi

Banyak faktor pendukung yang membuat remaja bertindak buruk, seperti keluarga yang tak harmonis, bergaul dengan teman yang buruk juga. Kenakalan remaja seperti tawuran, merokok, memakai narkoba dan seks bebas.

Usia remaja merupakan usia bagi seseorang untuk mencari jati dirinya dan masih belum stabil sehingga belum mampu membedakan mana baik dan mana buruk. Dalam usia tersebut seseorang seharusnya tumbuh dengan dibarengi oleh pendidikan yang baik dan didampingi orangtua dalam menjalani masa remajanya.

Penegasan ulang pendapat

Perkembangan remaja harus diarahkan ke arah yang positif dengan didampingi orangtua dan pendidikan yang baik. Dengan melakukan hal tersebut kenakalan remaja dapat diatasi sedikit demi sedikit.

Sumber: onlinestud.blogspot.com/2014/06/contoh-teks-eksposisi-kenakalan-remaja.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Globalisasi


#9 Globalisasi Teknologi


Pernyataan pendapat (tesis)

Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat membuat bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi. Teknologi informasi dalam perubahan cara pandang menjadi ujung tombak berbagai perubahan lain yang dirasakan manusia saat ini. Namun, perubahan apa yang telah berjalan? Siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan?

Argumentasi

Pembicaraan mengenai globalisasi adalah pembicaraan mengenai topik yang amat luas yang melingkupi aspek dasar kehidupan manusia dari politik, budaya, ekonomi, dan sosial.

Globalisasi di bidang ekonomi barangkali menjadi acuan dan sekaligus menjadi contoh paling jelas menggambarkan bagaimana sebuah kebijakan global bisa berdampak pada banyak orang di tingkat lokal, sementara wacana globalisasi dalam hal lain mungkin tidak begitu mudah diamati secara jelas.

Contoh yang bisa diangkat seperti perdagangan internasional, kebijakan dana moneter internasionl hingga izin operasi perusahaan multi nasional yang menunjukkan bahwa mata rantai dampaknya pada akirnya akan berakhir pada pelaku ekonomi lokal baik positif maupun negatif.

Desain globalisasi ekonomi pada awalnya dinilai beritikad positif yaitu menaikkan kinerja finansial negara-negara yang dianggap masih terbelakang secara ekonomi dengan melakukan perdagangan dan kebijakan industri.

Namun , dampak negatifnya ketika penyesuaian kebijakan global itu tidak bisa dilakukan di tingkat lokal. Situasi menang-menang yang ingin dicapai berubah menjadi situasi kalah-menang yang tak terhindarkan bagi pelaku ekonomi lokal.

Maka tak heran apabila kemudian sebagian merasa bahwa isu globalisasi berhembus ke arah negatif yaitu globalisasi hanya menguntungkan mereka yang sudah lebih dulu kuat secara ekonomi dan punya infrastruktur untuk melanggengkan dominasi ekonominya, sementara negara yang terbelakang hanya merasakan dampak positif globalilasi yang artifisial, namun sebenarnya tetap ditinggalkan.

Penegasan ulang pendapat

Nampaknya, apapun esensi perdebatannya, yang ada di depan mata adalah berjalanya proses globalisasi di hampir segala bidang tanpa bisa terhentikan.

Sumber: mubt4.blogspot.com/2015/01/teks-eksposisi.html

Contoh Teks Eksposisi tentang Hukum


#10 Realita Hukum di Indonesia


Pernyataan pendapat (tesis)

Hukum di Indonesia sebenarnya telah diatur pada Undang-undang yang secara tegas mengatur hukuman bagi pelaku tindak kejahatan. Namun, realitanya seringkali terjadi ketidakadilan hukum yang merugikan banyak orang. Hukum di dalam undang-undang boleh saja tegas, namun menjadi tumpul bila berhadapan dengan koruptor, itulah kenyataan saat ini.

Argumentasi

Bukan rahasia umum lagi bahwa para koruptor mendapatkan hukuman yang tingkatannya tergolong ringan, bahkan ada koruptor yang menerima fasilitas mewah padahal sudah merampas uang rakyat.

Seringkali kita menonton berita bahwa seorang maling kecil dihajar massa hingga tewas. Namun berbanding terbalik dengan para koruptor di negeri ini yang ketawa-ketawa setelah ditangkap KPK.

Penegasan ulang pendapat

Hukum di Indonesia bisa dikatakan hanya tajam di bawah, namun tumpul ke atas. Sebut saja kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena mencuri kayu, ia terancam hukuman 5 tahun penjara. Sungguh tidak adil memang jika dibandingkan yang diterima para koruptor.

Sumber: www.skipnesia.com/2016/01/kumpulan-contoh-teks-eksposisi-lengkap.html

Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksposisi SINGKAT Kesehatan / Ekonomi / Politik

Demikianlah artikel hari ini tentang Kumpulan Contoh Karangan Eksposisi Singkat dan Lengkap beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih. 

KLIK UNTUK BERKOMENTAR