Type something and hit enter

Posted by On

Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Pengertian teks deskripsi menurut Parera adalah suatu bentuk karangan yang hidup dan berpengaruh. Untuk mempermudah memahami teks, kami akan memberikan contoh teks deskripsi berbagai tema dan strukturnya lengkap.


Adapun contoh karangan deskripsi ada yang panjang dan pendek/singkat dan ada juga contoh teks deskripsi bertema tempat wisata alam, hewan, sekolah dan lainnya.


Baca juga: Materi Teks Deskripsi Terlengkap


Contoh Teks Deskripsi Berbagai Tema Singkat

contoh teks deskripsi berbagai tema


1. Kampung Coklat


Sebuah area budidaya tumbuhan coklat di kecamatan Kademangan, Blitar akhir-akhir ini ramai dikunjungi oleh masyarakat. Namanya Kampung Coklat. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan suatu wilayah budidaya coklat. Hanya perlu waktu 10 menit dari Pasar Kademangan untuk sampai di tempat ini. Memasuki wilayah Kampung Coklat akan banyak beberapa bendera berukuran kecil berjejer di pinggir jalan bertuliskan Kampung Coklat. 


Kendaraan bermotor akan diarahkan untuk diparkir di area depan. Untuk memasuki tempat pembelian tiket, pengunjung harus melewati tempat parkir dan tentunya sebuah lahan luas berlantai semen yang digunakan untuk menjemur biji kakao ini


Pengunjung akan membeli tiket terlebih dahulu di sebelah kanan pintu masuk. Dengan membayar senilai 5 ribu rupiah, pengunjung bisa memasuki pintu gerbang Kampung Coklat yang unik. Disebut unik karena pengunjung akan melewati karpet merah yang digelar di pintu gerbang masuk. 


Di sebelah kanan gapura, terdapat sebuah kafe yang menyuguhkan berbagai olahan coklat. Hiasan unik seperti guyuran cairan coklat di sebuah meja menjadi daya tarik pengunjung. Pengunjung juga akan disuguhi tempat duduk nyaman yang berjejer di bawah pohon coklat


Area pembibitan kebun coklat berada di lahan luas sebelah kiri dari kursi yang berjejer. Pengunjung dapat berjalan melihat proses penanaman dan perawatan tanaman coklat. Disana juga tersedia papan besar bertuliskan Kampung Coklat. 


Banyak pengunjung yang menjadikan tempat tersebut sebagai latar belakang untuk berfoto. Selain itu, area Kebun Coklat yang luas tersebut juga menyediakan minuman berbahan coklat. Letak kedai coklat berada di bagian utara atau di sebelah kolam ikan dan mushola


Berbagai olahan coklat dapat dibeli di area Kampung Coklat ini. Ada sebuah galeri kecil yang menjual berbagai olahan coklat yang diproduksi oleh Kampung Coklat. Pengunjung dapat merasakan coklat manis olahan secara gratis sebelum membelinya karena disediakan testernya


2. Sekolahku


Sekolahku adalah salah satu sekolah yang berada di tempat yang terpencil. Meski di tempat terpencil, namun sekolahku memiliki bangunan yang cukup megah. Sekolahku memiliki 8 ruang utama dengan satu halaman sebagai lapangan olahraga dan untuk upacara bendera. 


Untuk sekelas sekolah di daerah terpencil, sekolah ku cukup memiliki fasilitas yang lengkap. Di sekolahku ada perpustakaan, ruang UKS dan tentu juga ada laboratorium meski masih sangat sederhana. 


Meski lokasinya tak begitu luas, sekolahku bisa dikatakan sebagai sekolah yang ideal. Halaman sekolah masih menggunakan tanah, namun itu sangat bagus karena bisa menyerap panas sehingga di sekolahku tidak begitu panas.


3. Rumah Sakit Ibu


Rumah Sakit Ibu adalah salah satu rumah sakit yang berada di kota Surakaya. Rumah Sakit Ibu ini termasuk rumah sakit dengan kriteria yang sangat bagus. Terutama bangunannya, rumah sakit ibu memiliki banyak fasilitas yang mendukung. 


Rumah Sakit Ibu melayani persalinan, operasi penyakit kewanitaan dan penyakit lainnya yang biasa menimpa wanita. Rumah Sakit Ibu memiliki 8 ruang utama, dengan 3 lantai. Luas lokasi Rumah Sakit Ibu adalah 1000 m2 dengan lokasi berada di tempat yang sepi sehingga lebih tenang.


4. Stadion

contoh teks deskripsi stadion

Di kotaku ada pembangunan stadion baru untuk menggelar sepakbola yang memang memiliki banyak peminat. Stadion baru tersebut memiliki kapasitas penduduk sebesar 50.000 seat. Dengan desain modern, stadion baru tersebut memiliki teknologi visual yang sangat bagus sehingga bisa menyajikan replay yang sempurna. 


Kualitas rumput juga sangat bagus, rata dan selalu hijau. Selain itu, stadion baru tersebut juga memiliki ruang meeting wartawan yang sangat modern dilengkapi dengan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Kualitas tempat duduknya juga sudah modern dengan one seat.


5. Hotel Trenggalek


Hotel Trenggalek adalah salah satu hotel yang ada di kota Trenggalek. Hotel Trenggalek memiliki kamar sebanyak 25 kamar dengan masing2 kamar dilengkapi dengan fasilitas kelas kakap. Di dalam masing-masing kamar tersebut terdapat perlengkapan mewah seperti jacuzy, ruang many pady, ruang nonton film yang kedap suara dan juga ada dapur dengan perlengkapan yang mumpuni. 


Selain itu, suasana di Hotel Trenggalek juga sangat nyaman, dengan mengutamakan green location, Hotel Trenggalek memiliki tempat yang rindang dipenuhi pepohonan yang hijau.


6. Pantai Prigi


Pantai Prigi adalah salah satu tempat wisata Trenggalek yang sangat populer. Panai Prigi termasuk tempat tujuan wisata Trenggalek yang indah dengan aktifitas nelayan yang padat. Pantai Prigi memiliki garis pantai yang panjang, pepohonan hijau beriringan menghiasi pinggiran pantai prigi. 


Riak-riak ombak selalu menghias lautan pantai prigi yang berwarna biru. Semilir angin yang dingin juga menjadi ciri khas pantai prigi membuat semakin nyaman. Pantai Prigi juga memiliki tempat pelelangan ikan yang besar, sehingga kita bisa mendapatkan ikan segar jika berkunjung ke Pantai Prigi.


7. Gunung Gemblung


Gunung Gemblung juka termasuk salah satu tempat wisata trenggalek yang sangat populer. Gunung Gemblung merupakan sebua gunung yang sangat banyak pepohonan di dalamnya sehingga sangat asri dan begitu adem. 


Di Gunung Gemblung yang paling menarik adalah adanya Goa Sriti yang merupakan salah satu spot utama untuk berselfie. Selain Goa Sriti juga ada sungai kecil dengan air yang tetap mengalir meski jarang hujan. 


Tebing yang kokoh berdiri juga bisa menjadi kelebihan yang bisa digunakan untuk berselfie ria. Selain itu juga ada rumah pohon yang berjumlah dua untuk melihat keindahan sekitar Gunung Gemblung.


8. Bendungan Ngangin


Bendungan Ngangin adalah bendungan baru yang sangat bermanfaat untuk masyarakat di desa Ngangin. Bendungan ini memiliki luas mencapai 100 hektare dengan kapasitas air yang sangat banyak. Bendungan Ngangin ini dibangun dengan teknologi modern dengan pintu air yang bisa dikendalikan dengan panel elektronik. 


Bendungan Ngangin ini dimanfaatkan untuk mengairi ladang dan sawah penduduk desa Ngangin. Bendungan Ngangin dibangun pada pertengahan tahun 2015 dan sampai sekarang masih menjadi ikon utama desa Ngangin.


9. Pantai Gunung Payung


Pantai Gunung Payung adalah sebuah pantai yang terletak di desa Kutuh, Bali. Tepatnya berada di pantai selatan pulau Bali sebelah timur pantai Pandawa yang terkenal itu. Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dengan pantai Pandawa. 


Pantai ini tidak terletak di gunung, melainkan dinamakan karena berada di kawasan Pura Gunung Payung. Harga tiket masuknya tergolong murah bagi wisatawan lokal. Saat memasuki kawasan ini, Anda akan disuguhkan oleh hamparan lapangan golf di sisi kiri dan kanan jalan yang amat hijau menyejukkan mata. 


Sesampainya di tempat parkir, terdapat pedagang yang tertata rapi yang dibelakangnya terdapat wantilan (balai) berukuran besar yang dilatar belakangi kemegahan Pura Gunung Payung. 


Tempat ini sangat tertata. Tempat parkirnya sudah di paving dan masih terdapat beberapa konstruksi untuk mengembangkan pantai ini. Terdapat toilet yang bersih dan rapi di sebelah pura. 


Untuk memasuki kawasan pantai, Anda harus melewati jalan setapak mengitari amfiteater (yang saat ini masih dalam pengerjaan) yang di sisi kanan dan kiri terdapat tebing kapur dengan tanaman lee kuan yew yang menjuntai. Sungguh indah. 


Setelah beberapa meter berjalan, Anda dapat langsung menikmati panorama pantai Gunung Payung dari atas tebing. Sungguh menakjubkan! Untuk menuju pantai, Anda harus melewati puluhan anak tangga yang berliku-liku. Cukup menantang. 


Namun sesampai di bawah, rasa lelah terbayarkan dengan keindahan pasir pantai yang putih dan air pantai yang bersih bening. Pantai ini tergolong baru dikembangkan jadi tidak terlalu ramai.


10. Ruangan Kerjaku


Ruangan kerjaku sekaligus tempat tidurku sangat nyaman. Berukuran 7 x 8 meter sehingga sangat lapang dan nyaman ditempati. Saya melakukan bisnis online sehingga saya bisa melakukannya dimana saja termasuk di ruangan yang berada di lantai tiga ini. 


Terdapat kaca jendela besar menghadap ke timur sehingga saya bisa menikmati matahari pagi dan suasana pagi yang cerah. Tempat tidurku berada di pojok kamar menghadap ke selatan. 


Saya memilih tempat tidur single bed supaya tidak memakan banyak tempat. Meja kerjaku menghadap langsung ke jendela supaya saya mendapatkan pandangan luas yang mungkin saja bisa memberiku inspirasi. 


Di pojok lainnya terdapat rak buku yang berisi koleksi buku favoritku mulai dari majalah, buku teks, biografi, novel, sampai non fiksi. Di sebelahnya juga terdapat televisi yang dilengkapi home theater bahkan Playstation 4 untuk hiburan sejenak. Di dekat tempat tidur terdapat lemari es kecil untuk menyimpan minuman dingin atau cemilan.


11. Rumah Ahmad

contoh teks deskripsi rumah

Rumah Ahmad terletak di depan rumahku, yang mana di halaman rumahnya terdapat pohon mangga yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga indah menghiasi depan rumah Ahmad.

   

Dinding rumah Ahmad berwarna putih dengan pintu dan jendela yang berwarna hijau. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah Ahmad sangat enak dipandang.Di dalam rumah Ahmad posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua tertata rapi.


Lantainya bersih serta harum ruangannya membuat orang yang singgah mau berlama-lama di dalamnya.


12. Kelas Kami Tercinta

 

Kelas VII-C sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan. Meskipun tidak begitu luas, hanya sekitar 6×7 m2, kelas ini sangatlah bersih.

  

Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap.Kami memiliki tiga puluh buah kursi dan meja. Di depan, terdapat papan tulis, terdapat meja guru dan lemari besar.

   

Dinding kelas yang putih dan bersih dihiasi oleh gambar-gambar pahlawan, foto presiden, lambang Pancasila, dan kata-kata motivasi. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan puisi, pantun, dan kata-kata mutiara karya kami semua.


Itulah kelas kami, kelas yang sangat bersih dan lengkap. Kami nyaman dalam belajar untuk menyongsong masa depan kami.


13. Blacky


Aku memiliki kucing bernama Blacky, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus. Blacky sangat suka bermain bola dan gemar memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Itulah Blacky kucing kesayanganku.


14. Kantin Sekolahku


Kantin sekolah ku terletak di bagian paling selatan sekolah, tepatnya di samping lapangan tenis. Di dalam kantin sekolah terdapat penjual jajanan dan nasi. Kantin sekolahku memiliki banyak meja dan kursi. Kantin sekolahku selalu ramai di jam istirahat tiba. 


Biasanya anak-anak datang untuk membeli makanan dan minuman. Banyak makanan yang dijual di kantin sekolahku seperti nasi goreng, bakso, dan pecel. Selain itu ada pula penjual es dan juga jajanan ringan.

    

Setiap stand menjual jajanan yang berbeda dan harganya pun bervariasi. Pada setiap sisi ruangan terdapat slogan yang mengajak untuk selalu menjaga kebersihan. Kalau dilihat dari segi kebersihan kantin sekolah ini terlihat bersih dan tertata rapi. Selain itu, pemilik stand yang ramah membuat kantin sekolah ini selalu ramai pada saat jam istirahat.


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks deskripsi berbagai tema yang panjang dan pendek/singkat beserta struktur lengkapnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments