Type something and hit enter

Posted by On
Pada artikel kali ini, Materibindo.com akan membagikan contoh teks eksplanasi tsunami Aceh beserta strukturnya.

Secara bahasa, pengertian tsunami adalah peristiwa alam berupa meluapnya air laut ke daratan secara tiba-tiba disebabkan oleh gempa bumi yang terjadi di lautan.

Salah satu contoh teks eksplanasi tentang tsunami adalah yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 yang menelan korban 220.000 orang akibat gempa tektonik laut.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Aceh beserta Strukturnya

Sebelumnya kami juga sudah membagikan kumpulan contoh teks eksplanasi bencana alam yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Baca contoh lainnya: Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi dan apa saja strukturnya.

Pengertian teks eksplanasi menurut Restuti (2013:85) adalah teks yang menjelaskan atau menerangkan mengenai proses atau fenomena alam maupun fenomena sosial.

Adapun struktur teks eksplanasi terbagi atas 3 (tiga) jenis, yaitu: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi yang boleh ada boleh tidak.

Penjelasan-penjelasan lebih jauh mengenai teks eksplanasi mulai dari pengertian, struktur, ciri, tujuan, jenis dan kaidah bisa kalian lihat pada artikel kami di bawah ini.

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah: Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Jenis

Berikut contoh teks eksplanasi tentang tsunami beserta strukturnya lengkap.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Tsunami di Aceh dan Strukturnya


1. Pernyataan umum


Pada tanggal 26 Desember 2004, terjadi bencana alam besar di Aceh yang menggemparkan seluruh dunia, yaitu bencana tsunami. Tsunami adalah serangkaian gelombang laut dengan kecepatan tinggi. Tsunami berasal dari bahasa Jepang yakni "tsu" artinya pelabuhan dan "nami" artinya gelombang.

2. Deretan penjelas


Bencana alam tsunami terjadi karena gangguan yang sifatnya tiba-tiba dari dasar laut. Gangguan itu dapat berupa letusan gunung berapi, pergeseran lempeng bumi, dan jatuhnya meteor. Gangguan-gangguan tersebutlah, permukaan dasar laut bergerak naik turun sehingga air mencari keseimbangan dan terjadilah peristiwa alam tsunami.

Biasanya, sebelum terjadinya tsunami, ditandai dengan air surut secara tiba-tiba, adanya gempa, dan banyaknya ikan di pantai. Tsunami mengakibatkan kehancuran, baik untuk manusia maupun alam disekitarnya. Seperti memakan banyak korban jiwa, hilangnya harta benda, menghancurkan bangunan-bangunan yang ada, dan merusak alam.

Ada beberapa cara agar memperkecil kemungkinan terjadinya tsunami, yaitu dengan menanam bakau dan membangun tembok penahan tsunami di garis-garis pantai.

3. Intepretasi


Tsunami dapat datang di pantai kapan saja. Sebagian besar peristiwa alam ini merugikan manusia. Namun ada pula gelombang yang tidak terlalu besar sehingga tidak banyak berdampak kepada manusia. Karena tsunami dapat datang kapan saja, kita harus selalu waspada, terutama bagi yang tinggal di dekat pantai. Apabila terdapat tanda-tandanya, segera mengungsi ke tempat lebih tinggi dan yang aman.

***

Itulah tadi salah satu contoh teks eksplanasi singkat tentang tsunami yakni yang terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004.

Demikianlah artikel tentang contoh teks eksplanasi tsunami Aceh beserta strukturnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: blogdarisaya.blogspot.com/2014/02/contoh-teks-eksplanasi.html

0 comments