Type something and hit enter

Posted by On
Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial - Selamat datang di situs materi Bahasa Indonesia, pada artikel hari ini kita akan mempelajari contoh teks eksplanasi fenomena sosial beserta strukturnya. Sebelumnya kami juga telah memberikan beberapa contoh teks eksplanasi fenomena alam yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Adapun beberapa contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial yang akan kami bagikan meliputi gotong royong, kemiskinan, pengangguran, kepadatan penduduk, korupsi, sampah, kemacetan, tawuran antar pelajar, begal dan geng motor.

10+ Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial beserta Strukturnya
Contoh teks eksplanasi fenomena sosial

Sebelum kami mulai membagikan contoh-contoh teks ekplanasi tersebut, pertama-tama kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Pengertian teks eksplanasi menurut Mahsun, dibuat berdasarkan kejadian nyata dan fakta bukan berdasarkan khayalan penulis.

Teks eksplanasi berisi dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang menunjukkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan interpretasi (penutup).

Adapun tujuan dibuatnya teks eksplanasi untuk menjelaskan serangkaian proses dari suatu peristiwa atau fenomena alam/sosial atau memberikan informasi kepada pembaca.

Hal-hal terkait dengan pengertian, struktur, ciri, kaidah kebahasaan teks eksplanasi dapat dilihat pada artikel kami sebelumnya di bawah ini.

Baca juga: Teks Eksplanasi Lengkap yang meliputi pengertian, struktur, ciri, tujuan, jenis dan kaidah kebahasaannya.

Berikut ini merupakan 10 (sepuluh) contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial dan strukturnya.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial Singkat beserta Strukturnya


1. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Gotong royong

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Gotong royong

Pernyataan umum


Gotong royong adalah aktivitas sosial yang berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan. Dalam gotong royong dapat diambil sebuah pelajaran bahwa suatu permasalahan akan mudah diselesaikan bila dikerjakan bersama.

Deretan penjelas


Gotong royong yang dilaksanakan untuk kepentingan publik. Contohnya adalah kerja bakti mendirikan pos ronda. Gotong royong juga dilaksanakan untuk kepentingan personal. Contohnya, ada seorang warga yang mengadakan hajatan, maka warga yang lain ikut membantu.

Interpretasi


Dalam budaya gotong royong dapat diambil pelajaran bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan manusia merupakan makhluk sosial.

2. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Geng Motor


Pernyataan umum 


Geng motor adalah sekumpulan orang atau kelompok yang mengendarai motor sebagai pemersatunya dan biasanya mengarah ke hal-hal negatif. Sebutan geng motor ini selalu memberikan citra buruk yang biasanya identik dengan tindakan kriminal.

Deretan penjelas


Anggota geng motor biasanya adalah anak remaja maupun orang dewasa. Penyebab banyak anak remaja yang ikut geng motor karena kurangnya perhatian dari orang tua.

Akhir-akhir ini banyak berita tentang geng motor yang meresahkan warga di berbagai daerah. Biasanya mereka melakukan sesuatu hal negatif seperti memalak orang sampai membegal.

Interpretasi


Walaupun begitu, geng motor dapat diberantas oleh pihak berwajib dengan mempertegas keamanan di Indonesia. Para warga juga harus aktif untuk membubarkan sendiri apabila melihat perkumpulan geng motor di jalanan.

3. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial tentang Begal


Pernyataan umum


Nyaris setiap hari terjadi pembegalan motor di berbagai daerah, hampir setiap hari pula polisi meringkus dan menembak mati penjahat jalanan tersebut. Namun, kejahatan jalanan terus saja terjadi, mati satu tumbuh seribu.

Deretan penjelas


Fenomena begal sesungguhnya tidak bisa dipandang dari sisi keamanan saja. Berbagai analisis menyebutkan, kejahatan lahir dari banyak sebab. Persoalan ekonomi, sosial, pendidikan, dan gaya hidup kerap berkorelasi dengan munculnya kriminalitas.

Bila kita lihat sejumlah tersangka yang ditangkap polisi, rata-rata berusia muda, bahkan ada yang berstatus pelajar.

Interpretasi


Begal tidak hanya persoalan dari polisi, melainkan juga masalah sosial. Pemerintah dan seluruh komponen bangsa harus ikut bertanggung jawab. Pendidikan di dalam rumah, adalah yang paling berperan untuk membentuk karakter anak di samping pendidikan di sekolah.

4. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Tawuran antar Pelajar

Contoh Teks Eksplanasi Fen omena Sosial Tawuran antar Pelajar
Sumber: detik.com

Pernyataan umum


Tawuran antar pelajar adalah suatu fenomena bentrokan fisik karena adanya konflik antar kelompok pelajar. Ada tiga jenis tawuran antar pelajar. Pertama tawuran besar, kedua tawuran antar basis, ketiga tawuran pelajar yang melibatkan warga.

Deretan penjelas


Biasanya tawuran antar pelajar menyebabkan kematian dan luka berat. Tawuran juga dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan, kaca gedung atau rumah yang terkena lemparan batu.

Dalam aspek mental tawuran dapat menyebabkan trauma para siswa yang menjadi korban, merusak mental dan dapat menurunkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Interpretasi


Solusi mengatasi tawuran antar pelajar adalah dengan melibatkan guru, sekolah, dan orang tua. Peran sekolah dan orang tua juga dapat meminimalisir terjadinya tawuran antar pelajar dengan membekali anak pendidikan agama dan juga selalu memberi perhatian kepadanya.

5. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Kemacetan Lalu Lintas


Pernyataan umum


Kemacetan adalah situasi tersendatnya lalu lintas kendaraan disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Deretan penjelas


Hampir semua jalan di Jakarta mengalami kemacetan yang membuat warganya kesal, pusing dan uring-uringan akibat kemacetan yang terjadi. Dengan meningkat pesatnya jumlah kendaraan tetapi tidak dibarengi dengan perluasan jalan.

Selain itu, faktor yang menyebabkan kemacetan adalah banyak pengendara yang tidak disiplin dan tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Interpretasi


Berbagai cara telah pemerintah lakukan untuk mengurangi kemacetan, tetapi kemacetan tetap terjadi juga. Harus ada kesadaran dalam diri pengendara untuk selalu disiplin mematuhi peraturan lalu lintas dan juga mengurangi memakai kendaraan pribadi.

Pakailah kendaraan umum seperit Trans Jakarta agar tidak membuat jalan semakin macet.

6. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Sampah


Pernyataan umum


Sampah adalah barang atau benda yang tidak dipakai lagi, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Sampah terbagi menjadi dua jenis, dilihat dari sifatnya yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Deretan penjelas


Beberapa dampak yang dapat ditimbulkan oleh sampah adalah penyakit ,banjir dan longsor. Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau yang tak sedap sehingga mencemari udara sehingga dihinggapi lalat, kemduian muncullah organisme-organisme yang tidak diinginkan seperti penyakit muntaber dan DBD.

Interpretasi


Untuk itu kita sebagai makhluk sosial, marilah kita menjaga lingkungan kita, dimulai dari membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik yng kita buang pada tempatnya, dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kompos, sementara sampah anorganik dapat dijual kemudian diolah.

7. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial tentang Korupsi


Pernyataan umum


Korupsi adalah penyalahgunaan jabatan untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk jabatan resmi pemerintah rentan korupsi dalam prakteknya.

Beratnya korupsi pun berbeda-beda, dari yang paling ringan yaitu penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi - menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan dan sebagainya.

Deretan penjelas


Korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk hal sepele atau berat, terorganisasi atau tidak. Walau korupsi sering memudahkan kegiatan kriminal seperti penjualan narkoba, pencucian uang, hingga prostitusi, korupsi itu sendiri tak terbatas dalam hal-hal ini saja.

Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar memenuhi unsur-unsur berikut: perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi, dan merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Jenis tindak korupsi diantaranya adalah memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan), penggelapan dalam jabatan, pemerasan dalam jabatan, ikut serta dalam pengadaan (bagi pns/penyelenggara negara), dan menerima gratifikasi (bagi pns/penyelenggara negara).

8. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Pengangguran


Pernyataan umum


Pengangguran adalah salah satu fenomena sosial yang dialami oleh berbagai negara, termasuk Indonesia dan harus cepat diatasi. Pengangguran menyebabkan kemiskinan di Indonesia semakin banyak.

Deretan penjelas


Dampak penyebab terjadinya pengangguran adalah kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia dan rendahnya status pendidikan. Penyebab terjadinya pengangguran tidak hanya masalah kurangnya lapangan pekerjaan tetapi juga masalah krisis ekonomi dan tidak adanya pelatihan bagi orang yang pengangguran.

Interpretasi


Oleh karena itu pengangguran di Indonesia harus segera diatasi. Dengan cara menyediakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya dan menyediakan pelatihan bagi orang yang baru lulus sekolah agar bisa membuat usaha sendiri dan dapat mempekerjakan orang lain agar kemiskinan di Indonesia tidak bertambah.

9. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Kemiskinan

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Kemiskinan

Pernyataan umum


Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah/ di bawah UMR. Dengan pendapatan yang rendah, masyarakat tidak mampu mencukupi kebutuhan pokoknya seperti makan, minum, tempat tinggal dan pendidikan yang tinggi.

Kemiskinan terjadi tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Banyak negara berkembang yang memiliki masalah yang sama yaitu kemiskinan.

Deretan penjelas


Banyak faktor penyebab terjadinya kemiskinan. Faktor yang pertama adalah faktor keterbatasan alat kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Faktor perilaku konsumtif, mementingkan gengsi daripada kebutuhan ,dan penggunaan uang yang tidak sesuai pemasukan yang diterima.

Faktor struktur sosial lebih mengarah turun-temurun itu sendiri. Orang tua yang miskin kemungkinan tidak bisa membiayai pendidikan anak-anaknya sehingga anak-anaknya tidak dapat mengenyam pendidikan yang layak.

Interpretasi


Banyak hal yang dapat dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi masalah kemiskinan. Mulai dari pemerintah dengan menaikkan upah minimum kerja (UMR), menyediakan lapangan pekerjaan, memberikan pendidikan gratis, menyediakan tempat tinggal dengan harga terjangkau.

10. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Kepadatan Penduduk


Pernyataan umum


Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang mendiami suatu negara atau wilayah tertentu dengan satuan per kilometer persegi. Ciri-ciri kepadatan penduduk adalah tingginya pertumbuhan penduduk yang terus berjalan dan meningkatnya jumlah pemukiman di daerah tersebut.

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk terbesar ke empat setelah Amerika Serikat. Jumlah penduduk Indonesia selalu bertambah dari tahun ke tahun, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan 250 juta jiwa.

Deretan penjelas


Masalah kepadatan penduduk ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu mulai dari para remaja yang nikah muda, pola pikir masyarakat rendah, pergaulan bebas dan kriminalitas yang tinggi.

Dan adapun akibat yang ditimbulkan dari kepadatan penduduk adalah kebutuhan air bersih dan udara bersih meningkat, berkurangnya ketersediaan lahan dan kerusakan lingkungan.

Interpretasi


Cara mengatasi kepadatan penduduk agar tidak semakin meningkat ada beberapa solusi, yaitu melaksanakan program KB untuk membatasi jumlah anak dalam satu keluarga, menunda masa perkawinan, penambahan dan penciptaan lapangan kerja, meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan, melaksanakan program transmigrasi serta meningkatkan produksi dan pencarian sumber makanan.

Itulah tadi 10 (sepuluh) contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial singkat beserta strukturnya. Kami juga telah membagikan beberapa contoh teks eksplanasi fenomena sosial budaya yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Budaya Singkat beserta Strukturnya

Demikianlah artikel tentang contoh teks eksplanasi fenomena sosial beserta strukturnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments