Type something and hit enter

Posted by On
Teks eksplanasi merupakan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI/11 - Artikel ini membahas struktur teks eksplanasi, pengertian, tujuan, jenis-jenis, kaidah kebahasaan, dan ciri-ciri teks eksplanasi.

Pernahkah kalian membaca berita atau teks mengenai bencana alam misalnya tsunami atau gempa bumi? Tahukah kalian jika teks yang kalian baca itu disebut dengan teks eksplanasi.


Jadi, apa itu teks eksplanasi? Menurut para ahli, yang salah satunya kami kutip dari Mahsun,

Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang disusun dengan struktur yang terdiri dari bagian-bagian seperti pernyataan umum atau pembukaan, deretan penjelas atau isi, dan juga interpretasi atau penutup.

Sedangkan struktur teks eksplanasi adalah pernyataan umum, urutan alasan logis.

Adapun contoh teks eksplanasi yaitu teks yang menjelaskan proses hantaran listrik, terjadinya gerhana matahari, proses terjadinya hujan, proses terjadinya polusi tanah, proses rusaknya paru-paru karena asap rokok.

Nah, kalian sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi. Selanjutnya, kami akan menjabarkan secara detail apa-apa saja yang patut untuk dituang dalam artikel pada hari yang cerah ini.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Budaya beserta Strukturnya

Teks Eksplanasi [LENGKAP]: Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah

Pengertian Teks Eksplanasi


Definisi teks eksplanasi secara umum:

Teks Eksplanasi merupakan suatu teks yang menjelaskan atau menerangkan tentang proses "apa", "mengapa", dan "bagaimana" terbentuknya atau terjadinya suatu fenomena, baik fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya bisa terjadi. 

Pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa atau kejadian terjadi karena adanya peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatan peristiwa yang lain sesudahnya.

Misalnya teks yang menjelaskan bagaimana terjadinya gerhana bulan, bagaimana terjadinya kenakalan remaja, mengapa kebudayaan bangsa Indonesia mulai ditinggalkan oleh remaja generasi sekarang dan masih banyak lagi.

Sedangkan pengertian teks eksplanasi menurut para ahli adalah:

The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651


Teks eksplanasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Explanation Text adalah suatu teks yang isinya tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lain sebagainya.

Restuti (2013:85)


Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan atau menerangkan mengenai proses atau fenomena alam maupun fenomena sosial.

Mahsun (2013:189)


Eksplanasi adalah teks yang berisi dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang menunjukkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan interpretasi (penutup).

Teks eksplanasi dibuat berdasarkan kejadian nyata dan fakta bukan berdasarkan khayalan penulis. Teks ini disusun dengan mengumpulkan berbagai data-data melalui wawancara, penelitian, atau membaca dari berbagai sumber.

Data yang sudah ada harus dibandingkan dengan data-data lainnya, itulah mengapa diperlukan lebih dari 1 data untuk membuat sebuah informasi dalam teks ini menjadi lebih akurat.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Back to Content ↑

Tujuan Teks Eksplanasi


Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan atau menerangkan serangkaian proses dari suatu peristiwa atau fenomena alam maupun sosiokultural atau memberikan informasi kepada pembaca, bukan ajakan untuk melakukan sesuatu.

Back to Content ↑

Struktur Teks Eksplanasi


Jelaskan struktur teks eksplanasi? Pembahasan kedua kita yaitu mengenai strukturnya, yang meliputi pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Penjelasan singkatnya sebagai berikut.

Pernyataan Umum


Berisi mengenai penjelasan umum tentang fenomena-fenomena, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau juga penjelasannya. Penjelasan yang akan dituliskan pada teks ini berupa gambaran secara umum tentang "apa", "mengapa", dan "bagaimana" sesuatu itu bisa terjadi.

Deretan Penjelas/sebab-akibat


Berisi tentang penjelasan mengenai proses mengapa fenomena tersebut dapat terjadi atau tercipta dan bagian ini terdiri lebih dari satu paragraf. Bagian ini merincikan dan mendeskripsikan penyebab serta akibat dari sebuah bencana alam yang sudah terjadi.

Interpretasi (opsional)


Bagian ini diartikan juga sebagai teks penutup yang bersifat pilihan, bukan suatu keharusan ada bagian ini. Teks penutup maksudnya adalah kesimpulan atau intisari yang dapat kita ambil dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya berupa tanggapan maupun mengambil sebuah kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut. (Mahsun (2013:189).

Back to Content ↑

Jenis-jenis Teks Eksplanasi


Menurut Wahidi (2009), teks eksplanasi terdiri dari beberapa jenis diantaranya sebagai berikut.
  1. Teks Eksplanasi penjelasan "Bagaimana". Teks ini menerangkan tentang bagaimana sesuatu dapat terjadi dan lain sebagainya. Misalnya, bagaimana cara agar rumah tidak kebanjiran dan lain sebagainya.
  2. Teks Eksplanasi penjelasan "Mengapa". Teks ini menerangkan tentang mengapa sesuatu dapat terjadi. Misalnya, mengapa bisa terjadi banjir dan lain sebagainya.


Selain itu, NWS Departement School and Education (2012), teks eksplanasi dibagi menjadi empat jenis yaitu:
  1. Eksplanasi sequential: teks ini berisi tentang rincian tahapan dalam sebuah fenomena, misalnya produksi minyak dan siklus hidup cicak.
  2. Eksplanasi kausal: teks yang berisi sebab perubahan dari satu tahap ke tahap selanjutnya, misalnya mengapa bisa terjadi tsunami.
  3. Eksplanasi teoretis: teks yang berisi kemungkinan di balik terjadinya sebuah fenomena alam/proses yang tidak sepenuhnya dipahami, misalnya efek elnino.
  4. Eksplanasi faktorial dan konsekuensial: teks yang berisi efek dan hasil dari suatu proses, misalnya pada ilmu pengetahuan, penyebab perubahan iklim (faktorial), pada sejarah contohnya efek dari kolonialisasi Belanda.

Back to Content ↑

Ciri-ciri Teks Eksplanasi


Sebutkan ciri-ciri teks eksplanasi? Adapun ciri-ciri yang membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya yaitu sebagai berikut.
  • Strukturnya lengkap yang terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas/sebab akibat, dan interpretasi (opsional).
  • Informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan data yang ada.
  • Teks eksplanasi bersifat objektif
  • Teks eksplanasi membahas tentang pengetahuan dan peristiwa.
  • Teks eksplanasi bersifat informatif/memaparkan data.
  • Memuat informasi yang bersifat ilmiah/keilmuan, contohnya sains.

Back to Content ↑

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi pada umumnya memikili ciri bahasa sebagai berikut.
  • Lebih fokus pada hal umum/generic, bukan partisipan manusia/nonhuman participants, contohnya tsunami, banjir, gempa bumi dan lain sebagainya.
  • Menggunakan istilah ilmiah.
  • Banyak menggunakan kata kerja material dan relasional/kata kerja aktif.
  • Menggunakan konjungsi kausal dan waktu, misalnya: bila, jika, sehingga, sebelum, sesudah, pertama, dan kemudian.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Teks eksplanasi dibuat sebagai justifikasi bahwa sesuatu yang terangkan secara kausal itu benar adanya.

Back to Content ↑


Contoh kegiatan-kegiatan usaha yang dapat ditulis dalam teks eksplanasi adalah bagaimana memengaruhi pelanggan agar selalu datang atau bagaimana menjaga produk agar memenuhi kriteria pembeli.

Berikut ini langkah-langkah menulis teks eksplanasi.
  1. Tentukan kejadian apa yang hendak dijelaskan, misalnya bagaimana perusahaan dapat berkembang, karyawan menjadi disiplin, dan lain-lain.
  2. Cari referensi tentang proses berkembangnya perusahaan. Referensi tersebut seperti pengertian "berkembang", mengapa orang harus mengembangkan perusahaan, dan bagaimana prosesnya.
  3. Mulailah menulis. Paragraf pertama berisi pengertian "perusahaan yang berkembang" dan paragraf kedua berisi proses terjadinya perusahaan yang "berkembang" dan simpulan tentang mengapa perusahaan harus berkembang.
  4. Gunakan tata bahasa yang benar dan baik.
  5. Lakukan revisi jika diperlukan.

    Back to Content ↑


    Demikianlah artikel hari ini tentang teks eksplanasi yang meliputi struktur teks eksplanasi, pengertian, tujuan, ciri-ciri teks eksplanasi, jenis-jenis dan kaidah kebahasaannya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

    Referensi:https://blog.ruangguru.com/pengertian-teks-eksplanasi-dan-strukturnya
    https://www.kajianmakalah.com/2015/02/pengertian-teks-eksplanasi.html
    http://www.guruberbahasa.com/2016/07/jenis-jenis-teks-eksplanasi-menurut.html
    https://luthfan.com/contoh-teks-eksplanasi/
    https://brainly.co.id
    http://www.materikelas.com/teks-eksplanasi-pengertian-struktur-ciri-kaidah-kebahasaan-dan-contoh-teks-eksplanasi/

    0 comments