Type something and hit enter

Posted by On
Artikel kali ini MateriBindo akan membagikan tentang 3 contoh teks eksplanasi banjir beserta strukturnya diantaranya yaitu:
  1. contoh teks eksplanasi banjir singkat
  2. contoh teks eksplanasi banjir di Jakarta
  3. contoh teks eksplanasi banjir bandang

Dengan ketiga contoh tersebut diharapkan siswa dapat membuat contoh teks eksplanasi sendiri.

3+ Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Strukturnya

Sebelum kami mulai memberikan contohnya, disarankan lihat juga contoh berikut ini.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh Teks Eksplanasi Banjir di Jakarta


Berikut merupakan contoh teks eksplanasi banjir di jakarta beserta strukturnya, jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari struktur teksnya.

Pernyataan umum


Banjir yang terjadi di Indonesia adalah masalah yang rumit, terutama di kota-kota besar padat penduduk seperti Jakarta. Masalah banjir harus diselesaikan secepatnya sehingga efek yang ditimbulkan banjir tidak merusak dan merugikan masyarakat. Tapi kita tidak bisa hanya memberikan tanggung jawab pada pemerintah,  melainkan masyarakat juga memiliki peran penting untuk menyelesaikan masalah banjir.

Deretan penjelas


Banjir di Jakarta disebabkan oleh berbagai masalah, salah satunya karena lokasi geografis Jakarta yang lebih rendah. Selain itu, kepadatan penduduknya juga sangat tinggi. Hal ini menyebabkan lahan kosong disulap menjadi perumahan, sehingga tak ada lagi tempat untuk penyerapan air.

Masyarakatnya pun banyak yang membuang sampah ke sungai sehingga menghambat aliran sungai. Poin ini adalah penyebab utama banjir di Jakarta saat musim penghujan.

Untuk mencegah dan mengajasi banjir di Jakarta, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan antara lain: membuat lubang serapan air, meningkatkan ruang terbuka hijau dengan menanam pohon, mengubah perilaku masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Interpretasi


Sebuah organisasi masyarakat harus mengambil tindakan awal dan mengatur partisipasi masyarakat dalam melakukan pencegahan banjir. Penanggulangan banjir dilakukan secara bertahap, mulai dari pencegahan sebelum penanganan banjir, dan pemulihan setelah banjir.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir Singkat 


Berikut merupakan contoh teks eksplanasi tentang banjir singkat dan strukturnya yang akan memudahkan Anda dalam menjawab tugas dari guru Bahasa Indonesia.

Pernyataan umum


Banjir termasuk bencana alam yang mempengaruhi kehidupan manusia dan dapat menimbulkan kerusakan. Banjir adalah luapan air dalam jumlah besar yang menerjang dan menggenangi suatu daerah. Peristiwa meluapnya air tersebut masuk ke kawasan pemukiman warga akibat sungai tidak mampu lagi menampung banyaknya air.

Deretan penjelas


Penyebab terjadinya banjir ada dua faktor, faktor yang pertama karena faktor alam dan kedua adalah faktor manusia itu sendiri. Faktor alam tersebut dapat berupa curah hujan tinggi, letak geografis suatu daerah. Sedangkan faktor manusianya dapat berupa penggundulan hutan dan sampah yang dibuang sembarangan (ke sungai). Sampah yang dibuang sembarangan mengakibatkan terjadinya luapan air yang banyak maka terjadilah banjir.

Banjir dapat menimbulkan kerugian yang amat besar bagi manusia. Kerugian-kerugian tersebut berupa harta benda yang rusak, sarana dan prasarana yang rusak porak-poranda sehingga tidak bisa digunakan lagi. Bahkan, nyawa manusia pun melayang sia-sia diterjang oleh banjir. Dan juga pada saat banjir masyarakat mudah terserang penyakit.

Interpretasi


Maka, oleh sebab itu kita sebagai manusia hendaknya selalu menjaga alam untuk mencegah terjadinya banjir. Menjaga lingkuran tetap lestari adalah tugas kita semua. Kerusakan alam oleh manusia harus segera dihentikan. Hutan yang gundul harus segera dihijaukan kembali. Dan juga mari kita biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir Bandang Singkat


Berikut adalah contoh teks eksplanasi banjir bandang beserta strukturnya.

Pernyataan umum


Banjir bandang adalah peristiwa banjir besar yang datang secara tiba-tiba dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar atau disebut juga air bah. Banjir bandang merusak berbagai fasilitas umum maupun sarana dan prasarana yang dilewatinya, serta rumah-rumah warga yang tak luput diterjangnya.

Deretan penjelas


Penyebab utama terjadinya banjir bandang adalah karena hujan di daerah pegunungan yang biasanya menjadi hulu sungai. Hujan yang terjadi karena proses orografis. Hujan orografis terjadi karena angin yang mengandung uap air yang bergerak horizontal. Angin tersebut naik menuju pegunungan. Maka terjadilah hujan di sekitar pegunungan. Hujan yang terjadi mengakibatkan banjir bandang di daerah-daerah ynag berada di sepanjang aliran sungai.

Penyebab banjir bandang lainnya karena jebolnya waduk atau bendungan. Hujan lebat dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan penambahan debit air pada bendungan atau waduk. Apabila jumlah air semakin banyak dapat mengakibatkan tanggul tidak kuat menahan debit air yang tertampung. Tanggul tersebut kemudian jebol dan mengeluarkan semua air yang ditampungnya.

Interpretasi


Banjir bandang ini tidak bisa dianggap sebagai satu persoalan tunggal, tetapi sesuatu yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang secara berantai mengundang banjir. Pemerintah sekaligus masyarakat harus bersatu padu menanggulangi banjir agar dampak negatif bencana alam yang satu ini dapat diminimalisasi.

Itulah tadi beberapa contoh teks ekspalanasi tentang banjir yang telah kami bagikan tiga contoh yang bisa kamu pelajari atau untuk menjawab tugas-tugas dari guru Bahasa Indonesia.

Bagi kalian yang ingin mempelajari materi teks eksplanasi dengan lengkap. Bacalah artikel kami sebelumnya ini.

Baca juga: Materi Teks Eksplanasi Terlengkap

Demikianlah artikel tentang contoh teks eksplanasi banjir beserta strukturnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: www.mikirbae.com/2015/10/memproduksi-teks-eksplanasi-banjir.html
www.guruberbahasa.com/2016/02/2-teks-eksplanasi-tentang-banjir-terbaru.html
www.academia.edu/25895208/Contoh_Teks_Eksplanasi_tentang_Banjir_Alam

0 comments