Type something and hit enter

Posted by On
Contoh teks eksplanasi kebakaran hutan adalah salah satu contoh teks eksplanasi yang akan kami bahas pada hari ini.

Pada artikel ini kami hanya membagikan contoh teks eksplanasi tentang kebakaran hutan dan strukturnya yang sering terjadi di daerah penulis sendiri, yakni Riau.

Banyak sekali terjadi kebakaran hutan di Riau, baik karena masalah cuaca ataupun karena ulah tangan manusia itu sendiric yang ingin membuka lahan dengan cara membakar hutan.

Oleh karena itu, penulis ingin menuangkan peristiwa tersebut dengan membuat contoh teks eksplanasi kebakaran hutan secara singkat.

Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Alam dan Strukturnya

Sesuai dengan tujuan teks eksplanasi yaitu untuk menjelaskan serangkaian proses dari suatu peristiwa alam maupun sosiokultural atau memberikan informasi kepada pembaca.

PENTING! : Bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang pengertian teks eksplanasi, strukturnya, ciri-ciri, tujuan, jenis, dan kaidah kebahasaannya, silahkan belajar pada materi khusus Teks Eksplanasi.

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi bencana alam kebakaran hutan secara singkat dan strukturnya.

Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan dan Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Pernyataan umum


Kebakaran hutan adalah peristiwa dimana hutan digolongkan sebagai ekologi alamiah mengalami perubahan bentuk yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran secara besar-besaran.

Pada dasarnya peristiwa ini memberi dampak negatif maupun positif. Namun, jika dicermati dampak negatif kebakaran hutan jauh lebih mendominasi daripada dampak positifnya.

Deretan penjelas


Kebakaran hutan dapat terjadi karena disengaja ataupun tak disengaja. Kebakaran hutan yang disengaja terjadi karena ulah manusia itu sendiri antara lain karena kelalaian membuang puntung rokok, membakar hutan dalam rangka pembukaan lahan, api unggun yang lupa dimatikan dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, kebakaran hutan yang tidak disengaja disebabkan oleh musim kemarau yang berkepanjangan. Pada musim panas, sumber-sumber air menjadi kering termasuk hutan kehilangan air karena proses evapotranspirasi. Batang, ranting, dan daun kering yang bergesekan akan menimbulkan api, kemudian kebakaran akan menyebarluas dengan cepat. Hal ini bisa menjadi lebih parah jika terjadi pada lahan gambut.

Interpretasi


Dengan kesadaran masing-masing, kita harus menjaga hutan agar tidak terjadi lagi kebakaran yang disengaja. Kita bisa memulainya dengan langkah-langkah kecil seperti tidak membuang barang yang mudah terbakar di hutan dan segera mematikan api unggun yang tidak dipakai lagi. Dengan begitu, kita telah ikut berpartisipasi dalam melestarikan hutan kita.

Itu tadi contoh teks eksplanasi kebakaran hutan yang telah Materi Bindo bagikan. Setelah melihat contoh di atas, diharapkan bagi siswa untuk dapat membuat contoh teks eksplanasinya sendiri, misalnya contoh teks eksplanasi kebakaran hutan di Riau.

Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksplanasi Budaya Singkat dan Strukturnya

Demikianlah artikel tentang contoh teks eksplanasi kebakaran hutan singkat dan strukturnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: http://sisilaldi.blogspot.com/

0 comments