Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Contoh teks eksplanasi gerhana bulan - Peristiwa alam ini terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal itu bisa terjadi karena bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Pada artikel Bahasa Indonesia hari ini, Materi B Indo akan memberikan salah satu contoh teks eksplanasi dan strukturnya, yaitu mengenai gerhana bulan. Tujuan dibuatnya artikel ini untuk memberikan informasi tentang terjadinya gerhana bulan.

Sebelumnya kami telah membagikan contoh teks eksplanasi gerhana matahari dan strukturnya.

Pertama-tama kita harus mengetahui dulu struktur teks eksplanasi ini. Strukturnya sebagai berikut.

  1. Pernyataan umum: berisi penjelasan umum tentang suatu fenomena, bisa berupa penjelasan ataupun pengenalan.
  2. Deretan penjelas: berisi penjelasan tentang proses mengapa fenomena dapat terjadi.
  3. Interpretasi: bagian ini adalah penutup yang bersifat opsional.


Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Pernyataan Umum


Gerhana bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal tersebut terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Deretan Penjelas


Gerhana bulan muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Namun karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5 derajat, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika.

Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi yang lain. Maka seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dan bumi.

Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan ini, seringkali bulan masih dapat terlihat. Ini disebabkan masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat terjadi gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa juga berwarna merah tempaga, jingga, ataupun coklat.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Budaya Singkat dengan Strukturnya

Demikianlah contoh teks eksplanasi tentang gerhana bulan beserta strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: http://riveranoid.blogspot.com/2015/08/kumpulan-teks-eksplanasi-peristiwa-alam.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR