Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Eksplanasi tentang Pemanasan Global dan Strukturnya

Contoh teks eksplanasi tentang pemanasan global dan strukturnya adalah artikel yang akan kami bagikan hari ini. Bila kalian ingin mencari contoh lainnya, bisa membaca contoh teks eksplanasi fenomena sosial.

Sebelum kita mulai memasuki tema ini. Kalian harus mengetahui dulu apa itu teks eksplanasi?

Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651, teks eksplanasi berasal dari bahasa Inggris explanation text adalah suatu teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lain sebagainya.

Struktur teks eksplanasi ini terbagi menjadi 3, yaitu:
  1. Pernyataan/penjelasan umum: berisi pengenalan fenomena atau penjelasannya.
  2. Deretan penjelas: berisi penjelasan mengenai proses mengapa fenomena itu terjadi atau tercipta dan bagian ini lebih dari satu paragraf.
  3. Interpretasi/penutup: diartikan sebagai bagian penutup yang boleh ada atau tidak.

Baca selengkapnya: Materi teks eksplanasi yang meliputi pengertian, struktur, ciri, tujuan, jenis dan kaidah kebahasaannya.

Langsung saja, berikut merupakan contoh teks eksplanasi pemanasan global beserta struktur teksnya.

Contoh Teks Eksplaansi Pemanasan Global beserta Strukturnya.


Contoh teks eksplanasi yang akan kami bagikan tentang proses terjadinya pemanasan global secara sistematis dan strukturnya.

Penjelasan umum


Pemanasan global dapat terjadi di mana saja. Diawali dengan radiasi dan berlanjut pada berbagai akibat yang ditimbulkan.

Deretan proses


Sinar radiasi matahari seperti inframerah, datang ke bumi. Hanya 30 persen yang terserap, sisanya dipantulkan kembali ke luar angkasa. Ketika gas CO2 dan buangan industri dilepaskan ke udara, gas yang tidak terurai kembali akan menghambat proses pemantulan radiasi matahari. Radiasi akan terperangkap dan menaikkan suhu udara.

Faktanya gas CO2 akan terurai karena tumbuhan membutuhkan CO2 dan mengeluarkan 02 lepas ke udara sebagai hasil proses fotosintesis.

Namun, berkembangnya sektor perindustrian di dunia, juga pemakaian kendaraan yang berlebihan, sampah buangan rumah tangga, dan penggunaan hutan tropis yang berlebih tanpa disertai proses penghijauan sebagai penyeimbangnya, menyebabkan gas buangan tidak terurai dan menghambat pantulan sinar radiasi matahari.

Interpretasi


Di sinilah terjadi pemanasan global secara sistematis.

Demikianlah artikel tentang contoh teks eksplanasi pemanasan global dan strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments