Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Contoh teks eksplanasi gerhana matahari - Fenomena alam ini terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutupi sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Pada artikel Bahasa Indonesia kali ini, Materi B Indo akan memberikan salah satu contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, yaitu mengenai gerhana matahari. Tujuan dibuatnya artikel ini untuk memberikan informasi tentang terjadinya gerhana matahari.

Sebelumnya kami juga telah membagikan contoh teks ekspalansi bencana alam/peristiwa alam lengkap dengan strukturnya.

Pertama-tama marilah kita mengetahui terlebih dahulu struktur teks eksplanasi. Strukturnya sebagai berikut.

  1. Pernyataan umum: berisi penjelasan umum tentang fenomena, bisa berupa pengenalan ataupun penjelasannya.
  2. Deretan penjelas: berisi penjelasan mengenai proses mengapa fenomena itu dapat terjadi.
  3. Interpretasi: bagian ini opsional, boleh ada boleh tidak yaitu berisi penjelasan penutup.


Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari 


Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Pernyataan Umum


Gerhana matahari merupakan suatu fenomena alam yang terjadi 25 tahun sekali. Gerhana adalah suatu peristiwa alam yang disebabkan oleh bayangan yang dibentuk oleh bumi atau bulan terletak dalam satu garis. Terbentuknya gerhana sebagai akibat dari cahaya matahari yang terhalangi oleh bulan atau bumi.

Deretan Penjelas


Gerhana matahari terjadi ketika bayangan bulan bergerak menutupi permukaan bumi. Walaupun bulan lebih kecil dibandingkan matahari, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang berjarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada diantara matahari dan bumi pada saat fase bulan baru. Gerhana matahari sebagian terjadi saat penubra bulan menutupi suatu daerah di permukaan bumi sehingga hanya sebagian cahaya matahari yang sampai ke daerah tersebut. Akibatnya hanya terjadi gelap sebagian.

Lintasan bulan yang tidak bulat, menyebabkan bayang-bayang bulan tidak dapat mencapai permukaan bumi. Keadaan ini disebut gerhana matahari cincin.

Ketika umbra bulan menutupi suatu daerah di bumi. Terjadi gerhana matahari total di daerah tersebut sehingga gelap total. Gerhana matahari total terjadi selama enam menit.

Mengapa bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya? Alasannya karena bulan yang berjarak rata-rata 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Interpretasi (Penutup)


Mengamati gerhana matahari memerlukan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tak langsung. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Budaya Lengkap dengan Strukturnya

Demikianlah penjelasan tentang contoh teks eksplanasi gerhana matahari singkat. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: http://mohammadagungdhirmawan.blogspot.com/2015/03/normal-0-false-false-false-en-us-ja-x.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR