Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya - Apa yang dimaksud dengan teks tanggapan kritis? Pengertian teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi pendapat yang disampaikan oleh seseorang untuk mengkritisi persoalan yang dianggap mempunyai kesalahan berdasarkan fakta, data, atau kenyataan dan memberikan alasan yang dapat meyakinkan orang lain tentang pendapat tersebut.

Pada artikel ini kami hanya memberikan empat contoh teks tanggapan kritis tentang budaya dan strukturnya yang meliputi contoh teks tanggapan kritis tentang budaya K-POP, Anime, pakaian terbuka dan budaya selfie.

Sebelum kita mulai untuk membahas contohnya, kalian harus tahu dulu tentang struktur teks tanggapan kritis yaitu sebagai berikut.
  • Evaluasi: bagian yang berisi pernyataan-pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis.
  • Deskripsi: bagian yang memuat informasi mengenai pendapat-pendapat yang pro ataupun yang kontra.
  • Penegasan ulang: bagian penutup yang berisi pengasan ulang terhadap pendapat yang telah diputuskan.

Baca juga: (LENGKAP) Teks Tanggapan Kritis: Pengertian, Struktur, Ciri, Contoh

Berikut 4 contoh teks tanggapan kritis budaya beserta strukturnya.
Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Budaya beserta Strukturnya


Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya: #1 Fenomena K-POP


Evaluasi


Kegemaran akan musik K-POP merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pada demam Korean Wave di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan kekuatan grup vokalnya, baik boyband maupun girlband. Biasanya musik Korea mengusung musik dance, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. Hal ini yang memberikan dampak signifikan bagi para remaja di Indonesia.

Deskripsi


Fenomena K-POP yang mulai digandrungi oleh masyarakaat Indonesia terutama para remajanya membuat media memanfaatkannya dengan cara menayangkan berbagai hal yang berhubungan dengan korea seperti dramanya, filmnya, dan musik K-POP tentunya.

Kehadiran K-POP merajai dunia musik di Indonesia, terutama di kalangan remaja, membuat para remaja lebih tertarik dengan musik Korea daripada musik asli Indonesia. Padahal, Indonesia juga memiliki musik yang tak kalah kerennya. Seperti musik dangdut, keroncong dan masih banyak lainnya.

Kita seharusnya bangga dengan musik negara kita sendiri, dan tidak terlalu berlebihan dengan musik negara lain. Bukan berarti tidak boleh menyukai musik negara lain. Tetapi alangkah baiknya kita lebih mencintai dan menghargai musik dari negara sendiri.

Beberapa orang menganggap musik K-POP membawa pengaruh buruk bagi para pelajar Indonesia karena banyak remaja yang masih berstatus pelajar yang rela membuang banyak uang dan waktu belajarnya untuk menonton artis idola mereka.

Dengan mengesampingkan sisi negatifnya, musik K-POP juga memiliki sisi positif yaitu dengan masuknya musik K-POP maka bertambahnya pengetahuan khususnya pelajar tentang budaya dan bahasa Korea.

Penegasan Ulang


Dengan demikian, kehadiran musik K-POP membawa dampak yang cukup signifikan bagi remaja Indonesia. Akan tetapi, dengan hadirnya musik K-POP membuat kita lupa dengan musik tanah air kita sendiri. Sebagai penerus bangsa, seharusnya kita perlu menjaga dan melestarikan musik kita agar tidak terlupakan atau bahkan menghilang karena perkembangan musik dari negara lain.

Sumber:www.mikirbae.com/2015/12/menyusun-teks-tanggapan-kritis-budaya-k.html

Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya: #2 Anime


Evaluasi


Sekarang ini banyak orang yang menggemari anime, terutama para remaja dan anak-anak. Anime adalah animasi buatan Jepang, yang biasanya dicirikan dengan gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dari berbagai cerita dan lokasi.

Anime dipengaruhi oleh gaya gambar manga (komik khas Jepang). Dengan grafik yang bagus sampai alur cerita yang menarik membuat masyarakat di Indonesia sangat antusias menonton anime mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Deskripsi


Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, seperti halnya menonton anime. Apabila seseorang banyak menghabiskan waktu untuk menonton anime, maka aka mengganggu cara berkomunikasi dengan orang lain dan membuat orang tersebut anti sosial.

Selan itu, biasanya orang yang suka nonon anime akan melupakan bahwa tidur malam itu penting daripada menonton anime. Para pelajar yang suka anime biasanya juga lebih mementingkan nonton anime daripada mengerjakan PR atau tugas yang harusnya mereka kerjakan.

Namun daripada itu, orang yang menonton anime dapat memotivasi dirinya sendiri untuk menjadi orang sukses, karena setiap anime ada pesan moral yang hendak disampaikan.

Selain itu, anime juga mengajarkan kepada penontonnya untuk menyadari indahnya perbedaan. Dalam kehidupan nyata kita bertemu banyak orang yang sikapnya berbeda-beda ada yang sombong, dermawan, humoris. Begitu pula di anime, dengan adanya perbedaan itu para mangaka ingin menyampaikan satu hal bahwa jika hidup ini tidak ada yang berbeda, maka segalanya akan tampak membosankan.

Penegasan Ulang


Sebenarnya baik atau buruknya anime itu tergantung dari diri orang yang menontonnya. Jika seseorang dapat memilah-milah antara baik dan buruknya anime, maka pasti ia terhindar dari buruknya anime. Maka jadikanlah anime hanya sebagai hiburan seamata. Jangan sampai menelantarkan hal-hal pokok seperti belajar.

Sumber: srapancrew91.blogspot.com/2015/10/contoh-teks-tanggapan-kritis-tentang.html

Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya Asing: #3 Pakaian Terbuka


Evaluasi


Di era globalisasi seperti saat ini, sudah tidak asing lagi bagi kita dengan model pakaian terbuka. Hampir setiap hari kita melihat orang yang memakai baju yang tidak pantas dipakai, namun anehnya menjadi trend di kalangan remaja wanita ataupun yang sudah berkeluarga, tidak sedikit wanita ynag menggunakannya, baik saat di luar maupaun di dalam rumah.

Deskripsi


Pakaian terbuka adalah budaya dari negara asing yang masuk ke Indonesia. Islam mengajarkan untuk berpakaian tertutup dan menggunakan hijab sehingga menutup aurat.

Menggunakan pakaian terbuka dan ketat tidak sesuai dengan budaya Indonesia karena tidak sesuai dengan syariat Islam.

Bagi mereka yang memakai pakaian terbuka beralasan karena style zaman sekarang. Pakaian yang sering digunakan oleh masyarakat sekarang adalah pakaian yang hanya menutup bagian buah dada sampai betis.

Banyak alasan-alasan yang melatarbelakangi para wanita tersebut memakai pakaian terbuka, yaitu dengan pakaian terbuka maka semua aktivitas yang hendak dilakukan akan menjadi mudah.

Penegasan ulang


Dengan demikian, Islam sangat menganjurkan bagi seluruh umat Islam baik itu pria maupun wanita untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat karena banyak memberikan dampak bagi kita, terutama tidak mengundang nafsu lawan jenis dan menjauhkan dari ancaman kejahatan.

Sumber: asgru.blogspot.com/2015/11/teks-tanggapan-kritis-pakaian-terbuka.html

Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya: #4 Selfie di kalangan Remaja


Evaluasi


Perkembangan teknologi di Indonesia sangatlah pesat, dengan berkembangnya android yang semakin lama makin canggih, membuat orang-orang semakin gemar berselfie khususnya di kalangan remaja. Banyak para remaja yang berlebihan dalam berselfie. Hal ini membawa dampak dan pengaruh bagi remaja.

Deskripsi


Banyak orang yang beranggapan bahwa selfie baik bagi remaja, menurut mereka selfie dapat membangkitkan semangat untuk diri sendiri, misalnya saat sedang suntuk, berselfie dapat membuat hati senang. Selfie juga sebagai cara untuk mengabadikan momen-momen penting bersama teman dan keluarga.

Pendapat tersebut memang benar, tetapi banyak juga yang beranggapan bahwa selfie mendatangkan dampak negatif. Dampak negatif berselfie yaitu melenceng dari ajaran agama Islam. Kebanyakan para remaja sekarang berselfie tanpa menggunakan jilbab dan memamerkan auratnya.

Foto selfie yang kurang sopan dapat menarik perhatian orang untuk mengetahui lebih dalam tentang dirinya. Hal tersebut mengundang terjadinya pelecehan seksual dan pencemaran nama baik di medsos. Selfie yang berlebihan dapat mencelakakan diri. Misalnya, demi ngetrend remaja sekarang berselfie sambil berkendara. Tentunya itu dapat membahayakan keselamatan dirinya dan pengendara lainnya.

Penegasan ulang


Oleh karena itu, para remaja seharusnya berselfie dengan bijak. Jangan berlebihan dan tidak melanggar aturan-aturan agar tidak membahayakan diri sendiri dan juga tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Sumber: menyusundesainteks.blogspot.com/2016/11/moryn-anjanie-budaya-selfie-di-kalangan.html

Baca juga: KUMPULAN Contoh Teks Tanggapan Kritis SINGKAT Beserta Strukturnya

Demikianlah artikel hari ini tentang 4 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Budaya beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR