Type something and hit enter

Posted by On
Pengertian teks anekdot menurut pendapat para ahli terlengkap - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas ciri-ciri teks anekdot, struktur dan contoh singkatnya.

Anekdot muncul sebagai salah satu bentuk penyadaran sosial, anekdot menyampaikan realitas sosial dengan cara yang unik, yaitu dengan humor.

Anekdot yang sifatnya menghibur orang merupakan media efektif untuk mengungkapkan realitas sosial.

Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya terkandung unsur humor, lucu, guyonan, dan kadang mempunyai maksud tertentu, misalnya untuk menyampaikan sebuah kritikan. 

Teks ini sering ditemui di berbagai media, misalnya di koran, media sosial, dan internet.

Untuk mengetahui lebih jelas pengertian anekdot menurut beberapa ahli, silahkan simak materi ini.



Pengertian Teks Anekdot Menurut Para Ahli
Anekdot

15+ Pengertian Teks Anekdot Menurut Para Ahli


#1 Pengertian Teks Anekdot Menurut Wikipedia


Anekdot adalah sebuah cerita singkat lucu dan menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot sering dibuat berdasarkan pada kejadian sebenarnya, melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi.

Tujuan utama dari anekdot adalah tidak hanya fokus untuk membangkitkan tawa penonton, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk menggambarkan atau melukiskan sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya.

#2 Pengertian Teks Anekdot Menurut KBBI


Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:62) mengungkapkan, bahwa

Anekdot merupakan sebuah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang-orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

#3 Pengertian Teks Anekdot Menurut Mega Book Oleh Tim Guru Eduka


Di dalam Mega Book Pelajaran SMA/MA/IPA Kelas X, XI, & XII Oleh Tim Eduka  menyatakan, bahwa

Anekdot adalah sebuah teks yang berisikan pengalaman seseorang yang tidak biasa, yang disampaikan dengan tujuan menghibur pendengar maupun pembaca.

#4 Pengertian Teks Anekdot Menurut Kemendikbud 


Teks Anekdot adalah sebuah cerita yang singkat serta menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang-orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

#5 Pengertian Teks Anekdot Menurut Cuddon, J.A. (1992)


Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian/peristiwa orang sebenarnya.

#6 Pengertian Teks Anekdot Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (1976)


Anekdot adalah cerita singkat menarik, karena lucu dan mengesankan. Biasanya berkisar pada orang terkenal berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

#7 Pengertian Teks Anekdot Menurut Pembelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2004


Jenis anekdot bertujuan menceritakan suatu kejadian yang tidak biasa dan lucu.

#8 Pengertian Teks Anekdot Menurut Wachidah (2004:1)


Jika dilihat dari tujuannya untuk memaparkan suatu kejadian atau peristiwa yang telah lewat, anekdot mirip dengan teks recount.

#9 Pengertian Teks Anekdot Menurut Dananjaja (1997:11)


Anekdot adalah kisah fiktif lucu pribadi seorang tokoh atau beberapa tokoh yang benar-benar ada.

#10 Pengertian Teks Anekdot Menurut Muthiah: 2012


Anekdot adalah sebuah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar.

#11 Pengertian Teks Anekdot Menurut Gerot dan Wignell



Teks anekdot pada umumnya terdiri atas lima bagian atau struktur. Lima bagian tersebut antara lain abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.


#12 Pengertian Teks Anekdot Menurut Graham dalam Rahmanadia (2010:2)


Kata anekdot digunaan memaknai kata "joke" dari bahasa Inggris yang bermakna suatu narasi atau percakapan yang lucu (humorous).

#13 Pengertian Teks Anekdot Menurut Wijana (1995:24) 


Teks anekdot adalah teks atau wacana yang bermuatan humor untuk menyindir, bersunda gurau, atau mengkritik secara tidak langsung segala macam kepincangan atau ketidakberesan yang tengah terjadi di kalangan masyarakat penciptanya.

#14 Pengertian Teks Anekdot Menurut Husen (2001:354) 


Anekdot digunakan untuk menamai humor atau lelucon dalam pengertian umum.

#15 Pengertian Teks Anekdot Menurut Setiawan (1990)


Teks anekdot merupakan cerita narasi ataupun dialog yang lucu dengan berbagi tujuan, baik hanya sekedar untuk hiburan atau senda gurau, sindiran, atau kritik secara tidak langsung. Hal-hal yang aneh dan nyeleneh dapat dijadikan humor, sehingga tidak menutup kemungkinan segala hal yang ada di dunia ini bisa dijadikan sebagai bahan lelucon.

#16 Pengertian Teks Anekdot Menurut Prasetyo dalam iguhprasetyo.wordpress.com


Anekdot merupakan cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat, yang menjadi pelaku atau paritisipan di dalamnya pun tidak harus orang penting.

#17 Menurut Keraf

    
Keraf (1982:142) mengatakan bahwa pengertian teks anekdot sebagai berikut. 

Anekdot adalah semacam cerita pendek yang bertujuan menyampaikan karakteristik yang menarik atau aneh mengenai seseorang atau suatu hal lain.

Jadi anekdot bisa diartikan sebagai cerpen yang berkarakter dan di dalamnya mengandung kritikan yang membangun. Bisa juga diartikan sebagai cerita lucu yang bertujuan untuk mengkritik seseorang atau suatu hal.

#18 Tim Studi Edukasi


Tim Studi Edukasi (2013:5) mengatakan bahwa anekdot adalah cerita lelucon atau humor yang di dalamnya terkandung pelajaran ataupun nasihat.

Tujuannnya untuk menyindir atau mengingatkan seseorang tentang suatu kebenaran.

Jadi, anekdot berupa cerita atau percakapan singkat. Di dalamnya terkandung tokoh, latar, dan rangkaian peristiwa.

19. Gossman


Pengertian anekdot menurut Gossman merupakan salah satu teks yang turut berperan serta dalam mengubah dunia melalui salah satu unsur khas dari anekdot, yakni peristiwa nyata yang singkat sekaligus memikat.

20. Pengertian Teks Anekdot dalam Bahasa Jawa


Inggih meniko satunggaling teks (tulisan utowo non tulisan) cekak ingkang ngemot dumateng cerito ingkang adhedashar kisah nyoto tur menarik minongko salah satunggalipun tiyang utawi tokoh.

21. Mutiah


Menurut Mutiah definisi anekdot sebagai teks yang berisi mengenai pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan menghibur pembaca atau pendengar.

22. Wachdiah


Menurut Wachdiah menyebutkan bahwa teks anekdot jika lidihat dari tujuannya yaitu untuk memaparkan suatu kejadian atau peristiwa yang telah lewat, anekdot mirip dengan teks recount.


Demikianlah artikel hari ini tentang 18 Pengertian Teks Anekdot Menurut Para Ahli [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Referensi: https://rxayashira.wordwadwadwadpress.com/2015/12/10/makalah-anekdot/
http://pengertianahli.id/2014/08/pengertian-anekdot-apa-itu-anekdot.html
http://www.lahiya.com/pengertian-anekdot-tujuan-ciri-ciri-anekdot-serta-contohnya/
https://www.kajianmakalah.com/2015/09/pengertian-teks-anekdot-menurut-ahli.html
PDF: Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa: Nuraini Fatimah
PDF: BAB II Teori Tentang Pembelajaran Menganalisis Struktur Dan Kaidah Pada Teks Anekdot

0 comments