Type something and hit enter

Posted by On
80 Contoh Soal Teks Anekdot Pilihan Ganda dan Jawabannya

Contoh soal teks anekdot pilihan ganda dan jawabannya - Hallo adik-adik semua, bagaimana kabarnya? Kakak harap kalian semua sehat-sehat selalu ya.

Pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kumpulan soal-soal pilihan ganda bahasa Indonesia tentang anekdot dan kunci jawabannya.

Maka dengan itu, kakak memberi judul artikel ini dengan nama contoh soal teks anekdot pilihan ganda beserta jawabannya kelas 10.

Baca juga: materi lengkap teks anekdot yang meliputi pengertian, ciri, struktur, dan contohnya.

Contoh Soal Anekdot Pilihan Ganda dan Jawaban


Ada sekitar 80 butir soal (PG/Pilihan Ganda/Pilgan) bahasa Indonesia tentang teks anekdot dan jawabannya yang bisa adik-adik jadikan referensi dalam menghadapi ujian dari guru.

Berikut ini adalah 80 soal dan jawaban tentang teks anekdot.

PETUNJUK UMUM

Tulis namamu di sudut kanan atas.
  • Bacalah setiap soal dengan teliti.
  • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
  • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!

1. Perhatikan struktur anekdot :
  1. Koda
  2. Krisis
  3. Abstraksi
  4. Reaksi
  5. Orientasi
Urutan struktur teks anekdot yang tepat adalah ….
A. 3-5-4-2-1                      D. 3-2-4-5-1
B. 3-5-2-4-1                      E. 3-4-2-5-1
C. 3-4-5-2-1

2. Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….
A. Struktur teks orientasi-krisis-reaksi             
B. Memiliki pesan moral                       
C. Memiliki unsur lucu
D. Berbentuk cerita
E. Menggelitik

3. Berikut ini yang termasuk unsur kebahasaan kecuali ...
A. Konjungsi menyatakan yang menyatakan hubungan waktu
B. Kalimat retoris
C. Kalimat tanya
D. Kata kerja aksi
E. Kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu

4. Bacalah teks anekdot tersebut!

Kisah Pemulung

Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.
Pak RT     : “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”
Pemulung :“Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik yang dapat didaur ulang.”
Pak RT  : “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini, tidak?”
Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”
Pak RT  : “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”
Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang   di papan itu, tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”
Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan pemulung.

Dari teks anekdot di atas, makna tersiratnya adalah...
A. Masih banyak orang miskin di sekitar kita!
B. Pemulung dilarang masuk!
C. Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.
D. Ternyata angka buta aksara disekitar kita masih banyak.
E. Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.

5. Dari teks anekdot di atas, konjungsi yang menyatakan hubungan waktu adalah ...
A. Kemudian                 
B. Dan                         
C. Yang
D. Dengan
E. Di

Perhatikan teks di bawah ini !

(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll –nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce.

6. Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….
A. (1)                          D. (4)
B. (2)                          E. (5)
C. (3)

7. Bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah …
A. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menjaminkan mobilnya.
B. Seorang pemilik Roll Royce meminta bank menahan mobilnya sampai utangnya lunas.
C. Seorang pemilik Roll Royce membayar utang dan mengambil mobilnya.
D. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menitipkan mobilnya dengan cara menjaminkan mobil tersebut.
E. Seorang pemilik Roll Royce memberikan jawaban yang membuat si petugas bank melongo dan tertawa.

Perhatikan teks di bawah ini !

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.

8. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian …
A. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.
B. Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
C. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara.
D. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.
E. Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.

9. Arti istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks tersebut adalah ….
A. Setiap perkara dikenai biaya
B. Setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang
C. Setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang
D. Setiap perkara tidak dapat diuangkan
E. Setiap perkara tidak dapat diselesaikan

10.  Makna tersirat pada teks anekdot di atas adalah...
A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana.
B. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hukum pidana.
C. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.
D. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.
E. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.

11. Yang bukan termasuk partisipan dalam teks anekdot di atas adalah ...
A. Dosen                         D. Mahasiswa
B. Ali                              E. Saudara Ahmad
C. Ahmad

12. Teks anekdot berjudul KUHP terdapat kritikan dalam kalimat ...
A. Apa kepanjangan KUHP, Pak?
B. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!
C. Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan
D. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan  kepala  seraya  menambahkan pertanyaan kepada  Ahmad
E. Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen  dijawabnya  dengan tegas

Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!

Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di tengah malam, Holmes terbangun dan membangunkan Watson. “Watson,” katanya,”Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat.” “Saya melihat jutaan bintang, Holmes,” kata Watson.
“Dan apa kesimpulannya, Watson?”
Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya, “ Berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati tiga seperempat pagi, menurut meteorology, saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya lihat bahwa Tuhan Mahakuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes?”
“Watson, tenda kita dicuri orang!”

13.  Isi teks anekdot tersebut adalah …
A. Holmes dan Watson sedang berkemah.
B. Holmes membangunkan Watson dan menanyakan sesuatu kepadanya.
C. Watson menjawab pertanyaan Holmas dengan rinci.
D. Watson menguasai beberapa ilmu.
E. Watson tidak menyadari tenda mereka dicuri.

14. Dari teks anekdot diatas yang menunjukkan seru adalah ...
A. Dan apa kesimpulannya, Watson?
B. Saya melihat jutaan bintang, Holmes
C. Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat
D. Watson, tenda kita dicuri orang!
E. Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya

Bacalah susunan teks anekdot berikut ini dengan saksama!
(1) “Kita sudah memenuhi permintaanmu.” kata editor itu memberitahu si pengarang.
(2) Artikel itu disertai dengan sepucuk surat dari pengarangnya : “Atur saja pemberian tanda bacanya dengan benar dan terbitkan seluruh ceritanya.”
(3) “Tapi di waktu yang akan datang, silakan kirimkan saja pemberian tanda bacanya. Lalu kita terkenal karena menulis artikel kita sendiri.”
(4) Gondolin, seorang penerbit dan editor yang terkenal dari harian Italia IL Mesagero, menerima sebuah artikel yang agak buruk dari seorang temannya yang sekaligus seorang politikus.

15.  Susunan potongan-potongan teks yang tepat hingga menjadi anekdot yang utuh dan padat adalah ….
A. (4)-(1)-(2)-(3)                          D. (4)-(2)-(1)-(3)
B.  (4)-(3)-(1)-(2)                         E. (4)-(3)-(2)-(1)
C. (4)-(2)-(3)-(1)

Bacalah teks anekdot berikut ini

Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.

16.  Pada anekdot tersebut, kalimat yang menunjukkan koda adalah …
A. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.
B. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
C. Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya
D. Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya
E. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi

Bacalah teks berikut!

Cuma Takut Tiga Roda
(1) Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI, ada pembicaraan serius yang dilakukan seusai menghadiri sebuah rapat di istana Negara.
(2) Pembicaraan bertopik isu terhangat.
(3) Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah yang kala itu sedang melanda kota Jakarta.
(4) Gusdur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut.
(5)“Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di Jakarta, Pak?” tanya seorang menterinya.
(6) “Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak, dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini.
(7) Padahal kan, nyamuk sini cuma takut sama tiga roda.”

17.  Krisis yang terdapat pada teks anekdot ditunjukan dengan nomor
A. 1 dan 2                      D. 5 dan 6
B. 2 dan 3                    E. 7
C. 4

Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!

Malik  : “Tuan Abdul, saya sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing  yang punya taduk sejengkal manusia.”
Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman keseluruh negeri bahwa kita membutuhkan seekor kambing  yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk disembelih.

18. Abstraksi yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas adalah…
A. Pada suatu hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah seminggu menghilang.
B. Tuan Abdul membuat sayembara perihal pencarian kambing.
C. Akhirnya kambing itu ditemukan.
D. Tuan malik tidak mencari kambing yang punya tanduk sejangkal manusia.
E. Kemudian Tuan malik dan tuan Abdul bersepakat membuat sayembara untuk mencari kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia.

19. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. Menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. Mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. Sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D. Menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. Memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

20. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A. Aneh                          D. Nyata
B. Membosankan           E. Nyaman
C. Khayalan

21.  Perhatikan teks berikut !

Manager               : “Perusahaan kita butuh satpam yang kredibel. Syaratnya harus punya wajah galak, tegas, tak kenal kompromi dan ditakuti orang. Apakah diantara pelamar kerja, ada kandidat yang memenuhi kriteria tersebut ?
Staff HRD           : “Kalau diantara pelamar, tidak ada Pak. Tapi saya punya calon yang sangat cocok dengan kriteria bapak tersebut.”
Manager               : “Bagus. Siapa dia?”
Staff HRD           : “Istri saya, pak”

Teks tersebut merupakan teks...
A. Anekdot                     D. Narasi
B. Eksposisi                    E. Dialog
C. Humor

Perhatikan teks di bawah !

Suatu hari ada tukang roti yang lewat depan rumah, terus teman gue si Enggar manggil. Tidak lama kemudian tukang roti tersebut datang menghampiri kami yang lagi duduk santai di taman depan rumah.
Enggar                 : “Roti apa aja yang ada bang ?”
Tukang Roti         : “Macam-macam, dek.”
Enggar                 : “Yang ini roti rasa apa yah bang ?”
Tukang Roti         : “Yang ini coklat.”
Enggar                 : “Kalau yang ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti         : “Ini rasa strawberry dek.”
Enggar                 : “Kalau ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti         : “Kalau yang ini rasa nanas dek.”
Enggar                 : “Terus rotinya mana bang ? dari tadi kok ngomongnya buah-buahan terus ? emangnya abang jual buah apa jual roti ? Kalo kaya gini caranya gue enggak jadi beli bang.”
Tukang Roti         : *Hening*
Seketika itu tukang roti mendadak pingsan.

22.  Kalimat menyatakan peristiwa masa lalu yang ada dalam teks anekdot di atas adalah ...
A. Kemarin                      D. Besok
B. Suatu hari                    E. Kemarin
C. Minggu lalu

23.  Teks di atas termasuk dalam teks...
A. Humor                       D. Cerita
B. Anekdot                     E. Deskripsi
C. Eksposisi
D. Narasi

24. Isi dari teks di atas adalah...
A. Menanyakan tentang roti coklat saja
B. Si Enggar membeli roti coklat, strawberry, dan nanas.
C. Enggar hanya menanyakan rasa roti, tidak jadi membeli roti.
D. Bercerita di depan rumah dengan tukang roti
E. Tukang roti membawa buah.

Perhatikan teks di bawah ini !
            Tiga orang tengah terdiam menikmati kehangatan sauna, yaitu orang dari Amerika, Jepang dan Indonesia. Keheningan di dalam ruangan sauna dipecahkan oleh bunyi bip..bip..bip… Orang Amerika membuka telapak tangan kirinya, dan membaca tulisan yang tertulis ditelapak tangannya itu,. Dua rekannya itu dengan kagum melihat tulisan yang muncul ditelapak tangan orang Amerika tersebut.
            “Oh, telapak tangan saya telah ditanamkan chips, sya dapat langsung menerima pesan SMS tanpa alat, SMSnya langsung tampil ditelapak tangan saya…”ujar si Amerika ketika melihat kedua rekannya bengong.
            Sesaat kemudian, terdengar dering telepon, orang Jepang mengangkat tangan kanannya, jempol di dekatnya ke telinga sedangkan jari kelingking ke bibirnya, “Oh maaf, saya terima telepon dulu, tangan saya sudah berisi chips, saya dapat menerima dan berbicara melalui dua jari saya tanpa menggunakan HP” kata si Jepang.
            Melihat semua itu, orang Indonesia mulai gugup. Apa yang bisa saya tunjukkan untuk mengalahkan orang-orang ini ? pikirnya. Karena stress, keinginannya untuk buang air besar tidak tertahankan lagi.
            Usai buang air, dia kembali lagi ke ruang sauna, tetapi karena tidak biasa membasuh bokongnya dengan kertas toilet, seuntai kertas toilet masih berjuntai di belahan bokongnya. Dengan keheranan orang Jepang dan orang Amerika menunjuk ke untaian kertas ‘sisa’ tersebut dan berkataa “kertas apa itu yang terganutng dibokong anda…?”. “oh maaf, saya baru terima Fax..” jawab orang Indonesia tersebut

25.  Teks di atas merupakan teks…
A. Anekdot                                 D. Humor
B. Eksposisi                                E. Singkat
C. Narasi

26.  Tujuan teks tersebut untuk…
A. Menyindir                              D. Observasi
B. Menangis                               E. Mencari Ide
C. Menghibur

27.  Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik
B. Lukis pasir
C. Karikatur
D. Lukisan Abstrak
E. Puisi cinta

28. Cerita yang lucu dan mengesankan serta singkat dan menarik, biasanya mengenai orang penting berdasarkan kejadian sebenarnya, merupakan pengertian dari....
A. Teks Eksposisi
B. Teks Anekdot
C. Teks Laporan Hasil Observasi
D. Teks Negosiasi
E. Teks Prosedur Kompleks

29. Yang merupakan unsur-unsur teks anekdot, kecuali....
A. Judul
B. Partisipan
C. Humor
D. Kritik
E. Pujian

30. Struktur teks anekdot yang tepat, yaitu....
A. Abstraksi – Koda – Orientasi – Krisis – Reaksi
B. Orientasi – Abstraksi – Reaksi – Krisis – Koda
C. Abstraksi – Orientasi – Krisis – Reaksi – Koda
D. Koda – Reaksi – Krisis – Orientasi – Abstraksi
E. Reaksi – Abstraksi – Krisis – Orientasi – Koda

31. Bagian terjadinya masalah atau hal unik dalam struktur teks anekdot disebut....
A. Krisis
B. Abstraksi
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi

32. Bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut....
A. Abstraksi
B. Orientasi
C.  Krisis
D. Reaksi
E. Koda

33. Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana.
Kutipan kalimat diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....
A. Koda
B. Krisis
C. Reaksi
D. Abstraksi
E. Orientasi

34. Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak ...!”
Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Krisis
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi

35. Kelas kembali berlangsung normal.
Kutipan kalimat diatas merupakan salah satu bagian struktur teks aneksot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Orientasi
C. Koda
D. Krisis
E. Reaksi

36. Yang merupakan tujuan penulisan teks anekdot, yaitu....
A. Memberi petunjuk
B. Memberi argumentasi
C. Membuat bingung
D. Menghibur
E. Menganalisis

37. Sindiran dalam teks anekdot dapat diungkapkan dengan antonim. Pasangan kata dibawah ini yang merupakan antonim, kecuali....
A. Benar – Salah
B. Adil – Tidak adil
C. Kaya – Miskin
D. Rajin – Malas
E. Target – Sasaran

38. Anekdot yaitu jenis teks yang berisi .... lucu, konyol, atu menjengkelakan seabgai akibaat dari krisis yang di tanggapi dengan reaksi, adalah.....
a. Jawaban-jawaban
b. Pertanyaan-pertanyaan
c. Peristiwa-peristiwa
d. Kalimat-kalimat
e. Sanggahan- sanggahan

39. Ciri-ciri anekdot yaitu, kecuali....
a. Bersifat menyindir
b. Lucu
c. Membuat sebagian orang tersinggung
d. Meencengkelkan
e. Membosangkan

40. ..... merupakan suatu riangkasan yang lengkap  dan menjelaskan keseluruhan isi artikel ilmiah dan di tempatkan pada bagian awal artikel ilmiah. Adalah pengertian dari....
a. Koda
b. Krisis
c. Abstraksi
d. Orientasi
e. Reaksi

41. Persyaratan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk bernegosiasi, adalah....
a. Banyak kawan
b. Ditakuti oleh pihakk lawan
c. Banyak berbicara yang tidak jelas
d. Mempunyai kemampuan berkomunikasi
e. Acuh- tak acuh

Teks bacaan untuk no 42-45

KUHP Dalam Anekdot

Seoraang dosen fakultas hokum suatu universitas sedang membrikan kuliah hokum pidana. Uasanaa kelas biasa-biasa saja.
Saat sesi Tanya-jawab tiba, ali bertanya kepada pak dosen.”apa kepanjangan KUHP pak?” pak dosen tiba menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada ahmad. “saudara ahmad, coba dijawab pertanyaan saudara ali taadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas ahmad mejawab, “Kasih Uang Habis Perkara, pak...!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanyaa menggeleng –gelengkan kepala seraya menmbahkan pertanyaan kepada ahmad. “ saudara ahmad, dari mana saudara tahu jawaban itu?”dasar ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “peribahasa inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, pak....?”. Semua mahasiswa dikelas itu tercengang. Mereka berpandang pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kembali berlangsung normal.

42. Pada teks bacaan diatas tentukanlah pada paragraph berapakah yang termasuk struktur teks abstraksi, adalah...
a. Paragraf 1
b. Paragrap 2
c. Paragrap 3
d. Paragraph 4
e. Paraagraf 2 dan 4

43. Pada kalimat, “mahasiswa tercenggang dan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkan kepala (paragraf 3)”, adalah termasuk kalimat struktur teks....
a. Orientasi
b. Abstraksi
c. Koda
d. Krisis
e. Reaksi

44. Pada kalimat dibawah ini pilihllah mana yang termasuk kalimat struktur teks orientasi adalah....
a. Seorang dosen memberikan kulih hokum pidana (paragraf 1)
b. Suasana kelas biasa-bisa saja (paragraf 1)
c. Dengan tegas ahmad menjawab, “ Kasih Uang Habis Perkara, pak...! (paragraf 2)
d. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak. (paragraf 3)
e. Kelas kembali berlangsung normal ( paragraf 4)

45. Siapakah partisipan yang digambarkan dalam anekdot tersebut, adalah
a. Pak dosen
b. Ali
c. Ahmad
d. Ali dan ahmad
e. Pak dosen dan ali

46. Berikut termasuk cara memperoleh bahan-bahan referensi untuk teks anekdot, keucali….
a. Koran
b. Internet
c. Lawakan
d. Imajinasi

47. Kalimat berikut yang termasuk unsur lucu/konyol/jengkel dari teks anekdot adalah….
a. Katakanlah hal kebenaran.
b. Perhatikan kehidupan orang miskin.
c. Kesenangan sesaat akan menghancurkan masa depat.
d. Ibu yang memuji tindakan anaknya yang salah.

48. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut!

Pada malam jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah kebetulan disana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.

Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah….
a. Pada malam jumat, sejumlah politisi melakukan ”blusukan” ke daerah-daerah banjir.
b. Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama).
c. Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.
d. Kebetulan disana banyak wartawan meliput.

49. Perhatikan teks anekdot berikut!

Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.

Konjungsi yang digunakan pada teks tersebut adalah….
a. Tetapi dan sedangkan
b. Sedangkan dan tiba-tiba
c. Tetapi dan namun
d. Tiba-tiba dan meskipun

50. Perhatikan teks anekdot berikut!

Setiap hari orang tua Iwan selalu bekerja. Mereka jarang pulang kerumah karena harus mengisi acara seminar maupun diklat. Sudah satu bulan lamanya mereka tidak bertemu anaknya. Rasa kangen pun mendera. Sang bapak ingin menguji anaknya, apakah dia mencintai dan merindukannya.
Bapak: Wan, apakah kamu sayang terhadap orang tuamu?
Iwan: Sangat sayang. Aku selalu merindukan ayah dan ibu ketika aku sendiri di rumah (jawab Iwan bohong).
Bapaknya lega mendengar perkataan Iwan. Beliau percaya kalau anaknya sangat menyayangi orang tua.
Ayahnya kemudian berdoa, ‘Ya, Tuhan terima kasih Kau telah titipkan kepada hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.” Seketika itu, Iwan jatuh pingsan. Bapaknya segera melarikannya kerumah sakit. Iwan langsung mendapatkan pertolongan tim medis dan masuk ruang ICU. Ayahnya hanya menangis.

Partisipan yang terlibat dalam teks anekdot itu adalah….
a. Bapak
b. Iwan
c. Bapak, Iwan, dan tim medis
d. Bapak dan Iwan

51. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuat teks anekdot, kecuali….
a. Melakukan pengamatan atau perenungan untuk menemukan ide cerita yang minimal mengandung krisis dan reaksi unik yang lucu.
b. Ide cerita yang paling sederhana adalah dalam bentuk tanya-jawab yang jawabannya aneh dan bisa membuat pembaca tertawa.
c. Mengembangkan ide cerita menjadi teks anekdot dengan memberi latar, tokoh, dan dialog.
d. Mengusahakan rangkaian dialognya membentuk rangkaian event, krisis, dan reaksi.

52. Membandingkan antara dua kriteria dengan kenyataan baik dari segi struktur ini maupun bahasa (kosakata, ejaan, dan struktur kalimat). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….
a. Mengidentifikasi
b. Menelaah
c. Menganalisis
d. Mengabstraksi

53. Berikut ini termasuk mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot, kecuali….
a. Mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap)
b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain
c. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai
d. Mempertanyakan apakah ada paragraph yang menyimpang

54. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek….
a. Isinya
b. Struktur teksnya
c. Unsur kebahasannya
d. Makna tersirat

55. Berikut ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat mengevaluasi teks ankedot, kecuali….
a. Apa yang dilakukan?
b. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?
c. Siapa yang kita sindir?
d. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?

56. Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki….
a. Unsur kebahasaan
b. Struktur teks
c. Struktur da nisi teks
d. Unsur lucu/jengkel/konyol

57. Berikut ini termasuk struktur teks anekdot, kecuali….
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Puncak pertikaian
d. Koda

58. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
Pada suatu hari, Onyod si Tukang Becak berniat membeli makan siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah hari. Tibalah ia disebuah rumah makan sederhana milik Odah.
Kalimat ke dua pada penggalan anekdot di atas tergolong ke dalam bagian…
A. abstraksi                 
B. orientasi
C.  krisis
D.  reaksi
E.  koda

59. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
(1) “Anda telah membuang sampah sembarangan, yaitu puntung rokok”, tegas petugas itu. (2) Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.” (3) Lalu, diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi. (4)Petugas itu hanya terbelalak keheranan. (5)Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
Koda yang terdapat pada paragraf di atas adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

60. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!

Suatu ketika si Azam sedang  berlibur, tetapi tampaknya  ia tak tahu akan adanya peraturan itu. Ia merokok sendirian sambil duduk di bangku. Karena rokoknya sudah hampir habis, ia membuang puntung rokoknya begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki kanannya. Tanpa  disangka-sangka,  tiba-tiba  datang  petugas dan  menegur Azam dengan suara tegas.
Abstraksi yang tepat untuk teks di atas adalah...
A. Singapura termasuk salah satu negara yang bersih.
B.  “Tahukah Anda bahwa Anda telah melakukan pelanggaran?” “Tidak tahu.
C. Diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi.
D.  Pada suatu hari Zuki sedang berlibur.
E. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.

61. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
(1) Saat sesi  tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. (2) “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” (3) Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. (4)“Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. (5) Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
Krisis yang terdapat pada teks di atas adalah...
A.   1
B.   2
C.   3
D.   4
E.    5

62. Bacalah teks berikut!

Cuma Takut Tiga Roda

(1) Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI, ada pembicaraan serius yang dilakukan seusai menghadiri sebuah rapat di istana Negara. (2) Pembicaraan bertopik isu terhangat. (3) Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah yang kala itu sedang melanda kota Jakarta.
(4) Gusdur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut.
(5) “Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di Jakarta, Pak?” tanya seorang menterinya.
(6) “Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak, dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini. (7) Padahal kan, nyamuk sini cuma takut sama tiga roda.”

Krisis yang terdapat pada teks anekdot ditunjukan dengan nomor…
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 4
D. 5 dan 6
E. 7

63. Bacalah teks berikut!

Obrolan Presiden

(1) Seperti biasa, setiap presiden selalu ingin memamerkan apa yang menjadi kebanggaan negerinya. (2) Tidak lama presiden Amerika, Cliton, mengeluarkan tangannya dan sesaat kemudian dia berkata, “Wah kita sedang berada di atas New York!”
(3)  Presiden Indonesia (Gus Dur), “Lho, kok, bisa tau, sih?”
(4)  “Itu… Patung Liberty kepegang!” jawab Clinton dengan bangganya.
(5)     Enggak mau kalah, Presiden Prancis, Jacques Chirac, ikut menjulurkan tangannya keluar.
Orientasi yang terdapat pada teks tersebut ditunjukan dengan nomor…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

64. Bacalah teks anekdot berikut!

KUHP DALAM ANEKDOT

Seorang dosen  fakultas hukum suatu  universitas sedang  memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
Saat sesi  tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?”  Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada  Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan  kepala  seraya  menambahkan pertanyaan kepada  Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana  Saudara tahu  jawaban  itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen  dijawabnya  dengan tegas, “Peribahasa  Inggris mengatakan pengalaman adalah  guru  yang  terbaik,  Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.

Makna tersirat pada teks anekdot di atas adalah...
A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana.
B. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hukum pidana.
C. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.
D. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.
E. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.

65. Bacalah teks anekdot tersebut!

Kisah Pemulung

Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.
Pak RT: “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”
Pemulung :“Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik yang dapat didaur ulang.”
Pak RT : “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini, tidak?”
Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”
Pak RT: “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”
Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang   di papan itu, tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”
Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan pemulung.

Dari segi makna tersirat, teks anekdot di atas dapat diinterpretasikan sebagai...
A. Masih banyak orang miskin di sekitar kita!
B.  Pemulung dilarang masuk!
C. Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.
D. Ternyata angka buta aksara disekitar kita masih banyak.
E. Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.

66. Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!

Malik  : “Tuan Abdul, saya sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing  yang punya taduk sejengkal manusia.”
Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman keseluruh negeri bahwa kita membutuhkan seekor kambing  yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk disembelih.

Abstraksi yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas adalah…
A.   Pada suatu hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah seminggu menghilang.
B.   Tuan Abdul membuat sayembara perihal pencarian kambing.
C.   Akhirnya kambing itu ditemukan.
D.   Tuan malik tidak mencari kambing yang punya tanduk sejangkal manusia.
E.    Kemudian Tuan malik dan tuan Abdul bersepakat membuat sayembara untuk mencari kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia.

67. Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!

Petugas SPBU : …??
Menyadari kekonyolan pertanyaan itu muka mahasiswa berubah menjadi merah. Mesin SPBU menunjukkan angka 20.000, si mahasiswa segera membayar dan pergi dengan perasaan malu.

Orientasi yang tepat untuk cuplikan teks anekdot di atas adalah…
A. Seorang mahasiswa yang membeli bensin ikut mengantre dan ia berada di urutan      belakang.
B. Muka mahasiswa itu berubah merah.
C. Pada suatu hari di sebuah Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum sedang ada antrean panjang.
D. Si mahasiswa segera membayar dan pergi dengan perasaan malu.
E.  Suatu hari seorang mahasiswa sedang berlatih mengemudi.

68. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!

Rokok

Andi berjalan menuju halte, dimana orang-orang ingin menunggu bus. Setelah sampai di halte, dia bertanya kepada seorang buruh pabrik yang sedang menunggu bus kopaja sambil merokok. Lalu Andi memulai percakapan.
“Haduh... tebal dan jorok sekali asap bus Mayasari Bakti.”
Lalu buruh pabrik itu merespon pernyataan Andi, “Iya nih.. Asap kopaja juga tebal.” Lalu Andi membalas.
“Bagaimana tanggapan Anda jika melihat orang yang menyebabkan polusi lebih dari asap bus itu?”

Abstraksi yang tepat untuk teks anekdot di atas adalah...
A. Suatu hari banyak sekali penumpang menunggu bus di halte.
B. Suatu hari, Andi sedang menunggu bus di terminal.
C. Ketika itu, Andi sedang menunggu seorang buruh pabrik di stasiun.
D. Andi pergi meninggalkan buruk pabrik itu di halte.
E. “Haduh tebal sekali asap kopaja itu!”

69. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….
a. Ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum
b. Suatu fakta
c. Realita kehidupan
d. Opini dari para tokoh

70. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk….
a. Mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya
b. Menghibur pembacanya
c. Menghilangkan stress
d. Refresing dari berbagai aktivitas

71. Anekdot merupakan sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan….
a. Kehidupan pribadi
b. Kisah manusia dan kehidupannya
c. Manusia dan realitanya
d. Pengalaman seseorang

72. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….
a. Bersifat menghibur
b. Mengungkapkan kebenaran yang lebih umum
c. Bersifat mengejek seseorang
d. Terilhami dari kejadian nyata

73. Abstraksi merupakan bagian awal paragraf yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks dan biasanya menunjukan….
a. Hal yang unik
b. Latar belakang peristiwa itu terjadi
c. Hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita
d. Tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis

74. Salah satu unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot adalah pertanyaan retoris, yang artinya….
a. Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban
b. Pernyataan singkat
c. Pernyataan dari tokoh yang mengalami peristiwa dalam cerita
d. Pernyataan umum dari peristiwa

75. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menganalisis teks anekdot, kecuali….
a. Membaca teks anekdot dengan seksama anekdot
b. Memahami teks anekdot dengan baik
c. Menganalisa struktur teks, yaitu memisahkan bagian abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda
d. Menemukan kata kias, konjungsi, kalimat retoris (jika ada)

76. Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal berdasarkan….
a. Penelitian dilapangan
b. Cerita fiksi
c. Hasil observasi
d. Kejadian yang sebenarnya

77. Bagian dalam teks anekdot, yang memunculkan hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan adalah….
a. Orientasi
b. Krisis
c. Koda
d. Konkluksi

78. Berikut ini termasuk bagian yang ada dalam teks anekdot, kecuali….
a. Orientasi
b. Krisis
c. Reaksi
d. Analisis

79. Perhatikan teks berikut!

Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.

Makna tersirat dari teks tersebut adalah….
a. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilaangkan bau amis.
b. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri.
c. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola, tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.
d. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan penyakit

80. Perhatikan kalimat berikut!

Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulan asap di dapur.
Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian….
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Reaksi

Itulah tadi kumpulan soal teks anekdot pilihan ganda dan jawabannya kelas 10. Bagi Anda yang ingin mengetahui contoh soal pilihan ganda teks ceramah dan jawabannya, silahkan lihat link di bawah ini.

Baca juga: 50 Contoh Soal Teks Ceramah Pilihan Ganda beserta Jawabannya


Demikianlah pertanyaan dan jawaban tentang teks anekdot. Semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila ada jawaban kami yang salah, silahkan beritahukan dengan berkomentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

0 comments