Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
TEKS EKSEMPLUM merupakan materi Bahasa Indonesia Kelas 9/IX - Hal-hal yang akan dibahas pada materi Teks Eksemplum yaitu pengertian teks eksemplum, ciri-ciri , jenis-jenis, struktur teks dan contoh.

Apa yang dimaksud dengan teks eksemplum? Secara garis besar adalah teks yang menceritakan perilaku tokoh di dalam ceritanya.

Untuk lebih memperdalam apa itu teks eksemplum, Materi Bindo akan merangkum poin-poin penting yaitu sebagai berikut:

Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Jenis, Strukur dan Contoh Lengkap

Pengertian Teks Eksemplum


Teks eksemplum adalah suatu teks yang menceritakan perilaku dari tokoh pada suatu cerita. Teks eksemplum diawali dengan pengenalan tokoh, lalu peristiwa yang dialami tokoh dan penutupnya interpretasi yang timbul dari tokoh tersebut. Teks ini termasuk jenis karya berisi sebuah pengalaman hidup manusia.

Ciri-ciri Teks Eksemplum


Agar kita lebih memahami mengenai teks ini. serta apa perbedaannya dengan teks lainnya. Berikut ini ciri-ciri teks eksemplum:
  • Berisi tentang terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
  • Menggunakan bahasa naratif, artinya mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kajadian atau peristiwa.
  • Urutan peristiwa yang jelas.
  • Memiliki struktur yang lengkap.

Ciri Bahasa Teks Eksemplum


Berikut ini adalah ciri kebahasaan teks eksemplum:
  • Menggunakan bahasa naratif.
  • Menggunakan urutan peristiwa yang jelas.
  • Menghadirkan diri penulis (sudut pandang orang pertama pelaku utama), seperti "aku" yang ada dalam interpretasi.
  • Banyak menggunakan kalimat majemuk, kata kerja, kata rujukan, dan konjungsi.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum


Adapun unsur kebahasaan dari teks eksemplum adalah sebagai berikut.
  • Menggunakan kalimat kompleks (kalimat majemuk).
  • Menggunakan kata konjungsi urutan waktu.
  • Menggunakan kata sifat.
  • Menggunakan kata yang menyatakan keterangan tempat, waktu, dan cara.

Jenis-Jenis Teks Eksemplum


Teks eksemplum terdiri atas 2 jenis, yaitu teks eksemplum fiksi dan non fiksi.

Teks eksemplum fiksi berupa cerita binatang (fabel) dan legenda. Sedangkan, non fiksi berupa cerita yang berasal dari kisah nyata, kisah nyata itu didapat dari pengalaman pengarang teks atau orang lain

1. Teks Eksemplum fiksi


Teks ini bersumber dari cerita-cerita rakyat, seperti binatang dan legenda. Bersifat rekaan dan sulit dibuktikan kebenarannya. Namun, terkadang teks jenis ini diyakini kebenarannya oleh masyarakat tradisional.

2. Teks Eksemplum non-fiksi


Teks ini bercerita tentang pengalaman hidup berdasarkan kisah nyata. Pengalaman itu bersumber dari penulis teks ataupun orang lain. Pengalaman tersebut berisi peristiwa-peristiwa yang luar biasa/tidak terduga.

Struktur Teks Eksemplum


Salah satu ciri-ciri teks eksemplum adalah memiliki struktur yang lengkap/utuh. Berikut struktur teks nya:
  1. Orientasi: merupakan bagian awal dari teks. Bagian ini biasanya berisi pengenalan tokoh. Contoh: "Lelaki itu mempunyai hati yang baik dan berbakti kepada orang tua".
  2. Insiden: bagian kedua berisi permasalahan yang akan dihadapi oleh tokoh. Contoh: "Budi terlambat datang ke sekolah karena terlalu asyik bermain dengan teman-temannya".
  3. Interpretasi: bagian ini berisi pesan moral,evaluasi, serta akibat dari masalah yang diperbuat oleh tokoh dalam cerita.

Contoh Teks Eksemplum


Cawi dan Harimau

Oleh: happinessandfearless.blogspot.co.id

Orientasi :

Pada suatu hari di musim panas, Kancil sedang berjalan-jalan di hutan. Tiba-tiba Kancil mendengar suara burung bernyanyi, lalu ia mencari asal suara itu. Ternyata suara itu berasal dari Burung Cawi. Disana, ia bertemu penghuni hutan lainnya.

Mereka sedang mendengarkan nyanyian dari Burung Cawi. Para penghuni hutan merasa senang dan kagum terhadap Burung Cawi. Selain pandai bernyanyi, ia juga baik hati dan bijak. Oleh karena itu, Kancil ingin menjadikan Cawi sebagai putri rimba. Para penghuni hutan setuju dengan usulan Kancil, terkecuali Burung Elang.

Insiden :

Burung Elang merasa dirinya yang lebih pantas menjadi putri rimba. Tiba-tiba harimau datang menghampiri Elang, dan bertanya tentang kebenaran kabar bahwa Cawi telah dijadikan putri rimba. Rupanya harimau juga tidak setuju kalau Cawi menjadi putri rimba. Mereka merencanakan jebakan untuk mencelakai Cawi.

Harimau memberi tahu Cawi tentang keberadaan emas di hutan yang telah terbakar. Namun itu hanya siasat Elang dan Harimau untuk mencelakai Cawi. Kancil merasa curiga terhadap Harimau, dan ia diam-diam mengikuti mereka.

Sesampainya di hutan, Harimau menyuruh Cawi untuk masuk ke lubang bekas bakaran sebuah pohon. Dengan alasan tubuh Harimau tidak muat untuk masuk kedalamnya.

Cawi bersedia masuk untuk mengambil emas tersebut. Ketika ia berada di dalam lubang, Harimau langsung melompat ke atas sisa pohon yang telah terbakar tersebut, lalu ia merobohkannya.

Seketika Cawi tertimbun reruntuhan pohon yang hangus. Harimau langsung melarikan diri, ia berpikir Cawi telah mati. Kancil yang melihat hal itu langsung menolong Cawi dan akhirnya ia dapat keluar.

Interpretasi :

Kancil mengajak Cawi untuk membersihkan dirinya di danau. Ketika melihat bayangan dirinya di air, Cawi terkejut karena tubuhnya berubah menjadi hitam dan tidak cantik lagi.

Cawi tidak bisa berbuat apa-apa. Semenjak itu, Cawi hanya bisa lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya pada seseorang. Kancil menenangkan Cawi dan memberinya sebuah ide untuk membalas perbuatan Harimau.

Cawi dapat berbunyi “kwing.... kwing.... kwing.... kwang.... kwang.... kwang.... kwang...” untuk memberi tahu penghuni hutan jika Harimau sedang mengintai mereka. Jadi, kita dapat belajar bahwa kita harus lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang lain.

Baca juga: [UPDATE] Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya


Demikianlah materi tentang Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Contoh Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Referensi: engkuhaldrian.blogspot.com/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR