Type something and hit enter

Posted by On
Buatlah contoh teks eksemplum tentang liburan? Pertanyaan seperti itu yang mungkin kalian cari. Kalian beruntung, karna MateriBindo akan membagikan artikel mengenai contoh teks eksemplum bertemakan liburan sekolah beserta strukturnya.

Sebelum kita mulai membuat contohnya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks eksemplum dan apa saja struktur teksnya.

Apa itu teks eksemplum? Pengertiannya adalah suatu teks yang menceritakan perilaku tokoh pada suatu cerita. Teks ini termasuk dalam jenis karya berisi pengalaman hidup manusia.

Struktur teks eksemplum terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu: orientasi, insiden, dan interpretasi. Penjelasan singkatnya di bawah ini:
  • Orientasi: berisi pengenalan tokoh
  • Insiden: berisi permasalahan yang akan dihadapi tokoh
  • Interpretasi: berisi pesan moral

Sudah jelas bukan? Jika belum, lihatkan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Jenis, Strukur dan Contoh Lengkap

Berikut ini contoh teks eksemplum tentang pengalaman liburan beserta struktur teksnya.
Contoh Teks Eksemplum Liburan Singkat dan Strukturnya

#1 Contoh Teks Eksemplum tentang Liburan Singkat

Orientasi

Pada hari minggu yang lalu, aku dan teman-temanku pergi mendaki ke puncak. Malam sebelum berangkat, hatiku sangat bahagia sekali membayangkan bisa mendaki bersama teman-teman masa kecilku. Dan pada akhirnya aku jadi tidur larut sekali karna mengkhayal terlalu lama. Saat hari minggu, aku bangun kesiangan.

Insiden

Karena aku lambat bangun, jadinya aku buru-buru memasukkan apa saja hal yang dibutuhkan untukku nanti. Namun, karena aku tidak memikirkan baik-baik apa yang harus dipersiapkan, akhirnya aku lupa membawa air minum. Selama mendaki itu aku sama sekali tidak minum apapun, aku sangat haus sekali waktu itu.

Interpretasi

Pesan moral atau pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita di atas adalah kita tidak boleh terburu-buru dalam melakukan segala hal, dan juga harus selalu mempersiapkan dengan matang apa saja yang harus kita bawa selama liburan.

Sumber: https://contoh.pro/contoh-teks-eksemplum-singkat/

#2 Contoh Teks Eksemplum tentang Liburan ke Pantai

Orientasi

Liburanku saat ke rumah kakek yang ada di Bali. Pada saat itu menunjukkan pukul 7 pagi. Aku segera bangun dan langsung mandi, setelah itu aku disuruh sarapan oleh mama bersama keluarga yang lain. Saat sarapan, kami sekeluarga membicarakan wacana berwisata. Dan akhirnya, kami sepakat untuk pergi ke pantai Pandawa.

Kami sekeluarga langsung segera menyiapkan barang-barang yang akan dibawa untuk pergi wisata ke pantai Pandawa. Setelah tiba disana, kami menyewa tenda untuk berteduh sambil menikmati pemandangan.

Insiden

Setelah itu aku dan saudaraku pergi ke arah pantai untuk berfoto-foto. Tanpa kusadari, ada seekor siput laut di kakiku. Aku refleks langsung menendang siput yang ada dikakiku. Karena berlebihan akupun terpeleset dan jatuh, yang lebih parah lagi handphone ku jatuh ke laut dan rusak parah.

Aku pun dimarahi oleh mamaku, karena handphoneku itu adalah handphone yang tergolong mahal.

Interpretasi

Dari kejadian di atas pesan moral yang dapat dipetik yaitu kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan suatu hal jangan gegabah.

Sumber: http://semuacontoh.blogspot.com/2018/03/2-contoh-teks-eksemplum-tentang-liburan.html

#3 Contoh Teks Eksemplum Liburan ke kota Malang

Orientasi

Kala itu aku ingin pergi liburan ke kota Malang. Aku pergi ke sana bersama 3 orang temanku naik kereta api.

Sayangnya kami tidak mendapatkan tiket kereta api, yang ada hanya tiket untuk malam hari. Aku ragu, karena orangtua ku berpesan jangan berpergian jauh di malam hari. Namun temanku sudah terlanjur membeli tiket dan mau tak mau aku juga ikut beli.

Kami telah tiba di stasiun kereta itu pukul 8 malam. Kalau perjalanan lancar, pukul 12 malam kami telah sampai di Malang. Akhirnya kereta tiba dan kami semua naik.

Insiden

Perjalanan itu membuatku mengantuk, begitu pula teman-temanku. Kami semua tertidur di kereta sampai ke kota Malang.

Seharusnya kami tidak boleh tidur. Gara-gara tertidur kami tidak sadar ada seseorang yang mengambil tas ransel kami yang berisi kamera, laptop dan beberapa barang berharga lainnya.

Kami menyadari setelah tiba di Malang, kami kehilangan ransel berhaga milik kami.

Interpretasi

Pelajaran yang dapat kita ambil adalah seharusnya kita lebih mematuhi nasehat orang tua, dan saat melakukan perjalanan pada malam hari jangan lengah karna kejahatan itu selalu mengintai kita.

Sumber: https://gudangpelajaran.com/contoh-teks-eksemplum/

#4 Contoh Teks tentang Liburan "Tiket Misterius"

Orientasi

Aku merupakan seorang mahasiswa semester satu. Aku memiliki seorang sepupu perempuan yang sekarang merupakan mahasiswa semester lima. Saat liburan tiba, aku menginap di rumah sepupuku yang berada di kota Jepara.

Ketika aku berkunjung kerumahnya, dia sangat senang sekali. Setelah beristirahat sebentar, aku dan sepupuku pergi membeli makan pada sore hari. Setelah itu kami langsung kembali ke rumah.

Insiden

Anehnya, kami mendapati 2 lembar tiket musik yang diadakan nanti malam. Kami senang menemukannya dan bersiap untuk menonton konser nanti malam.

Sepulang dari nonton konser, kami sangat terkejut melihat seisi rumah berantakan. Rupanya rumah sepupuku kemalingan.

Interpretasi

Dari cerita di atas dapat kita ambil pesan yaitu agar lebih waspada dan tidak mudah percaya dengan kiriman yang aneh-aneh.

Sumber: http://harismuhajir91.blogspot.com/2015/09/contoh-teks-eksemplua-beserta.html

#5 Contoh Teks Eksemplum tentang Liburan "Wahana Maut"

Orientasi

Liburan tahun lalu, aku berkunjung ke rumah saudaraku dan mengajaknya untuk pergi jalan-jalan ke kota, kami pergi ke wahana bermain. Kami sudah memiliki tiket masuk untuk menaiki wahana yang diinginkan.

Insiden

Kami memilih naik wahana Histeria, di wahana ini kami dilambungkan dari ketinggian 20 meter lebih berkali-kali, jantung kami rasanya mau copot. Tak kusangka, wahana yang kami naiki mati mendadak, kami pun panik.

Setelah hampir 30 menit berada di atas ketinggian, akhirnya ada petugas datang untuk memperbaiki wahana itu, untunglah nyawa kami selamat berkat mereka. Kami merasa lega. Akupun bersyukur karena Allah SWT telah menyelamatkan kami semua.

Interpretasi

Dari kejadian di atas hikmah yang dapat diambil yaitu kita harus selalu berhati-hati dan waspada, sebab kita tidak akan pernah tahu apa yang akan menimpa kita.

Sumber: http://www.kumpulan-contoh.com/2015/11/contoh-teks-eksemplum.html

Contoh lainnya: [UPDATE] Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

Demikianlah artikel hari ini tentang 5+ Contoh Teks Eksemplum Liburan Singkat dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.