Type something and hit enter

Posted by On

Apakah yang dimaksud dengan ceramah menurut para ahli? Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan membagikan artikel pengertian teks ceramah menurut para ahli. Silahkan lanjutkan membaca artikel ini.


Pengertian ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Ceramah merupakan salah satu bentuk komunikasi yang penting dalam kehidupan manusia. 


Tujuan dari ceramah adalah menyiarkan suatu petunjuk atau informasi secara persuasif, argumentatif, hingga deskriptif di hadapan pendengar. 

Pengertian Ceramah Menurut Para Ahli

Ceramah juga dapat berisi nasehat dan petunjuk-petunjuk pada audiens yang bertindak sebagai pendengar. Ceramah dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni ceramah umum dan ceramah khusus.


Langsung saja, ini dia pengertian ceramah menurut pendapat para pakar.


Pengertian Ceramah Menurut Para Ahli


Berikut adalah beberapa definisi teks ceramah menurut pendapat para ahli.


Arsjad


Menurut Arsjad (1993, hlm. 67) “Ceramah adalah suatu cara penyampaian suatu keterangan atau informasi atau uraian tentang suatu pokok  persoalan atau masalah secara lisan”. 


Nurhayatin


Selaras dengan pendapat dari Nurhayatin (2009, hlm. 63), “Ceramah merupakan salah satu kegiatan berkomunikasi lisan”.


Winarno Surahmad


Menurut Winarno Surahmad, M.Ed (2000, h.6) menyatakan bahwa ceramah yaitu penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap kelasnya, sedangkan peranan murid mendengarkan dengan teliti, serta mencatat yang pokok dari yang di kemukakan oleh guru.


Roestiyah


Ceramah merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh guru. Biasanya guru menggunakan teknik ceramah bila memiliki tujuan agar siswa mendapatkan informasi tentang suatu pokok atau persoalan tertentu (Roestiyah, 2008: 137). 


W. James Popham & Evi L. Baker


Sedangkan menurut W. James Popham & Evi L. Baker (1992: 80) mendefinisikan ceramah sebagai suatu penyajian informasi secara lisan baik yang formal dan berlangsung selama 45 menit maupun yang informal dan hanya berlangsung selama 5 menit.


Pengertian Teks Ceramah Menurut KBBI


Ceramah dalam kamus Bahasa Indonesia adalah pidato yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang dimaksud disini adalah keseluruhan untuk siapa saja, khalayak ramai, masyarakat luas, atau lazim.


A.G Lugandi


Sedangkan menurut A.G Lugandi, ceramah agama adalah suatu penyampaian informasi yang bersifat searah, yakni dari penceramah kepada hadirin.


Abdul Kadir Munsyi


Beda lagi dengan pendapat Abdul Kadir Munsyi, beliau berpendapat bahwa ceramah adalah metode yang dilakukan dengan maksud untuk menyampaikan keterangan petunjuk, pengertian, penjelasan tentang sesuatu masalah dihadapan orang banyak.


Sumantri M


Sumantri M. dkk, ceramah adalah kegiatan menyajikan sebuah pelajaran yang dilakukan oleh penceramah dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada pembacanya.


Dimyati


Dimyati dkk, ceramah adalah sebuah interaksi belajar mengajar yang dilakukan melalui aturan dan penjelasan secara lisan yang dilakukan oleh guru kepada sekelompok muridnya.


M. Basyruddin Usman


Menurut M. Basyruddin Usman, ceramah adalah sebuah teknik menyampaikan pesan di dalam pelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah.


Muhibbin Syah


Menurut Muhibbin Syah, ceramah adalah metode penyampaian pelajaran atau informasi yang paling mudah dan efektif untuk dilakukan.


Wikipedia


Menurut Wikipedia, ceramah adalah pidato yang dilakukan oleh pembicara di hadapan banyak pendengar.


Ruslan Saleh


Menurut Ruslan Saleh, ceramah adalah suatu bentuk komunikasi yang melibatkan satu orang pembicara yang menyampaikan pesan kepada banyak orang.


Onong Uchjana Effendy


Sementara itu, Onong Uchjana Effendy mendefinisikan ceramah sebagai suatu bentuk komunikasi satu arah, di mana pembicara memiliki peran dominan dalam proses komunikasi tersebut.


Abdul Muis Amir


Abdul Muis Amir, seorang ahli lainnya, mendefinisikan ceramah sebagai penyampaian ide atau gagasan oleh seorang pembicara kepada khalayak dengan tujuan memberikan pemahaman, pengetahuan, atau motivasi.


Carol Bargemann


Menurut Carol Bargemann, ceramah adalah metode pembelajaran di mana seorang pemimpin berbicara secara terus-menerus kepada para peserta dengan tujuan untuk memberikan informasi dan mempengaruhi pemikiran mereka.


Aileen Amar


Aileen Amar, seorang pendidik, mengartikan ceramah sebagai bentuk komunikasi di mana seorang ahli atau guru memberikan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman pribadinya kepada publik dengan tujuan mendidik dan menginspirasi mereka.


Dr. Robert Gagne


Menurut Dr. Robert Gagne, ceramah adalah metode pengajaran yang melibatkan penggunaan bahasa lisan untuk membantu siswa memperoleh dan mengorganisir pengetahuan baru dalam ingatan mereka.


Dr. Steve Jaworski


Dalam pandangan Dr. Steve Jaworski, ceramah adalah alat yang kuat dalam transfer pengetahuan dan pengembangan kemampuan pribadi, karena itu memainkan peran penting dalam proses pembelajaran.


Prof. Matthew Adams


Profesor Matthew Adams mendefinisikan ceramah sebagai bentuk komunikasi di mana seorang pembicara menghadapkan pengalaman personalnya dengan pendengar untuk membantu mereka memahami konsep atau ide yang kompleks dan mendorong mereka untuk berpikir kritis.


Dr. David E. Heckleman


Menurut Dr. David E. Heckleman, ceramah adalah metode penyampaian yang digunakan oleh seorang ahli untuk mentransfer pengetahuan dan pandangan mereka kepada orang-orang yang hadir dalam acara tertentu.


Dr. Irina Rets


Dalam sudut pandang Dr. Irina Rets, ceramah adalah bentuk komunikasi yang secara aktif mengarahkan perhatian pendengar kepada topik yang dijelaskan, menggunakan strategi persuasif untuk mencapai tujuan tertentu.


Baca juga: Materi Teks Ceramah Terlengkap


Demikianlah artikel tentang pengertian teks ceramah menurut para ahli. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 comments