Type something and hit enter

Posted by On

Banyak ahli sastra yang berusaha mendefinisikan puisi berdasarkan berbagai sudut pandang. Meskipun demikian, pengertian-pengertian puisi menurut para ahli atau definisi yang diberikan belum dapat dianggap sebagai definisi yang baku.


Definisi Puisi Secara Umum


Secara umum puisi merupakan suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair. Karya sastra ini dibuat berdasarkan ungkapan perasaan penyair.


Puisi adalah bentuk ekspresi diri yang menggambarkan keresahan, imajinasi, kritik, pemikiran, pengalaman, kesenangan ataupun nasehat seseorang. Puisi adalah jenis karya sastra yang tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna.


Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Puisi adalah sebuah seni tertulis. Puisi merupakan karya sastra seseorang dalam menyampaikan pesan melalui diksi dan pola tertulis.


Penyair adalah orang yang membuat atau menciptakan puisi. Dalam bentuk seni ini, seorang penyair menggunakan bahasa untuk menambah kualitas estetis pada makna semantis.


Berikut pengertian puisi menurut para ahli.


1. Pengertian Puisi menurut KBBI


Puisi adalah ragam sastra dengan penggunaan bahasa ynag masih terikat oleh matra, irama, penyusunan larik, bait, atau rima. Arti puisi lainnya ialah sebagai sebuah gubahan atau sajak dalam bahasa, dimana bentuknya dapat ditata dan dipilih dengan cermat.


2. Usman Awang


Menurut Usman Awang puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.


3. Herman J. Waluyo


Pengertian puisi yaitu suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan si penyair dengan cara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.


4. Putu Arya Tirtawirya


Definisi puisi ialah suatu ungkapan secara implisit dan samar, maknanya yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada makna konotatif.


5. Muhammad H. Salleh


Puisi adalah sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan musik bahasa serta sesuatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya. Karena semua kekentalan itu, sesudah puisi tersebut dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.


6. Herbert Spencer


Puisi adalah suatu bentuk pengucapan gagasan yang sifatnya emosional dengan mempertimbangkan suatu keindahan.


7. James Reevas


Puisi menurut pengertian James Reevas adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat.


8. Balai Pustaka


Puisi adalah gubahan bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran akan pengalaman membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus.


9. Pengertian Puisi Menurut Bahasa


Menurut bahasa puisi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Kuno yaitu poieo atau pocima. Dalam bahasa Inggris kata tersebut diartikan I create atau aku membuat. Secara singkat definisi puisi adalah snei tertulis yang dibuat oleh manusia.


10. HB Jassin


Puisi adalah sebuah karya sastra yang diucapkan dengan sebuah perasaan yang ada di dalamnya yang memuat suatu fikiran-fikiran dan sebuah tanggapan-tanggapan.


11. Theodore Watss-Dunton


Puisi adalah suatu ekspresi yang konkret dan artistik dari pemikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.


12. Adam Stelle


Puisi adalah susunan not musik yang berasal dari jiwa dan berirama hingga membuat orang yang mendengarnya akan terlelap.


13. Djososuroto


Pengertian puisi dapat diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan mencari dan melukiskan yang diidamkan.


14. Lescelles Abercrombie


Puisi adalah ekspresi dari pengalaman imajinatif, yang hanya bernilai serta berlaku dalam pengucapan atau pernyataan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang mempergunakan setiap rencana yang matang serta bermanfaat.


15. Antilan Purba


Menurut Antilan Purba mendefinisikan puisi sebagai salah satu karya sastra yang bersifat tradisional.


16. Mulyana


Puisi merupakan sintesis dari berbagai peristiwa yang tersaring semurni-murninya dan berbagai proses jiwa yang pemikiran dan emosi yang kita alami sewaktu kita membacanya dengan cara sepuitis mungkin.


17. Matius Hollis


Matius Hollis mengungkapkan bahwa puisi adalah bulletin masyarakat, layaknya musim semi meninggalkan catatan bagi orang lain untuk menemukan keinginan untuk memiliki mereka jatuh ke tangan yang salah.


18. Kawirian


Puisi menurut Kawirian diibaratkan seperti saat sedang memainkan sebuah alat dengan ekspresi yang luar biasa di atas panggung.


19. John Keats


Puisi didefinisikan sebagai suatu usaha untuk membaca indah dari membayangkan suatu narasi proses pemikiran yang bersifat logis. Ia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk akal atau tidak memiliki narasi.


20. Riffaterre


Berdasarkan pendapat dari Riffaterre, puisi itu selalu berubah-ubah sesuai dengan evolusi selera dan perubahan konsepsi esktetikanya.


21. Anne Rouse


Definisi puisi adalah intensitas di pusat kehidupan, dan tentang kerumitan berekspresi tanpa apresiasi dari mereka, orang yang dikutuk untuk emosi sederhana dan ekspresi mentah.


22. Frieda Hughes


Puisi merupakan cara berkomunikasi yang luas dari pikiran dan perasaan dengan berkonsentrasi mereka menjadi minimal, atau bahkan titik tunggal yang menggambarkan keseluruhan.


23. Dick Hartono


Puisi adalah karya sastra yang terdiri dari unsur-unsur penting yaitu unsur tematik atau unsur semantik puisi dan unsur sintaksis puisi. Unsur tematik puisi lebih menunjuk ke arah struktur batin puisi, sementara unsur sintaksis menunjuk ke arah struktur fisik puisi.


24. Charles Baudelaire


Puisi adalah karya sastra yang merupakan ekspresi konkret dan bersifat artistik yang berasal dari kehidupan manusia.


25. W.H. Auden


Arti dan definisi puisi secara umum adala sebuah ekspresi yang bening dari perasaan yang berbaur.


26. Joko Pradopo


Puisi merupakan bentuk ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan, ia mampu membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama.


27. Schmitt dan Viala


Schmitt dan Viala menuliskan bahwa masyarakat Yunani memahami puisi sebagai seni menciptakan bahasa yang berbeda dari pemakaian bahasa sehari-hari.


28. Burhan Nurgiyantoro


Arti puisi merupakan genre sastra yang sangat memperhatikan pemilihan aspek kebahasaan, efek keindahan dari puisi diperoleh dari pemilihan bahasa terutama aspek diksi yang menyangkut unsur bunyi, bentuk dan makna puisi itu sendiri.


29. Umberto Eco


Karya puisi bukanlah masalah perasana, namun meurpakan masalah bahasa. Puisi adalah bahasa yang menciptakan perasaan.


30. Robert Pinsky


Puisi menurut Robert Pinsky adalah karya seni kuno, lebih tua dari komputer, lebih tua dari mesin cetak, lebih tua dari menulis, dan jauh lebih tua dari prosa.


31. Matthew Arnold


Puisi adalah satu-satunya cara yang paling indah, impresif, dan yang paling efektif untuk mendendangkan sesuatu.


32. Dylan Thomas


Puisi adalah apa yang membuat seseorang bisa tertawa atau menangis serta apa yang membuat seseorang ingin melakukan ini atau itu atau tidak sama sekali.


33. Putu Arya Tirtawirya


Mengungkapkan pendapat bahwa puisi merupakan suatu ungkapan secara implisit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada suatu makna konotatif.


34. Jason Stone


Puisi bertujuan untuk mengekspresikan perasaan dan ide-ide dengan cepat dan mengesankan, untuk berbagi perasaan dan ide dengan sahabat dan juga dengan orang mati dan dengan orang-orang yang datang setelah kami.


35. Tjahjono


Secara umum merupakan pembentuk, pembangun atau pembuat, karena memang pada dasarnya dengan menciptakan sebuah puisi maka seorang penyair telah membangun, membuat atau membentuk sebuah dunia baru, secara lahir maupun batin.


36. Lawrence Ferlinghetti


Pengertian puisi diandaikan sebagai suara musim panas di tengah hujan orang tertawa di balik jendela menutup jalan sempit.


37. Samuel Johnson


Arti puisi adalah sebuah karya tulis seni penyatuan kesenangan dengan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar.


38. Wallace Steven


Puisi berdasarkan pendapat Wallace merupakan sebuah kenikmatan dalam kata dengan sarana kata-kata.


39. Aminuddin


Arti puisi berasal dari kata bahasa Yunani yaitu pocima yang berarti membuat atua poeisis yang berarti pembuatan. Puisi diartikan sebagai proses membuat dan pembuatan karena lewat puisi, pada dasarnya seseorang telah menciptakan suatu dunia tersendiri, yang berisi pesan atau gambaran suasana tertentu, baik fisik maupun batin.


40. Hudson


Arti puisi adalah satu cabang sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi, seperti halnya lukisan yang menggunakan garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya.


41. Aristoteles 


Pengertian puisi adalah fragmen yang ada penyair yang menggambarkan tiga genre puisi adalah epic, komik, yang tragis dan mengembangkan aturan yang membedakan puisi kualitas tertinggi setiap genre, berdasarkan tujuan yang mendasari genre.


42. Sumardi


Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan bahasanya dan diberi irama sesuai bunyi yang padu dengan pemilihan kata kiasan yang bersifat imajinatif


43. Zulfahnur


Puisi adalah ekspresi pengalaman batin dan jiwa seseorang tentang kehidupan manusia, alam dan Tuhan dengan media bahasa yang indah secara terpadu dan utuh dipadatkan kata-katanya, disusun dalam bentuk teks.


44. Panuti Sidjiman


Pengertian puisi adalah suatu karya sastra yang bahasanya terikat oleh suatu irama, matra rima, dalam penyusunan larik dan batinnya.


45. Thomas Carlye


Pengertian puisi menurut Thomas Carlye adalah ungkapan pikiran yang bersifat musikal.


46. Pradopo


Puisi adalah rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, diubah dalam wujud yang paling berkesan.


47. Shelly Percy Bysshe


Puisi adalah catatan yang terbaik dan saat-saat paling bahagia dari bahagia dan pikiran terbaik.


48. Mark Doty


Puisi adalah penyelidikan, bukan ekspresi dari apa yang Anda ketahui.


49. Watt-Dunton


Watt Dunton (dalam Situmorang, 1980) puisi adalah ekspresi konkret yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.


50. Aisyah


Menurut Aisyah puisi merupakan hasil penafsiran penyair terhadap kehidupan (Aisyah 2007, Hlm.2)


51. Suroto


Suroto (1989, hlm 40) berpendapat bahwa secara bebas dapat dikatakan bahwa puisi adalah karangan yang singkat, padat, pekat.


52. Samuel Taylor Coleridge


Coleridge berpendapat bahwa puisi adalah kata-kata terindah dalam susunan yang terindah pula.


Baca juga: Pengertian Drama Menurut Para Ahli


Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian puisi menurut para ahli sastra. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments