Type something and hit enter

Posted by On

Apa itu pidato menurut ahli? Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan artikel berjudul pengertian pidato menurut para ahli.


Apakah Anda pernah mendengar atau menyaksikan pidato? Definisi pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan pesan, informasi, atau pendapat tentang suatu hal. 


Pidato sering dilakukan oleh orang-orang yang memiliki peran penting dalam masyarakat, seperti pemimpin, tokoh, atau aktivis. Pidato juga bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin berbagi ide, gagasan, atau pengalaman dengan orang lain.


Baca juga: Materi Teks Pidato Terlengkap


Langsung saja, berikut pengertian teks pidato menurut para ahli.


Definisi Pidato Menurut Pendapat Ahli

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli


Disini kami berikan 14 pendapat pengertian pidato menurut para pakar yang kami himpun dari berbagai sumber di internet.


Depdikbud


Pidato adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak (Depdikbud, 1990: 681). 


Syam


Pidato adalah teknik pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif yang berarti keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan tersebut (Syam, 2006: 7).


Pengertian Pidato Menurut KBBI


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. (KBBI, 1990: 681).


Menurut KBBI yang dimaksud dengan pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Selain itu pidato merupakan wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak atau orang banyak.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:1071) bahwa pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.


Karomani


Pidato umumnya ditujukan kepada orang atau sekumpulan orang untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar dan lain sebagainya. (Karomani, 2011: 12).


Lisinaputri


Pidato adalah menyampaikan buah pikiran dan perasaan seseorang dengan menggunakan bahasa lisan kepada orang banyak atau khalayak ramai (Lisinaputri 2002: 18).


Hasnun


Menurut Hasnun (2005:217), berpidato adalah berbicara dihadapan umum. Namun tidak semua pembicaraan di hadapan umum namanya pidato. Berpidato merupakan bentuk kegiatan berbahasa yang dinyatakan secara lisan dalam situasi tertentu kepada orang tertentu. 


Arsjad


Menurut Arsjad (1988: 53) pidato merupakan suatu hal yang sangat  penting baik pada waktu sekarang maupun pada waktu yang akan datang, karena pidato merupakan penyampaian dan penamaan pikiran, informasi, atau gagasan dari pembicara kepada khalayak ramai


Hadinegoro


Menurut Hadinegoro, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak, dengan maksud agar para pendengar mengetahui, memahami, menerima serta diharapkan bersedia melaksanakan segala sesuatu yang disampaikan kepada mereka.


Rakhmat


Lain halnya dengan pendapat Rakhmat (2009: 78) yang menyatakan pidato adalah komunikasi tatap muka, yang bersifat dua arah, yakni pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya, walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan, ia harus “mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pendengarnya” (baik berupa kata-kata atau bukan kata-kata).


Juanda


Menurut Juanda (2007: 95) pidato adalah penyajian lisan kepada sekelompok massa. Seorang berbicara secara langsung di atas podium atau mimbar dan isi pembicaraannya diarahkan kepada orang banyak. Hal tersebut  tentunya senada dengan definisi pidato .


Hendrikus


Hendrikus, Komunikasi dalam berpidato lebih bersifat satu arah, sebab hanya satu orang yang berbicara, sedangkan yang lain  mendengar.


Rakhmat


Rakhmat menyatakan pidato adalah komunikasi tatap muka, yang bersifat dua arah, yakni pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya, walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan.


Pengertian Pidato Menurut M Djen Amar


Menurut M. Djen Amar, pidato adalah suatu proses penyampaian pesan secara lisan oleh seorang pembicara kepada sekelompok pendengar. Pidato harus memperhatikan aspek-aspek seperti isi, penyajian, dan pengaruhnya terhadap pendengar.


Emha Abdurrahman


Menurut Emha Abdurrahman, pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan sebuah pendapat atau uraian. Pidato dilakukan oleh seseorang secara lisan. Informasi di dalam pidato menjelaskan mengenai suatu hal atau sebuah masalah.


Baca juga: Pengertian Teks Ceramah Menurut Para Ahli


Demikianlah artikel tentang pengertian pidato menurut para ahli. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 comments