Type something and hit enter

Posted by On

Apakah Anda tahu bagaimana para ahli mendefinisikan biografi? Artikel ini akan membahas pengertian biografi menurut para ahli, ciri-ciri, dan strukturnya.


Apa itu biografi? Biografi berasal dari kata bios yang berarti hidup dan graphien yang berarti menulis. Jadi, biografi secara harfiah berarti tulisan yang mengenai kehidupan seseorang. Biografi termasuk dalam kategori sastra non-fiksi karena berdasarkan pada fakta yang ada. 


Pengertian biografi secara umum adalah karya tulis yang menceritakan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi biasanya berisi tentang latar belakang, perjuangan, prestasi, dan pengaruh tokoh yang diceritakan terhadap dunia.


Langsung saja berikut pengertian teks biografi menurut pendapat para ahli.


Pengertian Biografi Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Biografi Menurut Para Ahli

Para ahli di bidang sastra dan sejarah telah memberikan pengertian dan definisi biografi. Berikut penjelasannya:


Priyadi


Biografi dalam penulisan sejarah dapat memberikan sumbangan berupa psiko-history, yaitu sejarah kejiwaan tokoh-tokoh sejarah, khususnya para pelaku dan penyaksi. Tokoh-tokoh yang layak ditulis riwayat hidupnya adalah orang-orang besar dalam sejarah, yang sesuai dengan dunia kiprahnya (Priyadi, 2011:98).


Abdullah


Biografi adalah mikro sejarah yang paling basis dan sering di sebut sebagai salah satu genre dari sastra yang merupakan rekaman kejadian, dan situasi yang mengitari kehidupan sang tokoh (Abdullah, 1987:5).


Rohimah


Pada dasarnya biografi adalah tulisan tentang riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain (Rohimah, 2014:204).


Zabadi dan Sutejo


Menurut Zabadi dan Sutejo (2014:30) teks biografi merupakan riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain.


Sucipto


Menurut Sucipto, dkk. (2014:34) biografi merupakan pengisahan secara artistik tentang kesadaran, tingkah laku dan sikap seseorang.


Zabadi dan Sutejo


Teks biografi (biography) merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya (Zabadi dan Sutejo, 2014:30).


Riyadi


Riyadi (2015, hlm. 9) juga mengungkapkan, “teks biografi adalah teks  yang berisi tentang perjalanan hidup dan prestasi seorang tokoh. Rentetan  peristiwa dan masalah yang dialami tokoh dan diakhiri pandangan penulis tentang tokoh yang ditulisnya”.


Wahono 


Pendapat tersebut diperkuat dengan pendapat Wahono, dkk. (Riyadi, 2015, hlm. 10) yang menyatakan bahwa, teks biografi merupakan teks yang bersifat  faktual yang artinya disampaikan berdasar fakta-fakta. 


Fakta tersebut berupa identitas tokoh, perjuangan tokoh, rintangan dalam mencapai kesuksesan, keistimewaan tokoh, serta berbagai pelajaran hidup tokoh. Hal yang paling menonjol dari biografi adalah keistimewaan tokoh berkat ha-hal positif yang dilakukannya.


Kemendikbud


Menurut kemendikbud (2014:37) menyatakan, bahwa teks biografi  merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.


Toyidin


Menurut Toyidin (2013 : 292) mengatakan, bahwa biografi adalah  riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Pembaca membaca biografi orang lain biasanya ingin tahu ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut yang dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan tolak ukur dirinya.


Encyclopedia Britannica


Menurut Encyclopedia Britannica, biografi adalah karya yang berisi ringkasan dan interpretasi dari kehidupan seseorang. Biografi juga bisa diartikan sebagai karya sastra yang mengisahkan tentang riwayat hidup seseorang. 


Biografi biasanya ditulis oleh orang lain, bukan oleh tokoh yang bersangkutan. Biografi juga bisa diartikan sebagai cerita yang sifatnya faktual, yang berarti cerita tersebut ditulis sesuai dengan fakta yang ada.


Kumparan


Menurut Kumparan, biografi adalah cerita yang sifatnya faktual, yang berarti cerita tersebut ditulis sesuai dengan fakta yang ada. Biografi juga bisa diartikan sebagai riwayat hidup orang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Riwayat hidup orang yang diceritakan melalui tulisan juga termasuk dalam kategori biografi. Biografi biasanya ditulis oleh orang lain, bukan oleh tokoh yang bersangkutan.


Pengertian Biografi Menurut KBBI 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, biografi adalah kisah atau riwayat hidup seseorang yang ditulis.


Istiqomah


Istiqomah (2015): Biografi adalah riwayat hidup orang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain4.


David Hume


Menurut David Hume, biografi adalah karya yang berisi tentang kehidupan seseorang yang dijelaskan secara factual dan obyektif.


Leon Edel


Menurut Leon Edel, biografi adalah penjelasan dari kehidupan seseorang yang memusatkan perhatian pada kehidupan dan pekerjaannya, yang termasuk faktor sosial dan politik yang mempengaruhi kehidupannya.


Ernest T. Byington


Menurut Ernest T. Byington, biografi adalah kisah dari kehidupan seseorang yang diceritakan dengan cara yang menarik dan fakta yang terpilih.


Ciri-Ciri Biografi


Biografi memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan genre sastra lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri biografi:


  • Isi tulisan berdasarkan pada fakta yang ada, tidak boleh mengarang atau menambahkan hal-hal yang tidak sesuai dengan kenyataan.
  • Gaya penulisan bersifat objektif, tidak memihak atau menilai tokoh yang diceritakan, namun juga bisa memberikan analisis atau interpretasi yang logis dan rasional.
  • Memiliki struktur baku, yaitu orientasi, kronologi kejadian atau urutan peristiwa, dan reorientasi.
  • Memilih konflik masalah yang relevan dengan kehidupan tokoh, misalnya tentang perjuangan, tantangan, kesuksesan, atau kegagalan yang dialami tokoh.
  • Memiliki pesan moral atau nilai-nilai yang dapat diambil dari kisah hidup tokoh.

Struktur Biografi


Biografi memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian, yaitu:


  • Orientasi, yaitu bagian yang memperkenalkan tokoh yang akan diceritakan, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, pendidikan, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan tokoh.
  • Kronologi kejadian atau urutan peristiwa, yaitu bagian yang menceritakan kehidupan tokoh secara berurutan, mulai dari masa kecil, remaja, dewasa, hingga akhir hayatnya. Bagian ini juga berisi tentang peristiwa-peristiwa penting yang mempengaruhi kehidupan tokoh, seperti karier, prestasi, karya, hubungan, konflik, dan lain-lain.
  • Reorientasi, yaitu bagian yang memberikan kesimpulan atau penutup dari kisah hidup tokoh, seperti pengaruh, sumbangsih, atau makna dari kehidupan tokoh bagi dunia.



Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian biografi menurut para ahli. Terima kasih telah membaca artikel ini.


Dikutip dari berbagai sumber.



0 comments