Type something and hit enter

Posted by On
Materi teks pidato kelas 12 ini membahas pengertian pidato, tujuan, macam/jenis-jenis pidato, dan kriteria pidato yang baik.


Apa yang dimaksud pidato? Pidato atau berpidato adalah berbicara di hadapan orang banyak (depan umum) dalam rangka menyampaikan suatu masalah untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya untuk memberikan rujukan, bermusyawarah, dan lain sebagainya. (Tarigan, 1997:73)

Berpidato merupakan kegiatan untuk menyampaikan ide/gagasan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek nonkebahasaan (ekspresi wajah, gerak tangan, kontak pandang, dan lain-lain) yang dapat mendukung efisiensi dan efektifitas pengungkapan gagasan kepada khalayak dalam suatu acara tertentu.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai teks pidato. Silahkan simak materi berikut ini.

Baca selanjutnya: Struktur Teks Pidato, Metode, Ciri-Ciri, & Contoh Pidato Perpisahan

TEKS PIDATO: Pengertian, Tujuan, Jenis, Kriteria Pidato Yang Baik


Pengertian Teks Pidato Secara umum


Apa yang dimaksud dengan pidato? Secara umum adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu hal dalam situasi tertentu. Jadi, dalam pidato ada penyampai pidato sebagai sumber pidato, dan ada juga pendengar atau audience.

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli


1. KBBI 


Apa itu pidato? Pengertian pidato menurut KBBI adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

2. Karomani


Senada dengan Karomani mengatakan bahwa pidato pada umumnya ditujukan kepada orang atau juga sekumpulan orang untuk menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar, menyatakan selamat dan lain sebagainya.

3. Depdikbud


Pengertian pidato menurut depdikbud adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada khalayak/orang banyak.

4. Syam


Menurut Syam pidato adalah teknik pemakaian bahasa secara efektif yang berarti kemahiran atau keterampilan dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan tersebut.

5. Arsjad dan Mukti


Menurut mereka pidato adalah penyampaian dan penamaan pikiran, gagasan, atau informasi dari pembicara kepada khalayak ramai dan bermaksud meyakinkan pendengarnya atau audience.

Back to Content ↑

Tujuan Teks Pidato


Pidato mempunyai empat tujuan penyajian menurut Ochs and Winner dalam Tarigan (2008:16). Berikut ini penjelasannya

1. Informatif/Instruktif


Menyampaikan informasi yaitu pidato yang bertujuan memberikan laporan atau pengetahuan atau sesuatu yang menarik untuk audience. Contohnya pidato penyuluhan cara pemakaian kompor gas.

2. Persuasif


Meyakinkan dan mempengaruhi sikap pendengar (persuasive) yaitu pidato yang berisi tentang usaha untuk meyakinkan, membujuk, dan mengajak pendengar (audience) untuk melakukan suatu hal. Contohnya pidato calon presiden.

3. Rekreatif


Pidato yang bertujuan untuk menghibur  atau menyenangkan pendengar (rekreatif). Contohnya pidato di posko becana.

4. Educatif


Pidato yang bertujuan menekankan pada aspek-aspek pendidikan. Contohnya pidato keagamaan.


Tambahan dari sumber lain.

5. Argumentatif


Pidato yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar.

6. Deskriptif


Pidato yang bertujuan ingin menggambarkan, melukiskan suatu keadaan.

Back to Content ↑

Jenis-jenis Teks Pidato


Jenis-jenis pidato terbagi menjadi 3 (tiga) macam, yaitu berdasarkan dari ada tidaknya persiapan, berdasarkan pada sifat isi pidato, berdasarkan isi dan sifatnya. Penjelasannya sebagai berikut.

Berdasarkan dari ada tidaknya persiapan oleh: Rahmad Alfianto


1. Impromptu


Impromptu adalah pidato tanpa persiapan yang hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan pembicara. Pembicara berpidato secara spontanitas. Metode ini biasanya digunakan untuk pidato yang mendadak dan disajikan menurut kebutuhan saat itu.

2. Manuskrip


Manuskrip disebut juga pidato dengan naskah. Juru pidato membacakan naskah pidato dari awal hingga akhir. Diperlukan oleh ilmuwan dan tokoh nasional yang melaporkan hasil penelitiannya sebab kesalahan kata dapat menimbulkan kekacauan.

3. Memoriter


Memoriter merupakan pesan pidato yang ditulis oleh pembicara  dan kemudian diingat kata demi kata.

4. Ekstemporer


Ekstemporer adalah jenis pidato yang paling sering dilakukan oleh juru pidato yang mahir.

Berdasarkan pada sifat isi pidato diambil dari: Organisasi.org


5. Pidato Pembukaan


Pidato pembukaan yaitu pidato singkat yang dibawakan oleh MC atau pembawa acara dalam sebuah acara, seperti acara ulang tahun.

6. Pidato Pengarahan


Pidato pengarahan adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang pada suatu pertemuan resmi yang berfungsi untuk memberi pengarahan dalam melakukan sesuatu. Contohnya pidato dekan dalam mengarahkan acara KKN mahasiswa.

7. Pidato Sambutan


Pidato sambutan yaitu pidato yang disampaikan pada acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang bisa dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian. Contohnya pidato pada acara perpisahan sekolah.

8. Pidato Peresmian


Pidato peresmian adalah pidato yang dilakukan oleh orang penting untuk meresmikan sesuatu. Contohnya pidato peresmian gedung baru oleh rektor.

9. Pidato Laporan


Pidato laporan adalah pidato yang berisi kegiatan yang telah selesai dilaksanakan, seperti pidato laporan ketua kelompok KKN mengenai kegiatan KKN.

10. Pidato Pertanggungjawab


Pidato pertanggungjawab berisi suatu laporan, seperti pertanggungjawaban ketua operasi pada rapat.

Berdasarkan isi dan sifatnya oleh: Haryadi


11. Pidato Informatif


Mempunyai ciri-ciri objektif, realistis, motivatif, dan zakelijik.

12. Pidato Propagandis


Mempunyai ciri-ciri subjektif, fiktif, pemutarbalikan fakta bila perlu, agitatif, emagogis, agresif, dan menarik.

13. Pidao Edukatif


Mempunyai ciri-ciri objektif, rasional, berdasarkan ilmu pengetahuan yang bisa dipertanggungjawabkan, defensif, dan tenang waktu mengemukakannya.

Back to Content ↑

Kriteria Pidato yang Baik


Kriteria pidato yang baik adalah seseorang yang mampu untuk meyakinkan pendengarnya untuk dapat mematuhi dan menerima informasi, pikiran, gagasan, ide atau pesan yang disampaikannya. Faktor-faktor yang harus diperhatikan agar dapat berpidato dengan baik menurut Maidar dalam Karomani adalah sebagai berikut.

  1. Harus mempunyai tekad dan keyakinan, bahwa pembicara mampu meyakinkan orang lain. Dengan mempunyai tekad seperti ini maka akan tumbuh sikap percaya diri dan keberanian sehingga pembicara tidak akan ragu-ragu mengucapkan pidatonya.
  2. Harus memiliki pengetahuan yang luas sehingga pembicara dapat menguasai materi dengan sangat baik.
  3. Harus memiliki pembendaharaan kata yang cukup, sehingga pembicara mampu mengungkapkan pidato dengan lancar dan meyakinkan pendengar.
  4. Harus memiliki kebiasaan atau latihan yang intensif. Persiapan yang matang dan latihan yang intensif atau secara terus menerus sangat membantu kelancaran dalam berpidato.

Back to Content ↑

Baca juga: Kumpulan Contoh Teks Pidato Singkat Terbaru Mudah Dihafal untuk Tugas Sekolah

Demikianlah artikel hari ini tentang pengertian pidato, tujuannya, jenis-jenis/macam-macam teks pidato dan kriteria pidato yang baik. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments