Type something and hit enter

Posted by On

Materibindo.com - Bagi kalian yang sedang mencari contoh cerpen (cerita pendek) terbaik terpopuler tentang fabel, silahkan lanjut baca artikel ini, karena kami akan membahasnya secara tuntas.


Sebelumnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian cerita pendek? Cerpen adalah salah satu karya sastra yang mengisahkan kehidupan seseorang secara singkat dan didalamnya terdapat permasalahan serta solusi.


Nah, apa kamu sudah paham? Jika belum, coba baca definisi cerpen menurut pendapat para ahli.


Cerita Fabel Pendek Terbaik

cerita pendek fabel terbaik

Berikut adalah contoh cerita pendek sekali yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat contoh cerpen ringkas.


1. Kelinci yang pemalas


Di sebuah hutan tinggal sepasang sahabat. Mereka ialah seekor kelinci dan seekor tupai.


Setiap hari mereka menghabiskan waktu bersama-sama. Pada suatu hari, tupai berkata kepada kelinci, 

"Mari kita buat sarang. Sekarang lagi musim hujan. Jika nanti hujan turun, kita ada tempat berteduh."

"Ya, betul kata kamu. Tapi biarlah, saya mau beristirahat dulu" jawab kelinci.


Pada sore itu, hujan pun turun dengan lebatnya, tupai dan kelinci berteduh di bawah pohon. Mereka basah dan kedinginan.

"Jika tadi kita buat sarang, tentu kita tak akan basah begini," kata tupai.

"Ya, betul kata kamu," jawab tupai.

"Pagi besok kita akan buat sarang," kata tupai lagi


2. Jerapah yang sombong


Di suatu padang rumput ada seekor jerapah yang baru beranjak dewasa. Namanya Oji. 


Dia sangat tinggi, jangkung, bahkan di antara teman-temannya, Oji lah yang paling tinggi. Karena lehernya itu membuatnya menjadi anak yang sombong.


Sampai pada suatu hari, si Oji berjalan- jalan sendiri di padang rumput, dia sedang asik melenggang bak anak yang sombong. 


Lalu berhenti di suatu gundukan. Oji tidak sadar, bahwa yang dia injak gundukan itu adalah seekor kura-kura.


Bukannya minta maaf malah sebaliknya, dia malah marah-marah. “Dasar kura-kura peyot, aku jadi mau terjatuh nih.” 


Lalu kakek kura-kura hanya ringan menasihati Oji, “Anak muda, janganlah kamu sombong. Kamu masih muda, tubuhmu masih kuat, sebaiknya sayangilah sesama makhluk hidup ciptaanNya. Suatu hari nanti, kamu juga akan menjadi tua, pasti akan banyak yang lebih hebat dan kuat darimu.”  


Tidak lama kemudian, awan mendung datang. Di padang rumput itu masih tertinggal Oji dan si kakek kura-kura yang berjalan sangat lambat menuju ke tepi di bawah pepohonan. 


Seakan masih ingin memperlihatkan kesombongan dan kekuatannya, Oji malah tidak bergegas pergi meninggalkan padang rumput yang hendak diguyur hujan. 


Lalu hujan sangat deras seketika itu datang mengguyur. Dan tiba-tiba petir yang sangat hebat menyambar, “DUARRRRRRRRRRR.” Akhirnya, Oji si jerapah jangkung itu ambruk, terjatuh ke tanah. 


Tidak diam begitu saja, si kakek kura-kura dengan langkah pelan tapi pasti, dia mendekati ke Oji, dan memberikan perhatiannya. “Kamu tidak apa-apa, anak muda? Bangunlah, kenapa malah terdiam bengong tetap bersungkur di tanah?”. 


Lalu Oji menjawab, “kakek kura-kura,…aku takutttt.. huwaaaaaaaaaaaa…” sambil merengek seperti anak kecil yang lemah. “Maafkan aku ya, kakek kura-kura, sudah menginjak tubuhmu dengan sombongnya. 


Dan sejak saat itu, si Oji tidak lagi menjadi jerapah yang sombong, namun berubah menjadi si jerapah yang baik hati dan suka menolong teman-temannya.


3. Pencuri dan Harimau


Suatu hari, Somad melihat sapi Pak Tarman yang cukup gemuk. Somat meneliti di mana letak kandanya dan di mana juga jalan yang akan di gunakan untuk lari andai ia ketahuan.


Setelah cukup meneliti, Somat kemudian pulang dan menunggumalam tiba. Saat malam tiba, Somat pun mengendap-ngendap menuju rumah Pak Tarman. 


Ia berhasil mendekati kandang sapi. Dalam gelapnya malam, Somat melihat sosok hitam di sudut kandang sebelah utara. 


Somad tak tahu, kalau sore itu ada seekor harimau yang memasuki kandang itu.


Somad melangkah bersiap memasuki kandang. Namun tiba-tiba trdengar suara anak pak Tarman menangis


Setelah suasana kembali sepi hati pak Somad jadi senang. Telah dirasa aman, Somad kembali mendekati pintu kandang tersebut namun ia pun mendengar ucapan pengasuh anak pak Tarman.


Meskipun binatang, harimau itu mengerti bahasa manusia. Ia pernah mendengar cerita manusia tentang hantu yang seram.  


Saking takutnya, si harimau diam saja ketika Somad mengalungkan tali di lehernya. Ia juga menurut saat Somad menuntunnya keluar kandang.


Mereka terus berjalan, semakin jauh dari rumah pak Tarman. Biasanya harimau itu suka sekali menggeram dan mengaung. Namun kini ia diam saja karma takut.


Si harimau itu jadi bingung. Mengapa ada hantu yang berlari di saat dirinya menggeram. Saat itu orang-orang terbagun mendengar teriakan Somad. Mendengar suara-suara manusia harimau itu berlari menyelamatkan diri. Suasana jadi gempar si harimau itu mempercepat larinya.


4. Tersinggung Pada Kuda

                

Raja yang amat sayang pada kuda hitamnya. Si Hitam tampak gagah dan anggun, bulunya berkilat dan ringkiknya kuat.


Suatu hari, Raja singgah di kandang kuda kesayangannya. Raja amat heran ketika melihat Mista si pejaga kuda sedang menyuapi si hitam. 


Di dekatnya ada baskom kecil yang berisi cairan. Si Hitam makan rumput dengan lahap sekali.


Pada saat itu raja ingin sekali menyuapi si hitam. Akan tetapi si Hitam malah melengos tak mau di suapi raja. 


Di dalam istana Raja menyibukkan diri denganmembaca surat-surat yang masuk. Ia berusaha untuk melupakan ulah si Hitam tadi itu. Namun di dalam hati sang Raja masih marah pada si Hitam.


Dia mencoba untuk menceritakan hal tersebut kepada permaisuri. Tapi permaisuri tersenyum melihat perilaku sang Raja. 


Namun sang Raja tetap saja ingin tahu apa sebab si Hitam menolak suapan sang Raja. Pada akhirnya sang Raja menyuruh pak Kosim untuk menyelidiki hal tersebut. 


Pak Kosim aadalah tukang cukur juga orang kepercayaan Raja. Dan juga Pak Kosim pandai menyimpan rahasia.


Pak Kosim di suruh untuk mendekati Mista. Mista yang sedang menyuapi si Hitam. 


Ia mengambil segenggam rumput yang di masukkan ke dalam baskom yang berisi cairan dan menyuapi si Hitam. Si Hitam menyambut rumput itu dengan lahap.


Kemudian pak Kosim menyapa Mista, dan Pak Kosim pun bertanya mengenai mengapa si Hitam sangat lahap ketika disuapi dirinya. 


Setelah di kasi tahu, Pak Kosim mengikuti jejak-jejak yang diberitahu Mista. Ternyata si Hitam juga memakan habis rumput yang diberi Pak Kosim.


Pak Kosim pun langsung menghadap  sang Raja. Ia menjelaskan rahasia rumput si Hitam. 


Setelah sang Raja mengetahui hal tersebut, sang Raja langsung menghadiahi Pak Kosim dengan sekantung emas dan uang. Ia pulang kerumah dengan rasa gembira.


5. Petualangan Kapten Kolor

        

George dan Harold bersahabat. Rumah mereka bersebelahan dan mereka duduk di kelas 4. 


Kedua anak ini sebenarnya anak yang baik. 


Cuma George dan Harold punya kekonyolan yang kalau di daftar akan panjang sekali, sehingga kadang mereka mendapat masalah dan sekali waktu mereka mendapatkan kesulitan yang amat sangat BESAR.


George dan Harold suka sekali pergi ke rumah pohon tua di halaman belakang rumah George. Di sana Harold menggambar dan George mengarang cerita. 


Mereka sudah menciptakan ratusan komik yang di bintangi lusinan super hero. Kapten Kolor ini adalah jagoan yang terbang hanya memakai celana kolor atau celana dalam saja. Dan dia juga bisa berantem dengan “kekuatan karet kolor”. 


Karena kekonyolan  George dan Harold kadang menimbulkan masalah besar. 


George dan Harold kena hukuman. Tapi berkat cincin-hipnotis 3-dimensi yang dipesan dari toko si Cebol yang sok tahu. 


Mereka bisa mengubah Mr. Krupp yang galak itu menjadi Kapten Kolor super hero yang paling top, yang berjuang demi kebenaran, keadilan serta segala sesuatu yang tidak bakal menyusut lagi.                 


Baca contoh lainnya:


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh cerpen (cerita pendek) terbaik terpopuler tentang fabel. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments