Type something and hit enter

Posted by On
Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli - Sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian, struktur, ciri, kaidah, dan unsur teks cerita pendek.

Secara umum cerita pendek adalah suatu karya sastra yang memaparkan kisah yang berisi kehidupan seseorang  secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh yang didalamnya terdapat permasalahan serta solusi dari masalah yang muncul.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai pengertian cerita pendek menurut beberapa pakar lengkap. Simaklah materi berikut ini.

Pelajaran terkait: Materi Teks Cerpen

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

Pengertian Cerita Pendek Menurut Para Ahli


Adapun beberapa definisi cerpen menurut para ahli di bawah ini kami ambil dari berbagai sumber di internet.

#1 Dalam Purba, H.B. Jassin (2010:48)


Apa yang dimaksud dengan cerita pendek menurut HB Jassin? H.B Jassin dalam bukunya Tifa Penyair dan Daerahnya, mengemukakan bahwa:

Cerpen ialah cerita yang pendek (1977:69). Jassi lebih jauh mengungkapkan bahwa dalam cerita pendek orang boleh bertengkar, tetapi cerita yang seratus halaman panjangnya sudah tentu tidak disebut dengan cerita pendek dan memang tidak ada cerita pendek yang demikan panjang. Cerita yang panjangnya sepuluh atau duapuluh halaman masih bisa dikatakan cerita pendek tetapi ada juga cerita pendek yang panjangnya hanya satu halaman.

#2 Sumardjo dan Saini


Pengertian yang sama dikemukakan oleh Sumardjo dan Saini dalam bukunya Apresiasi Kesusatraan. Mereka berpendapat bahwa:

Cerita pendek (atau disingkat cerpen) adalah cerita yang pendek. Tetapi dengan hanya melihat fisiknya yang pendek orang belum dapat menetapkan sebuah cerita yang pendek adalah sebuah cerpen. (1986:36).

#3 Sumardjo (1983:69)


Cerita pendek adalah cerita yang membatasi diri dalam membahas salah satu unsur fiksi dalam aspeknya yang terkecil. Kependekan sebuah cerpen bukan karena bentuknya yang jauh lebih pendek dari novel, namun karena aspek masalahnya yang sangat dibatasi.

#4 Priyatni (2010:126)


Cerita pendek adalah salah satu bentuk karya fiksi. Cerpen sesuai namanya, memperlihatkan sifat yang serba pendek, baik peristiwa yang diungkapkan, jumlah pelaku, isi cerita, dan jumlah kata yang digunakan. Perbandingan ini dikaitkan dengan bentuk prosa lain, yakni novel.

#5 Suyanto (2012:46)


Sesuai dengan namanya, cerita pendek dapat diartikan sebagai cerita yang berbentuk prosa pendek. Ukuran pendek di sini bersifat relatif.

#6 Edgar Allan Poe dalam (Suyanto, 2012:46)


Menurutnya, ukuran pendek di sini adalah selesai dibaca dalam sekali duduk, yakni kira-kira kurang dari satu jam.

#7 Jacob Sumardjo dan Saini K.M (1995:30) dalam (Suyanto,2012:46)


Menilai ukuran pendek ini lebih didasarkan pada keterbatasan pengembangan unsur-unsurnya. Cerita pendek harus mempunyai efek tunggal dan tidak kompleks.

#8 Sumardjo (2007:202)


Cerita pendek merupakan fiksi yang selesai dibaca dalam sekali duduk. Oleh sebab itu, cerita yang disajikan dalam cerpen terbatas hanya memiliki satu kisah/peristiwa.

#9 Edgar Allan Poe (via Nurgiyantoro, 2007:10)


Cerpen adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk, kira-kira berkisar antara setengah hingga dua jam-suatu hal yang kiranya tak mungkin dilakukan dalam sebuah novel.

#10 Sayuti (2000:10)


Cerpen menunjukkan kualitas yang bersifat compression "pemadatan", concentration "pemusatan", dan intensity "pendalaman", yang semuanya berkaitan dengan panjang cerita dan kualitas struktural yang diisyaratkan oleh panjang cerita itu.

#11 Sumardjo (1981:30)


Cerpen adalah cerita fiktif, relatif pendek, dan hanya mengandung satu kejadian atau satu efek bagi pembacanya.

#12 Tarigan (1984:138)


Cerpen adalah cerita rekaan yang masalahnya singkat, jelas dan padat dan terkonsentrasi pada suatu peristiwa/kejadian.

#13 Suharianto (1982:39)


Cerita pendek adalah cerita fiksi yang bentuknya pendek dan ruang lingkup permasalahannya disuguhkan sebagian kecil saja dari kehidupan tokoh yang menarik perhatian pengarang/penulis, dan keseluruhan cerita memberi kesan tunggal.

#14 Poe dalam Burhan (2012:10)


Pengertian cerpen menurut para ahli yang saat ini menjelaskan adalah Poe dalam Burhan (2012:10) ia menerangkan bahwa cerita pendek adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk, kira-kira berkisan antara setengah jam - dua jam, suatu hal yang kiranya tidak mungkin dilakukan dalam sebuah novel.

#15 Jacob (2001:184)


Cerpen adalah cerita fiksi pendek yang selesai dibaca dalam "sekali duduk". Cerita pendek hanya memiliki satu arti, satu krisis dan satu efek untuk pembacanya. Pengarang cerpen hanya ingin mengemukakan suatu hal secara tajam.

#16 Jacob (2001:91)


Cerpen yang baik adalah cerpen yang merupakan suatu kesatuan bentuk, utuh, manunggal, tak ada bagian-bagian yang tak perlu, tetapi juga tak ada sesuatu yang terlalu banyak, semuanya pas, integral, dan mengandung suatu arti.

#17 Stanton (2012:76)


Cerpen harus berbentuk padat, di dalamnya pengarang menciptakan karakter-karakter, semesta mereka, dan tindakan-tindakannya sekaligus secara bersamaan.

#18 The Liang dan A. Widyamartaya


Cerpen adalah cerita khayal berbentuk prosa yang pendek, biasanya di bawah 10.000 kata, tujuannya menghasilkan kesan kuat dan mengandung unsur-unsur drama: oleh karena itu alurnya pun disebut konflik dramatik (dalam Korrie, 1995:10).

#19 Nugroho Notosutanto dalam Tarigan


Cerpen adalah cerita yang panjang ceritanya berkisar 5000 kata atau perkiraan 17 halaman kuarto spasi rangkap dan terpusat pada dirinya sendiri.

#20 Hendy


Cerpen adalah suatu kisah pendek yang mengandung kisahan tunggal.

#21 Aoh. K.H


Cerpen adalah salah satu karangan fiksi atau rekaan yang biasanya disebut dengan kisahan prosa pendek.

#22 J.S. Badudu


Cerpen merupakan suatu cerita yang menjurus dan terfokus pada satu peristiwa/kejadian.

#23 H.B. Jassin

 
Cerpen ialah cerita singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian dan penyelesaian.

#24 Kosasih (2004:431)

 
Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerita pendek dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh dengan pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan pembaca.

#25 Turayev dalam Regina Bernadette


Cerita pendek yang berbentuk karya sastra naratif yang menampilkan cerminan sebuah episode dalam kehidupan seorang tokoh.

#26 A. Bakar Hamid


Cerpen atau disebut juga dengan cerita pendek seharusnya dilihat dari jumlah, kuantitas kata yang digunakan antara 500 sampai 20.000 kata adanya plot, adanya satu karakter dan adanya kesan.

#27 Wikipedia 


Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. 

#28 Pengertian Cerpen Menurut KBBI


Cerpen berasal dari dua kata yakni cerita yang mengandung arti tuturan mengenai bagaimana sesuatu hal terjadi dan relatif pendek berarti kisah yang diceritakan pendek atau tidak lebih dari 10.000 kata yang memberikan sebuah kesan dominan serta memusatkan hanya pada satu tokoh saja dalam cerita pendek tersebut.

#29 Naning Pranoto


Menurut Naning Pranoto (2015:4), cerita pendek atau cerpen adalah cerita yang ditulis pendek.

Seberapa pendekkah? Panjang atau pendek itu relatif. Selanjutnya, dikatakan bahwa patokan yang dipakai untuk panjang atau pendek sebuah cerpen adalah yang sudah umum berlaku.

Sebagai patokan atau pedoman umum, Pranoto mengatakan 2000 kata - 10.000 kata.

#30 Nurgiyantoro


Menurut Nurgiyantoro (2002:13) mengatakan bahwa cerpen itu adalah cerita yang pendek yang hanya berisi satu tema. 

#31 Zulfahnur


Menurut Zulfahnur, dkk. (1997:62) merupakan suatu peristiwa (kejadian) apa saja yang menyangkut persoalan jiwa atau kehidupan manusia.

#32 Strong


Pengertian cerpen yang dikemukakan oleh Strong yang dikutip oleh Tarigan (1991:176), cerpen menimbulkan minat masyarakat yang cukup besar untuk membacanya.

#33 Thahar


Cerpen adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk, kira-kira berkisar antara setengah sampai dua jam. Suatu hal yang kiranya tak mungkin dilakukan oleh sebuah novel (Thahar,2009:175).

#34 Sayuti


Sayuti (2000:9) mengungkapkan bahwa cerpen merupakan karya prosa fiksi yang dapat selesai dibaca dalam sekali duduk dan ceritanya cukup dapat membangkitkan efek tertentu dalam diri pembaca.

#35 Hendy (1991: 184)


"Cerpen adalah kisahan pendek yang mengandung kisah tunggal"

#36 Susanto dalam Tarigan (1984 : 176)


Cerita pendek adalah cerita yang panjangnya sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi rangkap yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

#37 Sumardjo dan Saini (1997 : 37) 


Cerita pendek adalah cerita atau parasi (bukan analisis argumentatif) yang fiktif (tidak benar-benar terjadi tetapi dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, serta relatif pendek).

#38 Aminuddin


Cerpen adalah kisahan cerita yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar, serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi penceritanya sehingga menjalin suatu cerita.

Pelajaran terkait: Jenis-Jenis Cerpen

Daftar pustaka:

I Wayan Kerti.2020. MENGENALI DAN MENULISKAN IDE MENJADI CERPEN. Bali: Surya Dewata
Rimawan Indah, dkk.2022. CARA MUDAH MENULIS CERPEN: Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Pelajaran Bahasa Indonesia. Guepedia
Fahrurorrzi, Wicaksono Andri.2016. Sekilas Tentang BAHASA INDONESIA Catatan Mengenai Kebijakan Bahasa, Kaidah Ejaan, Pembelajaran Sastra, Penerjemahan, dan BIPA. Yogyakarta: Garudhawaca
https://repository.ump*ac.id/2349/3/DIKA%20P%20BAB%20II.pdf
http://idsastra.blogspot*com/2015/09/pengertian-cerpen-menurut-para-ahli.html

Demikianlah artikel hari ini tentang pengertian cerpen menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments