Type something and hit enter

Posted by On

Jelaskan pengertian negosiasi menurut para ahli? Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh guru kepada peserta didiknya.


Negosiasi berasal dari bahasa Inggris yaitu negotiate yang artinya perundingan dengan strategi khusus.


Menurut Materibindo sendiri definisi negosiasi adalah teks yang menyajikan jalan tengah dari sejumlah perbedaan pendapat.


Negosiasi juga merupakan komunikasi dua arah, yaitu penjual sebagai komunikator dan pembeli sebagai komunikan atau saling bergantian.


Proses komunikasi dalam negosiasi memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut:

  • Melibatkan dua pihak yaitu penjual dan pembeli
  • Adanya kesamaan tema masalah yang akan dinegosiasikan
  • Kedua belah pihak menjalin kerja sama
  • Adanya kesamaan tujuan kedua belah pihak
  • Untuk menkonkritkan masalah yang abstrak atau tidak jelas


Langsung saja, berikut pengertian teks negosiasi menurut pendapat para ahli yang kredibel.


Baca juga: Materi Teks Negosiasi: Jenis, Struktur, dan Ciri-cirinya


Pengertian Teks Negosiasi Menurut Para Ahli

pengertian negosiasi menurut para ahli

1. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, 2013


Teks negosiasi adalah suatu bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan. 


Pihak-pihak tersebut berusaha menyelesaikan perbedaan dengan cara berdialog dan tidak akan merugikan salah satu pihak.


2. KBBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, negosiasi berarti proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (organisasi/kelompok) dan pihak lainnya.


3. Hartman


Menurut Hartman, negosiasi merupakan suatu proses komunikasi dimana dua pihak masing-masing dengan tujuan dan sudut pandang mereka sendiri berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak tersebut mengenai masalah yang sama.


4. Casse


Menurut Casse, negosiasi adalah proses dimana paling sedikit ada dua pihak dengan persepsi, kebutuhan, dan motivasi yang berbeda mencoba untuk bersepakat tentang suatu hal demi kepentingan bersama.


5. Runtung Sitepu


Menurut Runtung Sitepu, negosiasi merupakan salah satu bentuk Penyelesaian Sengketa Alternatif dimana para pihak yang bersengketa melakukan perundingan secara langsung (adakalanya di dampingi pengacara masing-masing) untuk mencari penyelesaian sengketa yang sedang mereka hadapi ke arah kesepakatan atas dasar win-win solution.


6. Kamus Hukum Black's Law


A consensual bargaining process in which the parties attempt to reach agreement on a disputed or potentially disputed matter. Negotiation usu involves complete autonomy for the parties involved, wtihout the intervention of third parties.


7. Jaqueline M. Nolan-Haley 


Negotiation may be generally defined as a consensual bargaining process in which parties attempt to reach agreement on a disputed or potentially disputed matteri.


Negosiasi dapat diartikan secara umum sebagai konsensual dari proses penawaran antara para pihak untuk mencapai suatu kesepakatan tentang suatu sengketa atau sesuatu hal yang berpotensi menjadi sengketa.


8. Suyud Margono


Negosiasi adalah proses konsensus yang digunakan para pihak untuk memperolah kesepakatan di antara mereka.


9. H. Priyatna Abdurrasyid


Negosiasi adalah suatu cara di mana individu berkomunikasi satu sama lain mengatur hubungan mereka dalam bisnis dan kehidupan sehari-harinya.


10. Ross 


Menurut Ross (2008:6), negosiasi adalah jumlah dari semua cara kita menyampaikan informasi tentang apa yang kita inginkan, apa yang kita dambakan, dan apa yang kita harapkan dari orang lain.


11. Jackman


Menurut Jackman (2005:23), definisi negosiasi adalah kolaborasi dari seni dan ilmu pengetahuan. Dikatakan seni, karena harus dimilikinya keterampilan untuk mengetahui kapan menggunakan strategi kepada pihak lain untuk memperbesar peluang mencapai keberhasilan.


12. Goodpaster


Menurut Goodpaster (Agnesia 2014:17) menyatakan bahwa negosiasi adalah proses interaksi dan komunikasi yang dinamis dan beraneka ragam, mengandung seni dan penuh rahasia untuk mencapai suatu tujuan yang dianggap menguntungkan para pihak.


13. Robbins dan Judge 


Menurut Robbins dan Judge (Agnesia 2014:17) negosiasi adalah sebuah proses dimana dua pihak atau lebih melakukan pertukaran barang atau jasa dan berupaya untuk menyepakati nilai tukarnya.


14. KBBI edisi IV 


KBBI edisi IV (2008:957) mengartikan negosiasi merupakan proses tawar menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak yang lain.


15. Alwi


Menurut Alwi (2008:778), negosiasi adalah tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok/organisasi) dan pihak yang lain.


16. Kosasih 


Menurut Kosasih (2014:86), teks negosiasi bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan berbeda.


17. Priansa


Menurut Priansa (2014:285), negosiasi adalah sebagai proses untuk mencapai kesepakatan dengan memperkecil perbedaan serta mengembangkan persamaan guna meraih tujuan bersama yang saling menguntungkan.


18. Mulyadi


Menurut Mulyadi (2016:147), negosiasi berasal dari kata to negotiate, tobe negotiating dalam bahasa Inggris yang berarti merundingkan, membicarakan kemungkinan antara suatu kondisi, dan atau menawar. 


Kata-kata turunannya antara lain "negotiation" yang berarti menunjukkan suatu proses atau aktivitas untuk merundingkan, membicarakan sesuatu hal untuk disepakati dengan orang lain. Dan "negotiable" yang berarti dapat dirundingkan, dapat dibicarakan, dapat ditawar.


19. Ulinuha 


Menurut Ulinuha (2013) negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan cara berunding untuk mencapai kesepakatan kedua belah pihak.


20. Robbins


Menurut Robbins (2003) mengartikan negosiasi adalah sebuah proses yang didalamnya dua pihak atau lebih bertukar barang dan jasa dan berupaya menyepakati tingkat kerjasama tersebut bagi mereka.


21. Jackman 


Menurut Jackman (2005), negosiasi adalah sebuah proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih yang pada mulanya memiliki pemikiran berbeda, hingga akhirnya mencapai kesepakatan.


22. Oliver


Menurut Oliver (dalam Purwanto, 2006) menambahkan bahwa negosiasi adalah sebuah transaksi dimana kedua belah pihak mempunyai hak atas hasil akhir. 


Untuk itu diperlukan persetujuan dari kedua belah pihak sehingga terjadi proses yang saling memberi dan menerima sesuatu untuk mencapai suatu kesepakatan bersama. 


23. McGuire


Menurut McGuire (2004), negosiasi disebut pula sebagai proses interaktif yang dilakukan untuk mencapai persetujuan. Proses ini melibatkan dua orang atau lebih yang memiliki pandangan berbeda tetapi ingin mencapai beberapa resolusi bersama.


24. Modul Garuda Sales Institute


Mengartikan negosiasi adalah proses untuk mencapai kesepakatan dengan memperkecil perbedaan serta mengembangkan persamaan guna meraih tujuan bersama yang saling menguntungkan.


25. Tim Hindle 


Menurut Tim Hindle (dalam Rustono, 2008) dalam bukunya Negotiation Skills menyebutkan "The art of negotiations is based on attempting to reconcile what constitutes a good result for the other party".


Artinya negosiasi adalah keterampilan yang dapat dipelajari oleh setiap orang.


26. Linda L. Putnam


Negosiasi merujuk pada dua atau lebih orang yang bekerja bersama untuk meraih keputusan yang biasanya dilakukan melalui pertukaran usul atau pun sebaliknya.


27. Henry Kissinger


Menurut Henry Kissinger (1969), negosiasi adalah sebuah proses mengkombinasikan posisi konflik ke dalam posisi yang umum, di bawah sebuah aturan keputusan yang bulat.


28. Garry Goodpaster


Negosiasi adalah suatu proses untuk mencapai kesepakatan dengan pihak lain, suatu proses interaksi dan komunikasi yang dinamis dan beraneka ragam, dapat lembut dan bernuansa, sebagaimana manusia itu sendiri.


29. Fisher dan Ulry


Negosiasi sebagai proses, komunikasi dua arah yang dirancang untuk mencapai kesepakatan pada saat dua belah pihak memiliki berbagai kepentingan yang sama maupun berbeda, tanpa melibatkan pihak ketiga sebagai penengah.


30. Buku Perfect Negotiation


Pengertian negosiasi adalah suatu proses untuk menyelesaikan konflik di antara dua pihak atau lebih di mana semua pihak menyelaraskan tuntutannya untuk mencapai suatu kompromi yang dapat diterima oleh semua pihak (Kennedy, 1997:2).


31. Pierre Case


Negosiasi adalah proses di mana paling sedikit dua pihak dengan persepsi, kebutuhan, dan motivasi yang berbeda mencoba untuk bersepakat tentang suatu hal demi kepentingan bersama (Cohen, 2005:7)


32. Colquitt


Colquitt dalam bukunya Organizational Behavior menerangkan "Negotiations is process in which two or more interdependent individuals discuss and attempt to come to an agreement about their different preferences".


Artinya "Negosiasi adalah proses di mana dua atau lebih individu saling tergantung membahas dan mencoba untuk mencapai kesepakatan tentang preferensi yang berbeda".


33. Phil Baguley


Phil Baguley dalam bukunya Teach Yourself Negotiating menjelaskan negosiasi adalah suatu cara untuk menetapkan keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang.


34. Lumumba


Menurut Lumumba (2013:10) negosiasi adalah sebuah proses karena harus ada aktifitas didalamnya. Proses yang dimaksud adalah proses kompleks. 


Dalam proses tersebut, harus terdapat dua pihak yang bernegosiasi apakah yang bersifat individual maupun kolektif.


Selain itu, juga harus terdapat perbedaan yang mungkin bernuansa persaingan, konflik atau bahkan perang sebagai dasar untuk bernegosiasi. Karena kalau tidak terdapat perbedaan maka tidak ada dasar untuk bernegosiasi.


Baca juga: Contoh Teks Negosiasi Singkat


Demikianlah artikel ini tentang pengertian negosiasi menurut para ahli terlengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Sumber:

Teks Negosiasi: Debby dan Melillisa

DUNIA INDUSTRI PERSPEKTIF PSIKOLOGI TENAGA KERJA: Dirgahayu Lantara dan Muhammad Nusran

http://repository.unpas()ac.id

http://repositori.unsil()ac.id

https://repository.uin-suska.ac.id

http://repository.unisba()ac.id

0 comments