Type something and hit enter

Posted by On

Tahun baru Islam (Hijriyah) sebentar lagi kita akan memasukinya, yaitu 1 Muharram 1444 H bertepatan pada 30 Juli 2022.


Untuk itu kami memberikan contoh pidato tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah yang singkat beserta dalilnya cocok disampaikan untuk anak-anak dan juga orang dewasa.


Tidak perlu berlama-lama langsung saja, simak naskah pidato Muharram yang bisa kalian jadikan referensi untuk menulis teks pidato.


Baca juga: Contoh Teks Pidato Mudah Dihafal


Contoh Pidato tentang Bulan Muharram Singkat dan Jelas

Contoh Pidato Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H Singkat beserta Dalilnya

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh


Alhamdulillahi robbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya’i wal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in. Amma ba’du.


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Allah Ta'ala atas nikmat dan karunia yang telah Allah berikan pada kita. Allah masih memberikan kita nikmat sehat, umur panjang serta kesempatan sehingga bisa menyambut momentum 1 Muharram 1444 Hijriah.


Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita, Nabi besar, Nabi agung, Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai panutan dan suri tauladan kita, begitu pula pada keluarga dan sahabatnya serta yang mengikuti beliau dengan baik hingga akhir zaman dengan mengucapkan “Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad.”


Hadirin sekalian yang berbahagia,


Pada hari ini kita semua tengah memperingati hari besar 1 Muharam, oleh karena itu patutlah kita bersyukur kepada Allah Ta'ala karena kita masih dapat menikmati apa yang diberikan oleh Allah di muka bumi. 


Dengan memasuki tahun baru ini membuat kita sadar bahwa umur kita bertambah satu dari 17 menjadi 18 dan begitu pula seterusnya. Namun patut kita sadari juga bahwa dengan bertambahnya satu tahun, maka semakin satu tahun kita menambah kesempatan dalam mencari dan beramal soleh.


Dan dengan memasuki tahun baru ini hendaknya kita mengoreksi segala perbuatan kita pada masa lalu atau pada hari yang telah lampau. 


Koreksilah diri kita masing-masing dengan kacamata agama. Kita buat neraca atau perbandingan selama satu tahun yang kita tinggalkan itu banyak perbuatan yang melanggar syariat Islam atau banyakkah perbuatan yang diridhoi oleh Allah. 


Kalau misalnya dalam satu tahun itu kita banyak berbuat amal baik, itu menunjukkan bahwa tingkat keimanan kita semakin bertambah. Begitu pula sebaliknya, jika kita selama satu tahun itu banyak amalan jeleknya, maka haruslah lebih memperbaiki keimanan kita.


Hadirin sekalian yang berbahagia,


Dengan datangnya tahun baru Muharam 1444 H ini membuat umur kita bertambah, maka gunakanlah sisa umur yang ada dengan amalan atau aktivitas yang sesuai dengan norma agama, dan itulah sebaik-baiknya tindakan manusia yang cerdik. 


Sesuai dengan hadist Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“ Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalannya dan sejelek-jeleknya manusia adalah yang diberi umur panjang dan jelek amalannya (perbuatannya)”. (HR Ahmad)


Berangkat dari hadist tersebut, maka dari hari besar Islam ini marilah kita koreksi diri utamanya pada hari 1 Muharram 1444 H ini, kita perbanyak amalan-amalan yang bagus. Itulah makna sebenarnya dalam memperingati 1 Muharam ini.


Demikian sambutan dari saya, mudah-mudahan apa yang kita sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin ya Rabbal alamin.


Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah maupun kehilafan. Sekali lagi saya mengucapkan “Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1444 Hijriah”.


Akhirul kalam, uushikum wa nafsii wa-iyyaaya bitaqwallahi.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.


Download Contoh Pidato Singkat 1 Muharram PDF


Agar mempermudah Anda mengambil contoh teks pidato 1 Muharram di atas, kami akan memberikan dalam bentuk PDF nya yang bisa kalian unduh dari google drive. 


Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownloadnya.


Disini


Demikianlah artikel tentang contoh pidato tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah secara singkat dan jelas beserta dalilnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments